by

Awas Banyak Petugas Gadungan, Kepala PLN Himbau Masyarakat Waspada

KOPI, Lubuklinggau – PT. PLN (Persero) Rayon Lubuklinggau Area Lahat WS2JB mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap penipuan yang dilakukan oleh oknum yang mengatasnamakan petugas dari PT PLN.

Manager PLN Rayon Lubuklinggau Mustofa mengatakan bahwa keberadaan petugas PLN palsu sudah meresahkan warga Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musi Rawas Utara (MURATARA), dan Kabupaten Musi Rawas. “Mereka sudah melakukan beberapa modus penipuan di wilayah tersebut dengan berbagai dalih,” ujar Mustofa.

Untuk saat ini, lanjut Mustofa, sudah ada laporan ke pihaknya. “Sudah ada yang kena tipu oleh pelaku yang mengaku-ngaku petugas dari PLN itu tadi, dan jumlah kerugian dari konsumen itu bermacam-macam. Bahkan ada yang mencapai tiga juta rupiah untuk satu konsumen,” jelas Mustofa saat ditemui di ruang kerja, Jum’at (24/01/2020).

Biasanya saat beraksi mereka memakai modus dengan berpura-pura sebagai petugas P2TL, yang bertugas sebagai instalator listrik, pemutusan arus listrik, penertiban listrik, serta menawarkan jasa pengurusan pindah meter, geser meter atau pindah tiang. “Mereka juga mengenakan seragam layaknya petugas PLN sungguhan,” jelasnya.

“Nah untuk hal ini saya sudah konsultasi dengan pihak kepolisian, dan pihak kepolisian bilang yang bisa melaporkan hal ini yaitu korban/ masyarakat (pelanggan), kemarin sudah ada salah satu dari korban yang melapor ke Polsek Terawas,” kata Mustofa.

Mengenai hal ini juga sudah ada laporan yang masuk ke kami untuk wilayah Kota Lubuklinggau sudah ada enam orang pelanggan yang melapor ke kami, dari Musi Rawas ada tiga pelanggan, dan Rawas Ilir ada tiga, dan saya rasa tidak menutup kemungkinan masih banyak.

“Saya tegaskan dan menghimbau kepada masyarakat/ pelanggan bahwa tidak ada petugas kami atas nama DELLI, seperti halnya laporan pelanggan yang telah tertipu kepada pihak PLN,” tegasnya.

Untuk meminimalisasi tindakan kurang menyenangkan dari petugas palsu tersebut, PT PLN mengimbau juga kepada masyarakat untuk mengenali ciri-ciri petugas resmi PT PLN.

“Petugas resmi PT PLN memiliki surat tugas ketika turun ke lapangan, menggunakan tanda pengenal, memakai pakaian seragam rapi, dan jika merasa ragu segera laporkan ke pemerintah setempat, sebab pak Camat di semua wilayah kita sudah ada grup whatsapp,” ungkap Mustofa.

“Agar kita tahu benar petugas kita atau bukan, sebab dengan adanya kejadian ini jelas sudah merusak citra PT PLN. Saya sarankan juga untuk selalu bersikap waspada, jangan mudah langsung percaya kepada petugas yang mengatas namakan oknum dari petugas PLN,” himbaunya. (Vhio)

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA