Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE
None

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Somasi Kepada Amril Jambak : Undang-Undang Mana yang Melarang Wartawan Tanpa UKW tak Boleh Wawancara

KOPI, Pekanbaru - Berita dengan Judul : " PWI Rohul (Rokan Hulu) Sosialisasi UU Pers Nomor 40 Tahun 1999 Kepada Camat dan Kades". Berita tersebut  tayang hari, Kamis (30 November 2017) di media online Riauterkini.com.  Sebagai Narsum ( Narasumber) yaitu :

Sekretaris PWI Provinsi Riau Amril Jambak, Pada alenia terakhir dalam berita tersebut. Tertulis ucapan Amril Jambak menuturkan "

"Amril Jambak mengaku sesuai rapat kerja PWI di Bengkulu tahun 2017, untuk ke depan, narasumber berhak menolak memberikan keterangan kepada oknum wartawan yang belum mengikuti Uji Kompetensi Wartawan atau UKW".

Meski demikian, Amril memesankan kepada Kades dan pejabat di Kabupaten Rohul untuk tidak alergi terhadap wartawan dalam memberikan keterangan yang terjadi di desanya.


Saya selaku  anggota organisasi wartawan PPWI (Persatuan Pewarta Warga Indonesia) berdomisili di Propinsi Riau , sangat miris mendengar ucapan seorang yang memiliki jabatan teras di organisasi wartawan PWI Riau yakni Amril Jambak sebagai Sekretaris .

"Tolong tunjukan Saya apakah ada undang-undang atau peraturannya.Undang-Undang nomor berapa tahun berapa". Jangan mandai-mandai sendiri.

Kini era Milenial (medsos) masyarakat bisa menulis berita dan langsung tayang di Medsos yaitu : Twitter, Youtube, Istagram, Facebook, Wa (Watch Apps), pewarta warga atau Jurnalis citizen, dan lain-lain.

Hasil survey yang saya lakukan . Pertama "Peran penting wartawan sudah berkurang. Masing-masing instansi Pemerintah, Vertikal, swasta , sekolah sudah memiliki website sendiri. Kantor Desa saja sudah memiliki website. Para pegawainya sudah bisa mengakses dan menayangkan kegiatan kantor diwebsite miliknya.

Kedua " Generasi penerus Indonesia kelahiran tahun 70, 80, 90 , 2000 -an keatas sudah mahir menggunakan media sosial. Kebangetan kali oknum tersebut yang tak bisa medsos. Para generasi muda tersebut sudah bisa memberikan informasi yang positip disekitar lingkungan tempat tinggalnya. Informasi, kegiatan tersebut bisa langsung tayang di Medsos. Ada juga masyarakat menanyakan langsung kepada narsumber  saat  itu . Apakah butuh warga memiliki UKW  (Uji Kompetisi Warga) menyaingi UKW (Uji Kompetisi Wartawan) he..he..

 

Ketiga " Warga masyarakat yang tidak hati-hati menulis berita mengandung ujaran kebencian atau Sarachen. Berurusan langsung dengan aparat penengak hukum. Rasakan tidak nyenyak tidur dalam ruangan ukuran 2x3 meter diisi lebih 30 hingga 50 orang. Ada  narapida yang tidur kakinya naik keatas dinding akibat overkapasitas ruanganya adapun yang tidur dalam wc.

Keempat" Kini era milenial warga tidak kalah meracik sebuah berita dengan wartawan Profesional. Sebagian kerja wartawan sudah diambil alih oleh warga dalam pemberitaan ha..ha...

Kelima" Muncul Jurnalisme Warga seperti Kompasiana.com, PPWI (Persatuan Pewarta Warga Indonesia) dan lain-lain.

Keenam" Peran Media cetak sudah berkurang, sejak booming era digitalisasi/media siber ini.

Ketujuh " Apakah orang/ warga masyarakat yang memiliki siber atau website berdomain Blogspot.com atau wordpress.com dan lain-lain perlu UKW.

faktor media cetak ( koran ) Kolap atau bangkrut tinggi biaya operasional, oplah pembaca turun. Kalah cepat dengan Medsos tentang informasi terkini.

Kembali ke Topik Berita

Saat ini Dewan Pers mengakui  Tiga Organisasi wartawan yakni :  PWI (Persatuan Wartawan Indonesia), AJi (Aliansi Jurnalisme Indonesia), IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia).

Saya heran dengan Dewan Pers, padahal  puluhan organisasi wartawan yang telah dibentuk oleh Teman-teman wartawan di pusat dan didaerah. Mungkin "Dugaan" Organisasi wartawan yang lain dikebiri oleh Dewan Pers alias tidak diakuinya. weleh..weleh...

Ini menimbulkan prasangka, ada anak tiri anak kandung terhadap organisasi wartawan yang lain,  ini bisa menimbulkan blok atau kelompok  menghambat perkembangan organisasi wartawan dan Jurnalis warga yang lainya. Dewan Pers hanya mengakui tiga organisasi wartawan loh.

Kami meminta tolong kepada Penguasa  yakni pemerintahan  Presiden Jokowi Widodo dan Jusuf Kalla.  Pemerintah segera mengakui keberadaan organisasi wartawan maupun jurnalisme warga yang lainya. Undang-undang membolehkan masyarakat berkumpul, berserikat menyampaikan hak dan pendapatnya termaktub dalam UUD 45.

"Kepada teman-teman  seprofesi (pers)  dari media cetak, media online, Media elektronik dimanapun berdomisili  di pusat maupun  daerah mari kita satukan langkah mendesak  agar Dewan Pers mengakui keberadaaan organisasi pers lainya".

UKW (Uji Kompetisi Wartawan) hanya diadakan oleh organisasi Pers  PWI saja.

Jadi kalau ada wartawan yang ingin mewawancarai/konfirmasi narasumber maka ia keluarkan dan tunjukan sertifikat UKWnya kayak anak sekolah saja ha...ha...

 

Hasil Rekomendasi Konkernas  (Konferensi Kerja Nasional ) PWI di Propinsi Bengkulu tidak ada maklumat yang dikeluarkan oleh pengurus " Narasumber menolak wartawan yang tidak memiliki UKW" . "Kepada Amril Jambat tolong dijelaskan apakah ada isi  rapat Konkernas hal itu".

Hasil Rapat Konkernas PWI di Propinsi Bengkulu pada November 2017 sebagai berikut.

1). Pemilihan ketua umum akan berlangsung di Jakarta atau Palembang Sumatera Selatan. Sedangkan Rakernas SIWO tahun 2018 akan berlangsung di Daerah Istimewa Yogyakarta. Itulah antara lain rekomendasi Komisi Program Konferensi Kerja Nasional (Konkernas) PWI yang berakhir Sabtu (18/11-17) malam di propinsi Bengkulu yang ditutup oleh Sekjen PWI Hendry Ch Bangun.

 

2). Rekomendasi lain yang dibacakan Ketua Komisi Program Amir Machmud di antaranya perlunya inventarisasi penguji kompetensi wartawan sehingga diketahui penyebarannya. Amir Machmud yang juga Ketua PWI Jawa Tengah itu mengatakan, dengan inventarisasi itu akan memudahkan mengetahui penguji yang berdomisili paling dekat dengan PWI Provinsi yang menyelenggarakan UKW. “Dengan demikian akan bisa menghemat biaya transportasi serta pemerataan kesempatan menguji,” katanya.

3). Program lain yang direkomendasikan menyangkut Sekolah Jurnalisme yang harus ditata ulang baik kurikulum maupun model penyelenggaraannya serta perlunya PWI meningkatkan peran melakukan literasi media, terutama menggunakan media sosial dengan baik dan benar yang sasarannya mahasiswa.

4). Komisi Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga merekomendasikan beberapa perubahan pasal – pasal dan ayat yang dinilai sudah tidak memadai. Di antaranya masalah masa jabatan pengurus kabupaten kota, serta beberapa hal lain seperti aturan ketika ketua umum menjadi calon dalam Pilkada dan aturan perpanjangan kartu anggota biasa ketika yang bersangkutan belum UKW.

 

Sekedar catatan Pengurus pusat PPWI yang diketuai oleh Bapak Wilson Lalengke telah berbuat untuk bangsa ini. Beliau bersama pengurus teras PPWI (Persatuan Pewarta Warga Indonesia) pusat telah melatih  dan membina ratusan orang dari berbagai lintas instansi yakni Polri, TNI, masyarakat.

PPWI sudah bekerja dan berbuat melatih masyarakat Indonesia melek Internet atau media siber. Atas perhatian saya ucapkan terimakasih. Sekedar informasi penulis dulu sering mengikuti pelatihan Jurnalis yang diadakan oleh Dewan Pers di Propinsi Riau. Saat itu Narsumbernya Wina  Armada Sukardi dari Dewan Pers, serta diadakan  (alm) Leo Batubara puluhan tahun lalu.  (didi)










 

 

 

 

 


Artikel Lainnya:

 

Pengamat Pilkada Jawa Timur : Ramalan, Prediksi Kofifah Terpilih sebagai Gubernur Jatim
Sabtu, 17 Pebruari 2018

KOPI, Jawa Timur – Pimilihan Kepala Daerah (Pilkada) propinsi Jatim pertarungan dua partai besar yaitu PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) dengan PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) . Teks Foto. Peserta Pilkada Jawa Timur. (foto.net) Khofifah Indar Parawangsa kader PKB, Emil Dardak (Bupati Trenggalek) merupakan kader PDI-P. Begitu pula Saefullah Yusuf yang kerap disapa Gus Ipul politisi PKB serta Puti Soekarno (PDI-P) cucu presiden NKRI... Baca selengkapnya...

Pengamat Prediksi, Ramalan Pilkada Jawa Barat : Ridwan Kamil Terpilih sebagai Gubernur
Sabtu, 17 Pebruari 2018

KOPI, Jawabarat - Pencabutan nomor urut peserta calon Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2018 Propinsi Jawa Barat . KPU (Komisi Pemilihan Umum) Propinsi Jawa barat akan menggelar rapat pleno pengundian nomor urut calon gubernur Jabar malam ini pukul 19.00 di Gedung Youth Centre Sport Arcamanik, Jalan Pacuan Kuda nomor 140, Kota Bandung, pada Selasa malam (13/2). Teknis pengundian kali ini berbeda dengan Pilgub sebelumnya, karena... Baca selengkapnya...

Pengamat Prediksi, Ramalan Pilkada Riau: Incumbent Terpilih Kembali
Sabtu, 17 Pebruari 2018

KOPI, Pekanbaru – Usai sudah penetapan nomor urut pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Periode 2018-2023. Berlangsung pada hari Selasa (13/2/2018) di Hotel Aryaduta, Pekanbaru. Rapat Pleno pencabutan nomor urut pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau dipimpin langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, DR. H. Nurhamin, S.Pt. MH. 1). Nomor urut Satu Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Syamsuar - Edy... Baca selengkapnya...

Surat Terbuka for Dewan Pers II: Ada Saweran Berita Tayang
Sabtu, 10 Pebruari 2018

KOPI, Pekanbaru – Salam anak negeri Merdeka…merdeka 33x , Selamat Hari Pers Nasional (HPN) . Pers Indonesia belum bebas masih terkekang. Saat ini organisasi wartawan yang diakui oleh Dewan Pers hanya Tiga organisasi Pers yakni PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) AJI (Aliansi Jurnalis Indonesia, IJTI ( Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia). Yang heranya Organisasi wartawan yang lain tidak diakui oleh Dewan Pers. Tinggi pula posisi Dewan Pers... Baca selengkapnya...

“Nyanyian” Setnov Seret Nama SBY, Ibas Terkait Proyek KTP Elektronik
Sabtu, 10 Pebruari 2018

KOPI, Jakarta – Ditempat kerjanya, Kangmas Sutisyoso menuturkan “ Diluar negeri mantan Presiden masuk penjara seperti Presiden Korea Selatan Roh Tehwu, negara Maladewa. Apakah di NKRI (Negara kesatuan Republik Indonesia) ingin mengikuti jejak negara lain bro. Tanyakan kepada rumput yang bergoyang” cakap Pengamat Ekonomi dan Politik Indonesia singkatan Pepi. Jangan lupa bro bagi-bagilah komisi duit dari proyek KTP-El tersebut. Setelah... Baca selengkapnya...

Prof Dedi, Promotori Fatia hingga raih predikat Cum Laude pada bidang Ilmu Matematika
Kamis, 08 Pebruari 2018

  KOPI, Yogyakarta - Mendengar kata matematika,  sebagian  orang langsung mengurangi volume untuk meneruskan keingintahuannya  mengenai ilmu eksak yang terpersepsikan hal yang  rumit dan rumus-rumus yang sulit pula.  Namun itu tidak berlaku dengan Fatia Fatimah, ketertarikannya pada ilmu Matematika sedari Sekolah Dasar (SD) dan dilanjutkan mengambil program doktoral pada jurusan matematika.   Alhasil ilmu matematika mengantarkanya... Baca selengkapnya...

Jumpa Pers Aliansi Mahasiswa, Pemuda Dan Rakyat Papua
Jumat, 02 Pebruari 2018

KOPI, Waena - Aliansi Mahasiswa, Pemuda dan Rakyat Papua melaksanakan kegiatan Jumpa Pers di Primagarden Waena Kelurahan Waena, Distrik Heram terkait dengan dinamika yang berkembang di Indonesia dan Papua khususnya Fenomena Kejadian Luar biasa (KLB) di beberapa daerah di Papua, Jumat (2/2). Kegiatan Jumpa Pers tersebut dikoordinir oleh Stenly Salamhu Sayuri (Ketua Umum) di dampingi oleh Edowardo Rumatrai (Anggota), Kornelius Mandenas... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALBuku Sejarah dari Seorang Sahabat Turki.....
15/02/2018 | Rachmad Yuliadi Nasir
article thumbnail

KOPI, Jakarta - Hubungan harmonis antara Aceh dan Turki sudah ada sejak dahulu. Pada zaman Sultan AlQahar kerajaan Aceh secara resmi menjalin persahab [ ... ]



NASIONALPererat Kerjasama Bilateral Indonesia-Ma.....
14/02/2018 | Yeni Muezza

KOPI, Jakarta - Mounia Boucetta (Sekretaris Negara Kementerian Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Kerajaan Maroko) melakukan kunjungan ke beberap [ ... ]



DAERAHDistrik Wartutin Kabupaten Fakfak memili.....
14/02/2018 | Wawan Setiawan

KOPI-Fakfak, Ketua Dewan Adat Baham Sirzet Gwasgwas memimpin acara pengukuhan dan pengangkatan M Syahril Yusuf Bay sebagai Raja Nadi Baham Sanggaria A [ ... ]



PENDIDIKANKepala Dinas Pendidikan Sumba Timur Ingi.....
19/02/2018 | Mustajib Sumba
article thumbnail

KOPI, Nusa Tenggara Timur - Setelah mengikuti sesi sintesa masalah-masalah pendidikan di Sumba Timur dengan menggunakan pendekatan PDIA, Kadis Pendid [ ... ]



EKONOMIWamenlu Bahas Kerjasama Bilateral Dengan.....
13/02/2018 | Yeni Muezza

KOPI, Jakarta – Wakil Menteri Luar Negeri RI, AM Fachir, Selasa (13/02) menerima kunjungan bilateral dari Wakil Menteri Luar Negeri Maroko, Mounia B [ ... ]



HANKAMOknum TNI AL Koptu AB Berpakaian Loren.....
13/02/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Surabaya - Ditempat kerjanya Geng Suang menuturkan “ Yang merusak nama korp TNI (Tentara Nasional Indonesia) yakni oknum personel tersebut. S [ ... ]



OLAHRAGA30 Tahun Vakum, Porwada Jabar Kembali B.....
29/01/2018 | Buddy Wirawan
article thumbnail

KOPI, Bandung - Sebanyak 17 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI ) Kota-Kabupaten serta dua Pokja PWI Kota Bandung dan Gedung Sate sudah menyatakan iku [ ... ]



POLITIK23 Tokoh HMI Aceh Terima Said Hasan Baab.....
06/02/2018 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI-JAKARTA, Gedung Amel tempat resepsi ulang tahun HMI ke-71 terlihat begitu meriah. Dalam rangka ulang tahun HMI yang ke-71 maka KAHMI (Korps Alumn [ ... ]



OPINIKetika Para Guru Mengungkapkan dengan Ju.....
19/02/2018 | Mustajib Sumba
article thumbnail

KOPI, Nusa Tenggara Timur - Sumba, “Saya belum mampu mengelola kelas dengan baik ketika anak-anak ribut. Saya jarang membuat media sendiri yang bisa [ ... ]



PROFILKilas Balik 14 Tahun Usia Facebook, Dul.....
14/02/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Amerika Serikat – Dulu The Facebook awalnya tampilan layar biru putih untuk kalangan mahasiswa Harvard saling berkomunikasi dan bertemu den [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAAnak diberi Nama “Fastpay” Pasangan .....
15/02/2018 | Fariz Ragil Ramadhani
article thumbnail

KOPI - Apalah arti sebuah nama, begitu kata pujangga. Hal ini tidak berlaku bagi keluarga Soebarno (43) Warga Sumberjaya Majalengka Jawa Barat. Baginy [ ... ]



ROHANIMenyambut Imlek 2569 Pengurus PSMTI Ria.....
16/02/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Pekanbaru - Menyambut tahun baru imlek 2569, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Riau menggelar kegiatan bakti sosial dengan memba [ ... ]



RESENSIHeboh Buku Fire and Furry Ungkap “ D.....
05/01/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Washington DC- Heboh buku Fire and Fury ungkap “Dapur Gedung Putih” Menjelang Pemilu Pilres Amerika Serikat . Dilansir dari The Guardian, R [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto
article thumbnail

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



CURAHAN HATICuitan @kun Susi Juliana Tentang Pernik.....
18/02/2018 | Didi Rinaldo
article thumbnail

KOPI, Duri – Cuitan @ akun Facebook milik Susi Juliana Simanjuntak alias Dek Yuli S, viral di medsos dan sudah dibagikan oleh ribuan orang. Isi cur [ ... ]



SERBA-SERBICelengan Uang Dikuasai Maling.....
06/02/2018 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Banda Aceh-Beberapa tahun yang lalu tepatnya awal puasa Ramadhan tahun 2014, di depan pintu gerbang makam/kuburan Teungku Di Bitay ada sebuah cel [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.