Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE
None

GELORA SEPEDATiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Wilson Lalengke Hutan dan Hadiah untuk Sang Presiden

Hutan dan Hadiah untuk Sang Presiden

 

Kita selalu berbangga hati dan sedikit congkak ketika kita bicara kekayaan alam negeri zamrud di katulistiwa. Hutannya menghampar menghijau di sepanjang ruas pulau-pulau besar dan kecil dari sabang sampai merauke. Hutan yang kaya segala harta bumi: ada damar, rotan, kayu, bunga-bunga, tanaman obat; ada kupu-kupu, kancil, rusa, banteng, harimau, orang utan; dan banyak lagi tiada terbilang. Tapi sayang sekali Bapak Presiden, kebanggaan itu harus kita bayar mahal karena marwah kita sebagai bangsa pemilik hutan itu telah susut hingga ke titik nadir: kita bangsa yang tidak mampu mensyukuri anugerah emas hijau titipan Dewata. Kita tidak mampu menjaganya, hingga setiap tahun kita kehilangan beribu-ribu hektar hutan dijarah dan terbakar; dan lebih parahnya, justru bencana asap membahana kemana-mana, merontokkan pesawat-pesawat, merusakan jantung-jantung dan paru-paru penghuni nusantara, dan melahirkan cibiran tetangga-tetangga negeri seberang ke muka kita. Saya malu sekali Bapak Presiden.

Sekedar malu tidak menjawab persoalan, saya tahu. Dan untuk itulah saya berkirim surat kepada Bapak, semoga ide kecil nan sederhana ini bisa jadi lilin kecil di tengah kegelapan perjalanan bangsa kita. Sebuah gagasan yang bukan ditujukan untuk menggurui Bapak Presiden, namun anggaplah itu hanya secuil gonggongan anjing lalu. Namun, bila ada setitik hikmah di sini, saya akan amat bahagia bila Bapak Presiden berkenan mendiskusikan lebih lanjut dengan Bapak/Ibu para menteri.

Filsuf Jeremi Bantham dengan prinsip utilitarianisme-nya mengajarkan bahwa setiap perbuatan, baik dari satu maupun sekelompok orang, dianggap benar jika menghasilkan sebesar-besarnya kebahagiaan dan kesejahteraan bagi sebanyak-banyaknya orang sebagai konsekwensi atas perbuatan itu. Sebaliknya, perbuatan kita dianggap salah jika hasilnya adalah keburukan dan kesengsaraan. Dalam perspektif ini, secara kebangsaan, kita telah dianggap berbuat salah oleh orang-orang seberang karena kebijakan negara terhadap hutan telah menghasilkan kesengsaraan bagi umat manusia. Walau ada hasil dari perambahan hutan, tapi tidak mendatangkan kebahagiaan apalagi kesejahteraan bagi rakyat Indonesia. Malahan, hasil hutan itu tidak sebanding dengan harga yang harus kita bayar terhadap kerusakan hutan, alam dan manusia yang ditimbulkannya.

Kalangan deontologist juga dengan tegas menyampaikan bahwa perlakuan kita terhadap hutan selama ini adalah sebuah kesalahan fatal. Bagi pendukung filosofi deontologi, benar-salah-nya sebuah perbuatan ditentukan oleh apakah perbuatan itu berdasarkan tugas dan kewajiban moral yang harus kita laksanakan atau bukan. Sebagai bangsa, kita mempunyai tugas dan kewajiban moral terhadap alam lingkungan kita untuk mengolah dan melestarikannya. Oleh karenanya, ketika manusia-manusia Indonesia mengambil manfaat dari hutan dan melalaikan tugas moralnya untuk menyelamatkan hutan itu, tindakan tersebut adalah kesalahan.

Perkara benar atau salahnya suatu perbuatan juga ditentukan oleh “alasan moral” mengapa sebuah tindakan dilakukan. Ketika pengambilan kayu hutan hanya didasarkan oleh alasan untuk memenuhi kebutuhan pembangunan nasional (hal yang baik), tindakan ini dianggap tidak memiliki “alasan moral” yang benar. Akan berbeda halnya jika “saya mengambil kayu di hutan itu, karena saya yang menanamnya dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup saya”. Jadi, orang deontologi sebenarnya membolehkan kita mengambil hasil hutan, dengan catatan wilayah itu masih tetap hutan alias habis ditebang ditanami kembali, dan lain-lain cara yang memungkinkan hutannya tetap sebagai hutan.

Bapak Presiden yang baik,

Fenomena kabut asap yang terjadi selama belasan tahun, bencana banjir dan tanah longsor yang menjadi langganan tiap musim penghujan di hampir seluruh wilayah nusantara, ditambah dengan keterbatasan kemampuan kita untuk mengatasinya adalah fakta yang membenarkan teori-teori di atas. Kebijakan dan tindakan yang salah selalu mendatangkan konsekwensi keburukan dan kesengsaraan. Dan bila kesalahan ini tidak diperbaiki dengan segera, maka alhamdulillah – puji Tuhan, sebentar lagi istana negara tempat Bapak Presiden beserta keluarga berdiam secara tiba-tiba diterjang banjir.

Sadar bahwa kita sudah salah, maka sebagai manusia kita punya tanggung jawab moral untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengakui dengan jujur bahwa kita, termasuk saya dan Bapak Presiden telah berbuat salah terhadap hutan dan alam Indonesia. Kemudian kita lanjutkan dengan keinginan dan komitment yang kuat untuk berbuat benar dalam pengelolaan hutan kita. Apa langkah kongkrit yang bisa kita lakukan dalam rangka berbuat benar tersebut? Pemikiran sederhana berikut belumlah bisa menjadi solusi total bagi penyelamatan hutan dan alam Indonesia, tetapi mungkin dapat memberikan sedikit pencerahan bagi langkah-langkah besar yang akan muncul di kepala banyak pemikir yang Bapak pekerjakan di istana.

Sebagai Presiden dari lebih 240 juta orang Indoneisa, Bapak perintahkan “Atas Nama Bangsa Indonesia” agar setiap pengusaha perkebunan dan hutan tanpa kecuali untuk mendirikan sejumlah menara pemantau kebakaran di berbagai titik di areal usahanya masing-masing dan mempekerjakan masyarakat setempat dengan tanggung jawab dan imbalan yang jelas. Juga, setiap pengusaha agar menyiagakan tim-tim penanggulangan kebakaran yang siap siaga sepanjang waktu sepanjang tahun dengan dilengkapi fasilitas pemadam kebakaran yang memadai. Bila para pengusaha perkebunan dan hutan tersebut tidak mampu melakukan tugas dan tanggung jawab moral ini, maka mereka dikategorikan melakukan kesalahan dan harus dihukum.

Kebijakan kedua yang perlu Bapak Presiden lakukan adalah membebankan secara struktural kepada seluruh jajaran pemerintahan dari pusat hingga ke daerah-daerah, dari level Menteri, Gubernur, Bupati/Walikota, hingga ke Camat dan Lurah, agar sepanjang masa mengawasi wilayahnya untuk tidak terjadi penjarahan dan kebakaran hutan. Para pejabat itu harus melakukan kontrol setiap saat dan memastikan tidak ada maling kayu berkeliaran di wilayah kerjanya. Jangan ada pencuri berdasi berkedok membuka lahan perkebunan di manapun di negeri ini. Bagi kecamatan dan kelurahan yang berhasil melakukan tugas tersebut setiap tahun diberikan penghargaan, atau bentuk kompesasi lain, yang dapat menggairahkan mereka setiap saat menjaga dan mengawasi hutan di wilayah kerja masing-masing.

Tugas menjaga dan mengawasi hutan ini tidak terkecuali juga dibebankan ke pundak Bapak Presiden sebagai pelaksana amanat rakyat. Saya sebagai salah seorang dari rakyat Indonesia memberikan tugas ini kepada Anda, Bapak Presiden. Dan, bila Bapak Presiden berhasil dalam menjaga keselamatan hutan Indonesia dari penjarahan dan kebakaran sepanjang tahun depan dan seterusnya, saya hadiakan penghargaan istimewa: Saya pilih Bapak untuk jadi Presiden saya lagi pada tahun 2019, tahun 2024, dan seterusnya.

Terima kasih atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak Presiden.

Salam hormat saya,

Anak Orang Hutan Indonesia

 

Tim Persib Targetkan Jadi Juara Liga 1 2017
Jumat, 07 April 2017

KOPI, Bandung - Manajer Persib Umuh mengemukakan, Persib tidak akan bisa sebesar ini tanpa dukungan kuat Bobotoh, mereka di mana pun Persib bertanding selalu ada memberikan semangat dan energi untuk berjuang keras menghadapi lawan-lawannya.   “Oleh karena itu,  tidak ada harapan lain selain Persib harus berjuang dan mentargetkan jadi  juara Liga 1 2017 tahun ini, tanpa dukungan Bobotoh, Persib tidak akan seperti sekarang. Terimakasih,... Baca selengkapnya...

Dandim Aceh Selatan Terima Pasukan Satgas TMMD Ke 98
Selasa, 04 April 2017

KOPI, ACEH SELATAN – Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto menerima Sebanyak 100 personel Batalyon Infanteri 115/Macan Lauser yang tergabung dalam Satgas TMMD Ke-98 tahun 2017 di Lapangan Makodim 0107/Aceh Selatan. Selasa (4/4/17).   Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto mengatakan, Pasukan yang tergabung dalam Satgas TMMD ke 98 tersebut akan diterjunkan ke lokasi sasaran dan berbaur dengan kehidupan ... Baca selengkapnya...

Akting Ibu Negara Iriana Joko Widodo Berperan sebagai “Anak Paud”
Sabtu, 01 April 2017

KOPI, Pekanbaru - Kunjungan kerja ibuk negara Iriana Jokowi beserta Ibuk Mufidah Jusuf Kalla, ke Propinsi Riau, Rabu (29/3-17). Rombongan ini didampingi oleh kunjungan kerja istri-istri Menteri Kabinet Kerja yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE). Jadwal kunjugan kerja rombongan Istri Presiden Joko Widodo ke Riau mengunjungi sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), melakukann pemeriksaan kanker serviks leher rahim atau... Baca selengkapnya...

Persit Kodim Aceh Selatan Disambut Haru Nyak Siti Rohmat
Senin, 27 Maret 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Kemiskinan yang dialami 'Nyak' Siti Rohmat, warga Desa Suak Bakong, Kecamatan Kluet Selatan, telah mengetuk rasa keprihatinan dan simpati Ketua Persit KCK Cabang XXIX Dim 0107/Asel, Ny. Hary Mulyanto dan pengurus Ranting 8 Koramil 07 Kluet Selatan. Selama ini, kondisi 'Nyak' Siti Rohmat memang serba kekurangan. Bukan hanya itu saja, bahkan kesehatannya pun menurun dan sering sakit. Sering kali tak memiliki makanan apalagi... Baca selengkapnya...

Dandim Aceh Selatan Tes Urine 23 Prajurit Intelijen, Hasilnya Mengejutkan!
Jumat, 24 Maret 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Dandim 0107/Asel Letkol Kav Hary Mulyanto melaksanakan pemeriksaan secara mendadak kepada aparat Intelijen Kodim 0107/Asel, bertempat di Aula Makodim setempat, Jumat (24/03/2017). 23 orang prajurit Intelijen Kodim 0107/Asel yang disidak untuk mengikuti tes urine tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah prajurit menggunakan atau mengkonsumsi narkotika dan obat-obatan terlarang. Kegiatan ini langsung diawasi Dandim, Pasi... Baca selengkapnya...

Akibat Mobil Dinas Kepresidenan Mogok, Pengamat: Hubungan Jokowi - SBY Terganggu
Kamis, 23 Maret 2017

KOPI, Jakarta - Di tempat kerjanya, Mas Bray mengatakan, “Heran, kenapa ya Presiden Joko Widodo mau memakai mobil dinas kepresidenan bekas dipakai oleh Mantan Presiden? Biasanya setiap kali berganti kekuasaan di daerah (red. Gubernur, Walikota, Bupati) maka setiap tahun dianggarkan untuk pembelian kendaraan kepala daerah dalam APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah). Ini, malah Presiden Jokowi memiliki rasa sense of krisis terhadap... Baca selengkapnya...

Hari Musik Nasional, Raisa Menyanyikan Lagu Indonesia Pusaka di Istana
Minggu, 12 Maret 2017

KOPI, Jakarta – Ditempat kerjanya, Mas Sugeng Triwardono mengatakan, “Saya seroang fans/penggemar Raisa. Suara Raisa merdu, wajahnya serupa dengan pacar Mas Sugeng pertama saat di sekolah dulu. Salam kangen, bila bisa ketemu Masmu Sugeng". Merayakan Hari Musik Nasional, Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) merayakan seremoni kecil-kecilan di Istana Negara Republik Indonesia, di kawasan Gambir,... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALMiskipun Dikabarkan Hubungan Wako Padang.....
18/04/2017 | Rifnaldi
article thumbnail

Prof. Edwar Juliartha Masih Tetap Menjalankan Fungsinya

KOPI, PADANG PANJANG - Terkait pemberitaan disalah satu media cetak harian terbitan Sumbar dan [ ... ]



NASIONALJenderal Tito Karnavian: Pilkada DKI Jak.....
18/04/2017 | AV

KOPI, Jakarta - Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian berharap pada saat pelaksanaan pemilukada DKI Jakarta 2017 putaran kedua, Rabu 19 April dapat berja [ ... ]



DAERAHProf. Edwar Juliartha Masih Menjalankan .....
20/04/2017 | Rifnaldi
article thumbnail

KOPI, PADANG PANJANG - Kabar retaknya hubungan Walikota Hendri Arnis dan Sekdako Padang Panjang, Prof. Edwar Juliartha semakin canter jadi perbincanga [ ... ]



PENDIDIKANSiswa Pasaman Dilarang coret Baju Usai U.....
15/04/2017 | M. Dwi Richa JP
article thumbnail

KOPI, Lubuksikaping - Polres Pasaman AKP Reko Indro Sasongko,SH melalui Kasat Binmas Polres AKP Syafrizen SH menghimbau bagi siswa yang tamat tahun 2 [ ... ]



EKONOMIPanasonic Hadirkan Produk Inovatif Peraw.....
16/04/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Panasonic Beauty menghadirkan inovasi terbaru dalam perawatan kulit wajah, yang dikemas dalam rangkaian Panasonic Beauty Esthetic Seri [ ... ]



HANKAMBazar HUT Kostrad ke-56, Obral Sembako M.....
08/03/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Dalam rangka memeriahkan HUT ke-56, Kostrad menyelenggarakan “Bazar Murah Prajurit Kostrad & Insan Media”, Rabu (8/03/2017) berte [ ... ]



OLAHRAGATrail Adventure seSumatera diadakan di B.....
30/03/2017 | M. Dwi Richa JP

KOPI, Pasaman :
Wali nagari ganggo Hilia Bondan Kusbianto mengatakan  kami siap jadi tuan rumah BTRAC Pasaman (Bonjol Trail Adventure Club ) hal ter [ ... ]



OPINIRevitalisasi Pendidikan Vokasi: Upaya Me.....
13/04/2017 | Harjoni Desky

Instruksi Presiden (Inpres) terkait dengan Revitalisasi Pendidikan Vokasi telah diterbitkan dalam rangka penguatan sinergi antar pemangku kepentingan  [ ... ]



PROFILRekor Leprid : Peserta Terbanyak Bakar .....
14/05/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Pati- Indonesia negara Bahari atau kepulauan, hampir 2/3 luas wilayah Indonesia adalah wilayah laut. Ribuan pula terhampar dari Sabang hingga Pa [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAEksistensi dan Peran RT - RW Harus Diper.....
25/02/2017 | Redaksi KOPI

KOPI, Makassar - Ketua Dewan Pengurus Daerah Persatuan Pewarta Warga Indonesia - Sulsel, (DPD PPWI Sulsel Ir. Imansyah Rukka mengatakan peran rukun te [ ... ]



ROHANIShalat Pengisi Ruang Hati Dihadapan Alla.....
17/05/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Jakarta, Dalam sehari semalam kita diwajibkan untuk shalat sebanyak lima kali. Setelah itu juga dianjurkan memperbanyak shalat-shalat sunat lainn [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIRinduku Terkubur di Kampung Lansek.....
21/02/2016 | Nova Indra

siang ini
riak Tabek Kaluai masih sama
saat hatiku bicara tentangmu
tentang cinta, tentang rindu kita

hingga kini
terngiang gelak tawa
dua pecinta ber [ ... ]



CURAHAN HATIWaspadalah… Modus Penipuan Menjual Nam.....
06/04/2017 | Didi Ronaldo
article thumbnail

KOPI, Siak Hulu, Waspadalah Gerombolan begal beraksi wilayah Siak Hulu, kabupaten Kampar, Propinsi Riau. Kami memantau gerak-gerik gerombolan Begal te [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.