by

Di Safari Gemar Makan Ikan, SDK Menyoal Potensi Perikanan di Sulbar

KOPI, Mamuju – Dr. H. Suhardi Duka, M.M., yang akrab disapa SDK, Anggota Komisi IV DPR-RI dan Banggar masa bhakti 2019 – 2024 , dari Fraksi Partai Demokrat Dapil Sulbar mengatakan bahwa, potensi perikanan di sepanjang laut Sulawesi Barat mencapai 500 Ribu Ton perbulan. Dari Potensi tersebut Kata SDK nelayan di Sulbar baru bisa memanfaatkan 50 Ton saja. Tidak adanya pelabuhan perikanan yang refsentatif menjadi penyebab utamanya. Hal tersebut dikemukakan oleh SDK dalam safari Gemar makan ikan (Gemarikan) yang diselenggarakan bersama Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan (PDSPK) Kementrian Kelautan dan Perikanan di Sumare, Kecamatan Simboro, Mamuju, Rabu 8 Januari 2020.

Sebagaimana dilansir dilaman 8enam.com, (8/01/2020) Menurut SDK Secara geografis, perairan Sulawesi Barat yang merupakan “rumah” yang ramah bagi migrasi berbagai jenis ikan bernilai ekonomi tinggi. Sayang bila potensi tersebut tak bisa dimanfaatkan nelayan hanya karena keterbatasan sarana dan prasarana.

“Kita akan buat di Sulbar ini satu pelabuhan ikan yang representatif. Yang bisa sandar kapal mulai dari yang 3 Ton sampai dengan 30 Ton, bahkan lebih dari itu. Kita lengkapi sarananya, lengkapi dengan pendingin, cool storage, SPBN, kita lengkapi pabrik esnya, kiosnya untuk kebutuhan para nelayan, dan lain sebagainya. Kita bahkan layani sistem perdagangannya di dalam. Nanti saya bersama dengan KKP untuk merencanakan itu dan akan kita masukkan di sini,” urai Suhardi Duka di hadapan ratusan masyarakat yang sempat hadir.

“Daerah lain makin kaya, kita di sini tambah miskin,” kata Ketua DPD Partai Demokrat Sulbar kepada para hadirin di acara Safari Gemar Makan Ikan (Gemarikan).

Pada bagian lain SDK menekankan bahwa Untuk meretas persoalan di atas, Pria energik dan berkomitmen itu mengaku siap untuk mewakafkan dirinya dalam hal mengambil peran dalam posisinya sebagai anggota komisi IV DPR-RI dalam hal memfasilitasi kepentingan sektor kelautan dan perikanan di Sulawesi Barat.

“Dengan hadirnya saya di Komisi IV dan Banggar punya kesempatan yang besar untuk bisa memfasilitasi masyarakat nelayan kita. KKP baik di pusat, provinsi dan kabupaten saya kira punya visi yang sama. Membantu para nelayan agar bisa meningkatkan produktivitasnya. Bisa meningkatkan kesejahteraan bagi mereka,” kata Bupati Mamuju 2005 – 2015 itu.

Diacara Safari Gemar Makan Ikan yang diselenggarakan bersama Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan Kementrian Kelautan dan Perikanan dihadiri oleh Direktur Pemasaran Dirjen PDSPK Kementrian Kelautan dan Perikanan Machmud, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulbar Syamsul Ma’rif, Wakajati Sulbar Yulianto serta yang mewakili Polda Sulbar, Korem 142 Tatag dan Lanal Mamuju (Editor M.Nur OKT)

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA