by

ICC Segera Luncurkan Incoterms 2020

KOPI, Jakarta – International Chamber of Commerce (ICC) Komite Nasional Indonesia meluncurkan Incoterms® 2020 (bilingual) versi terbaru di Shang-ri La Hotel, Jakarta, pada tanggal 25 September 2019. Acara ini menjadi tempat berkumpulnya para pihak yang terkait dengan penggunaan Incoterms® 2020 seperti para pelaku bisnis dari korporasi , perbankan, pejabat pemerintahan, dan tim ICC.

Incoterms® adalah satu set kumpulan peraturan yang dirancang dan disusun oleh ICC dan untuk digunakan dalam perdagangan internasional. Incoterms® pertamakali diperkenalkan ICC pada tahun 1936, dengan tujuan untuk memfasilitasi kegiatan perdagangan internasional yang terkendala oleh perbedaan acuan yang digunakan untuk komersial dan yudisial dari masing-masing negara.

Sejak diluncurkan Incoterm telah digunakan oleh perusahaan-perusahaan dari seluruh dunia termasuk di dalamnya perusahaan multinasional; usaha mikro kecil menengah (UMKM); dan pelaku usaha perorangan.

Peluncuran Incoterms® 2020 mencerminkan karakter sistim perdagangan internasional yang selalu berubah. Perubahan yang dilakukan pada Incoterms® 2020 mengikuti ‘best practices’ dalam perdagangan internasional untuk memastikan INCOTERM 2020 sesuai dengan situasi perdagangan masa kini.

Acara Peluncuran Incoterms® 2020, akan dihadiri oleh:

  • Emily O’Connor, Incoterms® 2020 Anggota Tim Revisi INCOTERM 2020
  • Doddy Zulverdi, Executive Director International Department, Bank Indonesia.
  • Benny Soetrisno, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perdagangan, Kadin Indonesia.
  • Firman Hidayat (Kepala Divisi Penelitian dan Asesmen Internasional – Departemen Internasional Bank Indonesia)
  • Nurlaila Nur Muhammad, Kepala Pusat Pengkajian Perdagangan Luar Negeri, Kementerian Perdagangan Indonesia.
  • Perwakilan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Seminar Incoterm® 2020 berfokus pada tinjauan menyeluruh mengenai Incoterms® 2020 dan penjelasan mengenai perubahan dari Incoterms® 2010. Acara ini juga mencakup presentasi tentang aturan yang diberlakukan bagi multimoda transport yang diatur di dalam Incoterms® 2020.

Sebagai penutup seminar, acara ini diakhiri dengan studi kasus yang melibatkan para peserta seminar mengacu pada Incoterms® 2020. ICC Indonesia meluncurkan Incoterm® 2020 dalam Bahasa Inggris dan Indonesia (bilingual) untuk meningkatkan pemahaman para pengguna Incoterms® 2020 di Indonesia sehingga menguntungkan usaha mereka. Serta translasi ini akan membuat harga buku Incoterms® 2020 di Indonesia lebih kompetitif. Pada akhirnya Incoterms® 2020 diharapkan akan mendukung program pemerintah dalam meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar global.

Tentang International Chamber of Commerce

International Chamber of Commerce (ICC) adalah organisasi bisnis terbesar di dunia mewakili lebih dari 45 juta perusahaan lebih dari 100 negara. Misi utama ICC adalah untuk mewadahi kegiatan usaha bagi semua perusahaan, setiap waktu . Melalui kombinasi unik yang melibatkan advokasi, pemberian solusi dan penentuan standar, kami mempromosikan perdagangan internasional, kegiatan usaha yang bertanggungjawab dan juga pendekatan global terhadap peraturan-peraturan, serta upaya untuk menyediakan layanan penyelesaian sengketa yang terdepan. Anggota kami terdiri dari perusahaan yang terdepan di dunia, UMKM, asosiasi usaha, dan kamar dagang domestik.

Peluncuran Incoterms® 2020 dilaksanakan dengan dukungan dari PT Astra International Tbk.; PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.; PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.; PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.; PT Bukit Asam Tbk.; SSEK Indonesian Legal Consultants; and Bank Muamalat Indonesia Tbk.

Comment

BACA JUGA...