Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE
None

GELORA SEPEDATiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Indonesia-Maroko Indonesia & Maroko, 2 Negara Berpengaruh di Masa Depan (55/M)

Indonesia & Maroko, 2 Negara Berpengaruh di Masa Depan (55/M)

KOPI, Judul di atas tidak terlalu berlebihan jika kita melihat dan memahami dari sudut pandang pengaruh dua negara ini terhadap dunia.

Coba kita tanyakan kepada teman, orang tua, kakak atau bahkan guru/dosen kita, “Apakah mengetahui sesuatu tentang Maroko?” Dengan sangat yakin sebagian besar dari mereka pasti akan menjawab tidak tahu. Ini adalah fakta. Jika dibandingkan dengan negara sahabat Indonesia lainnya seperti Jepang, Arab Saudi, USA, Maroko lebih dipandang sebelah mata dan dinomorduakan. Saya dapat memaklumi keadaan ini. Banyak faktor yang berpengaruh terhadap permasalahan ini, seperti kurangnya promosi dan kurangnya pengetahuan masyarakat itu sendiri. Padahal, Maroko adalah salah satu negara sahabat Indonesia yang memiliki peranan penting baik terhadap Indonesia maupun terhadap dunia secara global.

Maroko adalah negara di belahan utara benua Afrika yang memiliki sistem pemerintahan monarki konstitusional. Maroko memiliki banyak persamaan dengan Indonesia dari berbagai aspek; sama-sama memiliki penduduk bermayoritas muslim, memiliki visi dan misi yang sama, memiliki sistem multi partai, dan masih banyak lagi.

50 tahun sudah hubungan Indonesia dan Maroko terjalin dan tentunya ini adalah rentang waktu yang cukup lama. Ketika melihat sejarah 50 tahun lalu, Indonesia adalah negara yang sangat mendukung kemerdekaan negara-negara di Afrika Utara termasuk Maroko dari penjajah masa itu. Hal itu dilakukan mengingat Indonesia sendiri sudah cukup ‘kenyang’ dengan kejamnya zaman itu. Dimulai dari gigihnya Indonesia dalam Komite Pembantu Perjuangan Kemerdekaan Negara-negara Afrika Utara yang senantiasa mendukung dan menyuarakan pembebasan dari tangan penjajah serta mempelopori KTT Asia Afrika di Bandung, hingga akhirnya membuahkan hasil. Maroko adalah negara pertama Afrika Utara yang mendapatkan kemerdekaan penuh. Indonesia mengakui penuh kemerdekaan tersebut dengan ditandai kunjungan oleh presiden Indonesia saat itu, Soekarno. Kunjungan itu adalah yang pertama diterima oleh Maroko pasca kemerdekaan. Beberapa minggu sebelum kunjungan itu, telah diresmikan Kantor Kedutaan Indonesia di Rabat. Hal ini adalah awal mula dari hubungan diplomatik yang terus terjalin sampai detik ini.

Saat ini Indonesia telah berusaha menjalin hubungan bilateral dan kerjasama dengan Maroko dalam berbagai aspek, mulai dari bidang politik, budaya, pendidikan, ekonomi, dsb. Pertukaran pelajar, pameran kebudayaan, serta kunjungan pejabat antara kedua negara adalah sekelumit usaha yang telah dilakukan oleh kedua negara dalam membangun hubungan diplomatis yang berdampak positif dan menguntungkan. Lagipula, kedua negara memiliki kesamaan pandangan dalam menyikapi berbagai macam isu/permasalahan sehingga hubungan bilateral yang terjalin cenderung stabil. Indonesia dan Maroko juga sama-sama aktif dalam dunia internasional, walaupun berbeda tujuan. Hal itu dapat terlihat dari banyaknya organisasi bersifat internasional dimana kedua negara tersebut terlihat sebagai anggotanya. Hal ini adalah salah satu bukti yang menguatkan bahwa kedua negara memiliki andil dan pengaruh terhadap dunia internasional.

Sama-sama berpenduduk mayoritas muslim, tentunya latar belakang Islam tidak dapat dipisahkan dari sejarah, budaya, dan kehidupan sosial masyarakatnya. Dalam hal ini, Indonesia dan Maroko memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun citra Islam yang indah serta mengubah pandangan internasional terhadap dunia Islam.

Apalagi belakangan ini, negara-negara berlatar belakang Islam diekspos dengan pemberitaan yang buruk, yang menunjukkan seolah-olah Islam adalah penyebabnya. Di era modernisasi dan globalisasi ini, Islam telah memiliki citra yang terlanjur buruk. Di sinilah tugas kedua negara ini.

Walaupun Indonesia dan Maroko berpenduduk mayoritas muslim, tetapi bukan berarti penduduk nonmuslim tidak mendapat hak serta tidak dapat menjalankan kewajibannya. Indonesia dan Maroko adalah dua negara yang memiliki toleransi tinggi dan dapat menerima perbedaan. Dalam segala keterbatasannya, saya percaya Indonesia dan Maroko dapat mengubah citra Islam serta dapat menjalankan nilai-nilai agama dan budaya ditengah derasnya arus modernisasi dan globalisasi.

Selain itu, sebagai negara berkembang, Indonesia dan Maroko berupaya untuk terus membangun berbagai macam hal dalam artian positif. Dilihat dari kacamata ekonomi, Indonesia dan Maroko adalah dua negara yang harus terus berjuang dalam mengentaskan kemiskinan serta meningkatkan taraf hidup masyarakatnya. Ini bukanlah hal yang mudah. Faktanya, Indonesia dan Maroko memiliki sejumlah kekayaan alam dalam porsi yang berbeda, walaupun masih banyak potensi kekayaan yang belum diketahui dan digali. Indonesia lebih menitikberatkan pada kekayaan hasil hutan dan sumber daya mineralnya sedangkan Maroko yang lebih mengeksplor kekayaan di sektor pertanian dan perikanan ; Hal ini dapat menambah devisa kedua negara mengingat Indonesia dan Maroko sama-sama memiliki tingkat ekspor yang cukup tinggi di sektornya masing-masing. Diharapkan ada kerja sama kedua negara dalam bidang pengolahan sumber daya sebagai pembelajaran untuk kedepannya nanti.

Sebenarnya, Indonesia dan Maroko dapat menambah pendapatan negara yang cukup menggiurkan dari bidang pariwisata. Indonesia dan Maroko adalah dua negara yang termasuk unggul dalam bidang pariwisata. Ini terbukti dari banyaknya objek wisata yang menarik minat wisatawan asing dari berbagai belahan dunia. Indonesia dan Maroko terkenal dengan keindahan pantai-pantainya serta objek bersejarahnya. Jika pemerintah kedua negara serius untuk bekerja sama di bidang pariwisata, diharapkan akan meningkatkan devisa, membuka cakrawala baru bagi wisatawan, serta lebih tereksplornya daerah pengembangan untuk wisata.

Dalam bidang kebudayaan, Indonesia dan Maroko memiliki unsur budaya yang cenderung berbeda namun tetap dapat menarik minat. Ditambah, kehidupan sosial masyarakat Indonesia dan Maroko yang dikenal familiar dan bersahabat terhadap pendatang adalah nilai tambah tersendiri. Di era globalisasi ini, nilai-nilai kebudayaan dari nenek moyang masyarakat Indonesia dan Maroko yang memiliki nilai filosofi tinggi, perlahan mulai pudar. Namun, jika ada kerja sama kedua negara dalam bidang kebudayaan, diharapkan nilai-nilai kebudayaan dapat terus dilestarikan serta dapat mempromosikan kebudayaan-kebudayaan kedua negara.

Hal tersebut di atas adalah sedikit contoh dari potensi masing-masing kedua negara, yang bila direncanakan dan dimanfaatkan dengan benar maka bukan tidak mungkin Indonesia dan Maroko akan memiliki pengaruh besar terhadap dunia internasional. Untuk memperingati 50 tahun hubungan bilateral Indonesia-Maroko, diharapkan meningkatnya kerja sama yang lebih mendalam dalam berbagai aspek, terus terjaganya jalinan persahabatan kedua negara, dan juga semua masyarakatnya lebih saling mengenal. Untuk itu, diperlukan langkah-langkah nyata yang dibutuhkan dalam kerja sama ini dan harus dimusyawarahi oleh kedua pihak misalnya dengan meningkatkan promosi pariwisata dan kebudayaan dengan media massa, memberikan beasiswa kepada para pelajar, dsb.

Semoga di masa depan, Indonesia dan Maroko akan berjejer dengan negara maju lainnya dan namanya akan disegani oleh dunia. Dan yang terpenting, Indonesia dan Maroko dapat berdiri bukan karena arus globalisasi, namun karena nilai-nilai adat istiadat berfilosofi tinggi yang dapat ditegakkan berdampingan dengan globalisasi itu sendiri. Semoga.

Referensi :

www.sahabatmaroko.com

www.ppimaroko.org

 

Biodata Penulis

Nama : Delvi Adrian
Tempat/Tanggal lahir : Bandar Lampung / 19 Januari 1993
Alamat rumah : Jl. Sisingamangaraja Gg. Tawakal No. 5, Gedung Air, Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung. Kode pos : 35151
Telp : 0721 255 051
HP : 0831 70 029 300
Alamat email : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it
Alamat fb : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it
Nama perguruan tinggi : STBA Teknokrat
Jurusan : Sastra Inggris
Alamat perguruan tinggi : Jl. H. Zainal Abidin Pagar Alam 9-11, Kedaton, Bandar Lampung.
Telp : 0721 784 945

 

Awali Tugas, Kolonel Czi Dheni Herman Lakukan Perkenalan
Sabtu, 06 Pebruari 2016

KOPI, SURABAYA - Mengawali masa dinas di Korem 084/BJ tahun 2016, Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Czi Dheni Herman memberikan Jam Komandan kepada seluruh prajurit dan PNS Korem 084/Bhaskara Jaya, yang berlangsung di Aula Bhaskara Jaya Korem 084/Bhaskara Jaya. Kesempatan pertama Danrem menceritakan riwayat masa dinas dan tugas sebelum menjabat sebagai Danrem 084/Bhaskara Jaya dengan luwes dan santai serta diselingi dengan candaan tetapi... Baca selengkapnya...

HUT Kampar Ke-66, Jefri Noer: Saya Berdoa Kampar Berkembang Lebih Baik Lagi
Jumat, 05 Pebruari 2016

KOPI, KAMPAR - Berbagai macam kegiatan diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar bersempena perayaan hari jadinya ke-66 tahun yang jatuh pada hari Sabtu (6/2-16). Pemkab Kampar mengadakan kegiatan untuk menyemarakan HUT (Hari Ulang Tahun) ke -66 tahun dengan berbagai macam perlombaan yakni Bakti sosial di berbagai kecamatan yang terdiri dari penyerahan bantuan sembako, donor darah, pengobatan massal, khitanan dan gotongroyong, jalan... Baca selengkapnya...

Sukses Pimpin Puluhan Perusahaan, Putu Sudiarsa Terima Penghargaan Indonesian Top Leadership
Sabtu, 30 Januari 2016

KOPI, Jakarta Sukses memimpin puluhan perusahaan, Ir. I Putu Sudiarsa, MT, IAI (Chairman Grup Perusahaan), terima penghargaan Indonesian Top Leadership Achievement Awards 2015. Penghargaan tersebut diberikan Lembaga Anugerah Prestasi Insani (Yayasan Anugerah Prestasi Insani), Jakarta, atas penilaian ketangguhannya menggawangi puluhan perusahaan, sejak beberapa tahun lalu.   Secara otomatis, kepemimpinannya memang teruji dengan sendirinya,... Baca selengkapnya...

Kebersamaan Dandim Lamongan di Tengah Anggota
Kamis, 28 Januari 2016

KOPI, LAMONGAN - Memasuki minggu militer, kali ini anggota Kodim 0812 dipimpin langsung Komandan Kodim 0812/Lamongan Letkol Inf Jemz Andre R.E,S.Sos melaksanakan latihan pembinaan fisik berupa lari jalanan di sekitaran wilayah Kota Lamongan, Rabu (27/01/2016).   Kebersamaan Dandim Lamongan Seperti yang disampaikan Komandan Kodim 0812/Lamongan bahwa kegiatan ini janganlah dianggap sebagai siksaan bagi prajurit tapi lebih melihat pada... Baca selengkapnya...

Pencalonan Sofyan Dawood Akan Membuat Pilkada Aceh 2017 Semakin Seru
Rabu, 27 Januari 2016

KOPI, ACEH TAMIANG - Meskipun pilkada Aceh baru akan dilaksanakan pada tahun 2017 mendatang, namun saat ini mulai terlihat, satu persatu calon Pemimpin Aceh yang awalnya malu-malu menyatakan akan bertarung memperebutkan suara rakyat, kini mulai terbuka dan ini merupakan dinamika politik yang sangat baik bagi perkembangan demokrasi Aceh.     Di Warung Kopi Skala Coffe, Gampong Pango Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh, Mantan Juru Bicara... Baca selengkapnya...

Mendagri Titip Pesan Kepada Kepala Daerah di Riau Jangan ada Monopoli Proyek
Sabtu, 23 Januari 2016

KOPI, Pekanbaru - Kunjungan Kerja (Kunker) Menteri Dalam Negeri (Mendagri)Tjahjo Kumolo ke propinsi Riau , hari Jum’ at (22/1-16) . Kunjungan kerja mendagri dihadiri oleh seluruh Bupati dan Walikota sekabupaten/kota se Riau. Unsur Muspida, Forkompimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) bertempat diruangan Serindit gedung daerah. Dari pantauan wartawan www.pewarta-indonesia.com banyak yang diungkap oleh Mendagri dari nostalgia saat buk... Baca selengkapnya...

Kejati Riau Tandatangani MoU dengan Bank Riau-Kepri
Kamis, 21 Januari 2016

KOPI, Pekanbaru - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau Susdiarto Agus Praptono, SH, MH menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau kesepakatan bersama mengenai penanganan masalah hukum bidang perdata dan Tata Usaha Negara (TUN) dengan Bank Riau-Kepri hari Kamis (21/1-2016) bertempat di hotel Pangeran,Pekanbaru.   Dari Bank Riau Kepri langsung ditandatangani oleh Irvandi Gustari selaku Direktur utama. Berhubung daerah... Baca selengkapnya...

NASIONALIntervensi Pers, Bentuk Pencederaan Terh.....
08/02/2016 | Bastomi
article thumbnail

KOPI, Kendal - Intervensi kepada pers, adalah bentuk pencederaan hak publik atas informasi yang benar. Upaya intervensi adalah upaya melawan hukum. UU [ ... ]



DAERAHKepala Desa Ciwiru Kuningan Diduga Lakuk.....
09/02/2016 | Redaksi KOPI

KOPI, Ciwiru - Prona (Proyek Nasional) adalah salah satu program pemerintah dalam membantu rakyat terkait pembuatan surat kepemilikan tanahnya. Prona  [ ... ]



PENDIDIKANPembangunan RKB Terbengkalai, Dinas Pend.....
09/02/2016 | Redaksi KOPI

KOPI - Pembangunan pengadaan ruang kelas baru (RKB) di SDN Trimekar Jaya, Kecamatan Bandar Negeri Suoh, Kabupaten Lampung Barat tidak kunjung selesai. [ ... ]



EKONOMIBulan Januari 2016, NTP Provinsi Sumater.....
08/02/2016 | Fahma Huria Imtazi

KOPI, Sumut - Pada Januari 2016, Nilai Tukar Petani (NTP) Provinsi Sumatera Utara (2012=100) tercatat sebesar 99,39 atau mengalami penurunan 1,22 pers [ ... ]



HANKAMTim Penilai Lomba Rumah Sehat dari Korem.....
05/02/2016 | Mikhael Markus
article thumbnail

KOPI, BOJONEGORO - Tim penilai lomba dari Korem 082/CPYJ, tiba di Kodim 0813 Bojonegoro, Jalan HOS Cokroaminoto No. 51-52 Bojonegoro dalam rangka Pen [ ... ]



OLAHRAGAEmrizal Pakis Lantik H. Amran Tambi seba.....
03/02/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) propinsi Riau Emrizal Pakis melantik dan mengukuhkan H. Amran Tambi sebagai ketu [ ... ]



PARIWISATAKurnia Illahi Calon Putri Indonesia 2016.....
23/01/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Duri – Dukungan mengalir kepada Nia, tidak hanya dari pemerintah daerah. Tapi juga dari masyarakat dan pihak swasta, seperti Hotel Grand Zur [ ... ]



HUKUM & KRIMINALPolisi Gadungan Ditangkap Saat Melakukan.....
09/02/2016 | Maulana Hasanuddin

KOPI, Tangerang - Polisi gadungan RB (27Thn) warga kampung Leles Garut, Jawa Barat ini modal seragam dan atribut kepolisian melakukan pemalakkan kepad [ ... ]



POLITIKSarolangun Butuh Sosok Pemimpin Birokras.....
07/02/2016 | Mardinal

  KOPI,Sarolangun- Birokrasi menjadi elite dalam aplikasi teknis pengelolaan sumber keuangan pemerintah. Penyelenggara birokrasi berasal dari berb [ ... ]



OPINITiga Mitos Keliru Tentang Menulis.....
05/02/2016 | Denni Candra

KOPI - Setiap pribadi sebenarnya mempunyai potensi serta kemampuan untuk menulis. Dalam rangkaian kisah hidup yang dijalani, setiap orang tentunya mem [ ... ]



PROFILAsisten II Walikota Sabang Hilang Tengge.....
02/02/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Jakarta-Tidak terasa waktu terus berlalu dan kini sudah 20 tahun lamanya kapal KMP Gurita yang melanyari penyebrangan antara pelabuhan Malahayati [ ... ]



SOSIAL & BUDAYATim Penggerak PKK Kabupaten Kampar Hj. E.....
05/02/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Kampar - Ketua tim penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kabupaten Kampar Hj. Eva Yuliana SE, saat memimpin rapat persiapan menyambut [ ... ]



ROHANIMaling-maling di Mesjid Kita.....
05/02/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI, Jakarta - Mesjid adalah tempat utama untuk menjalankan ibadah bagi umat Islam. Dimana mesjid juga sebagai sarana pendidikan, menuntut ilmu, peny [ ... ]



RESENSIApakah Dunia Akan Lebih Baik Tanpa Islam.....
17/12/2015 | Saepullah

Judul film : Bulan Terbelah di Langit Amerika Produksi : Maxima Pictures Sutradara : Rizal Mantovani Pemain : Acha Septriasa sebagai Hanum Abimana  [ ... ]



CERPEN & CERBUNGIrony Buta Huruf (Lain Gatal Lain Digaru.....
08/02/2016 | Dedi Bae

Suatu malam,  sekitar jam 19.30 wita,  saya dan mantan pacar pergi ke sebuah swalayan untuk membeli beberapa keperluan baby dan keperluan bulanan yg [ ... ]



PUISIDaun Kawa.....
07/01/2016 | Nova Ibun

Tak pakai gula Da tiap ku pesan sepulang dari rumah keduaku di Bukittinggi, bukan rumah tetuaku, juga bukan rumah hasil wasiat buyutku, na [ ... ]



CURAHAN HATIDinas Pendidikan Diduga KKN, Warga Banda.....
09/02/2016 | Redaksi KOPI

KOPI - Warga Kecamatan Bandar Negeri Suoh amat kecewa dengan kebijakan membabi-buta Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Barat. Pasalnya, baru-baru ini  [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.