Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDATiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Inspirasi Serba-Serbi Air Susu Ibu Cipratannya Dihilangkan dengan Air Liur

Air Susu Ibu Cipratannya Dihilangkan dengan Air Liur

KOPI - Kelahiran seorang bayi adalah dambaan setiap keluarga. Nah, ketika dokter ahli kandungan memberi tahu bahwa sang pasien akan menjadi ibu/hamil maka tak heran senangnya luar biasa. Suami dan seluruh keluarga kedua pasangan tersebut akan kegirangan mengetahui sang istri hamil. Tak jarang syukuran atas kehamilan tersebutpun diadakan. Perawatan ekstra hati-hati dilakukan. Baik mulai dari aktifitas sehari-hari seperti memasak, menyuci, kerja dikantor, bepergian dll. Makanan dan minuman juga dijaga jangan sampai mengganggu si ibu dan calon bayi. Rutinitas cek kondisi kehamilan dilakukan baik sebulan atau 2 bulan sekali. Tapi mendekati bulan kelahiran cek kehamilan menjadi lebih sering. Was-was untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan terhadap kesehatan sang calon ibu dan bayi.

Begitulah pagi hari 7 Pebruari 2012 ketika saya akan menghadiri Jakarta Food Security Summit di Balai Sidang Jakarta Convention Center, tiba-tiba aku dikagetkan suara ibu didepanku. Bu wajah bayinya kok banyak bercak-bercak. Pasti itu kena Air Susu Ibu/ASI waktu neteki bayinya. Air susu ibu itu keras maka berhati-hati agar tidak sampai terkena wajah si bayi. Nah untuk menghilangkan cipratan bercak di wajah si bayi, itu gampang. Pagi hari disaat ibu bangun tidur jilatin aja wajah sibayi pasti wajahnya kembali mulus. Pernah bayi tetangga saya mengalami seperti itu. Dimana wajah bayinya hampir semua terkena cipratan ASI sehingga wajah si bayi dipenuhi bercak/noda. Saya sarankan kepada si ibu dan dia melakukannya. Hasilnya wajah bayi yang tidak berdosa itu kembali seperti semula bersih/mulus. Terima kasih ya bu atas sarannya. Jawab si ibu yang sedang menggendong bayi dan duduknya tepat disebelah kiriku. Kuperhatikan wajah bayi itu memang hampir semua wajahnya ada noda bercak. Kalau tidak salah bayi ini masih berumur kira-kira 3 bulan.

Aku baru teringat bahwa AIR SUSU IBU keras tapi mempunyai khasiat yang sangat luar biasa bagusnya terhadap pertumbuhan dan kesehatan si bayi.

Sekilas tentang air susu ibu (diolah dari berbagai sumber) : Air susu ibu (ASI) mengandung "Gangliosida (GA)" fungsinya untuk perkembangan otak yang sehat, berperan untuk pembentukan memori dan otak besar serta sebagai alat konektivitas sel otak bayi. Ketika lahir, bayi memiliki 100 miliar sel otak yang belum terhubung dan GA diperlukan untuk menghubungkan sel-sel otak tersebut. Jadi tak cukup hanya dengan AA dan DHA saja. GA juga diperlukan untuk meningkatkan kecerdasan anak. Kini, ada penemuan baru berupa nutrisi GA yang ternyata fungsinya tidak kalah penting dari AA dan DHA.

Salah satu kandungan penting dalam ASI lainnya adalah kolostrum. Zat ini berfungsi melindungi bayi dari berbagai penyakit. Dalam kolostrum terdapat protein, vitamin A, karbohidrat, dan lemak rendah yang berguna bagi bayi di hari-hari pertamanya.

Selain kolostrum, ASI juga mengandung taurin, decosahexanoic acid (DHA), dan arachidonic acid (AA). Ketiga kandungan tersebut sangat diperlukan untuk pembentukan sel-sel otak bayi.

Kelebihan utama ASI lainnya yang tak dimiliki oleh susu lainnya adalah zat imunologik. ASI mengandung zat anti infeksi yang bersih dan bebas kontaminasi. Zat imun itu ada pada immunoglobulin, sekretori, dan laktoferin.

Zat immunoglobulin yang terdapat dalam kolostrum berfungsi mencegah terjangkitnya penyakit pada bayi. Lalu, zatsekretori yang dapat melumpuhkan bakteri patogen e-coli serta berbagai virus pada saluran pencemaan. Sementara laktoferin, sejenis protein, merupakan komponen zat kekebalan yang berfungsi mengikat zat besi di saluran pencemaan.

Meski kandungan gizi dalam ASI-begitu banyak, zat-zat tadi bakal mudah terserap tubuh bayi. Kandungan protein whey memudahkan penyerapan lebih besar dibandingkan susu sapi atau susu formula.

Adakah susu menjadi topik utama di pameran pangan nanti? Aku berpikir.

Mengapa wajah bayi itu mulus atau bersih kembali ? apa penyebabnya ? zat apa yang terdapat di air liur si ibu? Bagaimana pula jika siang hari atau malam hari wajah si bayi dijilati ? Apakah akan bersih/mulus juga? Pikiranku jadi banyak menebak-nebak. Luar biasa ternyata setelah browsing di internet belum ada satu artikelpun yang menulis tentang manfaat air liur ibu terhadap bayi. Boro-boro hasil penelitian.

Nah ternyata sungguh luar biasa Tuhan kita. Semua sudah disediakan dan gratis lagi. Hebatkan? Ayo para ilmuwan berlomba-lombalah mengungkap kebesaraan Tuhan itu.

Nah dibawah ini perlu diperhatikan sebagai pembanding atau saran. Flek-flek merah akibat terkena ASI/Sufor pada pipi & dagu bayi. Hal ini banyak terjadi pada bayi yang minum asi maupun sufor.Bercak merah dipipi adalah penyakit alergi kulit yang disebut dermatitis atopi. Penyebabnya bukan disebabkan dari ASI/Sufor yang menempel dikulit. Penyebab tersering adalah pemberian susu sapi( susu botol) dll. Namun dapat juga terjadi pada bayi yang hanya diberikan ASI. Bayi dapat mengalami seperti ini jika makanan yang ibu konsumsi mengandung alergen (penyebab alergi) sehingga saat ASI menempel di pipi/dagu bayi akan timbul alergi. Seperti yang kita ketahui bahwa alergi bisa saja terjadi pada bayi sekalipun tidak ada riwayat alergi pada kedua orang tua. Hal ini dikarenakan pencernaan bayi yang belum bisa mengenal aneka jenis makanan terutama golongan protein. Apalagi jika kedua orangtua memiliki riwayat alergi maka si anakpun akan ikut memiliki alergi. Menurut kepustakaan penyebab tersering adalah ibu yang mengkonsumsi susu murni, susu kaleng atau susu kotak dll. Untuk menghilangkan bercak merah dikulit cobalah bawa ke dokter, namun yang perlu dicari penyebabnya. Mengapa bayi menjadi alergi.

Tahukah anda apa yang ada di pameran agribisnis, pangan dan peternakan tersebut ? Ternyata tidak ada satu stan pun yang menjelaskan mafaat ASI terhadap bayi. Biasa pameran itu hanyalah ajang pesta menghabiskan uang rakyat, seperti SPJ/uang perjalanan Presiden, Menteri, Gubernur, Pejabat Eselon dll. Jijae.... peh.

Penulis adalah Presiden Lembaga Ilmu Pengetahuan Demokrasi dan Hak Azasi Manusia

 

Deputi IV Staf Presiden Hadiri Pelantikan Suroto sebagai Ketua DPW Permata Riau
Minggu, 30 April 2017

KOPI, Pekanbaru- Tatang B . Tama Deputi IV kantor Staff kepresidenan membidani lahirnya Permata (Perkumpulan Masyarakat Transmigrasi ) . Permata relawan pasangan Jokowi- Jusuf Kalla saat Pilpres tahun 2014 kemaren. Ketua Umum DPP Permata Yana Achbarie melantik pengurus DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) Propinsi Riau yakni Suroto, ST, MT sebagai ketua DPW Permata Riau, Sekretaris Dalimin. Dalam sambutanya Yana mengatakan “ Program Permata... Baca selengkapnya...

YAPMI Gandeng PPWI Selenggarakan Pemilihan Top Model Junior Indonesia 2017
Sabtu, 29 April 2017

KOPI, JAKARTA - Berdasarkan hasil konsultasi dan pertemuan PPWI Nasional dengan perwakilan dari Yayasan Pembina Model Indonesia (YAPMI), kedua pihak bersepakat untuk saling mendukung dan bekerjasama dalam penyelenggaraan event pemilihan Top Model Junior Indonesia tahun 2017, yang grand finalnya akan diadakan di Jakarta pada September 2017. "Kegiatan audisi pemilihan calon Top Model Junior di daerah-daerah akan berlangsung di bulan Mei s/d... Baca selengkapnya...

Komedi Senyum Lakukan Kunjungan Sosial ke Panti Asuhan Maria Immaculata
Kamis, 27 April 2017

KOPI, Jakarta - Seiring dengan arus modernisasi dan globalisasi yang masuk dalam kehidupan kita saat ini, termasuk serangan pengaruh budaya barat yang begitu sedemikian dahsyatnya menerpa generasi muda kita, yang dampaknya tidaknya di kota metropolitan saja, namun sudah sampai ke daerah-daerah nusantara pelosok, yang sudah tidak mampu lagi dibendung oleh pemerintah kita yang menyebabkan, perubahan yang sangat mendasar pada tatanan kehidupan... Baca selengkapnya...

Alamak... Cantik Kali, Supir Uber Taksi Filipina
Rabu, 26 April 2017

KOPI, Filipina - Pemerintah kota Pekanbaru kurang kreatif, bila supir Trans Metro atau Bus Way pengemudinya seorang wanita cantik dan seksi , pasti banyak orang menaiki bus Trans Metro khususnya pria dari berbagai latar belakang profesi dan suku.   Bus Trans Metro milik Pemkot (Pemerintah kota Pekanbaru) pengemudinya pria.Pengelola bus Trans Metro tidak kreatif, inovatif mencari gebrakan baru agar masyarakat pergi kekantor menaiki bus... Baca selengkapnya...

Pansus I DPRD Padang Panjang Kulap ke PDAM
Minggu, 23 April 2017

KOPI, PADANG PANJANG - Meskipun pelanggan Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang Panjang 8000 pelanggan, namun PDAM masih tetap mengalami kerugian investasi. Hal ini dikatakan oleh Plt Direktur PDAM Padang Panjang, Jevie C Eka Putra. Menurutnya, kondisi ini terjadi dikarenakan terjadinya kebocoran pipa air yang sudah tidak layak pakai.   "Saat ini kita baru mampu mengganti pipa sepanjang 1,2 km dengan pipa paralon. Karena tahun 1989... Baca selengkapnya...

SDN 18 Sungai Pandahan Rehab Taman Kota
Jumat, 21 April 2017

KOPI, Pasaman - Yulinar, S.Pd kepala SDN 18 Sungai Pandahan Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman bersama majelis guru melaksanakan perehaban taman kota Lubuk Sikaping. Saat media ini turun ke lokasi kepala sekolah menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan atas anjuran dari pemerintah daerah, (20/04). "Pemerintah daerah menghimbau kepada seluruh instansi untuk membuat taman bunga masing-masing di wilayah Kecamatan Lubuk Sikaping," tutur... Baca selengkapnya...

Peringati HUT TMII, Bupati Pasaman Lepas Rombongan Seni Budaya ke Jakarta
Jumat, 21 April 2017

Bupati Yusuf Lubis saat menyalami rombongan menjelang keberangkatan ke Jakarta. KOPI,  Pasaman - Puluhan rombongan seni budaya dari Group Sanggar Pasaman Saiyo dilepas Bupati Pasaman Yusuf Lubis menuju Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Kamis 20 April 2017. Pelapasan rombongan tersebut dalam rangka ulang tahun TMII di Jakarta. “Di samping HUT TMII, pihak panitia juga menggelar pegelaran budaya di Jakarta. Jadi, kesempatan kita dari... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALMenjijikkan, Ditemukan Kotoran Manusia d.....
30/03/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Lisburn – Di kutip dari The Guardian, ditemukan kotoran manusia dalam kaleng minuman berkarbonasi yakni Coca Cola. Kotoran manusia ditemukan  [ ... ]



NASIONALSudut Pandang PPWI Terhadap Jurnalisme.....
18/04/2017 | M. Dwi Richa JP
article thumbnail

KOPI, Solok - Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI), Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., MA., yang merupakan lulusan PPRA Lemhannas tahun 20 [ ... ]



EKONOMIMother & Baby Fair 2017 Digelar 2 Kali d.....
27/04/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Menginjak tahun ke-10, untuk pertama kalinya Mother & Baby Fair Jakarta diselenggarakan 2 kali dalam setahun. Periode pertama digelar  [ ... ]



HANKAMBazar HUT Kostrad ke-56, Obral Sembako M.....
08/03/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Dalam rangka memeriahkan HUT ke-56, Kostrad menyelenggarakan “Bazar Murah Prajurit Kostrad & Insan Media”, Rabu (8/03/2017) berte [ ... ]



PARIWISATAPesona Wisata Sampuran Sorosah Kabupaten.....
24/04/2017 | M. Dwi Richa JP
article thumbnail

Pesona Wisata Sampuran Sorosah April 24, 2017 KOPI, Pasaman : Satu lagi Destinasi Wisata Air Terjun yang tersembunyi di Alam Pasaman. Air Te [ ... ]



POLITIKKades Pelalawan : "Kami Ucapkan Salam Te.....
14/04/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – Kepala Desa (Kades) merupakan perpanjangan pemerintahan pusat ke daerah. Semasa pemerintah Gubernur Riau (Gubri) yang terdahulu y [ ... ]



OPINIPenelitian Tindakan, Mengapa Begitu Pent.....
11/04/2017 | Nova Indra

Cara yang digunakan untuk mengeksplorasi informasi untuk memperoleh variasi perbaikan alternatif atas dasar aspek praktis; dalam hal ini adalah memp [ ... ]



PROFILBrigadir David Gusmanto Bhabinkamtibmas .....
30/04/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Taratakbuluh- Brigadir David Gusmanto , Bhabinkamtibmas desa Teratak buluh, Polsek Siak Hulu, kabupaten Kampar, propinsi Riau berdayakan pemuda [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAEksistensi dan Peran RT - RW Harus Diper.....
25/02/2017 | Redaksi KOPI

KOPI, Makassar - Ketua Dewan Pengurus Daerah Persatuan Pewarta Warga Indonesia - Sulsel, (DPD PPWI Sulsel Ir. Imansyah Rukka mengatakan peran rukun te [ ... ]



ROHANIShalat Pengisi Ruang Hati Dihadapan Alla.....
17/05/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Jakarta, Dalam sehari semalam kita diwajibkan untuk shalat sebanyak lima kali. Setelah itu juga dianjurkan memperbanyak shalat-shalat sunat lainn [ ... ]



RESENSIMARS, Film Kisah Perjuangan Meraih Mimpi.....
03/05/2016 | Zohiri Kadir
article thumbnail

KOPI, Jakarta - Bertempat di XXI, Palaza Senayan, Jakara, Senin 92/5/2016) dan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan 2 Mei 2016 , Multi Buana K [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIRinduku Terkubur di Kampung Lansek.....
21/02/2016 | Nova Indra

siang ini
riak Tabek Kaluai masih sama
saat hatiku bicara tentangmu
tentang cinta, tentang rindu kita

hingga kini
terngiang gelak tawa
dua pecinta ber [ ... ]



CURAHAN HATIWaspadalah… Modus Penipuan Menjual Nam.....
06/04/2017 | Didi Ronaldo
article thumbnail

KOPI, Siak Hulu, Waspadalah Gerombolan begal beraksi wilayah Siak Hulu, kabupaten Kampar, Propinsi Riau. Kami memantau gerak-gerik gerombolan Begal te [ ... ]



SERBA-SERBIKetua Bhayangkari Riau Milawati Kagum.....
30/04/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pelalawan – Kagum dengan keindahan batik tulis bono Pelalawan, Ketua Bhayangkari Daerah Riau Ibu Milawati Zulkarnain beserta rombongan  melak [ ... ]


Other Articles

Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.