Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

YANG TERPINGGIRKAN
Naira Tanggung Jawab Masyarakat Aceh Tim.....
12/04/2015 | Tengku Nasruddin

KOPI, ACEH TIMUR – Bocah perempuan berusia 3 tahun, Naira Azura, semakin menderita ketika divonis  [ ... ]


GELORA SEPEDA
Fun Bike Meriahkan HUT Ke-69 TNI di Aceh.....
29/09/2014 | Syamsul Kamal
article thumbnail

KOPI, Aceh Jaya - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke 69, Komando Distrik Militer (Kodim) 0114 Aceh Jaya, mengegelar acara sepeda santai (fun Bike)  [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Inspirasi Opini Menciptakan Cinta Gerakan Pramuka di Kalangan Generasi Muda

Menciptakan Cinta Gerakan Pramuka di Kalangan Generasi Muda

KOPI, “Generasi muda adalah tulang punggung Bangsa dan Negara”. Pernyataan tersebut merupakan istilah yang sering kita dengar sehari-hari. Karena itu, perubahan-perubahan yang terjadi dalam lingkungan sosial saat ini memerlukan peran ganda dari generasi bangsa untuk dapat membawa masyarakat kita ke arah yang lebih baik. Terlebih lagi di era reformasi ini, generasi muda dituntut untuk lebih berpartisipasi dalam membangun masyarakat Indonesia.

 

Disisi lain, masyarakat modern yang serba kompleks, sebagai produk dari kemajuan teknologi, mekanisasi, industrialisasi dan urbanisasi, memunculkan banyak masalah sosial. Maka adaptasi atau penyesuaian diri terhadap kehidupan modern yang hyperkomplesks itu tidak mudah. Karena itu, Kartini Kartono (2009) dalam bukunya Patologi Sosial, mengidentifikasikan bahwa kesulitan mengadakan adaptasi dan adjustment menyebabkan kebigungan, kecemasan dan konflik-konflik, baik terbuka dan eksternal sifatnya, maupun yang tersembunyi dan internal dalam batin sendiri, sehingga banyak orang mengembangkan pola tingkah laku menyimpang dari norma-norma umum, terutama bagi generasi muda yang lagi memproses diri untuk menemukan jadi diri mereka.

Perjalanan waktu yang begitu cepat, sekali lagi menyadarkan kita akan pentingnya sebuah wadah yang memiliki fungsi ganda, baik sebagai wadah tempat perlindungan, wadah sebagai tempat proses belajar, beradaptasi dengan kehidupan modern yang hyperkompleks. Sekaligus sebagai wadah untuk menciptakan kader bangsa yang multitalenta, siap menjadi pemimpin, siap menjadi bawahan dan siap untuk selalu bekerjasama.

Dari sinilah, menurut penulis rakyat Indonesia masih sangat membutuhkan gerakan pramuka. Karena berbagai proses pendidikan yang ada dalam pramuka, diharapkan mampu untuk menggali sumber daya manusia diantaranya adalah potensi kepemimpinan, kepekaan (sensitivity), semangat, nasionalisme dan rasa memiliki. Kita mungkin masih ingat, disaat membuka Konferensi Kepanduan Sedunia ke-38 (38th World Scout Conference) yang berlangsung di Jeju Convention Center, Perdana Menteri Korsel, Han Seung-soo mengatakan bahwa “Gerakan Kepanduan (Pramuka) mempunyai peranan penting dalam mempromosikan jiwa kepemimpinan di kalangan kaum muda. Dan terbukti memberikan sumbangan besar untuk perdamaian dunia dan kesejahteraan umat manusia”.

Yang jelas, Indonesia sekali lagi sangat membutuhkan generasi muda yang tangguh sebagai mana yang diharapkan dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka khususnya dalam Bab II Pasal 4, tertulis :

“Gerakan pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup”

Namun, secara kekinian, gerakan pramuka juga dihadapkan dengan kondisi lunturnya semangat generasi muda untuk mengikuti pendidikan kepramukaan. Hari ini Pramuka seperti masa lalu, romantisme bagi sebagian orang. Anak muda lebih senang dengan kegiatan ekstra kurikuler yang lain dari pada ber-Pramuka. Pramuka hanya menjadi romantisme saja. Buktinya 275.000 gugus depan hanya ada namanya saja, tidak ada denyut aktivitas pramuka disana. Maka sangat wajar sebagian masyarakat Indonesia mulai lupa dengan pramuka, mereka hanya ingat pramuka disaat bulan Agustus dan pada moment kegiatan pramuka dalam skala nasional saja.

Menumbuhkan Cinta Gerakan Pramuka

Diakui Gerakan Pramuka dewasa ini sudah tidak lagi popular, banyak hal yang melatarbelakangi hal tersebut. Bila ingin dibagi ada 2 (dua) faktor utama, yaitu; faktor intern (dalam) dan faktor eksternal (luar). Faktor Internal meliputi rutinitas kegiatan dan pembelajaran yang ada dalam pramuka yang terkesan kuno, hanya bersenang-senang dan sekedar bertepuk tangan. Serta adanya kesan mempertahankan serta pengulangan tradisi lama yang sudah tidak relevan untuk era persaingan seperti saat ini. Sementara itu gerakan pramuka juga dihadapkan dengan faktor eksternal, era globalisasi yang seakan-akan memposisikan gerakan pramuka dibawah bayang-bayangan dari bermacam jenis lembaga remaja yang muncul dan memamerkan rangsangan kehidupan yang nampak lebih indah, berciri global dan membawa nilai baru yang modern dan mendunia.

Bila kelesuan Gerakan Pramuka ini terus terjadi secara berkepanjangan, tentu akan merugikan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di masa depan. Maka sangat diperlukan usaha untuk melakukan perbaikan dan kata kuncinya adalah revitalisasi Gerakan Pramuka secara menyeluruh dan kontiniu. Patut disyukuti pemerintah saat ini menyadari akan kondisi tersebut, sehingga lahirlah Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Pada prinsipnya Undang-Undang ini merupakan revitalisasi Gerakan Pramuka yang dicadangkan pemerintah dan hal ini sering disampaikan pada berbagai kesempatan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Alifian Mallarangeng.

Undang-Undang ini adalah peluang bagi kita masyarakat Indonesia untuk kembali menggairahkan gerakan pramuka. Pendapat-pendapat dari tokoh pramuka dan orang yang peduli terhadap pramuka seyogyanya menjadi referensi pemerintah untuk memajukan kembali pramuka, jangan sampai terulang masa titik nadir organisasi kegiatan ekstrakurikuler ini seperti yang terjadi di era 1990-an hingga 2010, fakta yang dapat dihadirkan adalah minimnya jumlah anggota pramuka, mulai dari tingkat SD maupun Perguruan Tinggi dan jarang sekali ada kegiatan pramuka di setiap gugus depan (275 ribu) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sangat tepat kiranya untuk menjadikan Undang-Undang Gerakan Pramuka sebagai alat untuk mengikat setiap warga negara Indonesia yang berusia 7 sampai dengan 25 tahun untuk mengikuti serta sebagai peserta didik dalam pendidikan kepramukaan. Namun, tidak bisa menafikan faktor lain dalam kerangka menumbuhkan cinta gerakan pramuka, yaitu faktor motivasi dari orang tua, guru dan orang-orang terdekat bahwa pramuka itu penting untuk dirinya, negara dan bangsanya. Dari sinilah perlunya perbaikan kurikulum pendidikan kepramukaan yang modis dan sesuai dengan perkembangan zaman. Anggota pramuka hendaknya diajarkan keterampilan hidup (life skill), disamping tetap diberikan pendidikan cinta tanah air, cinta lingkungan, dan cinta sesama dalam bentuk (versi) yang baru.

Disamping itu, untuk menumbuhkan kecintaan pada gerakan pramuka perlu adanya peningkatkan kualitas dan kuantitas pembina maupun pelatih, serta bantuan peralatan di setiap Gugus Depan. Kedepan diharapkan, anggota pramuka tidak hanya pandai menggunakan tongkat kayu dan tali, tetapi juga cakap menggunakan computer dan internet. Yang tak kalah penting langkah perikutnya adalah adanya sebuah keistimewaan yang diberikan bagi setiap anggota pramuka yang memiliki prestasi selama mengikuti pendidikan kepramukaan, misalnya saja untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi atau memperoleh beasiswa atau pekerjaan. Langkah-langkah seperti ini sangat diperlukan sebagai rangsangan.

Jadi, revitalisasi Gerakan Pramuka harus dilakukan dalam dua bentuk. Pertama, perbaikan bentuk dan isi gerakan pramuka yang semakin modis, elegan dan sesuai dengan perkembangan zaman. Yang kedua, rangsangan (reward) bagi setiap warga negara yang berusia 7 sampai 25 tahun untuk menjadi anggota pramuka. Intinya, ketika seseorang menjadi anggota pramuka mereka tidak saja mampu berbuat banyak bagi masyarakat dan negara mereka, tetapi mereka sendiri juga diperhatikan oleh negara dan diberi kemudahan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka, seperti pendidikan, beasiswa dan pekerjaan.

Peringatan Tahun Emas “50 Tahun Gerakan Pramuka” pada bulan Agustus 2011 dengan tema “Satu Pramuka Untuk Satu Indonesia, Jayalah Indonesia”. Sangat tepat sebagai langkah lanjutan guna mengembalikan kecintaan pada gerakan pramuka dikalangan generasi muda khususnya. Ini saat yang tepat bagi kita semua untuk kembali memajukan Pramuka. Tentu saja Pramuka dalam bentuk baru yang bisa menyesuaikan diri dengan semangat era globalisasi, perkembangan teknologi dan kemajuan zaman. Sehingga nantinya, anak-anak muda yang dihasilkan adalah anak muda yang suka berkarya, bisa beradaptasi dan berkreatifitas menyambut zaman baru. Semoga…

Penulis adalah Jurnalis PPWI Aceh, tinggal di Kota Lhokseumawe


Artikel Lainnya:
Artikel Lainnya:

 

Pengamat Minta Mabes Polri Evaluasi Kinerja Kapolda Riau Brigjend Dolly Bambang Hermawan (I)
Rabu, 27 Mei 2015

Kopi, Pekanbaru- Lapor Komandan . Zaman sudah edan, aparat kepolisian dapat menangkap pelaku perampokan ,bandar narkoba dan teroris. Belum dapat menangkap Jamal dari tahun kemaren suami Nurazmi korban penganiayaan oleh istri bupati Kampar dulu  Eva  wakil ketua DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) kabupaten Kampar dari Partai Demokrat yakni Eva Yuliana aparat . Kedua , kasus dugaan Ijazah palsu wakil bupati Rokan Hilir Erianda anak dari... Baca selengkapnya...

ICW dan KRPK Blitar Berkomitmen Dukung KPK
Selasa, 26 Mei 2015

  Blitar, KOPI - Ribuan massa antusias menghadiri diskusi publik yang digelar oleh LSM KRPK Blitar bersama Fakultas Hukum UIB Blitar. Diskusi yang digelar di Aula Kampus III Universitas Negeri Malang, di Kota Blitar tersebut, mengambil tema Rakyat Bersama KPK Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Bebas KKN.     Menurut M.Triyanto, koordinator pelaksana, bahwa diskusi tersebut digelar dalam rangka memberikan dukungan terhadap kinerja KPK... Baca selengkapnya...

Kombes Aries Syarief Hidayat Resmi Jabat Kapolresta Pekanbaru
Selasa, 26 Mei 2015

KOPI, Pekanbaru - Sertijab Kapolresta Pekanbaru dari Kombes Robert Haryanto Watratan S.Sos ke Kombes Aries Syarief Hidayat dilaksanakan di halaman Mapolresta Pekanbaru , Senen (25/5-15). Penyambutan Kapolresta Pekanbaru Kombes Aries Syarief Hidayat dihadiri oleh 12 orang Kapolsek se kecamatan Pekanbaru, serta beberapa orang Kasat , PNS dan aparat kepolisian di jajaran Polresta Pekanbaru. Pengalungan bunga dilakukan oleh Polisi cilik kepada... Baca selengkapnya...

Ditreskrimum Polda Riau Ringkus Empat Orang Perampok Sadis di Beberapa Propinsi
Selasa, 26 Mei 2015

KOPI, Pekanbaru – Jajaran anggota Direktur Reserse Kriminal Umum (Dit Reskrimum) Polda Riau, Kombes Arif Rahman Hakim, berhasil menangkap empat orang pelaku perampokan sadis Minggu (24/5/2015) yakni Tedi Kunyuk ditangkap Asahan propinsi Sumatera utara , AY alias Bagong, Eka dan Budi yang diringkus di Bandung, Propinsi Jawa Barat . Mereka ini adalah pemain antar kabupaten, dan provinsi. Keempat orang komplotan rampok tersebut beraksi dari... Baca selengkapnya...

Dirnarkoba Polda Riau Sita Sabu-sabu 225 Gram dari Warga Sumut
Senin, 25 Mei 2015

KOPI, Pekanbaru – Jajaran Direktorat Reserse Narkoba (Dirnarkoba) Polda Riau menangkap Bandar narkoba asal Sumatera Utara MH (37) beralamat Jalan Perwira kelurahan PB Bengkel Medan Timur, propinsi Sumatera Utara. Kronologisnya setelah mendapat laporan dari masyarakat didaerah KM 11 kota Duri kecamatan Mandau, kabupaten Bengkalis, Propinsi Riau. Lokasi tersebut sering dijadikan tempat  transaksi narkoba, sekitar pukul 18.00 WIB, personel... Baca selengkapnya...

Rahasia Dewi Soekarno Amak Tiri Megawati SP Merawat Kulit dan Wajah Tetap Kinclong
Senin, 25 Mei 2015

KOPI, Tokyo – Salut buat mendiang Presiden Republik Indonesia (RI) pertama yakni (alm) Ir Haji Soekarno. Memiliki beberapa orang istri dan satu-satunya presiden Indonesia pertama resmi memiliki istri orang asing berasal dari negara Matahari Terbit yakni Jepang. Mantab bro. Entalah mana tahu generasi Presiden yang akan datang  mewarisi dan memiliki istri resmi wanita asing untuk meneruskan jejak mantan presiden RI (red. jangan kalah Ji... Baca selengkapnya...

Oknum Perwira Menengah TNI AL Terlibat Kasus Pencucian Uang dari Bisnis Minyak
Jumat, 22 Mei 2015

KOPI, Pekanbaru- Pengamat Ajisutisyoso menyatakan  yang merusak nama institusi TNI (Tentara Nasional Indonesia) bukan berasal dari eksternal /luar, melainkan dari internal oknum anggota TNI tersebut. Kami meminta kepada Panglima TNI oknum anggota yang terlibat bisnis terlarang, pembeking , terlibat Bandar narkoba, pemakai narkoba, criminal, disersi, bisnis pengoplosan gas elpiji, pembeking bisnis minyak CPO/ minyak mentah,dll . Tangkap dan... Baca selengkapnya...

INTERNASIONAL

Mulai Rabu, Raja Maroko Kunjungi Senegal.....
21/05/2015 | Anggi Pratama Lalengke
article thumbnail

KOPI, Rabat - Raja Maroko HM Raja Mohammed VI akan memulai kunjungan kerja dan persahabatan ke Republik Senegal, Republik Pantai Gading dan Republik G [ ... ]



NASIONAL

Rasio Elektrifikasi Sarolangun, Baru 78 .....
19/05/2015 | Mardinal

KOPI,Sarolangun,- Ukuran Tingkat Ketersediaan Listrik di suatu daerah atau lebih dikenal dengan Rasio Elektrifikasi (RE) di Kabupaten Sarolangun [ ... ]



DAERAH

Polres Rote Ndao Tangkap Nelayan Pengebo.....
26/05/2015 | Robby Dance Henukh
article thumbnail

KOPI - Kepolisian Resor (Polres) Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengamankan sebuah perahu yang menangkap ikan dengan menggunakan bom Molotov, Ra [ ... ]



PENDIDIKAN

Jamran Dongkrak Kemandirian Cikal Bakal .....
25/05/2015 | Mardinal

KOPI, Sarolangun - Jambore ranting (Jamran) Tingkat Penggalang yang diadakan di halaman Pasantren Sarolangun, Senin (25/05), bertujuan mendongkrak ke [ ... ]



EKONOMI

Persis Ajak Warga Jihad di Sektor Ekonom.....
21/05/2015 | Buddy Wirawan

KOPI, Bandung - Persatuan Islam (Persis) mengajak warga masyarakat supaya melakukan jihad di sektor ekonomi untuk mengatasi masalah sosial karena seja [ ... ]



HANKAM

Mabes Polri Mutasi Jajaran Perwira Ting.....
15/05/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru- Berdasarkan telegram rahasia (TR) dari Trunojoyo I (red. Kapolri) beberapa perwira diantaranya berpangkat Komisaris Besar Polisi ( [ ... ]



OLAHRAGA

TVOne Siarkan Pertarungan Akbar Tinju Ma.....
28/04/2015 | Zohiri Kadir

KOPI, Jakarta - Penantian dan rasa penasaran panjang penggemar tinju dunia, kini mendapatkan jawaban, sebentar lagi dua pendekar kelas welter akan ber [ ... ]



PARIWISATA

Jakarta Fair Kemayoran 2015 Siap Dibuka,.....
25/05/2015 | Yeni Herliani

KOPI - Memperingati HUT Provinsi DKI Jakarta yang ke- 488, event pameran tahunan terbesar di Indonesia Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2015 akan segera d [ ... ]



HUKUM & KRIMINAL

Polsek Bangko Pusako Tangkap Empat Oran.....
26/05/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Rokan Hilir – Jajaran aparat kepolisian Polsek Bangko Pusako menangkap beberapa orang Bajing loncat alias perampok Tempat kejadia Perkara (TKP [ ... ]



POLITIK

Anggota Komisi IV DPRD Inhil, Yuliantini.....
21/05/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Tembilahan Carut marut dunia pendidikan di kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) belum juga mendapat respon dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) I [ ... ]



OPINI

Pengamat Minta Mabes Polri Evaluasi Kine.....
27/05/2015 | Didi Ronaldo

Lawyer Nurazmi Suharmansyah Minta Dialog Terbuka dengan Kapolda Riau     KOPI, Pekanbaru Pengamat Lapor Komandan, yang kami laporkan Penguasa [ ... ]



PROFIL

Oknum Perwira Polda Riau Bertindak Berin.....
07/05/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru - Oknum aparat keamanan harusnya memberikan contoh tauladan kepada masyarakat, tidak boleh bertindak beringas dan main hakim sendiri. [ ... ]



SOSIAL & BUDAYA

Lomba Gerak Jalan Cepat Perempuan Berkeb.....
24/05/2015 | Yeni Herliani

KOPI - Menyambut hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Mei, Majalah Puan Pertiwi menggelar lomba “Gerak Jalan Cepat” menggu [ ... ]



ROHANI

Sambut Trisuci Waisak 2559, Sangha Thera.....
11/05/2015 | Yeni Herliani

KOPI - Menyambut Tri Suci Wesak 2559, Sangha Theravada Indonesia menggelar tradisi “Pindapata Gema Wesak Nasional 2559”, bertempat di Taman Museum [ ... ]



RESENSI

Jangan Dengerin Sendiri.....
27/04/2015 | UG DANI
article thumbnail

Resensi Buku Judul :Jangan Dengerin Sendiri
Penulis : Naomi Angelia Sea
Tebal. : 200
Penerbit : Bukune Juli 2014
Harga. : Rp 41 [ ... ]



CERPEN & CERBUNG

Impian yang Luruh.....
26/05/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Sebut saja namaku Iren 21 tahun. Aku berkulit kuning, berbadan tinggi di atas rata-rata cewek, rambut panjang sebahu. Aku asli kelahira [ ... ]



PUISI

Namun.....
18/05/2015 | Ratu Sintanggu
article thumbnail

Aku ingin bebas, namun banyak hal yang harus kujaga
Aku ingin lepas, namun ada titik yang harus kupelihara
Aku ingin bahagia, namun ada koma yang berm [ ... ]



CURAHAN HATI

Beras Miskin bagi Warga di Kendal Tak La.....
22/05/2015 | Bastomi
article thumbnail

KOPI, Kendal - Keberhasilan Program Raskin diukur berdasarkan tingkat pencapaian indikator 6T, yaitu: tepat sasaran, tepat jumlah, tepat harga, tepat  [ ... ]



HIBURAN

Takut Tertangkap Totil dengan Pacar Okn.....
25/05/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Kisaran – Nonton film gratis nih gue he..he.. seorang oknum mahasiswi AA (22) kuliah di sebuah perguruan tinggi swasta kota Kisaran, Kabup [ ... ]



KULINER

McDonald’s Tingkatkan Layanan Melalui .....
01/04/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Kini menikmati McDonald’s terasa lebih nyaman dan menguntungkan dengan hadirnya layanan terbaru “Online McDelivery Cashless Promo”. Pel [ ... ]



HIDUP SEHAT

Inovasi “LIFESAVER® Bottle”, Ciptak.....
27/05/2015 | Yeni Herliani

KOPI - ARS-Indonesia, distributor eksklusif LIFESAVER®Systems, hari ini memperkenalkan salah satu produk inovatif LIFESAVER®Bottle, produk botol  [ ... ]



SERBA-SERBI

Pameran Karya Lukis di Batu Berlangsung .....
24/05/2015 | Agus Siroj Hudi

  KOPI, Malang - Kota Batu mulai Sabtu kemarin 23-05-15, diramaikan gelar karya lukis,  yang memamerkan maha karya para seniman handal Kota Batu ya [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.