by

Ketahui Pengertian Hardisk dan Merk Hardisk Terbaik

KOPI – Pada era digital ini, siapa sih yang tidak menggunakan laptop ataupun PC? Laptop ataupun PC menjadi barang vital bagi sebagian besar orang untuk menunjang performa kerja mereka. Akan tetapi masih belum banyak yang mengetahui salah satu komponen yang menunjang performa laptop yaitu harddisk.

Harddisk menjadi salah satu komponen penting di dalam laptop. Tanpa harddisk, seseorang tidak dapat menyimpan data yang dimilikinya. Pada artikel ini akan dibahas tentang pengertian harddisk dan merk harddisk terbaik untuk menambah pengetahuan kita bersama.

Pengertian Harddisk

Pengertian harddisk adalah komponen perangkat keras pada laptop yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data digital. Semakin besar kapasitas harddisk, maka semakin besar pula data yang dapat tertampung.

Akan tetapi besaran kapasitas juga harus ditunjang dengan kecepatan membaca data yang diukur dalam satuan RPM atau Rotate Per Minute. Sekalipun kapasitas harddisk besar tapi RPM-nya kecil, maka kecepatan membacanya pun lambat.

Pada dasarnya kemampuan membaca harddisk saat ini sekitar 5.400 RPM dan 7.200 RPM. Namun saat ini sudah ada perusahaan yang menyediakan harddisk dengan kecepatan membaca data mencapai 10.000 RPM. Akan tetapi harddisk jenis ini hanya bisa diaplikasikan pada komputer jenis tertentu. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan pengguna.

Harddisk sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu harddisk internal dan eksternal. Harddisk internal biasanya berfungsi permanen diletakkan di dalam komputer atau PC. Sedangkan harddisk eksternal sifatnya portable. Sehingga penggunaannya bisa pada lebih dari satu perangkat.

Merk Harddisk Terbaik

Pada sub-bab merk harddisk ini lebih membahas tentang harddisk eksternal. Karena kebutuhan harddisk eksternal sebagai wadah penyimpanan data semakin besar. Apalagi bagi para pekerja digital yang membutuhkan harddisk berkapasitas besar dengan RPM yang cepat. Berikut 5 merk harddisk terbaik saat ini :

Toshiba Canvio Premium

Harddisk ini adalah satu keluaran terbaru dengan port USB 3.0 dan kecepatan transfer data 5GB/detik. Sekalipun memiliki interface USB 3.0, harddisk ini tetap kompatibel dengan interface USB 2.0. Harddisk ini juga sudah dilengkapi dengan pengamanan dan pencadangan data guna melindungi data yang kamu miliki.

Adata HD710 Pro

Harddisk ini didesain memiliki daya tahan tinggi yaitu anti debu dan air. Akan tetapi hal ini berlaku jika port USB tertutup secara rapat. Bagian luar harddisk menggunakan plastik silikon anti guncangan. Tujuannya adalah agar keamanan data terjaga sekalipun harddisk terjatuh setinggi 1,5 meter. Kecepatan data transfer harddisk ini adalah 5.400 RPM.

WD My Passport Ultra

Salah satu harddisk yang banyak digunakan adalah WD My Passport Ultra. Selain karena tampilannya yang stylish juga karena harddisk ini dilengkapi fitur backup otomatis. Fitur ini dapat menyimpan file-file penting yang ada dalam harddisk. Bahkan fitur pencadangannya dapat disetel harian ataupun bulanan.

Transcend Storejet 25M3

Salah satu harddisk dengan kecepatan baca data yang tinggi adalah Transcend Storejet 25M3. Kecepatannya membaca datanya mencapai 5GB/detik. Tampilannya juga sangat ramping dan elegan. Sehingga sangat mudah dan ringan ketika dibawa bepergian.

Hitachi Touro Mobile

Harddisk ini memiliki fitur keamanan data yaitu two levels of data protection. Sehingga keamanan data sangat terjamin. Harddisk ini kompatibel dengan USB 3.0 dengan kecepatan transfer data hingga 5GB/detik.

Selain pengertian harddisk dan merk harddisk terbaik ini, kamu juga perlu tahu komponen di dalam harddisk seperti platter, spindle, read/write head, dan read/write actuator arm.

Platter sendiri adalah piringan yang berfungsi sebagai tempat menyimpan data. Sedangkan spindle adalah bagian yang menahan platter. Ketika platter berputar, spindle lah yang menjaga agar platter tetap pada posisinya.

Selain itu juga ada read/write head yang berfungsi untuk membaca, menulis dan menghapus data pada platter. Sedangkan read/write actuator arm adalah untuk menyesuaikan  posisi read/write head sesuai dengan lokasi data pada platter.

Itulah sekilas tentang pengertian harddisk dan merk harddisk terbaik, serta sekilas mengenai komponen harddisk. Meski komponen hardware yang satu ini terlihat sangat kompleks namun jika Anda menghafalnya secara perlahan akan cepat mengerti satu per satu komponennya.

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA