by

100 Klub Senam Semarakkan Lomba Senam Pencegahan Ostoeporosis di GOR Balaraja Tangerang

Loading…

KOPI, Tangerang – Lomba senam pencegahan osteoporosis yang diadakan Perwatusi (Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia) meriah. Sebanyak 100 klub senam se-Tangerang Raya (Kab. Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangsel) mengikuti lomba yang diadakan di GOR mini Balaraja, Minggu (27/10/2019) mulai pukul 10.00 Wib.

Ketua panitia kegiatan Neneng Yulia Mulyati menjelaskan, kegiatan ini diadakan untuk memeriahkan hari osteoporosis nasional dan dunia. Hari sebelumnya, Sabtu (26/10/2019), telah diadakan talk show seputar kesehatan tulang di Kota Tangerang Selatan.

“Puncaknya tanggal 3 November mendatang akan kegiatan senam bersama dan pembagian hadiah di Kota Tangerang,” kata Neneng Yulia yang juga Ketua Perwatusi (Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia) Kabupaten Tangerang.

Bunda Neng, sapaan akrabnya mengatakan, antusiasme warga tehadap senam pencegahan osteoporosis ini sangat tinggi. Terbukti, dari 100 klub yang ikut lomba, 80 klub diantaranya berasal dari Kabupaten Tangerang.

Di tempat sama, Ketua Perwatusi Pusat Anita Hutagalung mengatakan, untuk mencegah tulang keropos, masyarakat harus meningkatkan konsumsi makan ikan.

Cara lain yakni harus sering berolahraga karena dengan banyak bergerak akan tetap menjaga kesehatan tulang. “Senam osteoporosis ini bertujuan untuk menyehatkan tulang sekaligus menguatkan otot,” katanya.

Sekadar diketahui, osteoporosis atau tulang keropos secara stastistik menyerang sekitar 1 dari 3 wanita dan 1 di antara 5 pria yang berusia diatas 56 tahun. Kerentanan terhadap penyakit ini makin tinggi seiring dengan tingginya usia.

Selain senam, perlu juga dijaga nutrisi yang sehat termasuk cukup mengkonsumsi sayuran hijau dan makanan yang mengandung banyak Kalsium. (Ananta)

Comment

BACA JUGA...