by

Pemkot Palopo Canangkan Tanam Satu Juta Cabai

KOPI, PALOPO – Kota Palopo mencanangkan penanaman satu juta pohon Cabai, yang dirangkaikan dengan Pameran & Pasar Organik serta lomba Makan Sayur & Buah tahun 2019 , dilaksanakan Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kota Palopo, Kamis 5 Desember 2019.

Dikutip dari laman Fecebook Humas Pemkot Palopo Dalam laporannya Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kota Palopo, Andi Bakhtiar S.Sos.,M.Si menyampaikan bahwa “Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar mengkonsumsi makanan yang sehat bergizi dan tentu saja aman dari pestisida. Dengan mengutamakan peningkatan kualitas dan kuantitas produk lokal petani Kota Palopo yang berkualitas dan aman di konsumsi baik secara segar maupun olahan” Kata Andi Bahtiar.

Dalam kegiatan tersebut terdapat Stand Pameran, Adapun stand pameran yang terdiri dari 9 Balai Penyuluh Pertanian (BPP) ditambah produk unggulan dari UPTD Pembibitan Ayam mancani dan lainnya, yang memamerkan produk unggulan di wilayah masing-masing.

Selain itu ada juga pameran inovasi-inovasi dibidang Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kota Palopo yang dapat menjadi sumber inspirasi dan kemudian diharapkan direplikasi oleh masyarakat sehingga kedepannya lahan yang sempit bukan lagi menjadi halangan untuk dapat berkebun dan menghasilkan pangan dari halaman rumah sendiri.

Sementara itu, Walikota Palopo yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Palopo, H. Jamaluddin, SH.,MH menyampaikan pula bahwa ini merupakan sebuah inovasi melihat bahwa kita ini berada di wilayah perkotaan lahan pertanian semakin sempit tetapi tidak berarti kita tidak bisa menikmati hasil pertanian.

“Hanya dengan inovasi itu bisa memberikan kemudahan dan memaksimalkan hasil dari lahan yang kecil bisa dimaksimalkan dengan inovasi tersebut”. Jelasnya

Olehnya itu ini langkah maju yang dilakukan oleh Kepala Dinas Pertanian bersama seluruh jajarannya bagaimana melihat potensi-potensi yang ada untuk dimanfaatkan oleh masyarakat baik masyarakat petani maupun secara keseluruhan.

Acara tersebut dilanjutkan dengan pencanangan dan penyerahan bibit cabe dan Alsintan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Kota Palopo, sekaligus penyerahan kepada penerima alat mesin pertanian.

Diakhir acara dilanjutkab dengan peninjuan lokasi pameran. Sekda bersama perwakilan Kodim 1403 Swg, Wakapolres Palopo, Ade Noho, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kota Palopo, Dr. Ishaq Iskandar, pimpinan bank Sulselbar Cabang Palopo, Ruslan, serta para penyuluh se-Kecamatan Lingkup Kota Palopo (Editor M.Nur Inno)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA