by

YPI Nurul Falah Talok Gagas Konsep Pendidikan Sistem Boarding School

-Berita-1,332 views

KOPI, Tangerang – Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Nurul Falah Talok Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang terus mengembangkan diri. Yayasan yang mengelola pendidikan formal mulai jenjang TK, SD, MDA, MTs dan MA ini sedang mengagas sistem pendidikan Boarding School.

Hal ini seperti diungkapkan Ketua YPI Nurul Falah, Juju Jumriah, M.Si. Dalam ekspose rencana jangka panjang, YPI Nurul Falah akan menciptakan lembaga pendidikan berbasis asrama dalam satu kemasan boarding school. Basis unggulannya adalah tahfidz dan pengembangan keagamaan serta bahasa.

“Dalam pengajaran, kami mengintegrasikan keilmuan agama dengan umum. Untuk itu, siswa tidak hanya dibekali keilmuan agama, tapi juga keilmuan umum yang menjadi kebutuhan dunia kerja,” jelasnya.

Pengurus yayasan lainnya Malik Fatoni menambahkan, sejak berdiri tahun 2017, pihaknya terus berkomitmen mencetak generasi Islami dan meningkatkan mutu pendidikan.

Dalam perjalanannya, lembaga formal ini berkembang pesat. Alumninya banyak yang berhasil dalam kehidupan dan kompetensi keahliannya masing-masing. Karena, para siswa tidak hanya dibekali keilmuan agama, tapi juga keilmuan umum yang menjadi kebutuhan dunia kerja.

Kerjasama dengan pihak luar pun dilakukan. Diantaranya menjajaki kerjasama dengan petinggi PT Gajah Tunggal (Produsen ban terbesar Indonesia), Joni Prihatin. Beberapa waktu lalu kedua belah pihak menjajaki kemungkinan kerjasama dengan institusi dan perusahaan industri yang ada.

Ditambahkan kembali oleh Ketua YPI Nurul Falah Juju Jumriah, M.Si. Pihaknya berkomitmen hadir di tengah masyarakat untuk memberikan pendidikan yang terbaik buat kemajuan masyarakat.

“Dalam proses itu, tantangan, rintangan dan hambatan pasti ada. Tapi kami hadapi dengan sabar dan jadi motivasi penguatan komitmen agar lembaga pendidikan yang kami kelola terus maju dan berkembang,” ujarnya.

Targetnya, terang Hj. Juju, Nurul Falah menjadi kawah candra dimuka bagi pembangunan peradaban umat. “Yakni, generasi muda yang tidak hanya maju  secara ekonomi, tapi juga kuat dalam pondasi keimanan dan ketaqwaan,” ungkapnya.

Terbukti, telah banyak prestasi yang dicapai siswa, akademik dan non akademik, baik tingkat lokal maupun nasional. “Ini menjadi cermin komitmen yang kuat dan besar kami bahwa ke depan YPI Nurul Falah akan menjadi lembaga yang maju, kuat dan berkarakter dalam mengembangkan peradaban umat,” ujarnya.

Berbekal komitmen tersebut, kini para lulusannya dapat dengan mudah terserap dalam dunia kerja. Namun di sisi lain, pihak yayasan juga mendorong alumninya bisa melanjutkan kuliah.

Dijabarkan Hj. Juju, apa yang sudah dicapai sejalan dengan tujuan visi dan misi lembaga ini yakni “terciptanya peserta didik yang mampu memadukan imtaq dan iptek agar mampu berdaya saing di masa kini dan masa mendatang”.

“Untuk itu, kami mengharapkan doa, dukungan dan partisipasi besar masyarakat dalam pengembangan yayasan pendidikan ini demi memberikan andil buat kemajuan masyarakat dan lingkungan,” pungkasnya. (Ananta)


Comment

Leave a Reply