by

10 Vokalis Religi yang Populer di Dunia

-Profil-1,275 views

KOPI, Jakarta – Lagu religi kini tetap disukai terutamanya masuk bulan Ramadan. Ramainya lagu religi diikuti bermunculannya banyak vokalis berbakat dimana musikalitasnya bisa disebutkan sejajar dengan beberapa vokalis pop. Siapa sajakah mereka? Berikut vokalis religi Muslim internasional terpopular.

Maher Zain

Sebelum terjun ke musik religi, Maher Zain pernah bekerja bersama dengan produser RedOne, yang sudah melambungkan Lady Gaga, Akon serta vokalis internasional yang lain.

Vokalis asal Lebanon yang sekarang tinggal di Swedia ini mengawali kiprah album-nya Thank You Allah di tahun 2009. Satu diantara trek lagu di album ini, Insya Allah, ia menggandeng Fadly bekas personil Padi—sekarang Musikimia.

Selanjutnya 2012, ia kembali meluncurkan album Forgive Me. Album ketiganya, ia launching waktu peristiwa Ramadan 2016. Ia menggandeng beberapa musisi kenamaan, salah satunya Mustafa Ceceli, musisi populer di Turki untuk menyanyikan lagu The Way of Love.

Sami Yusuf

Vokalis asal Iran yang sekarang tinggal di Inggris ini mengawali kiprah pada 2003 dengan album bertopik Al-Mu’alim.

Sampai sekarang, ia telah menelorkan album 12 Album terhitung album mewah konser-konsernya, yakni My Ummah (2005), Without You (2009), Wherever You Are (2010), Salaam (2012), The Centre (2014), Songs of The Way (2015), Live at The Katara Amphitheatre (2015), Barakah (2016), Live in London (2017), Live at Dubai Opera (2017).

Album salah satu lagunya yang paling hits ialah lagu Asma Allah yang ada dalam album Without You yang launching tahun 2009. Warna musik yang diusung Sami Yusuf benar-benar ciri khas serta disebutkan dengan arti spiritique.

Harris J

Bakat Harris J mulai cemerlang saat ia memenangi kontes menyanyi Awakening Talenta Contest yang diselenggarakan oleh Awakening Records pada 2013.

Maher Zain jadi salah salah satu orang tutor yang membimbingnya sampai sukses meluncurkan album Salam pada 2015. Tahun selanjutnya, 2016 album pertamanya ini diangkat jadi serial drama Ramadhan berjudul Salam di RCTI.

Artis remaja lulusan BRIT School of Perfoming Arts, London ini juga menjelma jadi vokalis yang cukup digemari beberapa remaja Muslim. Tidak hanya cakap menyanyi, ia ingat Alquran.

Humood Alkhuder

Siapa yang tidak familiar dengan lagu Kun Anta?. Dialah Humood Alkhuder yang sudah mempopulerkan lagu ini. Ia adalah vokalis asal Kuwait. Lagu ini pernah dinyanyikan dalam program dangdut di acara tv, serta penyanyinya sendiri diundang di satu diantara program penelusuran talenta di bagian musik dangdut, D’Academy. Karena sangat terkenalnya lagu ini banyak yang dicover dalam macam versus.

Raef

Tidak hanya jadi satu orang vokalis, Raef ialah satu orang guru. Profesinya jadi guru membuat ia punyai waktu senggang untuk membuat lagu.

Ia membuat versus cover beberapa lagu terkenal serta menggantinya dengan lirik yang islami, salah satunya Man in The Mirror-nya Michael Jackson, It’s Jumuah (Friday) jadi versus cover Black Cover-nya Rebecca, Rabbe I’m Your (I’m Your-nya Jason Mraz), With You-nya Chris Brown, serta masih banyak.

Vokalis kelahiran Washington DC berdarah Mesir ini meluncurkan album The Path pada tahun 2014 dibawah naungan Awakening Records.

Zain Bikha

Suaranya yang lembut serta ciri khas seringkali disejajarkan dengan legenda pop dunia, Michael Jackson. Tidak yakin? Kemiripannya ini terlihat waktu ia me-remake lagu Heal The World yang hampir sama seperti vokalis aslinya. Lagu ini ada dalam album Hope yang dikeluarkan 2011.

Zain Bikha ialah vokalis asal Afrika Selatan yang telah meluncurkan kira-kira 12 album di antara 1994 sampai 2015. Lagu Allah Knows salah satu lagu yang hits pada 2015 di-cover kembali oleh Saif Adam.

Saif Adam

Saif Adam awalannya menulis namanya dengan Saif, tetapi terakhir akun sosmednya bertukar jadi Safe. Ia adalah vokalis Muslim kelahiran Inggris berdarah Irak.

Di bawah naungan The Light Records, tahun 2013 ia meluncurkan album Heart. Kelebihan musisi yang pernah bekerjasama dengan Ed Sheeren ini ialah dapat menyanyikan lagu dalam beberapa jenis tempo, dari mulai yang slow sampai tempo cepat.

Ia jago ngerap. Kekuatannya ini dapat kita dengar dalam lagu Kepercayaan in Allah serta Worth it yang dinyanyikan bersama dengan Harris J.

Raihan

Grup Nasyid Raihan termasuk juga jadi vokalis religi terkenal di dunia. Group asal Malaysia ini tercatat telah meluncurkan 11 album serta beberapa lagunya tidak cuma berbahasa Melayu, dan juga Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Prancis, dan Bahasa China.

Perolehan mempunyai 5 orang personil salah satunya Che Amran Idris, Abu Bakar Md Yatim, Amran Ibrahim, serta Zulfadli bin Mustaza.

Native Deen

Native Deen ialah satu group musik yang punyai tiga personil yaitu Joshua Salaam, Abdul-Malik Ahmad, serta Naeem Muhammad. Jenis musik yang diusung oleh group asal Washington D.C ini ialah Hip-hop.

Native Deen sekarang telah meluncurkan empat album yang semasing bertopik Not Afraid to Stand Alone, Deen You Know, I Am Near, serta The Remedy.

Cat Stevens

Cat Stevens ialah vokalis asal Inggris sebagai muallaf pada 1977 serta mengubah namanya jadi Yusuf Islam. Semenjak masuk Islam, Yusuf lebih suka membuat lagu religi.

Pada 1990-an, Cat Stevens yang beralih nama jadi Yusuf Islam kembali dengan karya baru dengan topik Islami. Yusuf Islam menjajal menyanyi nashid dengan tampil di album Perolehan jadi tamu di lagu “God is the Light”. Pada 2000, Yusuf Islam menghasilkan album beberapa anak “A is for Allah” untuk mengajari agama.

So, itulah vokalis religi yang namanya sudah mendunia. Semuanya hampir menyanyikan lagu-lagu islami, termasuk shalawatan. Bila kamu ingin download lagu shalawat atau musik-musik islami, kamu bisa mengakses di situs resminya atau membeli album originalnya.

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA