by

Mengenal Hak dan Kewajiban Pelanggan PDAM

KOPI, Jakarta – Saat seseorang melakukan kerjasama dengan orang lain pastilah akan muncul yang namanya hak dan juga kewajiban. Bahkan sebenarnya tidak hanya saat melakukan kerjasama, namun saat bersosialisasi dengan lingkungan pun akan memunculkan hal demikian.

Dengan adanya hak dan kewajiban baik secara tertulis maupun tidak tertulis pastinya akan membuat kehidupan menjadi lebih harmonis dan seimbang apabila orang yang terkait di dalamnya melaksanakan dengan baik.

Tidak terkecuali saat kamu melakukan pemasangan saluran air dari PDAM, pastilah akan terjadi kesepakatan terhadap hak dan kewajiban meskipun itu tidak tertulis sekalipun karena sudah melibatkan pekerjaan orang didalamnya.

Nah, sebenarnya apa sih hak dan kewajiban di dalam dunia air PDAM ini? untuk mengetahui jawabannya, kamu bisa langsung membacanya dibawah ini ya.

Hak dan Kewajiban Pelanggan PDAM

Hak ini akan kamu dapatkan langsung mulai dari pertama berhubungan dengan pembuatan saluran air hingga di dalam penggunaan sehari-harinya. Beberapa diantara hak itu yaitu :

  • Mendapatkan pelayanan terbaik

Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa kamu harus mendapatkan pelayanan yang baik, jujur, dan transparan didalamnya oleh pihak PDAM baik dalam urusan teknis maupun hal lainnya.

  • Mendapatkan informasi yang jelas

Selain pelayanan, kamu juga berhak mendapatkan informasi yang jelas dari pihak PDAM, baik informasi mengenai kondisi maupun prosedur pemasangan, pemakaian, dan pemanfaatan fasilitas, kemudian informasi mengenai besaran rekening dan biaya penggunaan, dan lain sebagainya.

Misalnya kamu berada di Tirtawening maka kamu berhak untuk melakukan cek tagihan pdam tirtawening sehingga kamu bisa mengetahui dengan jelas besaran yang harus kamu bayarkan.

  • Melakukan pengaduan

Selain kedua hak diatas, kamu juga berhak untuk melakukan pengaduan kepada pihak PDAM terkait dengan saluran air yang kamu punyai. Misalnya kondisi air, kelancaran air, dan gangguan-gangguan lain didalamnya.

  • Melakukan pemberhentian sementara

Hal ini juga merupakan hak setiap pelanggan untuk melakukan penghentian sementara maupun permanen terhadap layanan air dari PDAM.

Kewajiban Pelanggan PDAM

Selain adanya hak, pastilah kamu juga memiliki kewajiban di dalamnya. Beberapa diantaranya yaitu :

  • Membayar tagihan

Kewajiban yang pertama adalah bayar tagiah. Pelanggan PDAM diwajibkan bayar tagihan sesuai dengan tarif yang ditentukan saat pertama pemasangan.

Adapun cara bayar tagihan PDAM bisa dengan beberapa cara, mulai dari datang langsung ke kantor PDAM, via Indomaret/Alfamart, atau juga bisa via aplikasi MyBeb.

Berikut adalah panduan bayar tagihan PDAM di aplikasi MyBeb.

  1. Buka aplikasi Mybeb kamu. Bila belum ada, silahkan download di Playstore
  2. Pilih menu “Bayar”
  3. Pilih layanan “PDAM”
  4. Pilih Produk PDAM sesuai daerah kamu
  5. Masukkan ID Pelanggan PDAM kamu
  6. Masukkan Nomor Meter
  7. Klik “Lanjutkan”
  8. Lalu silahkan pilih metode pembayaran yang kamu inginkan
  9. Ikuti petunjuk masing-masing metode pembayaran

Setelah pembayaran sukses, akan ada notifikasi via aplikasi, email dan struk pembayaran

  • Memberikan ijin untuk melakukan pengecekan

Terkadang petugas PDAM melakukan pengecekan terhadap sambungan air didalam tempat yang kamu ajukan, maka sudah menjadi kewajiban kamu untuk membolehkannya selagi masih sesuai dalam SOP yang dimiliki.

  • Menjaga alat dari PDAM

Saat memasang saluran air pastinya nantinya PDAM akan memberikan suatu alat, nah sudah menjadi kewajibanmu untuk menjaga alat tersebut supaya berfungsi dengan baik.

Itulah artikel mengenai hak dan kewajiban pelanggan PDAM. Semoga dengan adanya tulisan ini kamu bisa mendapatkan tambahan informasi terkait PDAM.

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA