Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE
None

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Air Susu Ibu Cipratannya Dihilangkan dengan Air Liur

KOPI - Kelahiran seorang bayi adalah dambaan setiap keluarga. Nah, ketika dokter ahli kandungan memberi tahu bahwa sang pasien akan menjadi ibu/hamil maka tak heran senangnya luar biasa. Suami dan seluruh keluarga kedua pasangan tersebut akan kegirangan mengetahui sang istri hamil. Tak jarang syukuran atas kehamilan tersebutpun diadakan. Perawatan ekstra hati-hati dilakukan. Baik mulai dari aktifitas sehari-hari seperti memasak, menyuci, kerja dikantor, bepergian dll. Makanan dan minuman juga dijaga jangan sampai mengganggu si ibu dan calon bayi. Rutinitas cek kondisi kehamilan dilakukan baik sebulan atau 2 bulan sekali. Tapi mendekati bulan kelahiran cek kehamilan menjadi lebih sering. Was-was untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan terhadap kesehatan sang calon ibu dan bayi.

Begitulah pagi hari 7 Pebruari 2012 ketika saya akan menghadiri Jakarta Food Security Summit di Balai Sidang Jakarta Convention Center, tiba-tiba aku dikagetkan suara ibu didepanku. Bu wajah bayinya kok banyak bercak-bercak. Pasti itu kena Air Susu Ibu/ASI waktu neteki bayinya. Air susu ibu itu keras maka berhati-hati agar tidak sampai terkena wajah si bayi. Nah untuk menghilangkan cipratan bercak di wajah si bayi, itu gampang. Pagi hari disaat ibu bangun tidur jilatin aja wajah sibayi pasti wajahnya kembali mulus. Pernah bayi tetangga saya mengalami seperti itu. Dimana wajah bayinya hampir semua terkena cipratan ASI sehingga wajah si bayi dipenuhi bercak/noda. Saya sarankan kepada si ibu dan dia melakukannya. Hasilnya wajah bayi yang tidak berdosa itu kembali seperti semula bersih/mulus. Terima kasih ya bu atas sarannya. Jawab si ibu yang sedang menggendong bayi dan duduknya tepat disebelah kiriku. Kuperhatikan wajah bayi itu memang hampir semua wajahnya ada noda bercak. Kalau tidak salah bayi ini masih berumur kira-kira 3 bulan.

Aku baru teringat bahwa AIR SUSU IBU keras tapi mempunyai khasiat yang sangat luar biasa bagusnya terhadap pertumbuhan dan kesehatan si bayi.

Sekilas tentang air susu ibu (diolah dari berbagai sumber) : Air susu ibu (ASI) mengandung "Gangliosida (GA)" fungsinya untuk perkembangan otak yang sehat, berperan untuk pembentukan memori dan otak besar serta sebagai alat konektivitas sel otak bayi. Ketika lahir, bayi memiliki 100 miliar sel otak yang belum terhubung dan GA diperlukan untuk menghubungkan sel-sel otak tersebut. Jadi tak cukup hanya dengan AA dan DHA saja. GA juga diperlukan untuk meningkatkan kecerdasan anak. Kini, ada penemuan baru berupa nutrisi GA yang ternyata fungsinya tidak kalah penting dari AA dan DHA.

Salah satu kandungan penting dalam ASI lainnya adalah kolostrum. Zat ini berfungsi melindungi bayi dari berbagai penyakit. Dalam kolostrum terdapat protein, vitamin A, karbohidrat, dan lemak rendah yang berguna bagi bayi di hari-hari pertamanya.

Selain kolostrum, ASI juga mengandung taurin, decosahexanoic acid (DHA), dan arachidonic acid (AA). Ketiga kandungan tersebut sangat diperlukan untuk pembentukan sel-sel otak bayi.

Kelebihan utama ASI lainnya yang tak dimiliki oleh susu lainnya adalah zat imunologik. ASI mengandung zat anti infeksi yang bersih dan bebas kontaminasi. Zat imun itu ada pada immunoglobulin, sekretori, dan laktoferin.

Zat immunoglobulin yang terdapat dalam kolostrum berfungsi mencegah terjangkitnya penyakit pada bayi. Lalu, zatsekretori yang dapat melumpuhkan bakteri patogen e-coli serta berbagai virus pada saluran pencemaan. Sementara laktoferin, sejenis protein, merupakan komponen zat kekebalan yang berfungsi mengikat zat besi di saluran pencemaan.

Meski kandungan gizi dalam ASI-begitu banyak, zat-zat tadi bakal mudah terserap tubuh bayi. Kandungan protein whey memudahkan penyerapan lebih besar dibandingkan susu sapi atau susu formula.

Adakah susu menjadi topik utama di pameran pangan nanti? Aku berpikir.

Mengapa wajah bayi itu mulus atau bersih kembali ? apa penyebabnya ? zat apa yang terdapat di air liur si ibu? Bagaimana pula jika siang hari atau malam hari wajah si bayi dijilati ? Apakah akan bersih/mulus juga? Pikiranku jadi banyak menebak-nebak. Luar biasa ternyata setelah browsing di internet belum ada satu artikelpun yang menulis tentang manfaat air liur ibu terhadap bayi. Boro-boro hasil penelitian.

Nah ternyata sungguh luar biasa Tuhan kita. Semua sudah disediakan dan gratis lagi. Hebatkan? Ayo para ilmuwan berlomba-lombalah mengungkap kebesaraan Tuhan itu.

Nah dibawah ini perlu diperhatikan sebagai pembanding atau saran. Flek-flek merah akibat terkena ASI/Sufor pada pipi & dagu bayi. Hal ini banyak terjadi pada bayi yang minum asi maupun sufor.Bercak merah dipipi adalah penyakit alergi kulit yang disebut dermatitis atopi. Penyebabnya bukan disebabkan dari ASI/Sufor yang menempel dikulit. Penyebab tersering adalah pemberian susu sapi( susu botol) dll. Namun dapat juga terjadi pada bayi yang hanya diberikan ASI. Bayi dapat mengalami seperti ini jika makanan yang ibu konsumsi mengandung alergen (penyebab alergi) sehingga saat ASI menempel di pipi/dagu bayi akan timbul alergi. Seperti yang kita ketahui bahwa alergi bisa saja terjadi pada bayi sekalipun tidak ada riwayat alergi pada kedua orang tua. Hal ini dikarenakan pencernaan bayi yang belum bisa mengenal aneka jenis makanan terutama golongan protein. Apalagi jika kedua orangtua memiliki riwayat alergi maka si anakpun akan ikut memiliki alergi. Menurut kepustakaan penyebab tersering adalah ibu yang mengkonsumsi susu murni, susu kaleng atau susu kotak dll. Untuk menghilangkan bercak merah dikulit cobalah bawa ke dokter, namun yang perlu dicari penyebabnya. Mengapa bayi menjadi alergi.

Tahukah anda apa yang ada di pameran agribisnis, pangan dan peternakan tersebut ? Ternyata tidak ada satu stan pun yang menjelaskan mafaat ASI terhadap bayi. Biasa pameran itu hanyalah ajang pesta menghabiskan uang rakyat, seperti SPJ/uang perjalanan Presiden, Menteri, Gubernur, Pejabat Eselon dll. Jijae.... peh.

Penulis adalah Presiden Lembaga Ilmu Pengetahuan Demokrasi dan Hak Azasi Manusia

 

Sejumlah Alumni UNKRIS Kecam Aksi Teror Bom di Surabaya
Rabu, 16 Mei 2018

Foto: KGJ dalam sebuah aktivitas, 28 Jan 2018 KOPI, JAKARTA Sejumlah Alumni Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS) Jakarta yang terhimpun dalam Perkumpulan Krisna Group Jatiwaringin (KGJ), Lintas Angkatan-Lintas Fakultas mengecam aksi teror bom bunuh diri yang terjadi di 3 (tiga) gereja di Surabaya dan Mapolresta Surabaya.   Peristiwa teror bom Minggu (13/05/2018) pagi itu, merupakan tindakan keji dan tidak berperikemanusiaan, karena sejumlah... Baca selengkapnya...

Kejagung HM.Prasetio Resmikan Pemakaian Kantor Kejari Pekanbaru Empat Lantai Berbiaya Rp. 31,9 M
Sabtu, 12 Mei 2018

KOPI, Pekanbaru - Kedatangan orang nomor satu di korp Adyaksa dalam rangka kunjungan kerja peletakan batu pertama pembangunan kantor Kejati  (Kejaksaan Tinggi ) Riau dan meresmikan pemakaian kantor Kejari (kejaksaan Negeri) Pekanbaru. Rombongan Kejakgung datang sekitar 9:30 wib , Juma'at (11 Mei 2018) ratusan orang menunggu kedatangan Kejaksaan Agung (Kejagung) HM Prasetio untuk meresmikan pemakaian gedung baru empat lantai yang akan ditempati... Baca selengkapnya...

Dubes Ratlan Pardede Beri Kuliah Umum di Universitas Mpu Tantular
Senin, 07 Mei 2018

KOPI, JAKARTA - Disela padatnya rangkaian kerja Duta Besar Republik Indonesia untuk Tanzania, Ruwanda, Burundi dan Uni Comoros, Prof. Dr. Ratlan Pardede di Indonesia, masih saja ia menyempatkan waktu berbagi dalam bentuk Kuliah Umum di Universitas Mpu Tantular (UMT), Jakarta Timur. Pasalnya, sebelum jadi Dubes, Ratlan memang lama berkiprah di dunia pendidikan tinggi, sebagai dosen dan bahkan pernah menjadi Rektor di Universitas Mpu Tantular... Baca selengkapnya...

Gugatan PMH Dewan Pers Segera Disidangkan
Rabu, 02 Mei 2018

KOPI, Jakarta - Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) dan Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) secara resmi telah melayangkan gugatan Perbuatan Melawan Hukum (PMH) terhadap lembaga Dewan Pers pada tanggal 19 April 2018. Gugatan PMH terhadap Dewan Pers oleh kedua organisasi pers yang diwakili kedua ketua umumnya itu didaftarakan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat oleh Kuasa Hukum penggugat, Dolfie Rompas, SH, MH & Partner.   Pada... Baca selengkapnya...

Perintah Kapolri : Tembak Mati Oknum Personel Polri sebagai Bandar Narkoba
Senin, 23 April 2018

KOPI, Pekanbaru - Kunjungan kerja Kapolri Jendral (Pol) Tito Karnavian kepulau Sumatera berawal dari propinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Palembang. Dalam rangka meningkatkan Solidaritas dan sinergiritas antar dua lembaga institusi Polri dengan TNI mengamankan terselenggaranya Pemilu serentak 2018 serta Pilpres 2019. Kunjungan dua Jendral bintang empat ini ke Propinsi Riau, hari Jum’at (20/4-17). Kedatanganya disambut oleh Kapolda Riau,... Baca selengkapnya...

Cucu Pahlawan Nasional Bra Koosmariam Tersiram Air Panas oleh Pramugari Garuda
Minggu, 15 April 2018

KOPI, Jakarta – Cucu pahlawan nasional Pakubuwono X yakni B.R.A Koosmariam Djatikusumo (69) mengalami cacat payudara akibat tersiram air panas di kabin pesawat oleh oknum pramugari. Insiden terjadi saat penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta menuju Banyuwangi pada 29 Desember 2017 lalu. Saat itu, pramugari Garuda sedang melayani para penumpang atau serving. Tak disangka, teh panas tumpah dan mengenai tubuh korban. Cucu pahlawan nasional... Baca selengkapnya...

Wartawan Dimeja-hijaukan, Dewan Pers Mutlak Dibubarkan
Sabtu, 14 April 2018

KOPI, Jakarta – Ketua Umum PPWI Nasional, Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA kembali bersuara keras atas tindakan kriminalisasi terhadap wartawan yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Kali ini, Wilson merasa sangat prihatin atas perlakuan sewenang-wenang aparat kepolisian di Polda Sumatera Barat yang menyeret Ismail Novendra, pimpinan redaksi Koran Jejak News yang terbit di Padang, Sumatera Barat, ke meja hijau. Laporan terkini yang... Baca selengkapnya...

NASIONALMenperin Sebut Ekspor Produk Manufaktur .....
24/05/2018 | Yeni Muezza
article thumbnail

KOPI,  Jakarta – Industri pengolahan masih memberikan kontribusi terbesar dalam penerimaan pajak berdasarkan sektor usaha utama pada periode Janu [ ... ]



DAERAHTumbuhkan Wirausahawa Industri Baru, Kem.....
22/05/2018 | Yeni Muezza
article thumbnail

KOPI,  Surakarta - Kementerian Perindustrian terus mendorong pondok pesantren di seluruh Indonesia menjadi ekosistem dalam penumbuhan wirausaha ind [ ... ]



PENDIDIKANOutbond Pacu Semangat Pelajar SMK 75-1 P.....
17/05/2018 | Marsono Rh
article thumbnail

KOPI - Outbond merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan di alam terbuka juga dapat memacu semangat, rasa kebersamaan dan membangun kerjasama bag [ ... ]



EKONOMIKemenperin Usulkan Pemberian Insentif Gu.....
22/05/2018 | Yeni Muezza
article thumbnail

KOPI, Jakarta - Kementerian Perindustrian fokus mengakselerasi pengembangan kendaraan listrik di dalam negeri. Langkah strategis yang dilakukan, ant [ ... ]



HANKAMDanrem 071 Wijayakusuma Mengunjungi Peng.....
17/05/2018 | Marsono Rh
article thumbnail

KOPI - Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Tr (Han) sambangi pengungsi korban gempa bumi Kalibening Banjarnegara di lo [ ... ]



OLAHRAGAViral Medsos Rekaman Video Paspampres Ha.....
25/02/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Sebenarnya kegiatan ini bukan kegiatan kenegaraan. Kegiatan tersebut seremonial menyaksikan pertandingan Final antar dua kubu grup [ ... ]



PARIWISATAPentas Seniman Lukis Mural Tandai Peresm.....
05/05/2018 | Buddy Wirawan

KOPI, Bandung - Yello Hotel Paskal sebuah hotel ekonomis bintang 3 dengan konsep urban style dibawah naungan Tauzia Hotels Management resmi dibuka diK [ ... ]



OPINIMemperkuat Peran Tiga Pilar Utama Pendid.....
21/04/2018 | Harjoni Desky, S.Sos.I., M.Si

KOPI - “Pendidikan merupakan alat yang memiliki tenaga untuk mengubah dunia” ini salah satu mutiara terkait dengan pentingnya pendidikan. Dari ka [ ... ]



PROFILBrigjen Pol. Drs. H. Faisal Abdul Naser,.....
02/03/2018 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI-Jakarta,Bila Kita perhatikan bahwa Bumi Aceh sangat subur sekali. Bahkan tanaman ganja tumbuh seperti rumput hijau di tanah. Bumi Aceh sangat sub [ ... ]



SOSIAL & BUDAYABripka. Parsuji, Bhabinkamtibmas Pelopor.....
22/05/2018 | Agus Sirot Hudi

KOPI, Pujon – Kesenian Tradisional, mungkin sudah kuno bagi sebagian generasi muda yang tidak memahami karakteristik budaya nusantara. Namun tidak b [ ... ]



ROHANIPengamat Aji Somek : Nama Ustad Abdu.....
20/05/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Pekanbaru - Ditempat kerjanya Pengamat tersohor dari Riau Aji Somek Menuturkan “ Nama Ustad Abdul Somad ( UAS) tak termasuk dalam daftar 200  [ ... ]



RESENSIHeboh Buku Fire and Furry Ungkap “ D.....
05/01/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Washington DC- Heboh buku Fire and Fury ungkap “Dapur Gedung Putih” Menjelang Pemilu Pilres Amerika Serikat . Dilansir dari The Guardian, R [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto
article thumbnail

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



CURAHAN HATIKomandan IWS, Melaporkan Ika ke Polisi .....
17/05/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Kampar - Oknum wanita ini mencabut papan plang nama kepemilikan tanah Antoni Sia, berlokasi  desa Pangkalan, kecamatan Siak Hulu., kabupaten Ka [ ... ]



SERBA-SERBI30 Tenants Gelar Fashion Show Meriahkan .....
06/05/2018 | Mulyadi
article thumbnail

KOPI,  Jakarta - The Lady Boutique menggelar "Purity Raya & The Lady 1st Anniversary" dalam rangka merayakan HUT perdana. Acara diselenggarakan di  [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.