by

Mantapkan Persiapan Peserta Program Sakura, Kappija-21 Adakan Pre-departure Orientation II

Loading…

KOPI, Jakarta – Dalam rangka memantapkan persiapan pemberangkatan peserta kegiatan Sakura Science Program ke Jepang, Pengurus Pusat Keluarga Alumni Program Persahabatan Indonesia Jepang Abad 21 (Kappija-21) mengadakan acara pre-departure kedua bagi para peserta program tersebut. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta, yang terdiri atas 7 orang siswa wanita dan 8 orang siswa pria.

Hadir dalam acara tersebut, Presiden Kappija-21 Mulyono Lodji, Sekjen Kappija-21 Wilson Lalengke, dan koordinator/pendamping peserta, Yusron Fuadi dan Triesna Fathona. Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Audiovisual SMA Negeri 48 Jakarta Timur itu berlangsung pada hari Minggu, 20 Oktober 2019.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa Kappija-21 dengan didukung oleh organisasi nirlaba Jepang, Development Association of Youthleader Japan, akan mengirimkan 15 siswa ke Jepang dalam rangka menambah pengetahuan, wawasan, pengalaman dan pemahaman tentang berbagai hal, termasuk masyarakat dan budaya Jepang. Kunjungan tersebut akan berlangsung dari tanggal 24 hingga 31 Oktober 2019 mendatang.

Baca juga: Peserta Program Sakura Science Ikuti Pre-departure Orientation

Salah seorang peserta, Angga Desamawan Putra Lalengke, siswa kelas 2 SMK Satria Srengseng, Jakarta Selatan mengungkapkan kegembiraannya memperoleh kesempatan mengikuti program ini. “Saya sangat senang dapat kesempatan mengikuti program Sakura Jepang ini,” kata Angga, demikian ia selalu dipanggil, Minggu 20 Oktober 2019, kepada media ini.

Angga yang sangat menyukai film animasi anime ini mengaku akan berupaya memanfaatkan kesempatan tersebut semaksimal mungkin untuk menimba ilmu dan pengalaman langung di Jepang. Ia bersama kawan-kawannya juga telah mempersiapkan diri untuk mengikuti rangkaian kegiatan selama di Jepang dengan sebaik-baiknya.

“Saya ingin belajar bahasa Jepang, semoga setelah bertemu teman-teman siswa Jepang saya bisa meningkatkan kemampuan saya di bidang komunikasi bahasa Jepang, juga belajar animasi Jepang,” imbuh Angga dengan antusias.

Pada acara pre-departure kali ini, peserta memantapkan berbagai persiapan keberangkatan, termasuk berlatih perkenalan bahasa Jepang, memahami budaya Jepang, serta persiapan seni-budaya yang akan ditampilkan pada saat acara malam keakraban bersama siswa Jepang di sana. Para siswa telah berlatih maksimal untuk menampilkan tarian Maumere dan vokal group dengan lagu Jepang, Mira’i. (APL/Red)

Comment

BACA JUGA...