by

Lulusan STIKOM harus Adaptif Teknologi dan Revolusi Industri 4.0

KOPI, Yogyakarta – Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Yogyakarta akan mengadakan Sidang Senat Terbuka dan Wisuda Program Diploma III Periode XXIII pada Sabtu (2/11/2019) di Ballroom East Parc Hotel Yogyakarta. Jumlah wisudawan dan wisudawati yang hadir sebanyak 96 Ahlimadya (A.Md.). Mereka terdiri atas 16 lulusan Prodi D3 Hubungan Masyarakat (Public Relations), 11 lulusan Prodi D3 Periklanan (Advertising), dan 69 lulusan Prodi D3 Penyiaran (Broadcasting).

Wisudawan terbaik sekaligus lulusan tercepat se-STIKOM Yogyakarta diraih oleh Natalia Indrawahyuni (IPK: 4,00) dari Prodi D3 Humas. Waktu kuliahnya hanya 2,9 tahun. Disusul oleh Ridwan Nur Andry Yanto dengan (IPK: 4,00) dari Prodi D3 Periklanan, serta Fiorentina Indhi Mentari (IPK: 3,73) dari Prodi D3 Penyiaran. Total wisudawan/wati yang berhasil meraih predikat cumlaude (IPK 3,50-4,00) kali ini sebanyak 39 orang, berpredikat sangat memuaskan (IPK 3,00-3,49) sebanyak 46 lulusan, dan berpredikat memuaskan (IPK 2,75-2,99) sebenyak 11 orang. Tercatat sebagai wisudawan termuda yaitu Pramita Desiani Putri (19 tahun 8 bulan) dari Prodi D3 Hubungan Masyarakat.

Tema besar yang diambil dalam momentum wisuda tahun ini adalah “Tantangan Generasi Milenial di Era Revolusi Industri 4.0”. Ketua STIKOM Yogyakarta, R. Sumantri Raharjo, M.Si. berpesan kepada para alumni STIKOM Yogyakarta harus dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan kompetensi, terutama berbasis platform digital. Di samping itu juga harus saling bersinergi. “Kami berharap terus ada sinergi antara para lulusan dan kampus untuk pengembangan kampus di masa yang akan datang,” tegas R. Sumantri Raharjo.

Sumantri berpesan lebih lanjut, agar alumni tidak melupakan almamaternya dan selalu mengaplikasikan apa yang didapat selama kuliah untuk terus mengikuti perkembangan era digitalisasi. Hal tersebut sesuai dengan tagline Stikom Yogyakarta, yaitu ‘Kampusnya Konten Kreator’. Menurutnya, para wisudawan harus mampu berkreasi dan berprestasi di dunia digital yang menjadi kebutuhan masa kini.

STIKOM Yogyakarta merupakan hasil perubahan bentuk dari Akademi Komunikasi Indonesia (AKINDO) YPK berdasarkan Surat Keputusan Menristekdikti No. 109/KPT/I/2018 yang diterbitkan pada 2 Februari 2018. Dengan demikian, hingga kini jumlah lulusan STIKOM Yogyakarta sudah mencapai 2.530 Ahlimadya. Lulusan STIKOM Yogyakarta telah tersebar bekerja di berbagai perusahaan pemerintah maupun swasta di Indonesia, bahkan di mancanegara.

Pada kesempatan tersebut, Pembantu Ketua I STIKOM Yogyakarta, Dra. Sudaru Murti, M.Si. akan menyampaikan orasi ilmiah berjudul: “Tantangan Generasi Milenial di Era Teknologi 4.0”. (*)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA