by

Ketahui 6 Manfaat Epoxy Lantai Sebelum Membuatnya

KOPI, Jakarta – Tidak hanya tembok atau atap, lantai merupakan bagian rumah yang juga memerlukan perawatan. Umumnya, pemilik akan mengepelnya saja dan hal semacam itu dirasa belum cukup. Salah satu caranya yaitu dengan di epoxy. Namun, Anda harus menemukan epoxy lantai yang tepat dan berkualitas.

Bagi pemilik bagunan, berikut beberapa manfaat menggunakan jasa ini:

Memperhalus Permukaan Lantai

Salah satu manfaat epoxy lantai yaitu, membuatnya menjadi lebih halus. Permukaan yang tidak bergelombang jelas memudahkan pemilik bangunan untuk membersihkannya dari debu, kotoran, maupun benda-benda lain. Hal ini menjadi alasan kenapa lantai pada pabrik selalu di epoxy.

Selain itu, dengan memberikan pelapis epoxy pada lantai akan membuat permukaan beton di bawahnya menjadi lebih kuat, keras serta tahan lama selama beberapa tahun. Jadi, Anda tidak perlu sering-sering mengeluarkan uang untuk perbaikan.

Madu Baduy

Tahan Terhadap Tekanan

Seperti yang sudah dibahas di atas, jika lantai diberi pelapis epoxy akan membuatnya tahan lama karena lapisan tidak memiliki rongga atau pori-pori. Selain itu, juga tidak licin walaupun memberi efek memperhalus. Dan yang paling utama adalah tahan terhadap tekanan.

Lantai keramik biasanya menjadi retak apabila terkena tekanan terlalu besar. Dengan memberikan pelapis epoxy dan menunggunya hingga kering, akan membuat lapisan atas menjadi sangat kuat dan tahan kerusakan.

Anti Slip

Salah satu kecelakaan yang umum ketika orang berjalan sedikit tidak hati-hati di atas lantai keramik yaitu, terpeleset atau tergelincir. Untuk menghindari hal berbahaya tersebut, pemasangan lapisan epoxy bisa membuat permukaan lantai menjadi lebih halus, namun bersifat anti slip.

Walaupun lapisan epoxy biasanya mengkilap, namun formula yang dipakai di dalamnya tidak akan membuat lantai menjadi licin. Malahan, hal ini bisa mencegah orang-orang dari kecelakaan atau kejadian tidak terduga seperti disebutkan di atas.

Madu Baduy

Membutuhkan Sedikit Waktu Pemasangan

Kadang kala, pemasangan lantai yang terlalu lama membuat Anda jengkel karena segala aktifitas akan terhambat dan produktifitas berkurangan. Lain halnya dengan pemasangan lapisan epoxy, pengerjaannya tidak memakan banyak waktu.

Semakin cepat pemasangan lantai, berarti lebih banyak pula waktu tersedia. Sehingga, Anda dapat menjalankan aktifitas kembali seperti biasa di dalam rumah. Apabila hal ini dilakukan pada pabrik dan industri, maka mereka bisa memasang segala instalasi yang ada dengan lebih cepat.

Tahan Terhadap Bahan Kimia

Bahan-bahan kimia tidak hanya berbahaya apabila bersinggungan dengan kulit maupun anggota tubuh lainnya. Namun, juga saat terkena benda-benda lain. Apalagi bila tercecer di lantai seperti di laboratorium atau rumah sakit, membuat lapisan atas lantai mudah korosi bahkan mengelupas.

Maka dari itu, pemberian lapisan epoxy yang berubah menjadi polimer padat pada lantai menjadi begitu penting untuk menanggulangi hal-hal seperti itu. Menjadikannya tahan terhadap segala bahan kimia tercecer dan menghindari pengelupasan atau korosi.

Bawang Tunggal Madu

Memberikan Nilai Estetika

Pemilik rumah, pabrik, laboratorium, maupun gedung lain mungkin juga perlu memberikan sentuhan keindahan pada lantai mereka. Tidak hanya berwarna monoton dan terlihat membosankan atau terpaksa mengganti dengan kayu agar estetis, namun juga memakan banyak biaya.

Lapisan epoxy pun memiliki berbagai macam corak, warna, hingga pola yang bisa dipilih pemilik gedung, untuk dipasangkan di lantai mereka dan bisa disesuaikan dengan kepribadian atau gaya masing-masing. Dengan begitu, bisa memberikan nilai estetika lebih pada bangunan.

Ada begitu banyak manfaat epoxy lantai yang bisa Anda rasakan ketika memutuskan untuk memakainya. Tidak ada salahnya untuk memberi perawatan maksimal pada lantai rumah.

Namun bila Anda tidak mampu melakukannya sendiri, ada banyak jasa epoxy lantai profesional dan berpengalaman. Anda tinggal memilih sesuai kebutuhan.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA