by

Ciptakan Lingkungan Sekolah Asri dan Hijau, SMK 1 Talaud Lakukan Penanaman Pohon

KOPI, Talaud – Guna mewujudkan lingkungan sekolah yang asri dengan ruang terbuka hijau, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Talaud melakukan penanaman pohon di halaman sekolah tersebut, Sabtu (16/11/2019). Kegiatan ini dihadiri oleh Plh Bupati Talaud Adolf Binilang yang juga turut mengawali penanaman pohon secara simbolis diikuti oleh seluruh perwakilan unsur Forkopimda dan pejabat lainnya.

Kepala SMKN 1 Talaud Johnson Talumedun menyampaikan lewat penanaman pohon ini akan mendukung kerindangan dan  kenyamanan dalam proses belajar-mengajar di sekolah, karena sekolah tersebut memiliki tempat yang asri.

Telah menjadi komitmen bersama, setiap kegiatan pembelajaran di sekolah ini untuk  selalu mempersiapkan diri mengikuti lomba sekolah berwawasan lingkungan, menciptakan sekolah yang asri dan rindang,” ujar Talumedun.

Plh Bupati Kepulauan Talaud Adolf Binilang dalam sambutannya mengatakan sangat mendukung program penanaman ratusan pohon yang dilakukan oleh SMK 1 Melonguane. Untuk itu, dirinya telah meminta kepada pejabat terkait agar membuat surat edaran di semua sekolah dan Puskesmas yang ada di Talaud untuk dapat melakukan kegiatan yang sama.

Ini merupakan hal yang luar biasa. sehingga harus menjadi edukasi bagi yang lain, untuk itu kami telah meminta pihak terkait untuk buat surat edaran ke sekolah-sekolah, mulai dari TK sampai SMA/SMK se-derajat di Talaud untuk wajib melakukan pola ini, termasuk juga di semua puskesmas,” ujar Binilang.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi  Sulawesi Utara di Talaud Sri Ratna Pasiak kepada media ini mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi keluarga besar SMKN 1, bahkan bangga SMK 1 telah menjadi pelopor penanaman pohon di Talaud. 

Kegiatan ini diharapkan memiliki manfaat dan dampak yang luar biasa. Saya berekspektasi kegiatan seperti ini dapat juga dilakukan di sekolah-sekolah lainnya. Banyak manfaat dalam menanam pohon. Selain dari segi keindahan atau estetika, menanam pohon juga dapat mengurangi pemanasan global, sumber oksigen dan lain sebagainya,” ucap Pasiak, wanita yang dekat dengan awak media ini. 

Lebih jauh dikatakan, penanaman pohon di sekolah juga dimaksudkan agar para siswa sebagai generasi ke depan, pemimpin masa depan, sejak dini diajarkan mencintai dan melindungi lingkungan.

Termasuk di dalamnya, menjaga, merawat dan memelihara pohon,” jelas Pasiak sambil berharap berharap generasi ke depan memiliki karakter yang baik dan layak dicontoh. Salah satunya adalah peduli lingkungan. “Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi,” tutupnya (w4n)

Comment

Berita menarik lainnya...