by

5 Destinasi Sumbawa yang Wajib Dikunjungi saat Liburan

KOPI – Indonesia memiliki pesona luar biasa jika dilihat dari keindahan alamnya, begitu juga pada wilayah  bagian timur yang dikenal dengan hidden heaven atau surga tersembunyi. Anda perlu mengetahui 5 destinasi Sumbawa yang wajib dikunjungi agar dapat menentukan tujuan wisata nantinya.

Pesona Panorama Sumbawa

Wilayang Indonesia bagian timur ini memiliki pesona luar biasa indah, terkenal dengan panorama pantai serta pulau-pulau kecil yang menambah nuansa damai di tempat tersebut. Oleh sebab itu, banyak sekali peningkatan wisatawan setiap tahunnya.

Bukan hanya keelokan tepi pantai saja, namun juga wisata bawah laut dari Pulau Sumbawa ini patut sekali untuk dilabeli surga dunia. Selain itu, juga terdapat lebih dari delapan puh enam spesies burung hias yang menambah keasrian wilayahnya.

Namun, keterjangkauan untuk wilayah wisata ini bisa dikatan sedikit susah dijangkau, Anda dapat menyewa jasa rental mobil beserta dengan sopirnya jika ingin menikmati keindahan Sumbawa Tanpa perlu memikirkan aksesibilitasnya.

Surga Tersembunyi di Sumbawa

5 destinasi Sumbawa yang wajib dikunjungi di antaranya:

Bukit Desa Mantar

Seperti namanya, Wisata ini terletak di Desa Mantar Kokar Lian, Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat. Wilayah wisata pada daerah perbukitan ini memiliki jalan curam dan hanya dapat dikendalikan memakai motor ranger dengan biaya sewa sekitar Rp.40.000,-.

Bukit Desa Mantar ini memiliki jam buka sehari semala, namun waktu paling banyak dikunjungi antara pukul empat sore sampai tujuh malam.

Dana yang diperlukan untuk berlibur di Bukit Desa Mantar ini bekisar antara Rp.2.000.000,- sampai Rp.4.000.000,- meliputi pembiayaan transportasi dari Mataram sampai Pelabuhan Kayangan Lombok Timur, biaya hotel, boat serta paket lunchbox.

Gili Bola (Pulau Bedil)

destinasi sumbawa

Nuansa santai nan damai bisa ditemukan dengan mudah di wilayah asri ini. Terdapat ratusan bahkan ribuah pohon kelapa yang bisa menyegarkan pandangan mata Anda. Pantai ini terletak di Jl. Gili Meno, Gili Indah, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Aksesibilitas ke Pulau ini sangat mudah, Anda hanya perlu menyebrang dari Labuan Bajo yang ada di Sumbawa Besar saja. Estimasi biaya tiket liburan untuk wilayah ini adalah sekitar Rp.2.000.000,- pada hari libur.

Liang Bukal

Destinasi wisata ini terletak di Batutering, Moyohulu, Kabupaten  Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Liang Bukal merupakan salah satu dari 5 destinasi Sumbawa yang wajib dikunjungi, karena menyajikan pesona wisata air kolam alami yang menyegarkan pikiran serta memberikan kesan damai.

Harus melewati goa sepanjang 200 meter dahulu agar bisa menikmati surga tersembunyinya. Anda perlu menyiapkan dana sekitar Rp.3.000.000 sampai Rp.4.000.000 untuk menjangkau transportasi darat serta udara yang dibutuhkan ketika mengunjungi Liang Bukal.

Air Terjun Kalela

Destinasi wisata selanjutnya berada di Kelurahan Beru, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Subawa Barat atau sekitar 48 KM dari Pelabuhan Poto Tano ini memiliki jam buka nonstop dua puluh empat jam dan akan ramai ketika puku 11 pagi sampai 6 sore.

Hanya dengan tiket pesawat bekisar Rp.2.000.000 saja, Anda akan mendapat ketenangan suasana yang diilusikan oleh kejernihan air. Para peminatnya juga akan tertarikpada tebing-tebing tinggi di sekeliling kolam, karena mampu menambah keelokan paras Kalela.

Air Terjun Agal

Tujuan liburan dengan alamat di Marenteh, Alas, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat yang buka selama 24 jam ini menyajikan pesona wisata air luar biasa. Karena spot ini tidak hanya ada satu namun sepuluh air terjun.

Estimasi biaya yang diperlukan untuk aksesibilitas air terjun ini mulai dari Rp.2.000.000 sampai dengan Rp.4.000.000, meliputi transportasi udara serta darat. Harga tiket masuk hanya seratus ribu rupiah per 10 orang dan sudah termasuk guide.

Di atas adalah beberapa penjabaran tentang 5 destinasi Sumbawa yang wajib dikunjungi, agar Anda dapat merasakan pesona luar biasa dari surga tersembunyi di Indonesia. Namun, dengan estimasi biaya yang terencana.

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA