by

Ketua AK3L ‘Diulosi’ Ketua Yayasan BMJ di Acara Bimtek Universitas Mpu Tantular

Loading…

KOPI, Jakarta – Ketua Asosiasi Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (AK3L), Drs. H. Hermansyah, mendapat kehormatan menerima Ulos Batak (Selendang Batak) dari Ketua Yayasan Budi Murni Jakarta (YBMJ), KRHT Budi P. Sinambela, BBA, yang menaungi Universitas Mpu Tantular (UMT). Penyerahan Ulos kepada Hermansyah berlangsung di acara Bimbingan Teknis (Bimtek) yang digelar Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Mpu Tantular, di Aula Hiobadja, Lantai 8, Kampus A, Cipinang, Jakarta Timur, Rabu, 31 Juli 2019 dari pagi hingga sore.

Bimtek Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) yang bertajuk: “Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Dalam Masyarakat dan Dunia Kerja,” itu, diikuti sekitar 150 peserta.

Dalam kesempatan tersebut, Hermansyah juga memberikan sambutan yang menyinggung pentingnya para pekerja dunia konstruksi dan industri, menerapkan K3L di lingkungan kerja masing-masing. Karena menurutnya, akan membantu mengurangi risiko kecelakaan kerja, serta mampu menjaga kesehatan para pekerja dan lingkungan kerjanya.

Selain Hermansyah, petinggi Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN), Capt.Hendrik Edi Purnomo,S.H.,CIArb, yang membuka acara yang ditandai pemukulan gong, juga mendapat Ulos dari Ketua Yayasan BMJ. Demikian juga Ir. Jonggi Panangian, M.Eng, Ketua Project Management Unit (PMU) Binamarga PUPR Bidang Pengadaan Tanah Jalan Tol, yang menjadi narasumber Bimtek.

Diketahui, tradisi pemberian ulos ini di lingkungan kampus UMT, awalnya diprakarsai oleh pendiri Universitas Mpu Tantular, Prof. DR. KRT Tarnama Sinambela Kusumonagoro. Hal ini dimaknai sebagai bentuk penghormatan kepada mereka-mereka yang dinilai memiliki kekhususan dalam setiap perhelatan besar.

Sebelumnya, acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kemudian Pembacaan Doa oleh Amin Saleh, SH, MH, dosen Fakultas Hukum UMT. Dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia Bimtek, Drs. Ir. Edison Hatoguan Manurung, MM, MT, MH, IICD, CST, yang juga sebagai Ketua LPPM Universitas Mpu Tantular.

Sambutan selamat datang disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik, Drs. Bambang Rismadi, MSi. AK, CA, mewakili Rektor UMT, Dr. Ir Mangasi Panjaitan, ME yang sedang mengikuti pendidikan Lemhannas. Dilanjutkan sambutan dari Ketua Yayasan Budi Murni Jakarta (YBMJ/yang menaungi UMT), KRHT Budi P. Sinambela, BBA.

Sambutan berikutnya oleh Ketua Yayasan Konstruksi Nusantara, Ir. Suryawinata, MM, dilanjutkan sambutan dari Ketua Asosiasi Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (AK3L), Hermansyah. Sedangkan sambutan terakhir yang sekaligus membuka acara Bimtek, mewakili Gubernur DKI Jakarta ditandai dengan pemukulan gong, dilakukan oleh petinggi Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN), Capt.Hendrik Edi Purnomo,S.H.,CIArb.

Setelah itu, dilanjutkan dengan acara Penandatanganan Piagam Kerjasama, yang melibatkan 12 pihak yaitu: Universitas Trisakti (Dr. Ir Bambang Endroyono); Universitas Mpu Tantular (Dr. Ir Mangasi Panjaitan, ME/ diwakili Drs. Bambang Rismadi, MSi. AK, CA); PT Putera Baja Deli (Freddy Utomo); Himpunan Profesi Tenaga Konstruksi (HIPTASI/ oleh T.B Pangaribuan, SH); Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional (GABPEKNAS diwakili T.B Pangaribuan, SH); Perhimpunan Assesor Profesi Indonesia (PAPSI), Ir. Bambang Sukaryatmo, Dipl. HE; Asosisasi kontraktor Terintegrasi Indonesia (AKTI), Tengku Zulfikar, SE, MMC; Yayasan Konstruksi Nusantara (Yakonus), Ir. Surya Winata, MM;   Ketua LPPM Universitas Mpu Tantular, Drs. Ir. Edison Hatoguan Manurung, MM, MT, MH, IICD, CST; Ketua LPJK DKI Jakarta, Dr. Ir Trihono Kadri, MS; Ketua Project Management Unit (PMU) Binamarga PUPR Bidang Pengadaan Tanah Jalan Tol, Ir. Jonggi Panangian, M.Eng; Ketua Asosiasi Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (AK3L), Drs. H. Hermansyah.

Sebagai pembuka sesi Bimtek, dimulai dari Keynote Speaker, Dr. Ir Trihono Kadri, MS yang juga adalah Ketua LPJK DKI Jakarta. Dekan Fakultas Teknik UMT ini memaparkan data-data dunia kerja konstruksi secara makro, dan mengungkap berbagai kejadian tentang keselamatan dak kesehatan kerja secara Nasional.

Dilanjutkan dengan pemaparan 3 (tiga) narasumber yaitu: Ir. Jonggi Panangian, M.Eng; Ir. Harry Siswanto, PMP; dan Ir. Muji Indarwanto, MM, MT. Sesi paparan dimoderatori Drs. Ir. Edison Hatoguan Manurung, MM, MT, MH, IICD, CST.

Suasana Bimtek cukup hidup, karena setelah paparan para narasumber, justru yang ditanya adalah peserta, sejauh mana paparan yang diberikan dapat dimengerti atau setidaknya diingat para peserta. Apalagi, ketika jawaban yang diberikan dinilai para narasumber, maka audiens yang menjawab benar, diberikan hadiah-hadiah menarik, seperti buku, dan lain-lain.  Diujung acara, kembali Drs. H. Hermansyah dari AK3L diminta kesediaannya menutup acara Bimtek, dilanjutkan sesi foto bersama narasumber dan para peserta. Sementara Panitia membagikan Sertifikat dan Piagam Penghargaan. DANS

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Loading…

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

BACA JUGA...