by

Satgas Pamtas RI-PNG Bantu Proses Persalinan di Tengah Hutan

KOPI, Papua – Anggota Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/Pandawa Kostrad yang berada di Pos Yakyu baru-baru ini membantu persalinan seorang warga di tengah hutan, yang berjarak ±700 meter dari RT 03 Yakyu, Kampung Rawabiru, Distrik Sota, Merauke, Papua.

Hal tersebut dikatakan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pandawa Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., di Merauke, Papua, Kamis (24/10/2019).

Dijelaskan Dansatgas bahwa kejadian tersebut bermula pada Rabu pagi (23/10/2019), saat Danpos Yakyu Letda Inf I Komang Adhi menerima laporan dari seorang bapak, Nakti Mbanggu, bahwa anak perempuannya yang bernama Deliana mengalami kontraksi saat hendak mengambil kumbili di hutan dan segera membutuhkan pertolongan karena akan melahirkan.

“Saat berkordinasi, Letda Inf Komang meminta supaya Deliana dievak ke Pos Yakyu. Namun, pihak keluarga menolaknya karena sesuai hukum adat saat persalinan harus berada di hutan selama satu minggu,” tambahnya.

Atas hal tersebut, selanjutnya Danpos memerintahkan Sertu Holvan Arif bersama tiga anggota untuk segera menuju ke hutan agar dapat memberikan bantuan persalinan.

Beruntung, saat sampai di lokasi sang Ibu segera mendapat pertolongan dari Takes Pos, Pratu Suparyadi dan Pratu Teguh Utomo. “Akhirnya melalui proses yang dramatis Deliana berhasil melahirkan seorang anak laki-laki melalui proses persalinan normal yang lancar dan kondisi keduanya (ibu dan bayi) dalam keadaan sehat dan selamat,” ungkap Mayor Inf Rizky Aditya.

Lebih lanjut Dansatgas menuturkan bahwa setelah melahirkan pihak keluarga sepakat memberi nama sang bayi Rudy Marcelo Darma Putra Maywa, yang merupakan gabungan Lambang Kostrad dan salah satu marga di Suku Kanum. “Sebagai bentuk perhatian, Pos Yakyu memberikan bantuan berupa susu kaleng, biskuit, kelambu lapangan, selimut dan beras,” ucapnya.

“Apa yang dilakukan Satgas merupakan implementasi dari komitmen kami sejak awal penugasan, yakni melaksanakan tugas yang berorientasi pada kebermanfaatan diri bagi lingkungan dan dapat hadir memberikan bantuan bagi warga yang membutuhkan,” tegas Dansatgas.

Nakti Mbanggu, kakek dari sang bayi menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pandwa Kostrad yang telah membantu persalinan putrinya. “Kami semua berharap Marcelo Dharma Putra dapat menjadi berkat bagi orang lain dan kelak menjadi seorang Prajurit TNI seperti bapak-bapak yang membantu kelahirannya,” katanya. (ASEPS/Red)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA