by

Tips Pintar Membeli Mobil di Jakarta

KOPI, Jakarta – Daya beli masyarakat terhadap mobil memang semakin tinggi, terutama produk Honda. Perputaran jenis kendaraan tersebut di Jakarta begitu cepat, sehingga tidak mudah dalam memilihnya. Sebelum datang ke showroom lebih baik cari tahu terlebih dahulu tips membeli mobil di Jakarta.

Tips Membeli Mobil di Jakarta

Memilih mobil terbaik memang bukan sesuatu yang mudah karena terdapat banyak pilihan. Selain itu, juga harus disesuaikan dengan kebutuhan maupun budgetnya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melakukan beberapa tips di bawah ini:

Madu Baduy

Memilih Mobil Sesuai Kebutuhan

Hal pertama yang harus ditanyakan ketika sudah berada di showroom adalah mengenai spesifikasi mobil yang ingin dibeli. Biasanya sales akan menawarkan beberapa macam pilihan. Dalam hal ini, jangan sampai tergoda dengan mobi kelas atas, namun sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang bertempat tinggal di Jakarta, jangan sampai memilih mobil dengan fitur percuma. Misalnya membeli mobil tipe jip, padahal kendaraan itu lebih cocok jika digunakan di dataran tinggi seperti pegunungan. Untuk itu, sebaiknya membeli Honda Jazz maupun Brio.

Tentukan Waktu yang Tepat untuk Membeli Mobil

Menurut survei, waktu yang tepat untuk membeli mobil yaitu saat ada pameran otomotif dan di akhir tahun. Alasannya, pada waktu-waktu tersebut biasanya menawarkan banyak promo menarik serta potongan harga.

Sebagai Ibukota, tentunya Jakarta sering mengadakan event seperti itu. Kegiatan tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mendapatkan mobil idaman dengan harga lebih rendah dari pasaran. Brand yang kerap kali mengadakannya yakni Honda jakarta.

Madu Baduy

Cek Harga Pasaran

Tips membeli mobil di Jakarta berikutnya adalah, membandingkan harga. Di zaman canggih seperti saat ini, bukan sesuatu yang sulit untuk mencari informasi melalui internet, mulai dari daftar mobil Honda terbaru 2019, Toyota, dan brand-brand lainnya. Untuk itu, Anda jangan malas untuk melakukannya sebelum pergi ke showroom.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menghindari pembelian mobil dengan harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga pasaran. Tentunya Anda tidak mau mendapatkan kerugian karena ditipu pihak showroom.

Menawar Harga di Seminimal Mungkin 

Saat Anda sudah berada di showroom, jangan sampai menawar langsung pada budget maksimal. Mulailah dari titik terendah yang bisa dicapai. Ini dilakukan agar tidak mendapat perbedaan yang jauh dari harga sesungguhnya.

Misalnya Anda menganggarkan 400 juta untuk membeli mobil Honda Jazz. Jika pihak showromm memberikan harga 425 juta, sebaiknya Anda menawar terlebih dahulu dengan harga 350 juta dan jangan ditawar langsung dengan harga 400 juta. Namun, Anda tidak disarankan untuk melakukan penawarkan dengan sadis, karena bisa saja dianggap tidak ada keseriusan.

Madu Baduy

Menggunakan Situs Online

Apabila Anda tidak memiliki waktu untuk pergi ke showroom yang ada di Jakarta, solusinya adalah dengan menggunakan smartphone atau laptop untuk membeli mobil. Di situs jual beli online sudah banyak yang menawarkan berbagai mobil berkelas seperti beberapa merk Honda.

Situs online tersebut memberi penawaran dengan kemudahan proses jual beli. Sehingga, tidak menghabiskan waktu jika ingin membeli mobil maupun mengurus dokumen. Lebih menariknya lagi, Anda juga masih bisa melakukan test drive terlebih dahulu.

Hati-hati Membeli Mobil Bekas Banjir

Keterbatasan finansial terkadang membuat orang lebih memilih untuk membeli mobil bekas. Mengingat kawasan Jakarta sering mengalami banjir ketika musim hujan, Anda harus lebih teliti dalam memilih.

Ini dilakukan untuk menghindari mesin tidak layak pakai, terutama mobil yang terkena efek banjir. Untuk mengantisipasi cek lebih dahulu semua bodinya. Apabila ditemukan sedikit bekas garis kotor, bisa dipastikan jika sering melewati banjir. Ini akan berakibat banyak karat yang merusak.

6 tips membeli mobil di Jakarta di atas bisa menjadi acuan buat Anda jika ingin memiliki mobil idaman, baru ataupun bekas.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA