Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE
None

YANG TERPINGGIRKAN
Ketika Rasisme Dekat dengan Para Punggaw.....
26/06/2015 | Maulana Muhammad

“Il Club Più Titolato Al Mondo” merupakan sebuah ungkapan dalam bahasa Italia yang mengandung  [ ... ]


GELORA SEPEDA
Fun Bike Meriahkan HUT Ke-69 TNI di Aceh.....
29/09/2014 | Syamsul Kamal
article thumbnail

KOPI, Aceh Jaya - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke 69, Komando Distrik Militer (Kodim) 0114 Aceh Jaya, mengegelar acara sepeda santai (fun Bike)  [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Indonesia-Maroko Indonesia & Maroko, 2 Negara Berpengaruh di Masa Depan (55/M)

Indonesia & Maroko, 2 Negara Berpengaruh di Masa Depan (55/M)

KOPI, Judul di atas tidak terlalu berlebihan jika kita melihat dan memahami dari sudut pandang pengaruh dua negara ini terhadap dunia.

Coba kita tanyakan kepada teman, orang tua, kakak atau bahkan guru/dosen kita, “Apakah mengetahui sesuatu tentang Maroko?” Dengan sangat yakin sebagian besar dari mereka pasti akan menjawab tidak tahu. Ini adalah fakta. Jika dibandingkan dengan negara sahabat Indonesia lainnya seperti Jepang, Arab Saudi, USA, Maroko lebih dipandang sebelah mata dan dinomorduakan. Saya dapat memaklumi keadaan ini. Banyak faktor yang berpengaruh terhadap permasalahan ini, seperti kurangnya promosi dan kurangnya pengetahuan masyarakat itu sendiri. Padahal, Maroko adalah salah satu negara sahabat Indonesia yang memiliki peranan penting baik terhadap Indonesia maupun terhadap dunia secara global.

Maroko adalah negara di belahan utara benua Afrika yang memiliki sistem pemerintahan monarki konstitusional. Maroko memiliki banyak persamaan dengan Indonesia dari berbagai aspek; sama-sama memiliki penduduk bermayoritas muslim, memiliki visi dan misi yang sama, memiliki sistem multi partai, dan masih banyak lagi.

50 tahun sudah hubungan Indonesia dan Maroko terjalin dan tentunya ini adalah rentang waktu yang cukup lama. Ketika melihat sejarah 50 tahun lalu, Indonesia adalah negara yang sangat mendukung kemerdekaan negara-negara di Afrika Utara termasuk Maroko dari penjajah masa itu. Hal itu dilakukan mengingat Indonesia sendiri sudah cukup ‘kenyang’ dengan kejamnya zaman itu. Dimulai dari gigihnya Indonesia dalam Komite Pembantu Perjuangan Kemerdekaan Negara-negara Afrika Utara yang senantiasa mendukung dan menyuarakan pembebasan dari tangan penjajah serta mempelopori KTT Asia Afrika di Bandung, hingga akhirnya membuahkan hasil. Maroko adalah negara pertama Afrika Utara yang mendapatkan kemerdekaan penuh. Indonesia mengakui penuh kemerdekaan tersebut dengan ditandai kunjungan oleh presiden Indonesia saat itu, Soekarno. Kunjungan itu adalah yang pertama diterima oleh Maroko pasca kemerdekaan. Beberapa minggu sebelum kunjungan itu, telah diresmikan Kantor Kedutaan Indonesia di Rabat. Hal ini adalah awal mula dari hubungan diplomatik yang terus terjalin sampai detik ini.

Saat ini Indonesia telah berusaha menjalin hubungan bilateral dan kerjasama dengan Maroko dalam berbagai aspek, mulai dari bidang politik, budaya, pendidikan, ekonomi, dsb. Pertukaran pelajar, pameran kebudayaan, serta kunjungan pejabat antara kedua negara adalah sekelumit usaha yang telah dilakukan oleh kedua negara dalam membangun hubungan diplomatis yang berdampak positif dan menguntungkan. Lagipula, kedua negara memiliki kesamaan pandangan dalam menyikapi berbagai macam isu/permasalahan sehingga hubungan bilateral yang terjalin cenderung stabil. Indonesia dan Maroko juga sama-sama aktif dalam dunia internasional, walaupun berbeda tujuan. Hal itu dapat terlihat dari banyaknya organisasi bersifat internasional dimana kedua negara tersebut terlihat sebagai anggotanya. Hal ini adalah salah satu bukti yang menguatkan bahwa kedua negara memiliki andil dan pengaruh terhadap dunia internasional.

Sama-sama berpenduduk mayoritas muslim, tentunya latar belakang Islam tidak dapat dipisahkan dari sejarah, budaya, dan kehidupan sosial masyarakatnya. Dalam hal ini, Indonesia dan Maroko memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun citra Islam yang indah serta mengubah pandangan internasional terhadap dunia Islam.

Apalagi belakangan ini, negara-negara berlatar belakang Islam diekspos dengan pemberitaan yang buruk, yang menunjukkan seolah-olah Islam adalah penyebabnya. Di era modernisasi dan globalisasi ini, Islam telah memiliki citra yang terlanjur buruk. Di sinilah tugas kedua negara ini.

Walaupun Indonesia dan Maroko berpenduduk mayoritas muslim, tetapi bukan berarti penduduk nonmuslim tidak mendapat hak serta tidak dapat menjalankan kewajibannya. Indonesia dan Maroko adalah dua negara yang memiliki toleransi tinggi dan dapat menerima perbedaan. Dalam segala keterbatasannya, saya percaya Indonesia dan Maroko dapat mengubah citra Islam serta dapat menjalankan nilai-nilai agama dan budaya ditengah derasnya arus modernisasi dan globalisasi.

Selain itu, sebagai negara berkembang, Indonesia dan Maroko berupaya untuk terus membangun berbagai macam hal dalam artian positif. Dilihat dari kacamata ekonomi, Indonesia dan Maroko adalah dua negara yang harus terus berjuang dalam mengentaskan kemiskinan serta meningkatkan taraf hidup masyarakatnya. Ini bukanlah hal yang mudah. Faktanya, Indonesia dan Maroko memiliki sejumlah kekayaan alam dalam porsi yang berbeda, walaupun masih banyak potensi kekayaan yang belum diketahui dan digali. Indonesia lebih menitikberatkan pada kekayaan hasil hutan dan sumber daya mineralnya sedangkan Maroko yang lebih mengeksplor kekayaan di sektor pertanian dan perikanan ; Hal ini dapat menambah devisa kedua negara mengingat Indonesia dan Maroko sama-sama memiliki tingkat ekspor yang cukup tinggi di sektornya masing-masing. Diharapkan ada kerja sama kedua negara dalam bidang pengolahan sumber daya sebagai pembelajaran untuk kedepannya nanti.

Sebenarnya, Indonesia dan Maroko dapat menambah pendapatan negara yang cukup menggiurkan dari bidang pariwisata. Indonesia dan Maroko adalah dua negara yang termasuk unggul dalam bidang pariwisata. Ini terbukti dari banyaknya objek wisata yang menarik minat wisatawan asing dari berbagai belahan dunia. Indonesia dan Maroko terkenal dengan keindahan pantai-pantainya serta objek bersejarahnya. Jika pemerintah kedua negara serius untuk bekerja sama di bidang pariwisata, diharapkan akan meningkatkan devisa, membuka cakrawala baru bagi wisatawan, serta lebih tereksplornya daerah pengembangan untuk wisata.

Dalam bidang kebudayaan, Indonesia dan Maroko memiliki unsur budaya yang cenderung berbeda namun tetap dapat menarik minat. Ditambah, kehidupan sosial masyarakat Indonesia dan Maroko yang dikenal familiar dan bersahabat terhadap pendatang adalah nilai tambah tersendiri. Di era globalisasi ini, nilai-nilai kebudayaan dari nenek moyang masyarakat Indonesia dan Maroko yang memiliki nilai filosofi tinggi, perlahan mulai pudar. Namun, jika ada kerja sama kedua negara dalam bidang kebudayaan, diharapkan nilai-nilai kebudayaan dapat terus dilestarikan serta dapat mempromosikan kebudayaan-kebudayaan kedua negara.

Hal tersebut di atas adalah sedikit contoh dari potensi masing-masing kedua negara, yang bila direncanakan dan dimanfaatkan dengan benar maka bukan tidak mungkin Indonesia dan Maroko akan memiliki pengaruh besar terhadap dunia internasional. Untuk memperingati 50 tahun hubungan bilateral Indonesia-Maroko, diharapkan meningkatnya kerja sama yang lebih mendalam dalam berbagai aspek, terus terjaganya jalinan persahabatan kedua negara, dan juga semua masyarakatnya lebih saling mengenal. Untuk itu, diperlukan langkah-langkah nyata yang dibutuhkan dalam kerja sama ini dan harus dimusyawarahi oleh kedua pihak misalnya dengan meningkatkan promosi pariwisata dan kebudayaan dengan media massa, memberikan beasiswa kepada para pelajar, dsb.

Semoga di masa depan, Indonesia dan Maroko akan berjejer dengan negara maju lainnya dan namanya akan disegani oleh dunia. Dan yang terpenting, Indonesia dan Maroko dapat berdiri bukan karena arus globalisasi, namun karena nilai-nilai adat istiadat berfilosofi tinggi yang dapat ditegakkan berdampingan dengan globalisasi itu sendiri. Semoga.

Referensi :

www.sahabatmaroko.com

www.ppimaroko.org

 

Biodata Penulis

Nama : Delvi Adrian
Tempat/Tanggal lahir : Bandar Lampung / 19 Januari 1993
Alamat rumah : Jl. Sisingamangaraja Gg. Tawakal No. 5, Gedung Air, Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung. Kode pos : 35151
Telp : 0721 255 051
HP : 0831 70 029 300
Alamat email : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it
Alamat fb : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it
Nama perguruan tinggi : STBA Teknokrat
Jurusan : Sastra Inggris
Alamat perguruan tinggi : Jl. H. Zainal Abidin Pagar Alam 9-11, Kedaton, Bandar Lampung.
Telp : 0721 784 945

 

Pilkada Kabupaten Blitar Terancam Gagal
Selasa, 28 Juli 2015

KOPI, Blitar - Sampai hari terakhir pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Blitar di KPU Kabupaten Blitar, baru pasangan Rijanto – Marhainis Urip Widodo ( Rido ) yang mendaftarkan diri. Pasangan Rido dengan dihantarkan oleh partai pengusungnya yakni, PDI Perjuangan dan Partai Gerindra juga para relawan dan tim pemenangan, secara resmi mendaftarkan diri ke kantor KPU Kabupaten Blitar pada Selasa (28/7) sekitar pukul 02.05 wib. yang... Baca selengkapnya...

Surya Paloh Persilahkan Jokowi Copot Mentri dari Partai Nasdem
Selasa, 28 Juli 2015

KOPI, Jakarta - Surya Paloh pemilik Metro TV memberikan andil lebih kepada Jokowi saat kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2014, terlebih lagi Metro TV maupun jaringan medianya membantu Jokowi dalam menghadapi serangan kampanye hitam (red.Black Campaign) dari lawan politiknya dulu.   Ajisutisyoso mengatakan Surya Paloh menantang Jokowi mencopot mentri berasal dari kader Partai Nasdem (Nasional Demokrat) bila kerjanya tidak... Baca selengkapnya...

PAN Manfaatkan Popularitas Artis ikut Calon Kepala Daerah
Minggu, 26 Juli 2015

KOPI, Jakarta- Ajisutisyoso mengatakan Partai Amanat Nasional (PAN) ngotot dukung selebriti sebagai calon kepala daerah yakni aktor Zumi Zola, Sigit Purnomo Syamsuddin Said dikenal dengan nama Pasha ungu, Desy Ratna Sari. PAN sengaja mengandalkan popularitas kalangan seleb atau artis untuk menyedot suara pemilih pada pilkada serentak akhir tahun ini , pun tak ada undang-undang melarang kalangan seleberiti ikut Pilkada serentak ketus... Baca selengkapnya...

Ketum PDIP Hj. Megawati Merekomendasi Beberapa Pasangan Calon Bupati seRiau
Minggu, 26 Juli 2015

KOPI, Pekanbaru- Ketua DPD (Dewan Pimpinan Daerah) PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) Riau Kordias Pasaribu didampingi Sekretaris Syafrudin Poti, Bendahara Makmun Solihin serta pengurus PDIP dihadiri sejumlah bakal calon bupati/walikota yang akan mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada ) serentak tanggal 9 Desember 2015 mendatang . inilah nama-nama  dituangkan dalam surat rekomendasi DPP PDIP yang disetujui langsung Ketua Umum... Baca selengkapnya...

Polresta Pekanbaru Ringkus 2 orang Distributor Narkoba Wilayah Sumatera
Minggu, 26 Juli 2015

KOPI, Pekanbaru – Polresta Pekanbaru berhasil menangkap dua orang Bandar narkoba asal Sumatera Utara SU (35) dan SN (37) yang ingin melakukan transaksi penjualan narkoba lokasi komplek perumahaan mewah yakni di Perumahan Kuantan Regency blok B , Kecamatan Lima Puluh, Jumat (24/07/15) malam. Penangkapan ini langsung dipimpin oleh Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Aries Syarief Hidayat. Jajaran aparat Polresta Pekanbaru menyita sepucuk... Baca selengkapnya...

Proyek RLH Milik H. Nasir Orang Tua Bupati Meranti asal Jadi
Jumat, 24 Juli 2015

KOPI, Selatpanjang – Proyek pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) yang dibangun oleh  Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui dana APBD tahun 2014 lalu untuk rakyat miskin. Proyek RLH tersebut asal jadi , yang penting rumah sudah berdiri dan ditempati warga. Rumah Layak Huni (RLH) diperuntukan untuk warga miskin seperti yang dimiliki oleh Kamisni dan Usman A, warga Desa Mekar sari kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti ... Baca selengkapnya...

PPWI Bersilahturahmi ke Panglima Kodam Jaya
Kamis, 23 Juli 2015

KOPI, JAKARTA - Rabu, 22 Juli 2015, pukul 10.00 wib, Panglima Komando Daerah Militer Jayakarta (Pangdam Jaya), Mayjen TNI Agus Sutomo, SE berkenan menerima kunjungan Ketua Umum PPWI Nasional, Wilson Lalengke​, di ruang kerjanya di Markas Kodam Jaya, Jl. Mayjen Sutoyo No. 5, Cililitan, Jakarta Timur. Pertemuan yang dihadiri oleh beberapa staf Pangdam, antara lain Kepala Penerangan dan Asisten Intelijen Kodam Jaya, itu berlangsung hangat dan... Baca selengkapnya...

INTERNASIONAL

Oknum Perwira AL Korea Selatan Bocorkan.....
19/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Korea - Kepala Komando Keamanan Pertahanan, Cho Hyun-chun telah merilis sebuah pernyataan di Kementerian Pertahanan di Seoul pada Jumat (10/7)  [ ... ]



NASIONAL

Proyek Tanpa Pamplet, Dipertanyakan War.....
29/07/2015 | Kamal/Nasri

  Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE  [ ... ]



DAERAH

Akibat Tidak Mendapat VAR, Pemuda Tewas .....
28/07/2015 | I Wayan Wiyana
article thumbnail

  KOPI, Bangli,- Dikutip dari Beritajalanan.com, Diduga akibat stock var habis, seoarang pemuda asal dusun Buayang, Landih, Bangli tewas setelah t [ ... ]



PENDIDIKAN

Guru SMP/MTs Aceh Jaya Dilatih Modul III.....
28/07/2015 | Syamsul Kamal

KOPI, Aceh Jaya – Untuk melanjutkan program peningkatan mutu sekolah USAID PRIORITAS kembali melatih 91 orang guru SMP/MTs di Kabupaten Aceh Jaya.  [ ... ]



EKONOMI

Pasar Gede Bage Ditinjau Menteri Perdaga.....
21/07/2015 | Iyan Sofyan

KOPI, Bandung - Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Mendag RI) Rachmat Gobel meninjau Pasar Induk Gedebage pada Selasa (21/7). Peninjauan ini dila [ ... ]



HANKAM

Pengamat: Tolong Komandan, Copot Kapold.....
21/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Papua- Sangat kita sayangkan aparat keamanan yang bertugas di propinsi Papua tidak tahu akan terjadi tragedi   pembakaran mushola, serta bebe [ ... ]



OLAHRAGA

Polres Meranti Gelar Turnament Badminton.....
14/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, SELATPANJANG - Polisi Resort (Polres) Kepulauan Meranti menggelar Open Turnamen Badminton perdana, turnamen ini diselenggarakan di Gedung Ocean  [ ... ]



PARIWISATA

Disbudparpora Bengkalis Adakan Festival .....
27/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Bengkalis – Ribuan orang wisatawan dan masyarakat pulau Rupat berbaur menyaksikan Festival Pantai Rupat tahun 2015 berlangsung selama dua  [ ... ]



HUKUM & KRIMINAL

Pesta Narkoba di Kamar Kost, Pasangan In.....
24/07/2015 | I Wayan Wiyana
article thumbnail

KOPI, Singaraja - Dikutip dari Balibangol news, dua orang sedang berpesta narkoba di sebuah kamar kos di gerebek Polisi setelah beberapa lama di intai [ ... ]



POLITIK

Cabup Oking Janji Sediakan Pupuk dan BBM.....
28/07/2015 | Dona Moza

KOPI, Pesisir Barat - Oking Ganda Miharja, Calon Bupati Kabupaten Pesisir Barat, Lampung punya jurus jitu meningkatkan kesejahteraan petani dan nelaya [ ... ]



OPINI

Indonesia Perlu Komisi atau Lembaga Peny.....
27/07/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Korupsi, korupsi dan korupsi. Di mana- mana, di beberapa media, Korupsi selalu menjadi suatu hal yang seakan menarik untuk menjadi baha [ ... ]



PROFIL

Mengenal Lebih Dekat Tri Erri Astoety, D.....
28/07/2015 | Arifin

KOPI - Prof. Drg. Tri Erri Astoety, MKes dikenal dengan keahliannya di bidang kedokteran gigi. Memahami pentingnya meningkatkan kesadaran akan masalah [ ... ]



SOSIAL & BUDAYA

Melihat Keunikan Bali dari Angkul-Angkul.....
23/07/2015 | I Wayan Wiyana

KOPI - Dikutip dari Balibangol news. Hampir disetiap rumah di Bali memiliki Angkul-angkul, ya begitulah orang Bali menyebutnya Angkul-angkul merupaka [ ... ]



ROHANI

Bupati Rohil Bawa Rombongan Open House k.....
20/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru Rombongan Bupati Rokan Hilir   H. Suyatno membawa rombongan Muspida dan ketua DPRD Rohil Nasrudin, sejumlah Kepala Dinas saat  [ ... ]



RESENSI

Jangan Dengerin Sendiri.....
27/04/2015 | Ug Dani
article thumbnail

Resensi Buku Judul :Jangan Dengerin Sendiri
Penulis : Naomi Angelia Sea
Tebal. : 200
Penerbit : Bukune Juli 2014
Harga. : Rp 41 [ ... ]



CERPEN & CERBUNG

Mbah Sarlan dan Gerojokan Sewu.....
24/07/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Bendosari adalah satu di antara Desa yang berada di Kecamatan Pujon Malang Barat dan telah di tetapkan sebagai salah satu Desa Wisata u [ ... ]



PUISI

Bermimpi Terjaga.....
24/07/2015 | Agus Siroj Hudi
article thumbnail

  Di ranah sendiri aku bisu aku tuli... Aku sendiri  tak mengerti.... dalam kebekuan ku coba mendekati... dalam keangkuhan ku coba mengerti..... [ ... ]



CURAHAN HATI

Operasional Fee.....
28/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta Perilaku Presiden Jokowi tidak mencerminkan seorang pemimpin yang baik kenapa ingin membantu rakyat berikan “kail” jangan beri [ ... ]



HIBURAN

Caca Handika : "Kalau menyanyi jangan ma.....
28/07/2015 | Ug Dani
article thumbnail

KOPI,JAKARTA-Ini dia tips dari seorang penyanyi dangdut pelantun lagu masak sendiri saat di wawancarai Tukul Arwana dalam acara Bukan Empat Mata kam [ ... ]



KULINER

McDonald’s Tingkatkan Layanan Melalui .....
01/04/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Kini menikmati McDonald’s terasa lebih nyaman dan menguntungkan dengan hadirnya layanan terbaru “Online McDelivery Cashless Promo”. Pel [ ... ]



HIDUP SEHAT

Pola Hidup Sehat, Berpuasa Saat Ramadhan.....
16/06/2015 | Mardinal

KOPI, Sarolangun - Puasa merupakan suatu kewajiban bagi Umat Islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt firmanNYA: “Hai orang-orang beriman d [ ... ]



SERBA-SERBI

Sosialisasi Humas Mabes Polri terkait Ta.....
28/07/2015 | Ug Dani
article thumbnail

KOPI, JAKRTA - Berikut adalah keterangan Humas Mabes Polri terkait tarif pembuatan sim yang dilatagorikan sebagai Tarif penerimaan Negara bukan pa [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.