by

7 Tips Melaksanakan Aqiqah Hemat dan Efektif

KOPI, Jakarta – Silahkan anda baca beberapa tips untuk menghemat biaya acara aqiqah anak kecintaan anda. Mudah-mudahan dengan mengaplikasikan tips sederhana ini, Anda bisa melaksanakan Aqiqah dengan lancar.

Tips #1 – Perencanaan Budget yang Baik

Ada pepatah kuno mengeluarkan bunyi “Gagal merencanakan berarti merencanakan kegagalan”. Demikian utamanya renca hingga ada kata mutiara itu. Dalam melaksanakan Aqiqah, biaya harus dibicarakan. Bila mampu diadakan dengan mandiri (cukup orangtua si anak), karena itu tak perlu menyertakan keluarga besar.

Rencana anggaran aqiqah bisa anda sejak saat anda tahu tipe kelamin bayi dalam kandungan. Bila bayi lelaki, karena itu anda butuh beraqiqah dengan 2 kambing. Bila bayi wanita, karena itu anda beraqiqah dengan satu kambing. Tidak jadi masalah tipe kelamin kambing jantan atau betina.

Prediksikan total kebutuhan dana untuk keperluan penerapan aqiqah. Dengan tahu kebutuhan dana yang dibutuhkan, karena itu anda mulai dapat membuat strategi darimanakah anda memperoleh dana itu.

Apa kumpulkan upah suami serta istri sepanjang waktu khusus sampai, turut arisan aqiqah bersama dengan kerabat dekat, atau meminta bantuan pada keluarga besar.

Tips #2 – Hindari Berhutang

Tak perlu sangkanya berhutang yang akan memberatkan di masa datang. Kalau anda punya penghasilan masih contohnya dari upah bulanan yang bisa dipakai untuk bayar hutang itu, beberapa ulama menjelaskan bisa untuk melakukan aqiqah dengan berhutang.

Silahkan menimbang. Bayar hutang hukumnya ialah harus. Walau telah wafat, hutang tidak bisa dipandang lunas demikian saja. Akan ada penghitungan di akhirat bila di dunia tidak bisa dituntaskan.

Di lain sisi, walau aqiqah punya keutamaan tetapi hukumnya ialah sunnah muakkad (menurut jumhur ulama), berarti tidak berdosa bila tidak serius tidak mampu melakukan. Setelah itu, ketetapan di tangan anda.

Tips #3 – Menyusun Budget Lebih Efektif

Tips melaksanakan Aqiqah selanjutnya ialah menyusun budget lebih efektif. Budget aqiqah mencakup tempat pembelian kambing, jumlahnya kambing, tipe kelamin kambing.

Termasuk juga apakah anda akan memasak sendiri daging kambing itu atau menggunakan layanan aqiqah, acara aqiqah diadakan dalam format seperti apa (contohnya kenduri, mengundang anak yatim, kirim catering aqiqah ke tetangga, sewa gedung) serta hal yang lain.

Cara Menyusun Rincian Biaya Aqiqah

Dalam menyusun budget biaya aqiqah, anda bisa menggunakan 2 cara. Pertama anda memprediksi kemampuan dana total yang dapat anda siapkan.

Dari total budget itu selanjutnya anda breakdown jadi beberapa bagian kecil berdasar pos-pos khusus sesuai dengan format acara aqiqah yang sudah anda tentukan bersama dengan pasangan.

Cara kedua ialah anda membuat serangkaian acara dari mulai sisi kecil dan dana yang diperlukan, setelah itu dipadukan jadi grand total dana yang diperlukan. Siapkan dana cadangan atau biaya tidak tersangka, umumnya besarannya ialah 10 % dari total kebutuhan dana.

Menghitung Rincian Biaya Menu Aqiqah

Satu diantara hal penting dalam acara aqiqah ialah menu aqiqah. Menu intinya ialah masakan daging aqiqah seperti sate, gulai, sop atau hidangan bakar. Untuk menolong anda mempertimbangkan biaya aqiqah.

Agar lebih efektif dari bagian finansial, setelah itu anda dapat pilih serta memisah mana sisi yang penting serta yang tak perlu untuk penerapan acara. Contohnya anda menggunakan format acara kenduri dengan memasak kambing sendiri. Berikut prediksi biaya aqiqah anak lelaki:

  • Biaya pembelian kambing aqiqah 2 ekor @ Rp 3.000.000,- @ Rp 6.000.000,-
  • Biaya bumbu serta keperluan memasak Rp 900.000,-
  • Biaya tukang jagal yang menyembelih kambing Rp 200.000,-
  • Biaya juru masak 3 orang @ Rp 250.000,- @ Rp 750.000,-
  • Biaya jajanan atau makanan ringan saat acara Rp 300.000,-
  • Biaya kartu undangan serta perkataan selamat aqiqah Rp 100.000,-
  • Biaya dekorasi aqiqah
  • Biaya bingkisan/karena untuk undangan (60 orang) yang ada Rp 150.000,-

Berdasar perkiraan rincian biaya aqiqah di atas karena itu aqiqah membutuhkan dana beberapa Rp 8.400.000,-. Setelah itu anda tinggal mempertimbangkan mana yang dapat ditekan biayanya pada tiap sisi.

Contoh jumlahnya tamu undangan dikurangi jadi separonya, karena itu keperluan bumbu serta memasak nasi akan berkurang. Jadi anda dapat lebih berhemat. Pilih pokok-pokonya saja yang perlu rukun aqiqah tercukupi.

Tips #4 – Pakai Layanan Aqiqah Terbaik

Jadi alternatif yang tambah murah serta praktis ialah anda beli paket aqiqah yang berada di kota anda. Khusus untuk Anda yang ada di Jakarta, bisa menggunakan layanan jasa Aqiqah Jakarta.

Bila penyedia jasa aqiqah itu menyediakan harga paket yang beragam, anda tinggal pilih paket yang simpel serta sesuai budget anda. Yang penting syar’i. Berarti memenuhi ketetapan serta ketentuan aqiqah seperti aqiqah anak lelaki dengan 2 kambing serta anak wanita dengan 1 ekor kambing.

Tips #5 – Pertimbangkan Waktu Pelaksanaan

Waktu aqiqah yang penting ialah di hari ke-7 kelahiran bayi. Banyak hadist shahih yang meriwayatkan mengenai batasan waktu penerapan aqiqah di hari ke-7.

Dari batasan waktu ini, anda bisa hitung mundur serta mulai menabung. Anda bisa menyisihkan upah anda per bulan hingga pada waktunya akan memenuhi untuk penerapan aqiqah.

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA