Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

YANG TERPINGGIRKAN
FWMB Gelar Aksi Damai Menolak Penggusura.....
30/08/2015 | Ahmad Syarip

KOPI, Jakarta -  Belum jelasnya pihak mana yang mengklaim serta akan menggusur area Kompleks hunian [ ... ]


GELORA SEPEDA
Tiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Presiden RI Presidenku, Harapanku (326/U)

Presidenku, Harapanku (326/U)

KOPI -  Presiden adalah seorang kepala negara, kepala pemerintahan yang dibantu oleh wakil presiden beserta menteri – menteri yang memegang kekuasaan eksekutif dalam melaksanakan tugas sehari – hari. Sosok yang dipilih oleh seluruh rakyat Indonesia ini menjalankan kewajibannya tiap periode lima tahun sekali. Indonesia telah memiliki enam presiden yang diawali oleh Soekarno kemudian diikuti oleh Suharto, B.J. Habibie, KH Abdurahman Wahid, Megawati, dan Susilo Bambang Yudhoyono yang menjabat sampai sekarang ini. Keenam presiden tersebut memiliki karakteristik dan gaya kepempinan yang berbeda – beda.

Gaya kepemimpinan adalah suatu gaya yang dimiliki oleh seorang pemimpin yang dapat mempengaruhi orang lain dan mengarahkan tingkah laku bawahan atau kelompok serta memiliki kemampuan atau keahlian khusus untuk mencapai tujuan organisasi. Ada empat macam tipe kepempinan menurut para ahli, antara lain :

1. Tipe Dominance atau Korelis Adalah tipe kepemimpinan yang dominan dan suka mengatur.

2. Tipe Steadiness Adalah tipe kepemimpinan yang sangat berbeda dengan tipe dominan, tipe yang penurut dengan bawahannya

3. Tipe Influence Adalah tipe kepemimpinan yang memiliki rasa optimis dalam menghadapi masalah dan sangat bersemangat

4. Tipe Compliance Adalah tipe kepemimpinan yang sangat berbeda dengan tipe influence, tipe yang sangat patuh pada birokrasi atau aturan yang berlaku.

Berdasarkan tipe kepemimpinan diatas, Presiden pertama Soekarno termasuk ke dalam tipe Dominance Influence. Hal ini terbukti, beliau dapat melakukan negosiasi dengan baik seperti saat dulu menegosiasi Belanda demi mempertahankan Irian Barat. Presiden kedua Soeharto termasuk ke dalam tipe Dominance Compliance terbukti dengan beliau melakukan strategi politik dengan membuat MPR/DPR berasal dari partai Golkar. Presiden ketiga Habibie termasuk ke dalam tipe Steadiness terbukti dengan beliau yang tidak pernah marah jika berdebat dengan menteri – menteri. Presiden keempat Gus Dur termasuk memiliki tipe yang sama dengan Soekarno Dominance Influence terbukti beliau berhasil melegalkan agama konghuchu dan menggalakkan toleransi antar umat beragama. Presiden kelima Megawati memiliki tipe Compliance Steadiness yang tidak tegas dalam mengambil keputusan serta suka mengkritik orang yang tidak disukai. Presiden keenam sampai sekarang Susilo bambang Yudhoyono memiliki tipe yang hampir sama dengan Megawati, akan tetapi beliau memiliki strategi yang sangat baik terutama hal berpolitik. Hal ini terbukti dengan beliau menjabat selama dua kali berturut – turut dalam kurun waktu 10 tahun dari tahun 2004-2014 mendatang.

Mendekati adanya pemilihan presiden 2014 mendatang, saya jadi berpikir sosok seperti apakah yang tepat dan layak memimpin negara tercinta ini. Melihat dari history ke belakang, presiden kita ini tidak jauh-jauh dengan “alumni” Tentara Nasional Indonesia. Memang tidak dapat dipungkiri, TNI dianggap memiliki jiwa kepemimpinan yang baik. Akan tetapi apakah itu cukup mewakili seseorang dikatakan “layak” menjadi seorang pemimpin negara? Tidak semudah itu masih banyak hal yang harus dipertimbangkan seseorang dikatakan “layak” menjadi pemimpin bangsa.

Menurut saya pribadi dan seluruh masyarakat Indonesia, sosok presiden yang ideal yang diharapkan itu harus memiliki 12 kriteria sebagai berikut :

1. Jujur.

Kejujuran dari seorang presiden dalam melaksanakan kewajiban – kewajibannya bersama wakil presiden dan menterinya sangat dibutuhkan oleh rakyat Indonesia apalagi di zaman krisis kejujuran saat ini. Kejujuran presiden ini diharapkan juga dimiliki oleh seluruh bagian pemerintahan sehingga tidak aka nada oknum – oknum koruptor yang mementingkan kepentingan partai.

2. Tegas

Seorang presiden harus mempunyasi sikap tegas dalam melaksanakan aturan hukum – hukum yang berlaku termasuk pada keluarga presiden. Misalnya, saat besan presiden SBY terlibat korupsi maka presiden tidak boleh ikut campur proses hukumnya.

3. Berani mengambil keputusan,

Presiden itu harus berani dalam mengambil suatu keputusan baik itu keputusan masalah internal negara maupun masalah eksternal negara. Misalnya, Soekarno berhasil membuat negara Amerika bertekuk lutut dengan Indonesia ketika saat Allen Pope, sang pilot negara adidaya tersebut tertangkap. Selain itu, bung karno berkasil membuat negeri paman sam membantu Indonesia melawan Belanda memperebutkan Irian Barat dengan menyuntikkan dana ke Indonesia serta memberikan ratusan senjata perangkat perang.

4. Mementingkan kepetingan rakyat (bukan kepentingan golongan)

Di zaman sekarang ini jarang ditemui presiden yang mengutamakan kepentingan rakyat. Hal ini dikarenakan pada saat pemilihan presiden terpilih dengan pendukung partai dalam jumlah banyak. Sunggu ironis memang, presiden yang dipilih oleh rakyat tapi mementingkan kepentingan golongan/partai yang mengauninya.

5. Pandai berdiplomasi

Selain mempunyai sifat yang kharismatik, seorang presiden itu harus pandai berdiplomasi dengan negara – negara lain dan jangan selalu takut dan tunduk kepada negara lain. Apabila Indonesia selalu tunduk kepada negara lain dapat memungkinkan “Indonesia akan dijajah kembali” karena negara yang kaya akan rempah – rempah ini selalu menjadi incaran negara. Seperti kasus Malaysia yang perlahan – lahan mengakui daerah menjadi miliknya dengan memperlebar batasan Zona Ekonomi Eksklusif. Bukan hanya itu saja, Malaysia juga sering mengklaim budaya Indonesia menjadi miliknya, contohnya batik dan tari tor – tor yang akhir – akhir ini menjadi pemberitaan yang heboh.

6. Sederhana

Pemimpin itu harus menjadi suri tauladan yang baik bagi para bawahannya, termasuk pula presiden yang harus menjadi contoh bagi para rakyatnya. Misalnya, kesederhanaan presiden tampak dalam menggunakan fasilitas negara. Mulai presiden pertama sampai sekarang, presiden Indonesia tidak menampakkan kesederhanaan dengan selalu menggunakan tunjangan operasional yang mengambil dari dana APBN.

7. Peduli Terhadap Masyarakat Seluruh masyarakat Indonesia sangat mengharapkan dipimpin oleh seorang presiden yang peduli terhadap masyarakat terutama masyarakat yang dekat dengan garis kemiskinan bukan hanya mementingkan kepentingan masyarakat kelas menengah ke atas.

8. Berempati Jika presiden memiliki empati terhadap masyarakat, beliau tidak akan rela menggunakan fasilitas negara seperti tunjangan operasional yang berkisar lima kali gaji pokok. Selain itu, beliau juga akan ikut merasakan kesusahan masyarakat mencari makan sehingga dapat memberikan solusi dalam memerangi kenaikan harga sembako.

9. Bersedia menerima saran dan kritik orang lain Segala tindakan dan pengambilan keputusan tidak sepenuhnya 100% benar, maka dari itu presiden harus bersedia menerima saran dan kritik orang lain bukan hanya sibuk dengan pencitraan diri sendiri.

10. Katakan tidak pada KKN Berdasarkan history presiden kedua kita yang terkenal KKN, diharapkan presiden 2014 mendatang tidak mengikuti jejak beliau dalam ber-KKN.

11. Transparan

Dalam melaksanakan kewajibannya bersama wakil presiden beserta menteri – menteri, diharapakan dialakukan secara terbuka (transparan) terutama dalam merancang APBN.

12. Bersemangat dan tidak mudah mengeluh

Presiden 2014 mendatang diharapkan bersemangat, tidak sering mengeluh dan tidak sering curhat seperti presiden sekarang yang mengeluh jika kurang tidur, gaji tidak naik dan lain sebagainya.

Overall, sosok presiden seperti apakah yang memiliki sifat – sifat seperti yang di atas dan menjadi presiden yang ideal dan menjadi harapan seluruh masyarakat Indonesia adalah sosok seorang Dahlan Iskan. Menurut saya tidak berlebihan jika beliau merupakan sosok sekarang yang sekiranya “layak” menjadi presiden 2014 mendatang. Hal ini dikarenakan beliau memiliki sosok tegas dan berani mengambil keputusan ketika ada bawahan yang tidak bekerja maksimal maka langsung dipecat. Beliau juga mempunyai strategi yang baik dan memiliki hidup yang sederhana seperti ketika menjabat menjadi Menteri BUMN, beliau selalu menggunakan fasilitas pribadi bahkan pernah suatu ketika ada meeting menggunakan kereta sebagai kendaraannya. Selain itu, beliau tidak menjadi anggota partai politik manapun sehingga dipastikan dalam mengambil suatu keputusan tidak akan mementingkan pihak manapun kecuali kepentingan rakyat semata. Berdasarkan pengalaman presiden yang menaungi partai politik selalu lamban mengambil keputusan karena harus mempertimbangkan kepentingan partai mereka.

 

 

Biodata Penulis

 

 

 

Nama : Catur April Lia Sari

Tempat/ Tanggal Lahir : Sidoarjo, 13-04-1989 Alamat Rumah : Jalan Kembang Raya V no. 100 Jakarta Pusat

HP : 081281011488

No. KTP : 3578065304890003

Email : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Facebook : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

 

 

Pernyataan Sikap PPWI Atas Kriminalisasi Dua Jurnalis Berita ATJEH
Kamis, 03 September 2015

KOPI - Dua Wartawan di Lhokseumawe, Umar Effendi, pemimpin redaksi media online Berita Atjeh.Net bersama Mawardi, wartawan di media online tersebut saat ini sedang menjalani proses hukum di Polres Lhokseumawe, Provinsi Aceh atas laporan dugaan pencemaran nama baik oleh seorang anggota DPR Aceh, Azhar alias Cage. Kasus tersebut bermula di saat hari Jum'at tanggal 24 April 2015 sekitar pukul 12.30 WIB, wartawan media online Berita ATJEH, Mawardi,... Baca selengkapnya...

Pencabutan Nomor Urut Tiga Pasang Calon Bupati Rokanhulu Periode 2016-2021
Rabu, 02 September 2015

KOPI, Rokanhulu- Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Rokanhulu mengadakan pencabutan nomor urut pasangan calon bupati Rokan Hulu periode 2016-2021 bertempat di di Hotel Sapadia Pasirpengaraian, Selasa (25/8/2015). Tiga pasang calon Bupati kabupaten Rokan Hulu- propinsi Riau yaitu Hafit Syukri dengan Nasrul Hadi, pasangan Syafarudin Poti dengan Erizal, terakhir pasangan Suparman-Sukiman. Pencabutan nomor urut ketiga pasangan calon bupati... Baca selengkapnya...

Di Lhokseumawe, Awak Media Dikriminalisasi Polisi
Rabu, 02 September 2015

KOPI, Lhokseumawe - Di Indonesia sudah banyak kasus-kasus yang menyudutkan para insan jurnalis. Dan malah ada yang sebagian harus masuk ke dalam jeruji besi oleh karena karya tulisan pemberitaannya sendiri. Alhasil, implementasi Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik tidak berlaku bagi para awak jurnalis. Karena akhirnya mereka harus berhadapan ke meja hukum untuk... Baca selengkapnya...

Monumen Polwan Diresmikan Kapolri
Rabu, 02 September 2015

KOPI, BUKITTINGGI - Rakyat Sumbar - Kapolri Jendral Polisi Badrodin Haiti Resmikan Pemugaran Monumen Polisi Wanita, tepat di hari jadi Polwan ke 67 1 September 2015 yang bertempat di Jalan Sudirman Bukittinggi, Selasa (1/9) kemaren. Pemugaran monumen Polwan ini juga ditandai dengan pemutaran film sejarah Monumen Polwan, dan setelah itu Kapolri membubuhkan tanda tangan pada prasasti, sehingga resmilah Monumen Polwan ini digunakan sebagai... Baca selengkapnya...

Ibu Rumah-tangga Menderita Kanker Ganas Sebesar Bola Volley
Senin, 31 Agustus 2015

KOPI - Pujiasih (44), ibu rumah-tangga, warga Kelurahan Pakunden Kecamatan Sukorejo Kota Blitar, menderita kanker ganas yang jarang ditemui. Dia menderita kanker ganas tersebut, baru dua tahun, namun sudah sebesar bola volley. Sementara keluarga hanya bisa pasrah, karena tidak ada biaya dan berharap uluran dari pemerintah Kota Blitar, untuk mengobatkan penderita kangker ganas tersebut.   Dari pantauan dilapangan,  Pujiasih hanya bisa... Baca selengkapnya...

Anggota MPR Tabrani Maamun Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di SMPN 7
Jumat, 28 Agustus 2015

KOPI, Pekanbaru - Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan,  merupakan kegiatan dan kewajiban bagi seorang anggota DPR/MPR-RI, empat pilar itu yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar negara 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika. Kedatangan anggota DPR/MPR RI Tabrani Maamun ke Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 pada hari Jum’at (28/ 8-15) untuk menerangkan kepada siswa-siswi tentang empat pilar kebangsaan. Ratusan orang siswa-siswi duduk bersimpuh di... Baca selengkapnya...

Diskannak Sarolangun Laksanakan Kegiatan Kesehatan Hewan
Jumat, 28 Agustus 2015

KOPI, Sarolangun - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sarolangun memberikan pelayanan kepada masyarakat tepatnya di Dusun Kebun Kelapa Desa Sindai Kelurahan Sukasari. Adapun pelayanan yang diberikan yakni tiga jenis pelayanan kesehatan hewan. Di antaranya, pemeriksaan penyakit dan kesehatan hewan, pemeriksaan kebuntingan pelayanan inseminasi buatan, pelayanan berbagai macam vaksinasi serta pelayanan pemberian surat keterangan... Baca selengkapnya...

INTERNASIONAL

Ancaman Bom Gereja Meningkat, Pemerintah.....
02/09/2015 | Hermanto Werampado'a

KOPI, Amsterdam - Pemerintah Kerajaan Belanda semakin cemas, karena sudah mulai banyak ancaman masuk untuk ngebom Gereja-gereja di Belanda, bahkan unt [ ... ]



NASIONAL

Adrianus Garu : Ubah Pola Penyerapan APB.....
03/09/2015 | Muhyi

KOPI, Jakarta – Salah satu persoalan serius yang terjadi saat ini adalah lambatnya penyerapan anggaran 2015. Berdasarkan data Kementerian Keuanga [ ... ]



DAERAH

Selain Percontohan, Lapas Sarolangun Jal.....
03/09/2015 | Mardinal

KOPI,Sarolangun,-Dalam rangka pembinaan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III yang baru berdiri kurang lebih tiga tahun di Kabupaten Sa [ ... ]



PENDIDIKAN

Lima Guru di Aceh Utara Dapat Penghargaa.....
02/09/2015 | Syaiful Anshori
article thumbnail

KOPI, Lhoksukon - Pada peringatan hari pendidikan daerah Provinsi Aceh yang ke-56, pemerintah Kabupaten Aceh Utara melalui Wakil Bupati Kabupaten Ace [ ... ]



EKONOMI

Wagub Jateng: Sektor Pertanian Menampung.....
02/09/2015 | Sukarno

KOPI, Semarang - Wakil Gubernur Jawa Tengah (Wagub Jateng), Heru Sudjatmoko mengungkapkan bahwa RPJMD berlaku lima tahun. Wagub Jateng ditemui usai Ra [ ... ]



HANKAM

Koordinator Parkir Babak Belur Kena Kero.....
29/08/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru - Yang merusak nama institusi TNI, bukan dari eksternal melainkan oknum anggota TNI tersebut yang merusak nama kesatuan. ini buktinya  [ ... ]



OLAHRAGA

APPI Adakan Touring Kemerdekaan Ke-70.....
31/08/2015 | Saepullah Bin Wahyudin
article thumbnail

      KOPI, Cibinong (30/8) - Aksi Pemuda Peduli Indonesia (APPI) adakan kegiatan touring kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia (RI) ke Sawarna [ ... ]



PARIWISATA

Tiga Taman Surga di Puncara Pujon.....
29/08/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Pemerintah Kabupaten Malang saat ini sedang gencar menggali segala sumber daya alam yang ada di berbagai aspek untuk meningkatkan taraf [ ... ]



HUKUM & KRIMINAL

Dua Wartawan Aceh Diperkarakan ke Polisi.....
03/09/2015 | Redaksi Pewarta-Indonesia

KOPI - Dua Wartawan di Lhokseumawe, Umar Effendi, pemimpin redaksi media online Berita Atjeh.Net bersama Mawardi, wartawan di media online tersebut ak [ ... ]



POLITIK

21 Kabupaten/Kota di Jateng akan Laksana.....
02/09/2015 | Sukarno

KOPI, Semarang - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah Ikhwanudin mengungkapkan ada 21 kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkad [ ... ]



OPINI

Puncak Mahkota Bunga Orde Rahwana.....
01/09/2015 | Subagyo

KOPI - Rahwana Raja,  Rajanya kaum Yaksa,  beputera dengan Bidadari  pemberian para Dewa Indrajid – Lambang puncak keberhasilan Rahwana.  Orde B [ ... ]



PROFIL

Pejuang Kemerdekaan Tanpa Pamrih, Hanya .....
20/08/2015 | Bambang Suwarno

KOPI, Nganjuk - Siapa sangka ada lelaki tua berusia kurang lebih 93 tahun Namanya Moastro/Sarimah,hidup di Dusun Turi, Desa Nglundo,Kecamatan Sukomoro [ ... ]



SOSIAL & BUDAYA

Tari Binies, Budaya Suku Gayo.....
25/08/2015 | Syaiful Anshori

KOPI, Aceh Utara - Indonesia memiliki beraneka ragam budaya dan kesenian. Terutama di wilayah Aceh sendiri yang memiliki beraneka ragam suku dan bahas [ ... ]



ROHANI

Kapolda Lampung Lepas Keberangkatan Jema.....
21/08/2015 | Feri Agustian

KOPI, Lampung - Kapolda Lampung Brigjen Pol Drs. EDWARD SYAH PERNONG, SH.melepas calon jamaah haji keluarga besar jajaran Polda Lampung, pelepasan  [ ... ]



RESENSI

Jangan Dengerin Sendiri.....
27/04/2015 | Ug Dani
article thumbnail

Resensi Buku Judul :Jangan Dengerin Sendiri
Penulis : Naomi Angelia Sea
Tebal. : 200
Penerbit : Bukune Juli 2014
Harga. : Rp 41 [ ... ]



CERPEN & CERBUNG

Mbah Sarlan dan Gerojokan Sewu.....
24/07/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Bendosari adalah satu di antara Desa yang berada di Kecamatan Pujon Malang Barat dan telah di tetapkan sebagai salah satu Desa Wisata u [ ... ]



PUISI

Puisi 'Mataku Menyertaimu' Karya : Sonny.....
13/08/2015 | Sonny H.Sayangbati
article thumbnail

  ______Mataku Menyertaimu________ By:Sonny H.Sayangbati   hi kawan aku melihatmu dari jauh sungguh aku selalu khawatir tentangmu sebab aku ja [ ... ]



CURAHAN HATI

Kepala Anjungan NTB Kecewa terhadap Peng.....
24/08/2015 | Dody Muhamad

KOPI, Jakarta - Kepala Anjungan Nusa Tenggara Barat (NTB) Drs, Syahril merasa kecewa atas Sikap pengelola tiket masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII [ ... ]



HIBURAN

Film “Jenderal Soedirman” Tayang Se.....
25/08/2015 | Yeni Herliani

KOPI - Berangkat dari rasa penasaran dan kepedulian tentang mengapa jalan protokol di berbagai ibukota provinsi tersemat nama Jenderal Soedirman tetap [ ... ]



KULINER

Pasar Santa Semakin Meriah Dengan Kehadi.....
03/09/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Dua Belibis, saus yang terkenal memiliki cita rasa istimewa dan berkualitas tinggi, bekerjasama dengan para tenant di Pasar Santa, menggelar  [ ... ]



HIDUP SEHAT

5 Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah Muhamm.....
03/09/2015 | Didi Ronaldo

1. 1. Rasulullah tidak makan sebelum lapar dan tidak berlebihan dalam makan.
Gaya hidup yang dijalani oleh Nabi Allah yang terakhir ini sungguh bisa  [ ... ]



SERBA-SERBI

SBY Pede Merasa Jadi Konsultan.....
30/08/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta Heran saya sebagai mantan presiden seharusnya memberikan dukungan kepada pemerintah berkuasa saat ini. Bukan kayak konsultan memberi [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.