by

6 Cara Merawat Kucing Anggora, Yuk Dicoba!

KOPI, Jakarta – Untuk kamu yang tertarik buat memilihara kucing anggora, sebaiknya untuk mengetahui terlebih dulu cara merawat kucing anggora yang benar. Karena merawat kucing anggora tidak sama juga dengan merawat kucing umumnya.

Perawatan untuk kucing anggora termasuk susah-susah gampang karena tidak hanya bulunya benar-benar halus, kucing anggora membutuhkan perhatian yang lebih dibandingkan kucing yang lain.

Anggora terhitung tipe kucing yang membutuhkan kasih sayang dan perhatian tambahan, sebab anggora terhitung tipe kucing yang manja. Kucing ini termasuk kucing yang cukup nakal, lebih bila tidak memperoleh perhatian yang cukup dari pemiliknya.

Untuk kamu yang memiliki kucing anggora atau tertarik untuk mengadopsi kucing anggora, dikutip dari Suduthewan.com dan beberapa sumber yang lain, berikut langkah merawat kucing anggora yang dianjurkan:

Siapkan kandang yang luas

Kucing anggora termasuk kucing yang suka bermain hingga kamu butuh menyediakan kandang yang cukup luas buatnya.

Tidak hanya sediakan kandang yang luas, yakinkan juga kamu sediakan berbagai jenis mainan buatnya, terhitung “ruang” untuk sang anggora memanjat dan melonjak.

Ini butuh disiapkan sebab kucing anggora terhitung kucing yang benar-benar aktif.

Memandikannya secara rutin

Walau biasanya kucing dapat membersihkan diri dengan menjilati tubuhnya, kamu dianjurkan untuk rutin memandikan kucing anggora yang dipunyai minimal tiap dua bulan sekali.

Memandikan kucing anggora terlalu sering pun tidak disarankan, sebab bulu kucing anggora termasuk ringkih hingga rawan untuk alami kerontokan bila dimandikan sering.

Rajin menyisir bulunya

Supaya bulu kucing anggora selalu terawat dan sehat, kamu dianjurkan untuk rutin menyisir atau menyikat bulunya tiap hari atau tiap beberapa hari sekali. Kamu bisa memakai sisir metal bergerigi panjang yang umumnya di jual di toko hewan peliharaan.

Menyisir bulu anggora secara rutin bukan sekedar jadi sisi dari menjaga penampilannya saja, dan juga kurangi efek tertelannya hair ball, yang dapat mengakibatkan permasalahan pada pencernaanya.

Rajin memotong kukunya

Tidak hanya rajin menyisir bulunya, kamu harus juga menjaga kebersihan kukunya secara baik. Triknya gampang, kamu perlu memotong kukunya secara rutin minimal beberapa minggu sekali atau satu bulan sekali.

Bila kamu putuskan untuk memotong kuku kucing angora sendiri di dalam rumah, bikinlah suasanya senyaman mungkin. Pangku kucingmu lalu potong kukunya secara perlahan-lahan. Bila kamu masih sangsi untuk memotongnya sendiri, kerjakan di dokter hewan atau salon hewan paling dekat.

Membersihkan telinganya secara rutin

Supaya kebersihan telinga kucing anggora selalu terjaga, dianjurkan untuk membersihkan telinganya tiap dua minggu sekali. Kucing memang umunya dapat hilangkan kotoran telinga sendiri, tetapi terkadang butuh pertolongan manusia untuk membersihkannya.

Nah, dalam membersihkan telinga kucing, pakai bola kapas atau kain bersih basah dan usap lembut sisi telinganya, tetapi jauhi membersihan aliran telinganya. Telinga kucing anggora yang bersih biasanya berwarna merah muda dan tidak bau.

Perhatikan makanannya

Kamu harus memperhatikan makanan yang diberi sebab salah satu permasalahan yang sering mendekati kucing anggora ialah obesitas.

Kamu dianjurkan untuk memberi makanan dnegan protein yang tinggi dimana kandungan protein pada setiap makanan yang kamu beri kurang dari 40%. Kamu bisa bicara pada dokter hewan berkaitan makanan kucing anggora yang dianjurkan.

Itu langkah merawat kucing anggora yang disarankan. Kamu harus betul-betul memberi perhatian dan meluangkan diri untuk bermain dengannya tiap hari bila memang ingin kucing anggora yang kamu miliki sehat dan tidak nakal.

Nah, tidak hanya perawatan yang sudah disebut barusan, janganlah lupa juga untuk bawa kucing anggora yang kamu miliki ke dokter hewan supaya kesehatan dan keperluan vaksinasinya tersokong secara baik.

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA