by

259 Jemaah Haji Tiba di Lubuklinggau dengan Selamat

Loading…

KOPI, Lubuklinggau – Wakil Wali Kota Lubuklinggau, H. Sulaiman Kohar sambut kedatangan 259 Jemaah Haji asal Kota Lubuklinggau di Stadion Petanang, Kelurahan Petanang Ilir, Kecamatan Lubuklinggau Utara I, Kota Lubuklinggau, Rabu (21/08/2019). 259 jemaah haji dari 260 yang berangkat beberapa waktu lalu, diangkut dengan menggunakan tujuh unit bus dari Kota Palembang.

“Awalnya jamaah kita 261 orang, 1 orang meninggal dunia sebelum berangkat, dan satu orang jamaah perempuan masih tinggal di tanah suci karena masih sakit,” Kata Hasbi, mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Lubuklinggau.

Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama Lubuklinggau, Azhari Rahardi ikut serta rombongan jamaah dari Kota Palembang menuju Kota Lubuklinggau. Kemudian, melakukan penyerahan jamaah secara simbolis kepada Wakil Wali Kota.

Madu Baduy

Selanjutnya, Wakil Wali Kota menyerahkan secara simbolis jamaah kepada perwakilan keluarga oleh kedua orang tua Camat Lubuklinggau Timur I, Henny Fitrianty.

“Alhamdulillah bapak ibu tiba di Lubuklinggau dengan selamat dan bisa berjumpa lagi dengan keluarga,” ucap H. Sulaiman Kohar saat menyapa jamaah..

Sebagaimana diketahui, haji adalah rukun (tiang agama) islam yang kelima setelah syahadat, shalat, zakat dan puasa. Menunaikan ibadah haji adalah bentuk ritual tahunan yang dilaksanakan kaum muslimin sedunia yang mampu (secara material, fisik, dan keilmuan) dengan berkunjung dan melaksanakan beberapa kegiatan di beberapa tempat di Arab Saudi pada suatu waktu yang dikenal sebagai musim haji (bulan Dzulhijah). Hal ini berbeda dengan ibadah umrah yang biasa dilaksanakn sewaktu–waktu.

Kegiatan inti ibadah haji dimulai pada tanggal 8 Dzulhijjah ketika umat Islam bermalam di Mina, wukuf (berdiam diri) di Padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah, dan berakhir setelah melempar jumrah (melempar batu simbolisasi setan) pada tanggal 10 Dzulhijjah. Masyarakat Indonesia biasa menyebut juga hari raya Idul Adha sebagai hari raya Haji kerena bersamaan dengan perayaan ibadah haji ini. (vhio)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Loading…

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.