Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
Silahkan Login & Kirim Warta

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
Pewarta Online
None

 

Yang Terpinggirkan
Gaji Pensiun yang belum Terealisasi Juga.....
21/02/2013 | Husaeni Mabruri

KOPI - Mimpi manis untuk masa depan gaji pegawai pensiunan sipil hidupnya belum dirasakan oleh Bpk. [ ... ]


Gelora Sepeda
Fun Bike Meriahkan HUT Ke-69 TNI di Aceh.....
29/09/2014 | Syamsul Kamal
article thumbnail

KOPI, Aceh Jaya - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke 69, Komando Distrik Militer (Kodim) 0114 Aceh Jaya, mengegelar acara sepeda santai (fun Bike)  [ ... ]



Polling Warga
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Indonesia-Maroko Indonesia & Maroko, 2 Negara Berpengaruh di Masa Depan (55/M)
DIRGAHAYU PERSATUAN PEWARTA WARGA INDONESIA (PPWI), 11 NOVEMBER 2007 - 11 NOVEMBER 2014, SENANTIASA TEKUN BELAJAR DAN BERKARYA BAGI PENCERDASAN BANGSA-BANGSA DI NUSANTARA DAN SEANTERO BUMI BRAVO PPWI... BRAVO INDONESIA... BRAVO PEWARTA WARGA...!!!

Indonesia & Maroko, 2 Negara Berpengaruh di Masa Depan (55/M)

KOPI, Judul di atas tidak terlalu berlebihan jika kita melihat dan memahami dari sudut pandang pengaruh dua negara ini terhadap dunia.

Coba kita tanyakan kepada teman, orang tua, kakak atau bahkan guru/dosen kita, “Apakah mengetahui sesuatu tentang Maroko?” Dengan sangat yakin sebagian besar dari mereka pasti akan menjawab tidak tahu. Ini adalah fakta. Jika dibandingkan dengan negara sahabat Indonesia lainnya seperti Jepang, Arab Saudi, USA, Maroko lebih dipandang sebelah mata dan dinomorduakan. Saya dapat memaklumi keadaan ini. Banyak faktor yang berpengaruh terhadap permasalahan ini, seperti kurangnya promosi dan kurangnya pengetahuan masyarakat itu sendiri. Padahal, Maroko adalah salah satu negara sahabat Indonesia yang memiliki peranan penting baik terhadap Indonesia maupun terhadap dunia secara global.

Maroko adalah negara di belahan utara benua Afrika yang memiliki sistem pemerintahan monarki konstitusional. Maroko memiliki banyak persamaan dengan Indonesia dari berbagai aspek; sama-sama memiliki penduduk bermayoritas muslim, memiliki visi dan misi yang sama, memiliki sistem multi partai, dan masih banyak lagi.

50 tahun sudah hubungan Indonesia dan Maroko terjalin dan tentunya ini adalah rentang waktu yang cukup lama. Ketika melihat sejarah 50 tahun lalu, Indonesia adalah negara yang sangat mendukung kemerdekaan negara-negara di Afrika Utara termasuk Maroko dari penjajah masa itu. Hal itu dilakukan mengingat Indonesia sendiri sudah cukup ‘kenyang’ dengan kejamnya zaman itu. Dimulai dari gigihnya Indonesia dalam Komite Pembantu Perjuangan Kemerdekaan Negara-negara Afrika Utara yang senantiasa mendukung dan menyuarakan pembebasan dari tangan penjajah serta mempelopori KTT Asia Afrika di Bandung, hingga akhirnya membuahkan hasil. Maroko adalah negara pertama Afrika Utara yang mendapatkan kemerdekaan penuh. Indonesia mengakui penuh kemerdekaan tersebut dengan ditandai kunjungan oleh presiden Indonesia saat itu, Soekarno. Kunjungan itu adalah yang pertama diterima oleh Maroko pasca kemerdekaan. Beberapa minggu sebelum kunjungan itu, telah diresmikan Kantor Kedutaan Indonesia di Rabat. Hal ini adalah awal mula dari hubungan diplomatik yang terus terjalin sampai detik ini.

Saat ini Indonesia telah berusaha menjalin hubungan bilateral dan kerjasama dengan Maroko dalam berbagai aspek, mulai dari bidang politik, budaya, pendidikan, ekonomi, dsb. Pertukaran pelajar, pameran kebudayaan, serta kunjungan pejabat antara kedua negara adalah sekelumit usaha yang telah dilakukan oleh kedua negara dalam membangun hubungan diplomatis yang berdampak positif dan menguntungkan. Lagipula, kedua negara memiliki kesamaan pandangan dalam menyikapi berbagai macam isu/permasalahan sehingga hubungan bilateral yang terjalin cenderung stabil. Indonesia dan Maroko juga sama-sama aktif dalam dunia internasional, walaupun berbeda tujuan. Hal itu dapat terlihat dari banyaknya organisasi bersifat internasional dimana kedua negara tersebut terlihat sebagai anggotanya. Hal ini adalah salah satu bukti yang menguatkan bahwa kedua negara memiliki andil dan pengaruh terhadap dunia internasional.

Sama-sama berpenduduk mayoritas muslim, tentunya latar belakang Islam tidak dapat dipisahkan dari sejarah, budaya, dan kehidupan sosial masyarakatnya. Dalam hal ini, Indonesia dan Maroko memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun citra Islam yang indah serta mengubah pandangan internasional terhadap dunia Islam.

Apalagi belakangan ini, negara-negara berlatar belakang Islam diekspos dengan pemberitaan yang buruk, yang menunjukkan seolah-olah Islam adalah penyebabnya. Di era modernisasi dan globalisasi ini, Islam telah memiliki citra yang terlanjur buruk. Di sinilah tugas kedua negara ini.

Walaupun Indonesia dan Maroko berpenduduk mayoritas muslim, tetapi bukan berarti penduduk nonmuslim tidak mendapat hak serta tidak dapat menjalankan kewajibannya. Indonesia dan Maroko adalah dua negara yang memiliki toleransi tinggi dan dapat menerima perbedaan. Dalam segala keterbatasannya, saya percaya Indonesia dan Maroko dapat mengubah citra Islam serta dapat menjalankan nilai-nilai agama dan budaya ditengah derasnya arus modernisasi dan globalisasi.

Selain itu, sebagai negara berkembang, Indonesia dan Maroko berupaya untuk terus membangun berbagai macam hal dalam artian positif. Dilihat dari kacamata ekonomi, Indonesia dan Maroko adalah dua negara yang harus terus berjuang dalam mengentaskan kemiskinan serta meningkatkan taraf hidup masyarakatnya. Ini bukanlah hal yang mudah. Faktanya, Indonesia dan Maroko memiliki sejumlah kekayaan alam dalam porsi yang berbeda, walaupun masih banyak potensi kekayaan yang belum diketahui dan digali. Indonesia lebih menitikberatkan pada kekayaan hasil hutan dan sumber daya mineralnya sedangkan Maroko yang lebih mengeksplor kekayaan di sektor pertanian dan perikanan ; Hal ini dapat menambah devisa kedua negara mengingat Indonesia dan Maroko sama-sama memiliki tingkat ekspor yang cukup tinggi di sektornya masing-masing. Diharapkan ada kerja sama kedua negara dalam bidang pengolahan sumber daya sebagai pembelajaran untuk kedepannya nanti.

Sebenarnya, Indonesia dan Maroko dapat menambah pendapatan negara yang cukup menggiurkan dari bidang pariwisata. Indonesia dan Maroko adalah dua negara yang termasuk unggul dalam bidang pariwisata. Ini terbukti dari banyaknya objek wisata yang menarik minat wisatawan asing dari berbagai belahan dunia. Indonesia dan Maroko terkenal dengan keindahan pantai-pantainya serta objek bersejarahnya. Jika pemerintah kedua negara serius untuk bekerja sama di bidang pariwisata, diharapkan akan meningkatkan devisa, membuka cakrawala baru bagi wisatawan, serta lebih tereksplornya daerah pengembangan untuk wisata.

Dalam bidang kebudayaan, Indonesia dan Maroko memiliki unsur budaya yang cenderung berbeda namun tetap dapat menarik minat. Ditambah, kehidupan sosial masyarakat Indonesia dan Maroko yang dikenal familiar dan bersahabat terhadap pendatang adalah nilai tambah tersendiri. Di era globalisasi ini, nilai-nilai kebudayaan dari nenek moyang masyarakat Indonesia dan Maroko yang memiliki nilai filosofi tinggi, perlahan mulai pudar. Namun, jika ada kerja sama kedua negara dalam bidang kebudayaan, diharapkan nilai-nilai kebudayaan dapat terus dilestarikan serta dapat mempromosikan kebudayaan-kebudayaan kedua negara.

Hal tersebut di atas adalah sedikit contoh dari potensi masing-masing kedua negara, yang bila direncanakan dan dimanfaatkan dengan benar maka bukan tidak mungkin Indonesia dan Maroko akan memiliki pengaruh besar terhadap dunia internasional. Untuk memperingati 50 tahun hubungan bilateral Indonesia-Maroko, diharapkan meningkatnya kerja sama yang lebih mendalam dalam berbagai aspek, terus terjaganya jalinan persahabatan kedua negara, dan juga semua masyarakatnya lebih saling mengenal. Untuk itu, diperlukan langkah-langkah nyata yang dibutuhkan dalam kerja sama ini dan harus dimusyawarahi oleh kedua pihak misalnya dengan meningkatkan promosi pariwisata dan kebudayaan dengan media massa, memberikan beasiswa kepada para pelajar, dsb.

Semoga di masa depan, Indonesia dan Maroko akan berjejer dengan negara maju lainnya dan namanya akan disegani oleh dunia. Dan yang terpenting, Indonesia dan Maroko dapat berdiri bukan karena arus globalisasi, namun karena nilai-nilai adat istiadat berfilosofi tinggi yang dapat ditegakkan berdampingan dengan globalisasi itu sendiri. Semoga.

Referensi :

www.sahabatmaroko.com

www.ppimaroko.org

 

Biodata Penulis

Nama : Delvi Adrian
Tempat/Tanggal lahir : Bandar Lampung / 19 Januari 1993
Alamat rumah : Jl. Sisingamangaraja Gg. Tawakal No. 5, Gedung Air, Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung. Kode pos : 35151
Telp : 0721 255 051
HP : 0831 70 029 300
Alamat email : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it
Alamat fb : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it
Nama perguruan tinggi : STBA Teknokrat
Jurusan : Sastra Inggris
Alamat perguruan tinggi : Jl. H. Zainal Abidin Pagar Alam 9-11, Kedaton, Bandar Lampung.
Telp : 0721 784 945

 

Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.