by

Membaca Seorang Denny JA: Dunia Baru yang Lahir Karenanya

Monica Anggi JR

Oleh: Monica Anggi JR, aktivis dan enterpreneur

Ini adalah kisah nyata

Jika kau cukup mengenal siapa Denny JA (saya memanggilanya dengan sebutan Mr.D), ia adalah pecinta karya-karya memoir dari kisah nyata manusia, baik itu dalam bentuk novel, buku, film dan serial Netflix. Ia tak hanya jatuh cinta pada kisah-kisah luar biasa dari para jenius di masanya seperti Tesla atau Marx, namun juga drama manusia biasa yang pernah terjadi seperti film sederhana The Farewell dan October Sky.

Dan karena itu, saya membuka tulisan ini dengan klaim: Tulisan ini sungguh berdasarkan kisah nyata Denny JA dari sudut pandang seorang penjelajah makna.

Episode I: The Philosopher King

Dunia Denny JA (a.k.a Denny JA’s World) adalah jendela pertama untuk mengenal dirinya.

Kau bisa membuka Google dan mengetik jejak karya Denny JA. Mungkin kau akan kaget dengan hasil pencarian. Berapa buku yang sudah ia tulis, berapa pencapaian yang telah ia raih, berapa aset yang ia miliki, berapa dan apa lagi?

– Sains, sejarah peradaban manusia, politik, filsafat, sastra, bisnis, teknologi, agama dan keyakinan, astronomi, spiritualitas, psikologi, seni, film, ekonomi, antropologi –

Beberapa keyword ini adalah elemen yang membentuk dunia Mr.D. Seorang tokoh yang dikenal publik sebagai pioneer dalam konsultan politik Indonesia, dan kini juga menyandang status pengusaha sukses, sastrawan, dan penulis, ternyata memiliki ketertarikan yang kompleks, layaknya seorang filsuf.

Saya pun menjulukinya sebagai The Philosopher King. Mengapa?

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA