Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

YANG TERPINGGIRKAN
FWMB Gelar Aksi Damai Menolak Penggusura.....
30/08/2015 | Ahmad Syarip

KOPI, Jakarta -  Belum jelasnya pihak mana yang mengklaim serta akan menggusur area Kompleks hunian [ ... ]


GELORA SEPEDA
Tiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Presiden RI 12 Kriteria Kepemimpinan Yang Akan Disayangi, Disegani, Dan Memenuhi Aspirasi Majoritas Masyarakat (492/M)

12 Kriteria Kepemimpinan Yang Akan Disayangi, Disegani, Dan Memenuhi Aspirasi Majoritas Masyarakat (492/M)

KOPI -  “ Siapa yang Harus Dipilih?

1.Calon yang dipilih itu hendaklah kapabel dalam ilmu pemerintahan. Kapabilitas pemimpin terpilih tidak hanya terbatas pada kemahiran di bidang politik saja, tetapi harus meliputi semua aspek kehidupan umat seperti aspek ekonomi, dan budaya serta kemahiran untuk menciptakan hubungan pemimpin dengan masyarakat, pemimpin dengan atasan, dan hubungan antar sesama masyarakat dengan penuh keharmonisan.

 

2. Percaya Diri Kepercayaan yang kuat mengerakan piliran untuk mencari jalan dan sarana serta cara melakukannya. Dan percaya bahwa kita dapat memimpin suatu negara maka pikiran kita akan mencari cara untuk menuju ke arah yang kita inginkan.

3.Harus bersifat jujur, amanah, dan adil

Sehingga dalam setiap sepak terjang politiknya, pemimpin tidak bersifat pilih kasih terhadap rakyat jelata. pemimpin harus menyayangi dan menghargai rakyatnya sama rata sebagaimana ia menyayangi dan menghargai setiap anngota tubuh dirinya, dan bahkan menempatkan kepentingan masyarakat banyak di atas kepentingan pribadinya.

4. Bertindak Tegas Dan Tidak Pilih Kasih.

Siapa saja yang melanggar hukum harus ditindak dengan hukuman yang berlaku tanpa membedakan status, keturunan, dan kekayaan. Karena sifat pilih kasih baik dalam memprioritaskan peruntukkan kesejahteraan maupun dalam menegakkan hukum kepada rakyatnya akan menyebabkan kehilangan kepercayaan rakyat terhadap kepemimpinan, dan bahkan akan mengundang malapetaka. Dalam bertindak, pemimpin haruslah mampu mengikuti praktek Rasulullah dalam menegakkan hukum, seperti sabda Rasulullah saw yang berarti: “Sungguh Allah swt telah membinasakan umat sebelum kamu, karena apabila ada di antara orang besar mencuri dibiarkan saja, tetapi jika orang kecil yang mencuri dijatuhi hukuman seberat-beratnya. Demi Allah swt yang jiwaku berada ditanganNya, andaikata anakku Fatimah putri Rasullullah mencuri pasti akan ku potong tangannya” (al-Hadits). Sikap tegas seorang pemimpin di perlukan di negeri ini agar negara-negara tetangga tidak semudanhnya “merampok” dan mengakui budaya indonesia menjaji budaya mereka

5.Memahami dan paling berjasa terhadap daerah dan masyarakatnya.

Keberhasilan Rasulullah saw dan Khalifah Umar bin Khattab ra memimpin rakyatnya, sehingga Rasulullah diakui Barat sebagai tokoh nomor satu dan Umar bin Khattab ra sebagai tokoh dari kalangan umat Islam yang masuk rangking sepuluh besar tokoh paling berpengaruh dalam sejarah umat, seperti disebutkan Michael Hart (1979) dalam bukunya, “The 100, Ranking of the Most Influential Persons in History”.

6. Hidup sederhana (moderation) dan segala atribut penampilannya tidaklah mencolok mata.

Sifat ini penting dimiliki oleh seorang pemimpin agar tidak menimbulkan fitnah dan rasa iri hati rakyatnya yang umumnya hidup di bawah garis kemiskinan. Juga penampilan yang mencolok mata akan menjadi penghalang keakraban antara pemimpin dan masyarakat.

7. Mampu Bekerjasama Dengan Masyarakat. pemimpin terpilih juga harus tidak sungkan-sungkan meminta pendapat para cerdik pandai dan ulama dalam setiap keputusannya untuk kepentingan rakyat. Karena menurut Umar bin Khattab ra, orang cerdik pandai adalah orang yang dapat menimbangkan sesuatu dengan penuh kewarasan dan akal pikiran sehat sekalipun perkara itu tidak pernah diberitahu sebelumnya.

8. Pemimpin terpilih harus mengutamakan masyarakat golongan menengah ke bawah daripada golongan menengah ke atas, dan memprioritaskan kepentingan kaum hawa daripada kaum Adam. Hal ini seperti telah dikatakan Khalifah Umar bin Khattab ra: “Sesungguhnya orang yang lemah disisimu adalah kuat disisiku, karena aku tidak mempunyai kuasa untuk mengambil sesuatu dari mereka (golongan lemah), dan orang yang kuat disisimu, sesungguhnya adalah lemah disisiku karena aku berkuasa untuk mengambil sesuatu darinya”. Oleh karena itu, dalam setiap keputusannya, kepentingan golongan menengah ke bawah dan kaum hawa harus dikedepankan dari kepentingan golongan menengah ke atas dan kaum lelaki.

9. Pemimpin terpilih harus bersikap lemah-lembut,

Tetapi tidak terlalu lembek dan bersikap tegas, namun tidak terlalu kasar”. Sikap ini penting diperhatikan, karena kata Umar bin Khattab ra: “janganlah bersikap terlalu lembut sehingga kamu akan dijajah dan jangan pula kamu bersikap terlalu keras (kasar) sehingga kamu hancur karenanya”. Namun, pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang memiliki kombinasi sifat ke-empat Khulafaur Rasyidin, seperti dikatakan Rasulullah saw sendiri sebagai berikut: “orang yang mempunyai sifat paling belas kasihan terhadap umatku ialah Abu Bakar as-Siddiq ra; orang yang paling teguh dengan pegangan Allah ialah Umar bin Khattab ra. Sesungguhnya Allah telah menegakkan kebenaran melalui Umar; orang yang paling pemalu adalah Usman bin Affan ra, dan Ali bin Abi Talib ra pula adalah orang yang paling adil dalam segala perkataannya”.

10. Bertanggung jawab secara penuh terhadap kesejahteraan dan kepapaan atau maju-mundurnya rakyatnya.

Untuk melaksanakan tanggung jawab terhadap rakyatnya, pemimpin terpilih harus mampu merespon setiap keluhan rakyatnya dan sekaligus memberikan solusi. Perlunya para pemimpin memiliki rasa tanggung jawab yang menyeluruh terhadap bawahannya, sebenarnya, dapat kita pedomani dari kata-kata Umar bin Khattab ra berikut: “seandainnya ada keledai yang jatuh dari atas gunung di kawasan Irak sehingga patah kakinya, pasti Allah swt meminta pertangungjawaban saya (Umar) karena tidak membuat jalan untuk dilintasi keledai tersebut”; dan “kalau kambing tersasar dan hilang di pingiran sungai Efrat, maka Umar akan bertanggung jawab pada hari akhirat”.

11. Mengadakan evaluasi terhadap kemajuan kepemimpinannya

Yang meliputi semua kemajuan bawahan dan rakyatnya secara reguler dari waktu ke waktu. Tindakan ini perlu, karena seperti kata-kata Umar bin Khattab ra yang dikutip Naceur Jabnoun (1994), dalam bukunya “Islam and Management” sebagai berikut: “apakah kamu pikir jika saya (Umar) telah menunjuk seseorang sebagai wakil kamu untuk kebaikan umat dan memerintah mereka untuk melakukan keadilan, apakah umar telah melakukan tugasnya dengan baik? Ya, jawab sahabat. Tetapi beliau menjawab tidak, selagi saya belum melihat sendiri apakah orang yang saya tunjuk itu telah berbuat seperti yang diperintahkan”. Evaluasi ini juga, sebenarnya, harus dilakukan setiap pemimpin terhadap bawahannya. Dan bila dalam evaluasi tersebut ditemui kejanggalan-kejanggalan dan penyelewengan amanat rakyat, maka tanpa segan-segan pemimpin harus memecat bawahannya.

12.Terakhir, kalau dalam memilih pemimpin, para anggota dewan meragukan kelayakan pimpinan terpilih, maka pemimpin terpilih harus diberi masa percobaan untuk menguji apakah ianya layak atau tidak untuk mengemban tugas kepemimpinan. Begitu juga dengan pemimpin dalam memilih bawahannya, beliau harus mengetes kelayakan bawahan yang dipilih tersebut terlebih dahulu dengan memberi masa percobaan, katakanlah selama tiga bulan. Melalui masa percobaan ini, anggota dewan dapat menilai kelayakan pemimpin terpilih, dan begitu juga pemimpin dapat menilai kelayakan bawahan yang dipilihnya.

Perlunya masa percobaan diberikan pada pemimpin terpilih adalah seperti dipraktekkan Khalifah Abu Bakar as-Siddiq ra ketika melantik Yazid bin Abu Sufian dengan berkata: “Aku telah melantik kamu, tetapi pelantikan ini merupakan ujian dan percobaan kepada diri kamu, dan aku (Abu Bakar) berkuasa untuk memecat kamu. Jika kamu mampu melaksanakan semua tugas yang diberikan dengan baik dan sempurna, maka akan kukekalkan jabatan kamu. Sebaliknya, jika aku mendapati kamu tidak berupaya untuk melaksanakan tugas yang diberikan, maka kamu akan kupecat”. Proses pemecatan ketika masa percobaan selama tiga bulan diberikan, pernah dilakukan Rasullullah saw ketika memecat Alak bin Hamdani dari jabatan Gubernur wilayah Bahrain, dan kemudian digantikan oleh Aban bin Said

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Rivai,Veitza.2009.Islamic Leadership. Edisi Pertama, Bumi Aksara.Jakarta

Maxwell,John.C.2004.Kepemimpinan 101.Terjemahan, Alexander Sindoro, Penerbit Interaksara.Jakarta

Schwartz,David J.2007.Berpikir Dan Berjiwa Besar.Terjemahan, Budiyanto, Penerbit Binarupa Aksara.Jakarta


BIODATA PENULIS

 

Nama : ALIMUDDIN

Alamat tinggal : Jln. Selorejo No.23b Lowokwaru Malang

Nim : 09.120.241

Jurusan : Manajemen Perusahaan

Tempat tgl Lahir : Bima, 30 Juli 1989

Nama Universitas : SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI Indonesia

( STIE ) Malang Alamat Universitas : Jln. Megamendung No.09 Tel. (0341) 568116 Fax. (0341) 56341

No HP : 081.803.864.133

Telp : e-mail : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

 

Pengadaan "Incinerator" RSUD Kuala Simpang Terindikasi Mark Up
Selasa, 01 September 2015

KOPI,ACEH TAMIANG - Anggaran pengadaan incinerator atau mesin pengolahan limbah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kuala Simpang, Kabupaten Aceh Tamiang yang dibangun pada tahun 2013 kemarin, terindikasi praktek mark up. Ironisnya lagi, sampai saat ini incinerator tersebut belum difungsikan sebagaimana mestinya. "Kami harap Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang berserta pihak penegak hukum agar segera mengusut kasus pencurian uang negara melalui... Baca selengkapnya...

Ibu Rumah-tangga Menderita Kanker Ganas Sebesar Bola Volley
Senin, 31 Agustus 2015

KOPI - Pujiasih (44), ibu rumah-tangga, warga Kelurahan Pakunden Kecamatan Sukorejo Kota Blitar, menderita kanker ganas yang jarang ditemui. Dia menderita kanker ganas tersebut, baru dua tahun, namun sudah sebesar bola volley. Sementara keluarga hanya bisa pasrah, karena tidak ada biaya dan berharap uluran dari pemerintah Kota Blitar, untuk mengobatkan penderita kangker ganas tersebut.   Dari pantauan dilapangan,  Pujiasih hanya bisa... Baca selengkapnya...

Anggota MPR Tabrani Maamun Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di SMPN 7
Jumat, 28 Agustus 2015

KOPI, Pekanbaru - Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan,  merupakan kegiatan dan kewajiban bagi seorang anggota DPR/MPR-RI, empat pilar itu yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar negara 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika. Kedatangan anggota DPR/MPR RI Tabrani Maamun ke Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 pada hari Jum’at (28/ 8-15) untuk menerangkan kepada siswa-siswi tentang empat pilar kebangsaan. Ratusan orang siswa-siswi duduk bersimpuh di... Baca selengkapnya...

Diskannak Sarolangun Laksanakan Kegiatan Kesehatan Hewan
Jumat, 28 Agustus 2015

KOPI, Sarolangun - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sarolangun memberikan pelayanan kepada masyarakat tepatnya di Dusun Kebun Kelapa Desa Sindai Kelurahan Sukasari. Adapun pelayanan yang diberikan yakni tiga jenis pelayanan kesehatan hewan. Di antaranya, pemeriksaan penyakit dan kesehatan hewan, pemeriksaan kebuntingan pelayanan inseminasi buatan, pelayanan berbagai macam vaksinasi serta pelayanan pemberian surat keterangan... Baca selengkapnya...

Puluhan Wartawan Blitar Sesalkan Sikap Humas Pemkab
Kamis, 27 Agustus 2015

§ Humas Pemkab Blitar Tidak Tanggap terkait dalam hal publikasi gunung Kelud Blitar, KOPI - Sedikitnya 50 wartawan  Cetak, Radio mapun Televisi yang tergabung dalam Komunitas Wartawan Blitar ( KWB ) menyatakan sikap Peduli terhadap keberadaan Gunung Kelud yang akhir-akhir ini memanas kembali. Hal tersebut kembali mencuat, karena Putusan Majelis Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya yang memenangkan Pemerintah Kabupaten Kediri... Baca selengkapnya...

KRPK Pertanyakan Komitmen Kejaksaan Tangani Kasus Korupsi di Blitar
Kamis, 27 Agustus 2015

§ Kejaksaan Diduga Kecipratan Dana PT.DBS Blitar, KOPI - Sejumlah aktifis anti korupsi Blitar yang tergabung dalam Komite Rakyat Pemberantas Korupsi (KRPK), mendatangai Kantor Kejaksaan Negeri Blitar Kamis (27/8). Kedatangan mereka mempertanyakan keseriusan penanganan beberapa kasus korupsi yang telah dilaporkan oleh KRPK ke Kejaksaaan Negeri Blitar.   Menurut Triyanto, Ketua Komite Rakyat Pemberantas Korupsi (KRPK), ada beberapa... Baca selengkapnya...

Berkolaborasi dengan Jajaran Polsek, Polresta Pekanbaru Menangkap 7 Penjahat
Kamis, 27 Agustus 2015

KOPI, Pekanbaru- Tujuh orang oknum penjahat berhasil di ringkus oleh jajaran Kapolresta Pekanbaru, mereka ada yang berprofesi spesialis (C3) Curat (Pencurian dengan Pemberatan) , Curas (Pencurian dengan kekerasan) , Curanmor (pencurian kendaraan bermotor) . Keempat orang itu melakukan perlawanan saat digerebek, petugas menembak kakinya. Hal ini diungkapkan oleh kapolresta Pekanbaru Kombes (Pol) Aries Syarief Hidayat saat ekpose dengan... Baca selengkapnya...

INTERNASIONAL

Indonesia Jadi Tuan Rumah MTQ Tingkat In.....
01/09/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifudin, didampingi Sekjen Kemenag, Nur Syam dan Dirjen Bimas Islam, H. Machasin, secara resmi membuka penyel [ ... ]



NASIONAL

Presiden Jokowi Diminta Hadiri Asia-Paci.....
01/09/2015 | Muhyi

KOPI, Jakarta - Perserikatan Bangsa bangsa (PBB) akan menggelar Konferensi Internasional Habitat III yang bertemakan ”Housing and Sustainable Urb [ ... ]



DAERAH

Dampak Asap, RSUD Sarolangun Bagi Belasa.....
01/09/2015 | Mardinal

KOPI,Sarolangun,- Kepedulian Rumah sakit Umum Daerah (RSUD) di bantu Pihak kepolisian untuk membagi-bagikan belasan ribu masker gratis kepada m [ ... ]



PENDIDIKAN

LPSD Darusalam Gelar FGD Pancasila Jelan.....
30/08/2015 | Ahmad Wahib

KOPI - Lembaga Studi Pancasila Darussalam (LSPD) menggelar Focus Group Discusion (FGD) yang mengangkat topik Penguatan Pancasila Bagi Pemuda Menghad [ ... ]



EKONOMI

APTI 2015 Umumkan 26 Perusahaan TBK Terb.....
28/08/2015 | Yeni Herliani

KOPI - Majalah Economic Review untuk kedua kalinya menggelar Anugerah Perusahaan Terbuka (Tbk) APTI 2015, event ini terselenggara sebagai bentuk Apres [ ... ]



HANKAM

Koordinator Parkir Babak Belur Kena Kero.....
29/08/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru - Yang merusak nama institusi TNI, bukan dari eksternal melainkan oknum anggota TNI tersebut yang merusak nama kesatuan. ini buktinya  [ ... ]



OLAHRAGA

APPI Adakan Touring Kemerdekaan Ke-70.....
31/08/2015 | Saepullah Bin Wahyudin
article thumbnail

      KOPI, Cibinong (30/8) - Aksi Pemuda Peduli Indonesia (APPI) adakan kegiatan touring kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia (RI) ke Sawarna [ ... ]



PARIWISATA

Tiga Taman Surga di Puncara Pujon.....
29/08/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Pemerintah Kabupaten Malang saat ini sedang gencar menggali segala sumber daya alam yang ada di berbagai aspek untuk meningkatkan taraf [ ... ]



HUKUM & KRIMINAL

Munaslub Peradi 2015 Tetapkan Luhut Pang.....
01/09/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Care Taker Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) menetapkan calon tunggal Dr. Luhut MP Pangaribuan [ ... ]



POLITIK

Kadiv Humas KPUD Kota Blitar: Jalan Prot.....
31/08/2015 | Fajar Agustyono

KOPI – KPU Kota memasuki masa kampanye Pilkada, mulai menerapkan Perwali  Nomor 24 tahun 2013, tentang zona-zona  yang dilarang untuk pemasangan A [ ... ]



OPINI

Puncak Mahkota Bunga Orde Rahwana.....
01/09/2015 | Subagyo

  KOPI- Rahwana Raja,  Rajanya kaum Yaksa,  beputera dengan Bidadari  pemberian para Dewa Indrajid – Lambang puncak keberhasilan Rahwana.  Ord [ ... ]



PROFIL

Pejuang Kemerdekaan Tanpa Pamrih, Hanya .....
20/08/2015 | Bambang Suwarno

KOPI, Nganjuk - Siapa sangka ada lelaki tua berusia kurang lebih 93 tahun Namanya Moastro/Sarimah,hidup di Dusun Turi, Desa Nglundo,Kecamatan Sukomoro [ ... ]



SOSIAL & BUDAYA

Tari Binies, Budaya Suku Gayo.....
25/08/2015 | Syaiful Anshori

KOPI, Aceh Utara - Indonesia memiliki beraneka ragam budaya dan kesenian. Terutama di wilayah Aceh sendiri yang memiliki beraneka ragam suku dan bahas [ ... ]



ROHANI

Kapolda Lampung Lepas Keberangkatan Jema.....
21/08/2015 | Feri Agustian

KOPI, Lampung - Kapolda Lampung Brigjen Pol Drs. EDWARD SYAH PERNONG, SH.melepas calon jamaah haji keluarga besar jajaran Polda Lampung, pelepasan  [ ... ]



RESENSI

Jangan Dengerin Sendiri.....
27/04/2015 | Ug Dani
article thumbnail

Resensi Buku Judul :Jangan Dengerin Sendiri
Penulis : Naomi Angelia Sea
Tebal. : 200
Penerbit : Bukune Juli 2014
Harga. : Rp 41 [ ... ]



CERPEN & CERBUNG

Mbah Sarlan dan Gerojokan Sewu.....
24/07/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Bendosari adalah satu di antara Desa yang berada di Kecamatan Pujon Malang Barat dan telah di tetapkan sebagai salah satu Desa Wisata u [ ... ]



PUISI

Puisi 'Mataku Menyertaimu' Karya : Sonny.....
13/08/2015 | Sonny H.Sayangbati
article thumbnail

  ______Mataku Menyertaimu________ By:Sonny H.Sayangbati   hi kawan aku melihatmu dari jauh sungguh aku selalu khawatir tentangmu sebab aku ja [ ... ]



CURAHAN HATI

Kepala Anjungan NTB Kecewa terhadap Peng.....
24/08/2015 | Dody Muhamad

KOPI, Jakarta - Kepala Anjungan Nusa Tenggara Barat (NTB) Drs, Syahril merasa kecewa atas Sikap pengelola tiket masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII [ ... ]



HIBURAN

Film “Jenderal Soedirman” Tayang Se.....
25/08/2015 | Yeni Herliani

KOPI - Berangkat dari rasa penasaran dan kepedulian tentang mengapa jalan protokol di berbagai ibukota provinsi tersemat nama Jenderal Soedirman tetap [ ... ]



KULINER

McDonald’s Tingkatkan Layanan Melalui .....
01/04/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Kini menikmati McDonald’s terasa lebih nyaman dan menguntungkan dengan hadirnya layanan terbaru “Online McDelivery Cashless Promo”. Pel [ ... ]



HIDUP SEHAT

Pola Hidup Sehat, Berpuasa Saat Ramadhan.....
16/06/2015 | Mardinal

KOPI, Sarolangun - Puasa merupakan suatu kewajiban bagi Umat Islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt firmanNYA: “Hai orang-orang beriman d [ ... ]



SERBA-SERBI

SBY Pede Merasa Jadi Konsultan.....
30/08/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta Heran saya sebagai mantan presiden seharusnya memberikan dukungan kepada pemerintah berkuasa saat ini. Bukan kayak konsultan memberi [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.