by

Kuliah Umum Jendral TNI (Purn) Moeldoko S.I.P ‘Tantangan Ketahanan Nasional Masa Kini’

Loading…

KOPI, Jakarta- Pusat Kajian Ketahanan Nasional CSGS-UI Siang tadi mengadakan Kuliah Umum dari Jenderal TNI (Purn) Moeldoko S.I.P. yang bertema Tantangan Ketahanan Nasional Masa Kini. di Ruang Gedung IASTH Kampus UI Salemba Jakarta Pusat Kamis 17/10/19.

Beberapa kajian yang dipaparkan Jenderal TNI Moeldoko (Purn) yang diberi aplaus tepuk tangan para hadirin.

“Kalau kita menyiapkan sebuah negara yang punya daya tarik bagi investor, maka kita harus memiliki dan menyiapkan sesuatu. Satu investor datang ke Indonesia yang ditanyakan pertama bagaimana stabilitasnya, itu stabilitasnya seperti apa, stabilitas politiknya seperti apa, stabiltas ekonominya seperti apa, itu pasti. Yang kedua ada gak kepastian; yang ketiga, biaya logistiknya rendah atau tidak. Kalau tiga hal ini tidak digunakan dengan baik, maka kita akan ketinggalan. Seperti contoh baru-baru ini terjadi. Ada perusahaan dari China harus remove, pindah relokasi dari negaranya, ternyata tidak ada satupun yang datang ke Indonesia. 20 ke Vietnam, yang 13 ke negara-negara lain.
Thailand, Filipina, menyedihkan,” tutur Moeldoko dalam uraiannya.

“Untuk itu sekarang ini Presiden sedang kerja keras, berbagai regulasi yang nyatanya menghambat investasi. itu yang akan dibabat semua nanti,” tambahnya.

“Nanti berbagai UU yang menghambat akan ditengahi, harus ada kepastian dan yang kedua ada stability, dan yang ketiga harus ada efficiensi,” ujar Moeldoko yang menambahkan.

Bisa diikuti pertumbuhan ekonomi yang baik. Sekarang ini dengan otonomi sekarang, kita menghadapi situasi. Karena banyaknya peraturan-peraturan yang ada di daerah itu sungguh-sungguh pusing kepala kita kita mau maju investasi dibelenggu aturannya.

“Begitulah saat ini Presiden menata itu dengan sebaik-baiknya. Bagaimana indikator ketahanan nasional di bidang teknologi dan bagaimana strategi dari pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan tersebut,” tukas Moeldoko yang disambut tepuk tangan hadirin.

Demikianlah acara Kuliah Umum Sekolah Kajian Stratejik Global Universitas Indonesia Program Studi Ketahanan Nasional bekerjasama dengan Pusat Kajian Ketahanan Nasional Universitas Indonesia yang diprakarsai Ariasa Hadi Broto selaku Ketua Pusat Kajian Ketahanan Nasional UI.

Comment

BACA JUGA...