by

Toto Suripto Kecewa Pengerjaan Jembatan Unsika Kurang Kokoh

KOPI, Karawang – Jembatan Unsika yang baru saja diresmikan oleh Bupati Karawang dan Forkopimda longsor tergerus air hujan, Sabtu (28/12/2019). Salah satu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Anggota Banggar H. Toto Suripto, SE meninjau langsung ke lokasi erosi.

Saat meninjau ke lokasi yang longsor, Toto mengatakan bahwa pembangunan jembatan yang menghabiskan anggaran Rp. 1 Milyar lebih hasilnya mengecewakan, harusnya dibikin turap dipinggir jembatan, sehingga tidak akan longsor jika debit air naik.

“Dengan anggaran yang sedemikian besar, kenapa tidak sekaligus dibangunkan turap di pinggir jembatan, sehingga dampaknya tidak seperti ini,” kata Toto.

Lebih lanjut Toto menyampaikan sebagai Anggota Banggar merasa sangat kecewa dengan kualitas pengerjaan jembatan oleh kontraktor pemenang lelang, terutama kinerja Konsultan Pengawas PUPR. “Saya harap Kepala Dinas PUPR segera ambil tindakan akan hal ini,” ucap Toto.

Lebih lanjut PUPR adalah pihak yang paling bertanggung jawab dalam pembangunan jembatan ini. “Konsultan PUPR harus bertanggung jawab atas kejadian ini,” jelas Toto.

Menurut Toto, Kontraktor adalah sebagai pelaksana dan segala pekerjaan diketahui oleh Konsultan Pengawas PUPR. “Mana pertanggungjawaban kita kepada masyarakat kalau jembatan yang baru diresmikan sudah tergerus air dan pengecatannya juga menggunakan dana APBD, untuk warna lebih baik tidak mengarah kepada warna salah satu partai,” tegas Toto.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah memastikan akan memanggil Kontraktor Pelaksana untuk dimintai klarifikasi.

Toto menambahkan bahwa kejadian itu bukan karena alam, tetapi merupakan keteledoran Kontraktor dan Konsultan Pengawas, dengan tidak adanya pemadatan dan seharusnya sudah bisa diantisipasi sebelum adanya kejadian longsor ini.

“Ini bukan karena alam, tapi ini merupakan keteledoran Konsultan Pengawas PUPR Kabupaten Karawang,” tutup Toto. (Dede N)

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA