by

Lurah Tuwung Sambut Baik Kedatangan Mahasiswa KKN PPM UNHAS

KOPI, Barru – Lurah Tuwung Kecamatan Barru Kabupaten Barru, Hidayatuddin menyambut baik kedatangan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Pada Masyarakat (KKN PPM) Unhas. Hal tersebut disampaikan Hidayatuddin pada acara penerimaan Mahasiswa KKN PPM Unhas di Kantor Lurah Tuwung, Minggu, 23 Juni 2019.

“Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami selaku pemerintah kelurahan Tuwung, karena menjadikan kami salah satu pilihan untuk menitipkan mahasiswa KKN PPM secara mandiri di kelurahan Tuwung di luar KKN Reguler yang akan diterima secara kolektif di kantor bupati nanti,” kata Hidayatuddin.

Hidayatullah berharap program kerja Mahasiswa KKN PPM dapat bersinergi dengan program kerja di Kelurahan Tuwung. “Kita akan mengsinkronkan program kerja dari mahasiswa Unhas Kuliah Kerja Nyata PPM dengan program kerja dari Kelurahan Tuwung,” ungkap Hidayatullah.

Kegiatan penerimaan Mahasiswa KKN PPM Barru tersebut juga dihadiri oleh lurah, tokoh-tokoh masyarakat serta Prof. Dr. Hj. Sutinah Made dan Prof. Dr. Hj. Haerani selaku pembina mahasiswa KKN tersebut.

Sebagaimana diketahui, Kuliah Kerja Nyata adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Program yang dilaksanakan tiap perguruan tinggi berbeda-beda tergantung pada disiplin ilmu yang terkait serta kebutuhan masyarakat dari daerah yang dituju sebagai tempat pelaksanaan KKN. Program yang dibuat dapat terbagi menjadi program umum seperti peringatan hari besar, pemberdayaan masyarakat, dan program khusus yang terkait tema besar suatu tim KKN. Beberapa tema khusus KKN antara lain seperti pendidikan, pariwisata, sumber daya alam, dan peduli bencana. (FRI)

Kunjungi juga website kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

BACA JUGA...