Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDATiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Presiden RI Kriteria Pemmimpin Terbaik Dari Pemimpin Yang Berhasil (329/S)

Kriteria Pemmimpin Terbaik Dari Pemimpin Yang Berhasil (329/S)

KOPI -  Kriteria apa ya yang tepat untuk " Calon Presiden Indonesia Masa Depan". Pada dasarnya untuk memilih calon presiden maupun anggota DPR sama halnya dengan memilih seorang pemimpin. Karena didalam negeri kita tercinta ini mayoritas penduduknya Islam, maka tidak salah kita menggunakan kriteria seorang pemimpin yang baik menurut pandangan Islam dapat dijadikan pedoman untuk memilih " Calon Presiden Indonesia Masa Depan " bila yang dimaksud masa depan adalah masa depan yang lebih baik, maka terdapat beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh seorang calon presiden Indonesia di masa depan, diantaranya:

1. Punya DUIT Sudah sering kita dengar pertanyaan-pertanyaan serupa mengenai cara memilih seorang pemimpin yang baik bagi kita semua. Dan beberapa ustad menjawab sama yaitu Punya D.U.I.T.

D: untuk Doa.

Bagi umat muslim yang dimaksud doa ialah Sholat. Maka seorang calon pemimpin yang baik dapat kita lihat dari sholatnya sehari-hari. Apakah sholatnya itu sudah baik dan istiqomah atau belum karena ada dalam suatu ayat menerangkan: “ Sesungguhnya sholat itu mencegah perbuatan keji dan mungkar “ ( QS. 29:45 ) Dan tentunya tidak satupun diantara kita yang ingin memiliki seorang pemimpin yang keji lagi mungkar.

U: Usaha.

Seorang pemimpin tidak mungkin berhasil tanpa usaha. Apabila kita ingin menentukan pemimpin yang baik bagi kita, perlu juga melihat usaha yang ia lakukan untuk mencapai keberhasilan sebagai seorang pemimpin: “ Allah tidak mengubah kondisi suatu kaum sampai mereka mengubahnya sendiri ” (QS. Al-Ra`d:11)

I: Ikhlas.

Seorang pemimpin yang baik harus menjalankan tugas kepemimpinannya dengan hati yang ikhlas, tanpa mengharap imbalan ataupun mencari udang dibalik batu.

 

T: Taqwa itulah modal utama yang harus dimiliki seorang pemimpin.

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa tentunya, apabila seorang pemimpin tidak bertuhan mau dijadikan apa negeri kita tercinta ini, memangnya mau negeri yang indah ini menjadi negeri komunis yang tidak bertuhan.

Siapa yang tidak mengenal Rasulullah SAW. Beliau merupakan pemimpin utama umat Islam. Ia memiliki empat sifat seorang Rasul yang wajib ditiru oleh semua umat manusia terlebih oleh seorang pemimpin:

1.Benar ( Siddik ) Seorang pemimpin haruslah benar dan jujur.

Bicaranya selalu benar dan kata-katanya dapat dipegang. Apabila hanya janji-janji tanpa adanya tindakan dan bukti tentu kita sudah tau orang seperti itu tidak bisa kita jadikan sebagai pemimpin.

2.Dapat dipercaya ( Amanah )

Amanah merupakan salah satu sifat penting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Apa jadinya Negeri kita tercinta ini jika memiliki pemimpin yang tidak amanah. Tentu saja seorang pemimpin harus bisa memegang amanah berupa jabatan yang dimilikinya dengan sebaik-baiknya. Pemimpin yang memegang amanah tentu tidak akan sembarangan dalam menjalankan tugasya, apalagi sampai menyeleweng dari tugas yang harus dijalankan sebagai seorang pemimpin.

3.Cerdas ( fathonah )

Sifat Rasul yang satu ini sangat berpengaruh untuk menjadikan seorang pemimpin mampu membawa kehidupan yang lebih baik bagi yang dipimpinnya. Kecerdasan disin bukan semata-mata kecerdasan otak ( IQ ) namun yang lebih penting lagi yaitu kecerdasan emosional dan spiritual ( ESQ ). Seseorang yang memiliki kecerdasan emosional dan spiritual yang tinggi akan mampu membawa diri dan senantiasa berpikir yang terbaik untuk rakyatnya.

5. Menyampaikan ( tabligh )

Pada masa kepemimpinan Rasulullah masyarakat Arab pada waktu itu sangat berperadaban tinggi dan modern. Hal itu dikarenakan metodenya dalam memimpin umat dengan selalu menyampaikan kebenaran. Sebagai seorang pemimpin wajib baginya untuk menyampaikan kebenaran dan kenyataan yang dihadapi oleh Negaranya baik ataupun buruknya agar segala masalah yang dihadapi dapat terselesaikan dengan baik karena tidak dihadapi sendiri melainkan seluruh rakyat mersakannya bersama-sama. Seperti yang kita ketahui setelah Rasulullah wafat beliau menjadikan seorang sahabatnya untuk menjadi khalifah. Sahabat yang menjadi khalifah pertama yang dipilih langsung oleh Rasulullah ialah Abu Bakar As Siddiq. Perlu kita ketahui bahwa Abu Bakar dipilih Rasulullah sebagai seorang khalifah ialah karena beliau dekat dan mengetahui sifat-sifat Abu Bakar , dan sifat yang dimiliki oleh Abu Bakar menurut Rasulullah ialah sifat-sifat yang harus dimiliki oleh para pemimpin. Dan sifat tersebut juga harus dimiliki oleh semua calon pemimpin sehingga sifat yang dimiliki Abu Bakar ini layak untuk dijadikan kriteria berikutnya untuk memilih seorang pemimpin. Sifat-sifat tersebut ialah rendah hati, lemah lembut, tidak angkuh ataupun sewenang-wenang dengan jabatannya.

6. Rendah hati

Kalau ada orang yang memujinya, dia hanya berkata, “Ya Allah, Engkau lebih mengetahui tentang diriku daripada aku sendiri.” Itulah yang dilakukan Abu Bakar, jika kita memiliki pemimpin yang rendah hati dan tidak silau terhadap pujian tentu kita akan menjadi bangsa yang tidak mudah tertipu oleh rayuan-rayuan gombal perpolitikan.

7. Lemah lembut

Abu Bakar adalah orang muslim pertama yang membebaskan budak. Kita tentu tidak ingin memiliki pemimpin yang menggunakan tangan besi atau diskriminasi, oleh karenanya seorang pemimpin harus memiliki sifat lemah lembut baru bisa menjadikan negeri ini damai sentosa. Apalagi didalam dasar dan tujuan Negara kita ini sangat tidak membenarkan adanya penjajahan diatas dunia.

8. Adil

Adil tentu salah satu sifat seorang pemimpin yang baik dan sangat perlu dimiliki oleh calon presiden kita. Adil dan bijaksana dalam mengambil keputusan. Tidak pandang bulu siapapun yang salah harus dihukum, dan yang benar dibela. Adil dalam menentukan tindakan serta menjunjung tinggi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Meskipun yang maha adil hanya Sang Pencipta, namun sebagai manusia kita patut berusaha untuk bersikap seadil mungkin.

9. Memahami tujuan dan dasar NKRI Bagaiman bisa menjadi pemimpin bangsa Indonesia yang baik apabila tujuan dan dasar negaranya saja tidak tahu. Presiden yang baik tentu mengerti apa-apa saja yang dibutuhkan oleh rakyatnya, dan hal-hal yang dapat melemahkannya.

10. Peka terhadap kondisi disekitarnya Peka dan tenggang rasa menjadi sikap yang patut pula dijadikan kriteria untuk memilih calon presiden Indonesia. Peka bukan hanya pada saat kampanye memperebutkan jabatan. Namun lebih peka lagi pada saat memegang jabatan dan tau hal yang terbaik untuk dilakukan.

11. Menjunjung tinggi pancasila sebagai dasar Negara

Negeri kita tercinta memiliki dasar negara yaitu pancasila, juga sistem demokrasi yang juga berdasar pada pancasila. Namun pada kenyataanya, selama ini pancasila sudah tidak dijadikan pedoman hidup bangsa. Bahkan lebih parahnya lagi mungkin dapat dihitung dengan jari pegawai pemerintah yang hafal pancasila. Kalau lafalnya saja tidak tahu bagaiman bisa mengamalkannya. Itulah sebenarnya penyebab kemunduran bangsa kita, bangsa yang tidak mempunyai dasar dan tujuan atau lebih tepatnya lupa pada dasar dan tujuan bangsa.

12. Mencintai dan dicintai rakyat Indonesia

Seorang pemimpin bukan hanya bertugas memimpin atau mengeluarkan perintah. Pemimpin juga bukan pelayan rakyat yang pada akhir-akhir ini sering dijadikan kiasan untuk melukiskan tugas pemerintah. Namun seorang yang sebenarnya hanyalah manusia biasa yang memperoleh tugas lebih dari rakyat biasa, namun bukan berarti kelebihan tersebut menjadikan jurang pemisah yang amat dalam antara pemimpin dengan yang dipimpinnya, justru pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang dekat dengan rakyat dan mengerti kebutuhan rakyat. Untuk itulah seorang pemimpin harus mencintai rakyat dan menjaikannya prioritas, baru bisa menjadi pemimpin yang sempurna dan dicintai oleh rakyatnya. Memang tidak ada manusia yang sempurna dapat memiliki semua sifat diatas, namun seorang pemimpin paling tidak bisa mendapatkan dukungan oleh rakyat maupun orang terdekatnya. Itulah modal terpenting yang harus dimilikinya. Apabila kita memiliki presiden seperti itu atau minimal paling sedikit kekurangan, InsyaAllah Negara Indonesia akan menjadi Negara yang lebih baik dimasa depan.

 

BIODATA

 

Nama : Rizky Azawajalah

Tempat/Tanggal Lahir : Lamongan 10-10-1995

Nama Sekolah/Universitas : SMA Shafta

Alamat Sekolah/Universitas: Jl. Raya Lontar Citra No. 177-B

Alamat Rumah : Jl. Manukan Rukun 26/27

Nomor Telpon Rumah : 7457103

Alamat E-Mail : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Akun Facebook : Risq Rezpector Conansinichi

 

 

Awali Tugas, Kolonel Czi Dheni Herman Lakukan Perkenalan
Sabtu, 06 Pebruari 2016

KOPI, SURABAYA - Mengawali masa dinas di Korem 084/BJ tahun 2016, Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Czi Dheni Herman memberikan Jam Komandan kepada seluruh prajurit dan PNS Korem 084/Bhaskara Jaya, yang berlangsung di Aula Bhaskara Jaya Korem 084/Bhaskara Jaya. Kesempatan pertama Danrem menceritakan riwayat masa dinas dan tugas sebelum menjabat sebagai Danrem 084/Bhaskara Jaya dengan luwes dan santai serta diselingi dengan candaan tetapi... Baca selengkapnya...

HUT Kampar Ke-66, Jefri Noer: Saya Berdoa Kampar Berkembang Lebih Baik Lagi
Jumat, 05 Pebruari 2016

KOPI, KAMPAR - Berbagai macam kegiatan diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar bersempena perayaan hari jadinya ke-66 tahun yang jatuh pada hari Sabtu (6/2-16). Pemkab Kampar mengadakan kegiatan untuk menyemarakan HUT (Hari Ulang Tahun) ke -66 tahun dengan berbagai macam perlombaan yakni Bakti sosial di berbagai kecamatan yang terdiri dari penyerahan bantuan sembako, donor darah, pengobatan massal, khitanan dan gotongroyong, jalan... Baca selengkapnya...

Kebersamaan Dandim Lamongan di Tengah Anggota
Kamis, 28 Januari 2016

KOPI, LAMONGAN - Memasuki minggu militer, kali ini anggota Kodim 0812 dipimpin langsung Komandan Kodim 0812/Lamongan Letkol Inf Jemz Andre R.E,S.Sos melaksanakan latihan pembinaan fisik berupa lari jalanan di sekitaran wilayah Kota Lamongan, Rabu (27/01/2016).   Kebersamaan Dandim Lamongan Seperti yang disampaikan Komandan Kodim 0812/Lamongan bahwa kegiatan ini janganlah dianggap sebagai siksaan bagi prajurit tapi lebih melihat pada... Baca selengkapnya...

Pencalonan Sofyan Dawood Akan Membuat Pilkada Aceh 2017 Semakin Seru
Rabu, 27 Januari 2016

KOPI, ACEH TAMIANG - Meskipun pilkada Aceh baru akan dilaksanakan pada tahun 2017 mendatang, namun saat ini mulai terlihat, satu persatu calon Pemimpin Aceh yang awalnya malu-malu menyatakan akan bertarung memperebutkan suara rakyat, kini mulai terbuka dan ini merupakan dinamika politik yang sangat baik bagi perkembangan demokrasi Aceh.     Di Warung Kopi Skala Coffe, Gampong Pango Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh, Mantan Juru Bicara... Baca selengkapnya...

Mendagri Titip Pesan Kepada Kepala Daerah di Riau Jangan ada Monopoli Proyek
Sabtu, 23 Januari 2016

KOPI, Pekanbaru - Kunjungan Kerja (Kunker) Menteri Dalam Negeri (Mendagri)Tjahjo Kumolo ke propinsi Riau , hari Jum’ at (22/1-16) . Kunjungan kerja mendagri dihadiri oleh seluruh Bupati dan Walikota sekabupaten/kota se Riau. Unsur Muspida, Forkompimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) bertempat diruangan Serindit gedung daerah. Dari pantauan wartawan www.pewarta-indonesia.com banyak yang diungkap oleh Mendagri dari nostalgia saat buk... Baca selengkapnya...

Kejati Riau Tandatangani MoU dengan Bank Riau-Kepri
Kamis, 21 Januari 2016

KOPI, Pekanbaru - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau Susdiarto Agus Praptono, SH, MH menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau kesepakatan bersama mengenai penanganan masalah hukum bidang perdata dan Tata Usaha Negara (TUN) dengan Bank Riau-Kepri hari Kamis (21/1-2016) bertempat di hotel Pangeran,Pekanbaru.   Dari Bank Riau Kepri langsung ditandatangani oleh Irvandi Gustari selaku Direktur utama. Berhubung daerah... Baca selengkapnya...

Menteri Ristek Dikti Apresiasi Pelatihan Peningkatan Kewibawaan Akademik oleh IMARC dan FEB UNDIP
Senin, 18 Januari 2016

KOPI, Semarang - Tak diduga dan tak disangka, Menteri Nasir langsung meninggalkan rombongan setelah peresmian Sekretariat ISEI Semarang. "Saya mau keatas dulu" Sebut Menteri Nasir kepada rombongan dan  beranjak pergi menuju lantai 2 mendatangi Indonesian Scopus Project.  Belakangan baru diketahui bahwa kedatangan tersebut diluar agenda selama Menteri Ristek Dikti berada di Semarang. Tempat  tersebut merupakan pelatihan penulisan jurnal... Baca selengkapnya...

DAERAHSaluran Mampat, DB Meningkat.....
06/02/2016 | Bastomi
article thumbnail

KOPI, Kendal - Dari sekian kasus DBD yang terjadi di desa Sukomulyo kecamatan Kaliwungu Selatan, sepertinya belum mendapat perhatian khusus dari pemer [ ... ]



PENDIDIKANPeran Serta Orang Tua Mengatasi Kenakala.....
07/02/2016 | Mardinal

  KOPI,Sarolangun- Lapas Sarolangun beberapa waktu yang lalu mengadakan kegiatan penyuluhan Hukum di sejumlah sekolah secara serentak yakni di SMA [ ... ]



EKONOMIKeberadaan Transplanter Sangat Membantu .....
06/02/2016 | Mikhael Markus
article thumbnail

KOPI, KEDIRI - Keberadaan transplanter sebagai alat bantu di sektor pertanian, cukup terasa baik dilihat dari segi waktu maupun segi tenaga kerja. Sep [ ... ]



HANKAMTim Penilai Lomba Rumah Sehat dari Korem.....
05/02/2016 | Mikhael Markus
article thumbnail

KOPI, BOJONEGORO - Tim penilai lomba dari Korem 082/CPYJ, tiba di Kodim 0813 Bojonegoro, Jalan HOS Cokroaminoto No. 51-52 Bojonegoro dalam rangka Pen [ ... ]



OLAHRAGAEmrizal Pakis Lantik H. Amran Tambi seba.....
03/02/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) propinsi Riau Emrizal Pakis melantik dan mengukuhkan H. Amran Tambi sebagai ketu [ ... ]



PARIWISATAKurnia Illahi Calon Putri Indonesia 2016.....
23/01/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Duri – Dukungan mengalir kepada Nia, tidak hanya dari pemerintah daerah. Tapi juga dari masyarakat dan pihak swasta, seperti Hotel Grand Zur [ ... ]



HUKUM & KRIMINALPengedar Sabu Dihadiahi Timah Panas.....
06/02/2016 | Mardinal

KOPI, Sarolangun - Satuan Narkoba Polres Sarolangun dan Polsek kota berhasil menangkap dua orang yang diduga pengedar barang haram jenis sabu barna [ ... ]



POLITIKSarolangun Butuh Sosok Pemimpin Birokras.....
07/02/2016 | Mardinal

  KOPI,Sarolangun- Birokrasi menjadi elite dalam aplikasi teknis pengelolaan sumber keuangan pemerintah. Penyelenggara birokrasi berasal dari berb [ ... ]



OPINITiga Mitos Keliru Tentang Menulis.....
05/02/2016 | Denni Candra

KOPI - Setiap pribadi sebenarnya mempunyai potensi serta kemampuan untuk menulis. Dalam rangkaian kisah hidup yang dijalani, setiap orang tentunya mem [ ... ]



PROFILAsisten II Walikota Sabang Hilang Tengge.....
02/02/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Jakarta-Tidak terasa waktu terus berlalu dan kini sudah 20 tahun lamanya kapal KMP Gurita yang melanyari penyebrangan antara pelabuhan Malahayati [ ... ]



SOSIAL & BUDAYATim Penggerak PKK Kabupaten Kampar Hj. E.....
05/02/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Kampar - Ketua tim penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kabupaten Kampar Hj. Eva Yuliana SE, saat memimpin rapat persiapan menyambut [ ... ]



ROHANIMaling-maling di Mesjid Kita.....
05/02/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI, Jakarta - Mesjid adalah tempat utama untuk menjalankan ibadah bagi umat Islam. Dimana mesjid juga sebagai sarana pendidikan, menuntut ilmu, peny [ ... ]



RESENSIApakah Dunia Akan Lebih Baik Tanpa Islam.....
17/12/2015 | Saepullah

Judul film : Bulan Terbelah di Langit Amerika Produksi : Maxima Pictures Sutradara : Rizal Mantovani Pemain : Acha Septriasa sebagai Hanum Abimana  [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKutitip Ginjal Ini.....
07/01/2016 | Nova Ibun

KOPI - Air mukamu sudah bisa ku lihat jelas, walaupun sedikit itupun karena kau paksakan untuk membersihkannya dengan air tajin yang sengaja kau olesk [ ... ]



PUISIDaun Kawa.....
07/01/2016 | Nova Ibun

Tak pakai gula Da tiap ku pesan sepulang dari rumah keduaku di Bukittinggi, bukan rumah tetuaku, juga bukan rumah hasil wasiat buyutku, na [ ... ]



CURAHAN HATIIronis, Dua Wanita Calon TKI Asal BLK Ma.....
05/02/2016 | Maulana Hasanuddin
article thumbnail

KOPI - Jakarta, Telah ditemukan 2 orang wanita calon TKI yang telah tersesat di ibukota jakarta dalam keadaan terlantar serta amat memperihatinkan kea [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.