by

Mengenal 5 Tipe Sambungan Pengelasan

KOPI, Jakarta – Mengelas adalah teknik menyambungkan besi serta logam yang biasa dikerjakan dalam konstruksi bangunan, kerangka kendaraan, baik laut, udara serta darat. Teknik mengelas yang baik perlu ketrampilan khusus dengan pengalaman yang baik dalam bidangnya.

Pengelasan memakai las listrik atau las karbit harus tahu teknik dasar cara membuat sambungan las yang kuat, hingga kualitas sambungan besi atau baja yang disambung bisa menjadi kuat serta bertahan lama.

Supaya kualitas pengelasan kamu kuat serta bertahan lama, berikut kutipan dari situs pengelasan dan cermati tipe sambungan las di bawah ini:

Sambungan Las Sebidang

Tipe sambungan las ini adalah cara menyambung las yang paling simpel serta gampang dikerjakan, sebab ke-2 besi disamakan dalam tempat sama terletak atau tempatnya hingga proses pengelasannya akan gampang dikerjakan. Umumnya tipe sambungan besi dengan teknik pengelasan ini dipakai untuk sambungan tiang besi penyagga.

Sambungan Las Lewatan

Pengelasan besi dengan tempat ke-2 permukaan benda sama-sama melekat, tetapi ke-2 ujungnya tidak melekat. Umumnya tipe pengelasan ini dipakai untuk menyambung besi panjang, yang dipakai untuk meredam beban.

Sambungan Las Tegak

teknik pengelasan dengan sambungan las tegak, tempatnya satu diantara benda dalam tempat mendatar serta besi yang lain dalam tempat tegak. Tipe pengelasan ini sangat kuat dipakai sebab umumnya tipe sambungan ini dipakai untuk tiang penyagga konstruksi.

Sambungan Las Pojok

cara menyambung besi dengan tempat ke-2 ujung benda membuat pojok 90 derajat, tipe sambungan ini seringkali dipakai untuk konstruksi atap, lantai dan beberapa tipe pekerjaan yang lain.

Sambungan Las Bagian

Tipe pengelasan ini ke-2 besi dilekatkan satu bagian dengan bagian yang lain tersambung sama rata, cara membuat sambungan las ini ditujukan untuk menyambung atau menyatukan besi hingga bersatu ke bentuk yang sama.

Nah semua cara teknik membuat sambungan las di atas dapat dikerjakan siapapun yang untuk rujukan beberapa cara membuat sambungan dengan mesin las.

Sebetulnya tidak hanya ke lima cara menyambung besi yang telah saya catat masih mungkin ada cara baru pengelasan yang lain. Nah itulah beberapa penjelasan mengenai teknik penyambungan Las agar hasilnya maksimal dan tahan lama.

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA