by

Ratusan Pecinta Alam Adakan Latihan Gabungan

Loading…

KOPI, Lubuklinggau – Ratusan pemuda-pemudi dari bermacam-macam organisasi pecinta alam yang berada di wilayah Bumi Silampari meliputi Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musi Rawas, dan Muratara berkumpul di Sport Center Petanang Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan, guna mengikuti latihan gabungan, Minggu, (25/08/2019).

Tampak di lapangan, kegiatan ini dihadiri oleh beberapa organisasi dari KPA Wira Alam Buana (WAB), SIGMASISDA, IPALTEK, MANDAPALA, WANUSAPALA, GAREPA, PALASTU, RICUS PANDAPALA, SIMPALA. Mereka berasal dari Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA), Kelompok Pecinta Alam (KPA), Siswa Pecinta Alam (SISPALA) yang berada di Bumi Silampari Sebuduk Semare.

“Latihan gabungan digagas untuk membangun kapasitas, kepedulian, dan kemampuan pemuda-pemudi pecinta alam dalam masalah Orienteering dan Rockclimbing,” ujar koordinator lapangan Herlambang

Madu Baduy

Menurutnya, konsep penyelenggaraan Latihan Gabungan ini adalah suatu bentuk kegiatan yang bertujuan untuk mempererat tali silahturahmi antar Mapala, KPA, dan Sispala yang berada di Bumi Silampari. Pengembangan atlet di bidang Navigasi Darat (Orienteering) dan Panjat Tebing (Rock Climbing), menyamakan persepsi materi di bidang Navigasi Darat dan Panjat Tebing.

Kegiatan ini juga ditujukan untuk mendukung materi pecinta alam seperti penyelamatan kasus tragedi di hutan dan di gunung. Selain itu, kegiatan ini merupakan aktivitas generasi kepemudaan sebagai cikal-bakal kepedulian pemuda dalam hal pelestarian lingkungan hidup.

Pembinaan generasi muda adalah suatu upaya atau usaha pendidikan yang dilaksanakan secara sadar, berencana, terarah, teratur, membimbing dan mengembangakan dasar-dasar kepribadian yang seimbang, utuh dan selaras dengan bakat. “Pengembangan dan pembinaan generasi muda diarahkan sebagai minat pada kegiatan Pecinta Alam, khususnya Navigasi Darat & Orienteering serta Rock Climbing,” pungkas Herlambang. (vhio)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Loading…

Comment

Leave a Reply