by

Kementerian Kominfo Menggelar Temu Netizen Guna Mensosialisasikan Hari Nusantara 2019 “Nusantaraku Berdaulat, Indonesiaku Maju”

KOPI, Jakarta- Hari Nusantara merupakan peringatan terhadap Deklarasi Djuanda 13 Desember 1957 yang merupakan pernyataan Pemerintah RI mengenai wilayah perairan Indonesia sebagai wilayah terotorial yang menyatu dengan wilayah daratan, sehingga semua perairan yang menghubungan daratan adalah bagian dari NKRI.

Untuk mensosialisasikan hal tersebut, Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Kementerian Kominfo menyelenggarakan acara Temu Netizen dengan tema: “Nusantaraku Berdaulat, Indonesiaku Maju” di Pesto Autentico, Senayan City Crystal Lagoon, Jakarta Pusat pada Selasa, 3 Desember 2019.

Hadir sebagai Keynote Speaker dalam kegiatan ini, Widodo Muktiyo, Dirjen Informasi dan Komunikasi Pubik, Kementerian Kominfo. Sebagai Narasumber dalam kegiatan ini, Dadang Rukmana, Sekretaris Ditjen Penyediaan Perumahan, Kementerian PUPR; Septriana Tangkary, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Kementerian Kominfo; serta Kosmos Harefa, Asdep Bidang Olahraga, Seni dan Budaya Maritim, Kemenko Maritim dan Investasi.

Widodo Muktiyo dalam sambutannya mengatakan ada beberapa tujuan dari peringatan Hari Nusantara Nasional, yang pertama adalah untuk mempererat tali silaturahmi di antara masyarakat Indonesia, mengembangkan minat memperingati hari-hari besar untuk menumbuhkan nasionalisme. Juga untuk mensosialisasikan prinsip-prinsip Indonesia sebagai negara kepulauan. Selanjutnya adalah untuk mensosialisasikan makna wawasan nusantara sebagai manifestasi deklarasi Juanda.

“Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan ekonomi kelautan dengan mengikutsertakan peran serta masyarakat dalam bentuk UKM,” lanjut Widodo.

Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat mewujudkan sistem pertahanan yang handal yang dapat mempertahankan dan menjaga NKRI.
Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary, mengatakan bahwa puncak acara Hari Nusantara akan dilaksanakan di Pantai Gandoriang, Kota Pariaman Sumatera Barat pada 14 Desember 2019 dengan tema: “Nusantaraku Berdaulat, Indonesiaku Maju”.

Adapun kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi:
Tanggal 7-8 Desember 2019, Acara Mancing Maniak, di Perairan Padang dan Pariaman
8 Desember 2019, Maraton 5k dan 10k di Pantai Kata Pariaman
10-14 Desember 2019, Nusantara Expo di Pantai Gandoriah
10-13 Desember 2019, Hiburan Rakyat Nusantara di Pantai Gandoriah
11-12 Desember 2019, Bakti Sosial di SDN Pauh barat Pariaman dan klinik pantai Gandoriah
13 Desember 2019
Bakti Sosial Lingkungan di Desa Ampalu dan Pantai Gandoriah
13 Desember 2019
Gala Dinner Nusantara, di Balaiurung Kediaman Walikota Pariaman
14 Desember 2019,
Gandang Tasa Kreasi di Pantai Gandoriah
14 Desember 2019
Acara Puncak Hari Nusantara di pantai Gandoriah

Dalam acara ini, netizen yang hadir diperkenalkan tentang laut sebagai sumber potensial dan perekat budaya maritim serta didorong kembali untuk mengembangan berbagai industri kelautan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA