by

Mahasiswa Fakultas Hukum Unilak Laksanakan Karya Bhakti di Desa Pelambaian

Loading…

KOPI, Bengkalis – Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru melaksanakan Karya Bhakti Kepada Masyarakat (KBM), bertempat di Desa Pelambaian, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Program KBM tersebut dilaksanakan mulai Sabtu, 27 Juli 2019, diikuti oleh 7 mahasiswa reguler dan 15 Mahasiswa non reguler.

Dosen pembimbing lapangan (DPL) para mahasiswa yang sedang melaksanakan KBM, Irfanyah, SH, MH, mengharapkan agar para mahasiswa dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat tempat mereka melakukan Karya Bhakti itu. “Saya berharap keberadaan mahasiswa dari Fakultas Hukum Unilak dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” kata Irfansyah.

Melihat aktivitas mahasiswa yang sedang belajar hukum tersebut selama kegiatan Karya Bhakti kepada Mayarakat, didapat gambaran bahwa kegiatan yang dilakukan kelompok ini sangat membantu bagi masyarakat tempatan yang berada di desa lokasi KBM. “Sangat bermanfaat, terutama dalam penyuluhan Ilmu Hukum di Sekolah SMAN 3 Tapung, SMPN 8 Tapung Dan SDN 017 Tapung,” tutur salah satu tokoh masyarakat setempat yang minta namanya tidak dipublikasikan.

Kegiatan KBM berupa penyuluhan hukum di sekolah-sekolah itu disambut antusias sekali oleh para siswa dan para guru serta wali murid. Mereka juga bahkan meminta agar program ini diperpanjang waktunya dilaksanakan di desa mereka.

Sesuai arahan dari kampus, program KBM ini meliputi juga hal-hal yang terkait dengan peduli lingkungan dan kebersihan sekitarnya “Saya sebagai peserta KBM ikut juga membersihkan fasilitas umum yang berada di desa tersebut, diantaranya puskesmas, kantor desa, lapangan bola kaki, lapangan bola voly, dan rumah ibadah,” ujar Adi, salah seorang peserta program.

Untuk mengisi kekosongan waktu di malam hari, peserta mengikuti pengajian dan bertukar wawasan dengan para ustad dan tokoh agama Islam di mesjid sekitar desa lokasi KBM. Peserta lelaki juga ikut andil dalam kegiatan ronda untuk menjaga keamanan di wilayah desa tersebut. Semua kegiatan dirancang sebaik mungkin oleh dosen pembimbing, Irfansyah. [Siboroto]

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Loading…

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

BACA JUGA...