Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

YANG TERPINGGIRKAN
Ketika Rasisme Dekat dengan Para Punggaw.....
26/06/2015 | Maulana Muhammad

“Il Club Più Titolato Al Mondo” merupakan sebuah ungkapan dalam bahasa Italia yang mengandung  [ ... ]


GELORA SEPEDA
Fun Bike Meriahkan HUT Ke-69 TNI di Aceh.....
29/09/2014 | Syamsul Kamal
article thumbnail

KOPI, Aceh Jaya - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke 69, Komando Distrik Militer (Kodim) 0114 Aceh Jaya, mengegelar acara sepeda santai (fun Bike)  [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

 

Kolom Pewarta Kriteria Presiden RI 12 Kriteria Kepemimpinan Yang Akan Disayangi, Disegani, Dan Memenuhi Aspirasi Majoritas Masyarakat (492/M)

12 Kriteria Kepemimpinan Yang Akan Disayangi, Disegani, Dan Memenuhi Aspirasi Majoritas Masyarakat (492/M)

KOPI -  “ Siapa yang Harus Dipilih?

1.Calon yang dipilih itu hendaklah kapabel dalam ilmu pemerintahan. Kapabilitas pemimpin terpilih tidak hanya terbatas pada kemahiran di bidang politik saja, tetapi harus meliputi semua aspek kehidupan umat seperti aspek ekonomi, dan budaya serta kemahiran untuk menciptakan hubungan pemimpin dengan masyarakat, pemimpin dengan atasan, dan hubungan antar sesama masyarakat dengan penuh keharmonisan.

 

2. Percaya Diri Kepercayaan yang kuat mengerakan piliran untuk mencari jalan dan sarana serta cara melakukannya. Dan percaya bahwa kita dapat memimpin suatu negara maka pikiran kita akan mencari cara untuk menuju ke arah yang kita inginkan.

3.Harus bersifat jujur, amanah, dan adil

Sehingga dalam setiap sepak terjang politiknya, pemimpin tidak bersifat pilih kasih terhadap rakyat jelata. pemimpin harus menyayangi dan menghargai rakyatnya sama rata sebagaimana ia menyayangi dan menghargai setiap anngota tubuh dirinya, dan bahkan menempatkan kepentingan masyarakat banyak di atas kepentingan pribadinya.

4. Bertindak Tegas Dan Tidak Pilih Kasih.

Siapa saja yang melanggar hukum harus ditindak dengan hukuman yang berlaku tanpa membedakan status, keturunan, dan kekayaan. Karena sifat pilih kasih baik dalam memprioritaskan peruntukkan kesejahteraan maupun dalam menegakkan hukum kepada rakyatnya akan menyebabkan kehilangan kepercayaan rakyat terhadap kepemimpinan, dan bahkan akan mengundang malapetaka. Dalam bertindak, pemimpin haruslah mampu mengikuti praktek Rasulullah dalam menegakkan hukum, seperti sabda Rasulullah saw yang berarti: “Sungguh Allah swt telah membinasakan umat sebelum kamu, karena apabila ada di antara orang besar mencuri dibiarkan saja, tetapi jika orang kecil yang mencuri dijatuhi hukuman seberat-beratnya. Demi Allah swt yang jiwaku berada ditanganNya, andaikata anakku Fatimah putri Rasullullah mencuri pasti akan ku potong tangannya” (al-Hadits). Sikap tegas seorang pemimpin di perlukan di negeri ini agar negara-negara tetangga tidak semudanhnya “merampok” dan mengakui budaya indonesia menjaji budaya mereka

5.Memahami dan paling berjasa terhadap daerah dan masyarakatnya.

Keberhasilan Rasulullah saw dan Khalifah Umar bin Khattab ra memimpin rakyatnya, sehingga Rasulullah diakui Barat sebagai tokoh nomor satu dan Umar bin Khattab ra sebagai tokoh dari kalangan umat Islam yang masuk rangking sepuluh besar tokoh paling berpengaruh dalam sejarah umat, seperti disebutkan Michael Hart (1979) dalam bukunya, “The 100, Ranking of the Most Influential Persons in History”.

6. Hidup sederhana (moderation) dan segala atribut penampilannya tidaklah mencolok mata.

Sifat ini penting dimiliki oleh seorang pemimpin agar tidak menimbulkan fitnah dan rasa iri hati rakyatnya yang umumnya hidup di bawah garis kemiskinan. Juga penampilan yang mencolok mata akan menjadi penghalang keakraban antara pemimpin dan masyarakat.

7. Mampu Bekerjasama Dengan Masyarakat. pemimpin terpilih juga harus tidak sungkan-sungkan meminta pendapat para cerdik pandai dan ulama dalam setiap keputusannya untuk kepentingan rakyat. Karena menurut Umar bin Khattab ra, orang cerdik pandai adalah orang yang dapat menimbangkan sesuatu dengan penuh kewarasan dan akal pikiran sehat sekalipun perkara itu tidak pernah diberitahu sebelumnya.

8. Pemimpin terpilih harus mengutamakan masyarakat golongan menengah ke bawah daripada golongan menengah ke atas, dan memprioritaskan kepentingan kaum hawa daripada kaum Adam. Hal ini seperti telah dikatakan Khalifah Umar bin Khattab ra: “Sesungguhnya orang yang lemah disisimu adalah kuat disisiku, karena aku tidak mempunyai kuasa untuk mengambil sesuatu dari mereka (golongan lemah), dan orang yang kuat disisimu, sesungguhnya adalah lemah disisiku karena aku berkuasa untuk mengambil sesuatu darinya”. Oleh karena itu, dalam setiap keputusannya, kepentingan golongan menengah ke bawah dan kaum hawa harus dikedepankan dari kepentingan golongan menengah ke atas dan kaum lelaki.

9. Pemimpin terpilih harus bersikap lemah-lembut,

Tetapi tidak terlalu lembek dan bersikap tegas, namun tidak terlalu kasar”. Sikap ini penting diperhatikan, karena kata Umar bin Khattab ra: “janganlah bersikap terlalu lembut sehingga kamu akan dijajah dan jangan pula kamu bersikap terlalu keras (kasar) sehingga kamu hancur karenanya”. Namun, pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang memiliki kombinasi sifat ke-empat Khulafaur Rasyidin, seperti dikatakan Rasulullah saw sendiri sebagai berikut: “orang yang mempunyai sifat paling belas kasihan terhadap umatku ialah Abu Bakar as-Siddiq ra; orang yang paling teguh dengan pegangan Allah ialah Umar bin Khattab ra. Sesungguhnya Allah telah menegakkan kebenaran melalui Umar; orang yang paling pemalu adalah Usman bin Affan ra, dan Ali bin Abi Talib ra pula adalah orang yang paling adil dalam segala perkataannya”.

10. Bertanggung jawab secara penuh terhadap kesejahteraan dan kepapaan atau maju-mundurnya rakyatnya.

Untuk melaksanakan tanggung jawab terhadap rakyatnya, pemimpin terpilih harus mampu merespon setiap keluhan rakyatnya dan sekaligus memberikan solusi. Perlunya para pemimpin memiliki rasa tanggung jawab yang menyeluruh terhadap bawahannya, sebenarnya, dapat kita pedomani dari kata-kata Umar bin Khattab ra berikut: “seandainnya ada keledai yang jatuh dari atas gunung di kawasan Irak sehingga patah kakinya, pasti Allah swt meminta pertangungjawaban saya (Umar) karena tidak membuat jalan untuk dilintasi keledai tersebut”; dan “kalau kambing tersasar dan hilang di pingiran sungai Efrat, maka Umar akan bertanggung jawab pada hari akhirat”.

11. Mengadakan evaluasi terhadap kemajuan kepemimpinannya

Yang meliputi semua kemajuan bawahan dan rakyatnya secara reguler dari waktu ke waktu. Tindakan ini perlu, karena seperti kata-kata Umar bin Khattab ra yang dikutip Naceur Jabnoun (1994), dalam bukunya “Islam and Management” sebagai berikut: “apakah kamu pikir jika saya (Umar) telah menunjuk seseorang sebagai wakil kamu untuk kebaikan umat dan memerintah mereka untuk melakukan keadilan, apakah umar telah melakukan tugasnya dengan baik? Ya, jawab sahabat. Tetapi beliau menjawab tidak, selagi saya belum melihat sendiri apakah orang yang saya tunjuk itu telah berbuat seperti yang diperintahkan”. Evaluasi ini juga, sebenarnya, harus dilakukan setiap pemimpin terhadap bawahannya. Dan bila dalam evaluasi tersebut ditemui kejanggalan-kejanggalan dan penyelewengan amanat rakyat, maka tanpa segan-segan pemimpin harus memecat bawahannya.

12.Terakhir, kalau dalam memilih pemimpin, para anggota dewan meragukan kelayakan pimpinan terpilih, maka pemimpin terpilih harus diberi masa percobaan untuk menguji apakah ianya layak atau tidak untuk mengemban tugas kepemimpinan. Begitu juga dengan pemimpin dalam memilih bawahannya, beliau harus mengetes kelayakan bawahan yang dipilih tersebut terlebih dahulu dengan memberi masa percobaan, katakanlah selama tiga bulan. Melalui masa percobaan ini, anggota dewan dapat menilai kelayakan pemimpin terpilih, dan begitu juga pemimpin dapat menilai kelayakan bawahan yang dipilihnya.

Perlunya masa percobaan diberikan pada pemimpin terpilih adalah seperti dipraktekkan Khalifah Abu Bakar as-Siddiq ra ketika melantik Yazid bin Abu Sufian dengan berkata: “Aku telah melantik kamu, tetapi pelantikan ini merupakan ujian dan percobaan kepada diri kamu, dan aku (Abu Bakar) berkuasa untuk memecat kamu. Jika kamu mampu melaksanakan semua tugas yang diberikan dengan baik dan sempurna, maka akan kukekalkan jabatan kamu. Sebaliknya, jika aku mendapati kamu tidak berupaya untuk melaksanakan tugas yang diberikan, maka kamu akan kupecat”. Proses pemecatan ketika masa percobaan selama tiga bulan diberikan, pernah dilakukan Rasullullah saw ketika memecat Alak bin Hamdani dari jabatan Gubernur wilayah Bahrain, dan kemudian digantikan oleh Aban bin Said

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Rivai,Veitza.2009.Islamic Leadership. Edisi Pertama, Bumi Aksara.Jakarta

Maxwell,John.C.2004.Kepemimpinan 101.Terjemahan, Alexander Sindoro, Penerbit Interaksara.Jakarta

Schwartz,David J.2007.Berpikir Dan Berjiwa Besar.Terjemahan, Budiyanto, Penerbit Binarupa Aksara.Jakarta


BIODATA PENULIS

 

Nama : ALIMUDDIN

Alamat tinggal : Jln. Selorejo No.23b Lowokwaru Malang

Nim : 09.120.241

Jurusan : Manajemen Perusahaan

Tempat tgl Lahir : Bima, 30 Juli 1989

Nama Universitas : SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI Indonesia

( STIE ) Malang Alamat Universitas : Jln. Megamendung No.09 Tel. (0341) 568116 Fax. (0341) 56341

No HP : 081.803.864.133

Telp : e-mail : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

 

Presiden Jokowi Menginstruksikan : Sutiyoso Merekrut 1.000 orang Anggota BIN Baru
Jumat, 03 Juli 2015

KOPI, Jakarta- H.Sutiyoso mengatakan ia akan mengundurkan diri dari jabatan Ketua Umum (Ketum) Partai PKPI (Partai keadilan dan Persatuan Indonesia) bila terpilih jadi Kepala BIN sebagai penggantinya wakil ketua umum PKPI mantan Bupati Kutai Timur Isran Noor. Presiden Jokowi memanggilnya ke Istana bahwa dirinya akan segera menduduki jabatan kepala BIN (Badan Intelijen Negara) dan Jenderal Gatot Nurmantyo akan segera menjadi panglima TNI,... Baca selengkapnya...

Puluhan SK PNS Dipalsukan untuk Pengambilan Kredit di Aceh Tamiang
Jumat, 03 Juli 2015

KOPI, ACEH TAMIANG - Dikabarkan lima oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Aceh Tamiang nekad memalsukan puluhan SK para Pegawai Negeri Sipil (PNS) lainnya yang bertugas di kabupaten setempat. Menurut informasi yang dihimpun KOPI, puluhan SK para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang dipalsukan tersebut, dipergunakan untuk pencairan uang kredit bank dengan jumlah belasan milyar rupiah.   "Bank yang terlibat dalam permasahan ini adalah... Baca selengkapnya...

DPR Resmi Dukung Sutiyoso Jabat Kepala BIN
Jumat, 03 Juli 2015

  KOPI, Jakarta - Ketua Umum PKPI (Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia) H. Sutiyoso memenuhi panggilan ke DPR dengan menggunakan jas hitam sekitar pukul 10 pagi. Di depan anggota-anggota DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) komisi 1 Bang Yos sapaannya menjalani Fit and Proper Test (uji kelayakan dan kepatutan) memaparkan visi dan misinya jika diterima sebagai Kepala BIN (Badan Intelijen Negara).   Fit and proper test tersebut memakan... Baca selengkapnya...

Jangan Ganggu Kerja Menteri dengan Isu Reshuffle
Kamis, 02 Juli 2015

KOPI, Jakarta – Meski reshuffle kabinet merupakan hak prerogative presiden, namun isu reshuffle terus mengemuka di tengah masyarakat. Hal ini yang perlu menjadi perhatian pemerintah, artinya apa yang sudah dilakukan dan disiapkan dan apa yang akan dieksekusi seharusnya tersosialisai kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat menilai secara balance apakah protes ataupun kritikan itu berdasar ada fakta-fakta yang benar atau hanya asumsi-asumsi.... Baca selengkapnya...

Kadisdik Kota Pekanbaru Zulfadil Dibentak oleh Anggota Dewan
Kamis, 02 Juli 2015

KOPI, Pekanbaru – DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) kota Pekanbaru banyak menerima laporan yang masuk kekami dari para tenaga pengajar/guru perihal pemotongan tunjangan dana sertifikasi tersebut. Seakan menganggap sepele hak para guru, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Pekanbaru, Prof Zulfadil terlihat pucat saat dibentak oleh Anggota Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Jhon Romi Sinaga.   Emosi Politisi dari PDI-P ini meluap... Baca selengkapnya...

Para Guru Berdemontrasi, Buntut Pemotongan Dana Sertifikasi
Kamis, 02 Juli 2015

KOPI, Pekanbaru - Guru pahlawan tanpa tanda jasa , tanpa guru kita tidak bisa baca tulis. Begitu besar jasa para guru mencerdaskan kehidupan anak bangsa, dan membentuk generasi penerus bangsa ini. Ratusan orang guru terdiri dari guru TK hingga SMA, Rabu (24/06/15) pagi berunjukrasa mendatangi kantor Walikota dan DPRD Kota Pekanbaru.   Aksi demonstrasi para tenaga pengajar tersebut memprotes atas pemotongan dana sertifikasi yang dilakukan... Baca selengkapnya...

Ikuti... Lomba Foto Polri Berhadiah Bingkisan Lebaran 2015
Rabu, 01 Juli 2015

KOPI – Menjelang dan pasca Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1436 H mendatang, Kepolisian Republik Indonesia akan mengelar “Operasi Ketupat 2015”. Kegiatan penting Polri ini dimaksudkan untuk membantu masyarakat dalam merayakan Hari Besar umat Islam tersebut agar dapat berlangsung lancar, aman, nyaman dan membahagiakan. Dalam rangka merekam setiap jejak langkah anggota Polri di lapangan saat melaksanakan tugas-tugas “Operasi Ketupat 2015”... Baca selengkapnya...

INTERNASIONAL

Dinasti Bush yakni Jeb Bush Ikut Pilpre.....
17/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Washington - Pemilihan Presiden (Pilpres) negara Amerika Serikat (AS) dijadwalkan   pada November 2016, para capres dari Partai Republik m [ ... ]



NASIONAL

Buruh dan Petani Islam Siap Bersinergi.....
02/07/2015 | Arief Piliang

KOPI, Jakarta - Gabungan Serikat Buruh Islam Indonesia (Gabsiindo) dan Serikat Tani Islam Indonesia (STII) siap bersinergi untuk membangun kesejahtera [ ... ]



DAERAH

Pedagang Menolak Andes Pindah Lokasi.....
03/07/2015 | Mardinal

KOPI,Sarolangun,- Rencana Pemindahan terminal Angkutan Desa (Andes) akibat dari Pembangunan 64 Kios yang akan dibangun di lokasi terminal Angkut [ ... ]



PENDIDIKAN

Ezytravel Gelar Buka Puasa Bersama Dan W.....
01/07/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Buka Puasa Bersama selalu menjadi moment untuk berkumpul dan silaturahmi, bukan hanya milik perorangan tapi juga korporasi, seperti halnya ev [ ... ]



EKONOMI

ADVAN Gandeng Intel, Perkuat Pasar Table.....
01/07/2015 | Arifin

KOPI - Untuk mendongkrak dinginnya pasar tablet PC lokal, ADVAN kembali menghadirkan terobosan melalui kerja sama dengan perusahaan raksasa perangkat  [ ... ]



HANKAM

Komandan Lanud Halim Perdanakusama Pecat.....
01/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta – Yang merusak nama institusi TNI (Tentara Nasional Indonesia) bukan dari eksternal melainkan  internal oknum anggota TNI tersebut. i [ ... ]



OLAHRAGA

Polres Meranti Gelar Turnament Badminton.....
14/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, SELATPANJANG - Polisi Resort (Polres) Kepulauan Meranti menggelar Open Turnamen Badminton perdana, turnamen ini diselenggarakan di Gedung Ocean  [ ... ]



PARIWISATA

Pesan Hotel Di Ezytravel Diskon Hingga 4.....
02/07/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Di bulan suci Ramadhan 1436 H, Ezytravel bersama 40 e-commerce di Indonesia ikut serta dalam event yang diselenggarakan oleh Lazada, Zalora d [ ... ]



HUKUM & KRIMINAL

Oknum Polisi Polda Aceh Bunuh Orang Tua .....
03/07/2015 | Sumardi

KOPI, ACEH TAMIANG - Warga Desa Paya Meta mendadak geger di siang bolong, pasalnya seorang anggota Polda Aceh berubah menjadi sadis dan tega membacok  [ ... ]



POLITIK

Seminar Relawan ABJ Hadirkan Tapol Papua.....
01/07/2015 | Arifin

KOPI – Kelompok Relawan Jokowi yang tergabung dalam komunitas Relawan Arus Bawah Jokowi (ABJ), menggelar Seminar Nasional yang bertema “Pembebasan [ ... ]



OPINI

Renungan Tentang Korupsi Pajak.....
27/06/2015 | Subagyo

KOPI- Tulisan ini adalah pemikiran saya, renungan tentang sebuah kasus korupsi di pengadilan. Saya bukan mau adu pinter ilmu hukum, tapi adu kepekaan  [ ... ]



PROFIL

Kuartal Pertama Th 2015 Propam Polda Ri.....
06/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru Enam belas orang oknum aparat kepolisian jajaran Polda Riau dan Polres se Riau terlibat narkoba dan di pecat urai AKBP Budi Sant [ ... ]



SOSIAL & BUDAYA

Maksud Logo “Naga Merah” Hut DKI ke-.....
25/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan logo resmi HUT DKI Jakarta ke-488 Senen 22 Juni 2015 . Dalam logo yang bisa dilihat di situs resm [ ... ]



ROHANI

I’tiraf, Bukan Sekedar Pengakuan Seora.....
03/07/2015 | Nova Indra

KOPI. Menyikapi rentang waktu yang kian layu dimakan usia mayapada, tertatih bahkan melambatnya perputaran bumi, membuktikan betapa alam telah lelah m [ ... ]



RESENSI

Jangan Dengerin Sendiri.....
27/04/2015 | UG DANI
article thumbnail

Resensi Buku Judul :Jangan Dengerin Sendiri
Penulis : Naomi Angelia Sea
Tebal. : 200
Penerbit : Bukune Juli 2014
Harga. : Rp 41 [ ... ]



CERPEN & CERBUNG

Soekarno: Mien Hessels “Bunga Tulip Be.....
19/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Tiga setengah abad atau 350 tahun negara Indonesia dijajah Belanda, berbagai penderitaan rakyat Indonesia zaman penjajah dahulu. Berbagai macam [ ... ]



PUISI

Guman Penyawang.....
03/07/2015 | Agus Siroj Hudi
article thumbnail

Di antah brantah... Tatapan sinis, acuh tak lega... Senyum tepis, hindar jika dinyana... Bungkam seribu bahasa....   Diantahbrantah. [ ... ]



CURAHAN HATI

KDRT dan Terlantar Anak , H. Supian Hadi.....
27/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Kota Waringin- Kemarin (Senin, 22/6), Hj. Iswanti melaporkan suaminya yakni H Supian Hadi Bupati Kota Waringin ke Polda Kalimantan Tengah atas [ ... ]



HIBURAN

Konser Galang Dana, Raisa dengan Andre H.....
21/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Kuta Bali - Bersama dengan Yayasan Sole Men Indonesia yang berlokasi di Tabanan, Bali, malam ini (Sabtu, 20/6) Dua artis senior papan atas Ind [ ... ]



KULINER

McDonald’s Tingkatkan Layanan Melalui .....
01/04/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Kini menikmati McDonald’s terasa lebih nyaman dan menguntungkan dengan hadirnya layanan terbaru “Online McDelivery Cashless Promo”. Pel [ ... ]



HIDUP SEHAT

Pola Hidup Sehat, Berpuasa Saat Ramadhan.....
16/06/2015 | Mardinal

KOPI,Sarolangun,- Puasa merupakan suatu kewajiban bagi Umat Islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt firmanNYA “ Hai orang - orang beriman [ ... ]



SERBA-SERBI

Promo Sahur Sale, Ezytravel Beri Diskon .....
01/07/2015 | Arifin

KOPI - Permintaan tiket pesawat, hotel, tour dan paket di bulan puasa hampir selalu meningkat, karena lebaran menjadi moment untuk liburan baik bagi y [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.