by

Catat! Ini 7 Tips Belajar Bisnis

KOPI – Untuk berbisnis, diperlukan nyali yang kuat dan karakter tidak mudah menyerah agar berjalan sesuai dengan yang diperkirakan. Sayangnya, yang berlangsung seringkali kebalikannya dengan apa yang diharapkan. Tapi, tidak semua bisnis itu susah digerakkan.

Walau berbisnis pada intinya tidak gampang, tapi hal tersebut dapat dipelajari dengan adanya kemauan yang kuat.

Proses belajar akan tambah lebih gampang dan menyenangkan dengan adanya kemauan yang serius dan semangat yang terus membara. Hingga apa yang diharapkan tidak tertunda-tunda, tetapi terjadi secara cepat. Semangat berwiraswasta!

Berikut langkah belajar bisnis dengan gampang dan murah yang dapat Anda buat jadi langkah pertama untuk mewujudkannya dan mendapatkan sukses.

Mulailah bisnis dari level yang paling rendah

Hidup itu ada tingkatannya. Sama dengan saat jalankan bisnis. Ada level bawah, menengah, dan level atas. Sebelum membuat bisnis yang besar, Anda harus mengawali bisnis yang kecil terlebih dulu. Contohnya dalam bisnis online, diawali dari reseller, lalu makin lama jadi produsen.

Ingat, keberhasilan tidak didapat dalam tadi malam, tetapi memerlukan waktu beberapa bulan serta sekian tahun sebab semua perlu proses yang sangat panjang. Menjaga semangat dan usaha keras Anda supaya bisnis memetik keberhasilan.

Banyak baca buku seputar bisnis

Walau internet telah menyediakan beberapa info yang diperlukan, terhitung info seputar bisnis, tetapi kenyataannya Anda harus meluangkan waktu untuk membaca buku. Mengapa? Sebab buku ialah jendela dunia. Info yang tertuang di buku tambah lebih lengkap dan dalam.

Satu diantara buku seputar bisnis yang dapat Anda buat jadi referensi ialah Think Rich and Grow Rich karya Napoleon Hill. Buku ini berisi tips-tips seputar bisnis yang tercatat dengan detil. Dengan membaca buku ini, sudut pandang Anda tentang bisnis akan turut beralih.

Memiliki sudut pandang seperti pebisnis sukses

Punya sudut pandang (pola pikir) seperti beberapa pebisnis sukses akan menolong Anda untuk meraih keberhasilan yang didambakan. Sudut pandang ini akan mengubah langkah pandang Anda tentang bisnis, hingga Anda lebih nikmati proses dan ingin belajar dari kekeliruan yang dirasakan menjadi lebih baik.

Mengubah sudut pandang bisa dilakukan dengan berhenti memercayai mitos yang menjelaskan jika bisnis itu begitu beresiko, bisnis itu cuma membuat orang pailit, dan yang lain. Jauhkan pertimbangan negatif ini sebelum Anda memberikan bukti sendiri.

Bermimpilah setinggi-tingginya

Kalimat “jangan mimpi begitu tinggi, sakitnya tuch di sini jika tidak kesampaian” tidak berlaku buat beberapa pebisnis. Sebab bagaimanapun, satu keberhasilan berawal dari satu mimpi.

Tanpa ada mimpi, bisnis akan statis dan tidak berkembang. Sebaliknya, dengan punya mimpi Anda punya deskripsi yang pasti hingga Anda mampu membuat proses bisnis paling baik supaya deskripsi itu jadi fakta.

Tetapi dibalik mimpi yang tinggi, Anda harus punya mental seperti baja sebab dunia bisnis itu kejam. Tidak segalanya berjalan lancar seperti yang diharapkan. Ada waktu dimana Anda akan hadapi banyak permasalahan yang berbuntut pada ketidakberhasilan.

Tetapi dengan mental baja, Anda mampu bangun dari ketidakberhasilan dan mengubahnya jadi keberhasilan. Ingat akan mimpi Anda untuk terus mempertahankan semangat yang ada di diri.

Meluangkan waktu untuk riset

Apa yang Anda gemari, belum pasti disenangi orang lain. Untuk berikut riset dibutuhkan untuk tahu hasrat customer supaya produk yang akan ditawarkan laris di market. Untungnya masa telah makin hebat, Anda bisa memercayakan internet supaya penerapan riset lebih gampang, efisien, dan efektif.

Bila riset dari internet belum memberi kepuasan, Anda dapat terjun langsung ke lapangan seperti lakukan session wawancara, ambil sampel data, atau memperhatikan skema kebiasaan warga supaya info yang didapatkan lebih detil dan tepat. Yakinlah, riset yang masak akan mempermudah Anda meningkatkan bisnis.

Bergaul dengan para pebisnis

Yakin ataukah tidak, berkawan dengan orang yang itu-itu saja tidak membuat kamu berkembang. Misalkan api unggun, jika tidak diperciki minyak penambahan, nyala apinya masih sama dan perlahan mengecil lalu mati.

Walau sebenarnya dengan memperluas pertemanan, terdapat beberapa pelajaran dan pengalaman yang akan didapatkan. Pelajaran dan pengalaman berikut yang dapat Anda aplikasikan untuk membuat bisnis yang kuat.

Pertanyaannya, bagaimana merajut rekanan dengan beberapa pebisnis? Gampang saja. Sekarang, ada beberapa jenis komunitas atau tempat belajar bisnis yang diisi oleh pebisnis sukses, baik offline ataupun online.

Bila Anda punya rekan yang profesinya jadi pebisnis, mintalah bantuannya untuk masukkan Anda ke komunitas itu. Akhirnya info yang didapatkan jadi makin banyak dan up to date.

Ikuti seminar kewirausahaan

Langkah selanjutnya ikuti beberapa acara seminar-seminar kewirausahaan (entrepreneurship). Saat ini, ada banyak seminar kewirausahaan yang diadakan, baik pemerintah atau swasta. Serta cukup banyak seminar kewirausahaan ini diadakan dengan gratis.

Dengan ikuti seminar, Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman dari ahli atau aktor usaha yang lebih dulu sukses. Serta dalam tempat seminar ini juga Anda dapat meningkatkan jaringan pertemanan Anda dengan beberapa pebisnis lain, kan?

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA