Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Yang Terpinggirkan Yang Terpinggirkan Hampir Adu Jotos Para wartawan dengan Oknum Hakim Fitrizal Yanto Kantor PN Bengkalis

Hampir Adu Jotos Para wartawan dengan Oknum Hakim Fitrizal Yanto Kantor PN Bengkalis

KOPI, Bengkalis- Ricuh di lokasi kantor Pengadilan Negeri (PN) kabupaten Bengkalis, beralamat Jalan Karimun, Kamis (24/3-16). Penyebabnya oknum Hakim Fitrizal Yanto “mengambil paksa/merampas” kartu pers milik Sukardi wartawan surat kabar Posmetro Mandau.

Kericuan ini memicu perhatian para pengunjung melihat pola tingkah oknum Hakim Fitrizal Yanto yang tidak beretika dan main rampas kartu Pers saja. Wartawan bekerja dilindungi Undang-undang . Bagi oknum yang menghalang-halangi tugas para Jurnalis dilapangan (red.mencari berita, cari informasi, publikasi) hukuman penjara menanti Anda sesui Undang-Undang Pers nomor 40 tahun 1999.

Setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan. yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan tugas wartawan ketentuan Pasal 4 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp. 500.000.000,00 (Lima ratus juta rupiah).

 

Belasan wartawan dari media cetak dan elektronik sengaja mendatangi kantor para hakim tersebut, untuk menyelesaikan masalah kartu pers milik Sukardi “dirampas” Ketua Majelis Hakim Fitrizal Yanto ketika mengambil gambar/foto saat sidang.

Maka para wartawan meminta tolong kepada Humas PN Bengkalis untuk mediasi dengan oknum tersebut dan ingin berjumpa dengan Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis, agar permasalahan ini klar/selesai. Bukan malah selesai permasalahannya dari lantai II turunlah oknum Hakim Fitrizal tersebut dengan marah-marah sambil menunjuk-nunjuk dan mengatakan wartawan tidak bersahabat dan arogan.

Perang mulutpun pecah hingga hampir terjadi adu Jotos dengan beberapa awak media di lokasi kantor Pengadilan Bengkalis tersebut. Kedua tak ingin disalahkan. Maka keluarlah Rustiyono Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis melerai kericuhan tersebut.

Rustiyono melerai oknum hakim Fitrizal Yanto dan menariknya kedalam ruanganya.

Usai itu maka digelar pertemuan dengan para wartawan di ruang Sidang Utama Cakra, namun tanpa Hakim Fitrizal Yanto. Ketua PN Bengkalis Rustiyono atas nama institusi dan pribadi menyampaikan permohonan maaf atas kesalahpahaman tersebut.

Ditempat lain Ajisutisyoso mengatakan kami meminta Komisi Yudisial (KY) Memantau dan mengawasi kinerja para Hakim didaerah. Banyak laporan dari daerah ke pusat ,kinerja oknum para hakim bobrok.

Saat ini Lembaga Kehakiman menjadi sorotan Publik pertama sering tertangkapnya oknum Hakim terlibat suap. Kedua membebaskan para koruptor dari jeratan hukum alias koruptor lenggang kangkung. Ketiga memberikan hukuman penjara kepada oknum para koruptor cukup ringan yakni tahanan kota hingga hukuman 1-3 tahun penjara, ini menyebabkan tidak ada efek jera bagi pelaku koruptor “merampok uang negara alias korupsi” berikanlah hukuman yang lebih tinggi yakni 10-20 tahun bagi pelaku korupsi agar ada efek jera.

Keempat berikan Reward /penghargaan dan hukuman berat kepada oknum hakim yang tersebut dari penundaan kenaikan pangkat, tidak boleh bertugas menyidangkan sebagai hakim, hingga pemecatan. Ketus Ajisutisyoso Pengamat Hakim Indonesia (PeHi).

“Saya pertaruhkan jabatan, mohon maaf atas kejadian ini. Mudah-mudahan kejadian ini tidak terulang lagi. Saya atas nama pribadi dan jabatan saya sekali lagi minta maaf,” pungkas Ketua PN Bengkalis Rustiyono. ( didi)

 

Teks Foto. Hakim Fitrizal Yanto (baju merah marun) dilerai oleh Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Rustiyono saat Ribut dengan para wartawan di Kantor PN Bengkalis.( riauterkini)

 

 


Artikel Lainnya:

 

Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.