by

Rekomendasi Oleh-Oleh Usai Ibadah Umroh

-Rohani-1,395 views

KOPI, Jakarta – Rasa-rasanya belum lengkap bila kita pulang dari ibadah umroh tanpa bawa oleh-oleh. Ditambah lagi kunjungan ke Arab Saudi ialah peristiwa yang jarang terjadi. Tidak hanya jadi tanda pengingat, oleh-oleh dapat juga diserahkan kepada sanak keluarga atau tetangga untuk memperkuat jalinan silahturahim dan persahabatan.

Untuk kamu yang persiapan berangkat umroh, butuh dicatat nih oleh-oleh ciri khas Arab Saudi yang pas untuk kamu bawa serta pulang ke rumah. Berikut adalah rekomendasi oleh oleh usai menjalankan ibadah Umroh:

Souvenir

Souvenir bergambar Kabah serta Mesjid Nabawi adalah satu diantara hadiah yang paling populer dibeli oleh jamaah umroh serta haji. Beberapa produk itu memperingatkan jamaah akan perjalanan indah yang mereka alami sepanjang kunjungan spiritual di sana.

Rata-rata harga barang ini mulai dari SAR10 sampai SAR500, atau seputar 37 ribu sampai 1,8 juta rupiah.

Bawang Tunggal Madu

Kurma

Kurma, madu, serta makanan manis yang lain populer di golongan jamaah haji. Tidak hanya jadi makanan populer di Arab Saudi, makanan manis ini mengingatkan mereka akan rasa manis dari Mekah.

Makanan manis ini mempunyai harga bervariasi dari mulai SAR50 untuk SAR500, atau seputar 186 ribu sampai 1,8 juta rupiah.

Maamoul

Nama maamoul memang tidak setenar kurma, kismis, atau coklat. Tetapi kudapan yang satu ini harus masuk dalam daftar oleh-oleh ciri khas yang harus dibeli waktu umroh. Maamoul adalah biskuit khas Arab yang berisi kurma dengan rasa manis.

Masalah harga, maamoul yang ditawarkan di toko oleh-oleh seputar Masjid Nabawi dijual pada harga mulai SAR20 atau 74 ribu rupiah untuk sekotak maamoul berisi 12 biji.

Madu Baduy

Miswak

Miswak atau yang biasa disebutkan siwak ialah sikat gigi arab, pilihan sehat serta tradisional buat Muslim. Bersihkan gigi memakai miswak adalah sunnah yang disenangi Nabi. Miswak bisa diketemukan di semua sudut Mekkah yang spesial dibikin serta dijual oleh pedagang asongan. Mereka bisa mengukir, memangkas, serta menjualnya dalam jumlah lusinan.

Miswak ini dapat kamu beli dengan rata-rata harga SAR10 atau 37 ribu rupiah/lusin.

Sajadah

Sajadah ialah adalah alat sholat yang dibuat dari kain yang umumnya mempunyai gambar serta corak bernafaskan Islam. Sajadah dipakai Muslim untuk pastikan supaya masih terbangun kebersihannya saat melakukan shalat. Sajadah juga sering jadi oleh-oleh yang dibeli oleh jamaah umroh serta haji.

Madu Baduy

Emas

Pasar emas salah satu tempat yang terbanyak didatangi sepanjang periode umroh serta haji, baik untuk dipunyai sendiri atau untuk oleh-oleh serta untuk dijual kembali.

Harga juga bervariasi pada harga paling tinggi sampai SAR6,000 atau sama dengan 22,4 juta rupiah.

Tasbih

Tasbih jadi pilihan menarik buat beberapa peziarah. Beberapa orang menganggap tasbih jadi suatu hal yang prestise. Pilihan manik-manik menunjukkan status kekayaan jamaah, seperti tasbih bikinan Cina atau manik-manik yang dibuat dari batu permata yang mahal.

Beberapa benda itu mempunyai rata-rata harga dari SAR25 sampai SAR500/lusin atau berikisar 93 ribu sampai 1,8 juta rupiah.

So, itulah oleh-oleh yang bisa dibawa pulang usai menjalankan Ibarah Umroh di tanah suci Makkah. Terkadang ada pula biro jasa umroh, misalnya Travel Umroh Jogja yang mengajak jamaahnya untuk mengunjungi pasar-pasar guna membeli oleh-oleh buat keluarga.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA