Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

YANG TERPINGGIRKAN
Ketika Rasisme Dekat dengan Para Punggaw.....
26/06/2015 | Maulana Muhammad

“Il Club Più Titolato Al Mondo” merupakan sebuah ungkapan dalam bahasa Italia yang mengandung  [ ... ]


GELORA SEPEDA
Tiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Inspirasi Opini “Mensucikan” Kembali Bulan Ramadhan

“Mensucikan” Kembali Bulan Ramadhan

Pewarta-Indonesia, Ibarat embun pagi yang terprangkap dalam daun yang lusuh, kedatangan bulan suci kali ini menjadikan kesucian yang  amat riskan. Secara individu kepulangan kita pada bulan Ramadhan bisa saja menjadikan individu-individu yang suci layaknya embun pagi, namun berbeda dengan relung sosial dan Negara kita yang masih direcoki kebiadaban.

Menjelang datang bulan suci, gundukan sampah korupsi, hingga kebiadapan teroris masih mewarnai dibenak kita. Belum lagi masalah moral bangsa kita yang belum lama ini menjadi berita yang sangat memanas. Dengan tersebarnya  vidio porno artis papan atas di dunia maya.

Menelik fenomena mutakhir saat ini, Ramadhan masih menjadikan teka-teki, akankah melahirkan individu dan negara yang dalam kedaan suci ataukah sebaliknya, berbelit dalam lumpur kenistaan. Atau hanya sebatas siklus waktu yang datang dan pergi saja tanpa meniggalkan setetes kejernihan.

Dalam situasi demikian, (meminjam bahasa Yudi Latif) kesucian Ramadhan bukanlah sesuatu yang harus diterima secara taken for granted. Kita tidak cukup menjadi suci (secara pribadi), tetapi yang lebih penting bagaimana kesucian itu bisa dipakai untuk menyucikan (negara). Seperti kata Aristoteles, ”Manusia baik belum tentu menjadi warga negara yang baik. Manusia baik hanya bisa menjadi warga negara yang baik bilamana negaranya juga baik. Sebab, di dalam negara yang buruk, manusia yang baik bisa saja menjadi warga negara yang buruk”.

Di suatu sisi kita akan merasa pesimis bila mengamati negara kita. Negara justru terlihat apatis mengingat penodaan Ramadhan sangat kentara. Ramadhan kali ini datang seolah-olah sudah dihilangkan nilai kesakralanya. Hal tersebut tak lain disebabkan karena nilai-nilai sakral Ramadhan telah ’diperkosa’ logika kapitalisme yang mencuri momentum untuk mengeruk kekayaan, dan yang mampu melaksanakan misi tersebut adalah televisi.

Komersialisasi Ramadhan

Televisi sekarang telah ditlusupi ’gen kapitalsime’ yang mempunyai anak kandung berupa komersialisasi. Sesuai dengan prinsipnya, kapitalisme telah memanfaatkannya sebagai momentum untuk memompa konsumerisme publik melalui berbagai cara. Salah satunya adalah upaya memersualisasi publik melalui tayangan berbagai hiburan di televisi. Dalam konteks ini, kapitalisme telah menciptakan kultur Ramadan dalam logika komersial. Semua acara dikemas demi menghibur publik. Baik melalui tayangan dagelan konyol, sinetron, kuis maupun musik. Tayangan acara-acara itu sama sekali tidak mencerminkan nilai-nilai spiritual atau nilai lain yang memberikan pencerahan kepada publik.

Seperti yang ditandaskan budayawan, Indra Tranggono. Artis sekarang telah disulap menjadi komoditas pasar. Kehadiran Ramadhan kali ini para artis tak mau ketinggalan meliwati momentum  ini. Maka wajar meraka berubah dengan instan. Saat ini selebritas/penghibur perempuan tampil lumayan santun, tidak berkostum terbuka seperti biasa (seksi), Banyak artis yang mendadak menggunakan asesoris yang Islami (jilbab, peci, sarung, baju koko, dan lainnya). Simbol-simbol Islami itu tak lebih dari ‘siasat simbolik’ untuk menangguk keuntungan material.

Mengamati fenomena tersebut, posisi agama saat ini berada dalam sadium sangat akut. Simbol-simbol Islami telah bergeser dari posisi yang mulia menjadi barang dagang. Seorang artis sepertinya tak merasa berdosa, sebelum memasuki bulan Ramadhan menampilkan aksi panggung yang sensual dan menggunakan pakaian terbuka. Dengan enjoynya menggunkan pakaian simbol-simbol Islami naasnya lagi hanaya dipakai selama bulan Ramadan atau selama dalam panggung hiburan.

Sadisme Klompok Radikal

Dalam suasana Ramadhan seperti ini kita juga masih diributkan onggokan tindakan sadis yang dilakukan oleh klompak-klompok Islam radikal. Kelompok-kelompok radikal dalam Islam selalu beralasan bahwa aksi anarkistis yang dilakukan di tempat-tempat yang potensial menjadi sumber perbuatan maksiat merupakan rangkaian dari tugas amar makruf nahi mungkar.

Padahal tindakan tersebut seringkali mendatangkan kericuhan bahkan mengarah pada kekerasan. Apalagi tindakan tersebut bertepatan dengan berlangsungnya bulan Ramadhan yang dimana rahmat dan magfirohnya ditebarkan kepada seluruh hamba-Nya. Pintu-pintu surga dibuka dengan selebar-lebarnya. Tindakan sadisme tersebut mengindikasikan bahwa respek ataupun esensi  terhadap Ramadhan telah tercrabut.

Seperti yang ditegaskan pengamat sosial keagamaan, Dr Biyanto, MAg, dosen IAIN Sunan Ampel Surabaya. Umat Islam sudah seharusnya menghormati Ramadan karena bulan ini menjanjikan nilai-nilai yang berbeda daripada bulan lain. Misalnya, dikatakan bahwa pahala orang yang beribadah pada Ramadan akan dilipatgandakan oleh Allah. Allah juga menjanjikan ampunan bagi mereka yang mau bertobat dengan sepenuh hati.

Jalaluddin al-Suyuthi, ulama besar dan mujadid Islam, menyatakan bahwa tidak semua orang dapat menyuruh pada yang makruf (apa saja yang dipandang baik dan diperintahkan syara') dan melarang yang mungkar (apa saja yang dipandang buruk, diharamkan, dan dibenci syara'). Dikatakannya, hanya ulama dan penguasa yang dapat melakukan tugas amar makruf nahi mungkar. Dikatakan pula memerangi kemungkaran dengan kemungkaran berarti melahirkan kemungkaran baru.

Meminjam kembali krangka pikir Aristoteles, situasi demikian negara merupakan ujung tombak yang memunyai andil yang sangat besar untuk membersihkan gundukan sampah kebiadapan. Mulai dari jajaran penegak hukum sampai birokrasi mempunyai posisi setrategis untuk membersihkan noda Ramadhan.

*) Luthfi Zainal Muttaqin, penggiat forum kajian Ramadhan Fil Ma’had (RFM) dan aktivis LP2M  Nurul Ummah Yogyakarta

BIODATA

Luthfi Zainal Muttaqin lebih akrab dengan nama pena Luthfi ZM, aktif di berbagai organisasi sosial dan keagamaan seerti LP2M, LKiS. Di sela-sela belajar di kampus tercinta, Universitas Gadjah Mada dan mengemban amanah beberapa jabatan organisasi juga menyempatkan diri belajar menulis. Beberapa artikel sempat dimuat di Kedaulatan Rakyat ,Koran Jakarta, Banjarmasin Post, BERNAS, Pewarta Indonesia dan beberapa koran lokal lainnya. Alamat: PP Nurul Ummah, Jl R Ronggo KG II/ 982 Kotagede Yogyakarta 55172

Sumber image di sini

 

Pengambilan Sumpah dan Pelantikan KPN Tanjungpinang dan KPN Batam
Sabtu, 01 Agustus 2015

KOPI, Pekanbaru- Usai sholat Jum’at (31/7-15) bertempat di aula kantor Pengadilan Tinggi Pekanbaru, Ketua Pengadilan Tinggi (KPT) Pekanbaru Yohannes Ether, SH. M.Hum melantik dan pengambilan sumpah Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Pinang dari Parulian Lumban Toruan kepada Jufriyadi SH, M.Hum. Serta Ketua Pengadilan Negeri (KPN) Pulau Batam dari KHairul Fuad SH.M.Hum kepada Aroziduhu Waruwu, SH. M.Hum. Dalam kata sambutanya Ketua... Baca selengkapnya...

Berkas Perkara DBS Yang Dilimpahkan Ke Kejaksaan Dikembalikan Lagi
Jumat, 31 Juli 2015

§ KRPK Tuding Kejaksaan Main Mata Dengan Kepolisian KOPI, Blitar, - Kasus penipuan investasi bodong PT. Dua Belas Suku (DBS), yang mengakibatkan kerugian puluhan ribu anggota DBS hinga mencapai ratusan miliar rupiah, hingga kini penangannannya dinilai lamban. Pasalnya berkas perkara yang menjadikan kelima direksinya yakni, JF, Komisaris Utama PT. DBS, NY Komisaris,  RDR, Direktur Utama, YSK, Direktur Income dan NRR, Direktur Keuangan menjadi... Baca selengkapnya...

Pengamat : Kerjasama PT.Telkom dengan Sing Tel = Membocorkan Rahasia Negara
Jumat, 31 Juli 2015

KOPI, Jakarta – Ajisutisyoso mengatakan Menteri BUMN Rini Soemarno menyerahkan proyek E-Budgeting Telekomunikasi kepada Singapura melalui kerjasama Telkom dan Singtel (Temasek), sama sekali tidak bisa disebut sebagai langkah korporasi, namun merupakan tindakan membantu intelijen asing dalam menguasai, memata matai, dan memporak porandakan negeri ini, Dunia Intelijen barat hanya mengandalkan perangkat elektronik canggih , alat komunikasi... Baca selengkapnya...

Akhirnya Kapolda Papua diganti oleh Brigjen Paulus Waterpaw.
Kamis, 30 Juli 2015

KOPI, Jakarta- Kapolri Jendral (pol) Badrodin Haiti melakukan pencopotan terhadap Kapolda Papua Irjen Yotje Mende. Posisi Yotje digantikan Kapolda Papua Barat Brigjen Paulus Waterpaw. Kepala Bagian Penerangan Umum Div Humas Mabes Polri, Kombes Pol Suharsono, membenarkan mutasi tesebut. Ia menerangkan, pada Jumat 31 Juli 2015 akan dilaksanakan serah-terima jabatan kepada ketiga perwira tinggi itu. “Betul, besok pagi akan dilaksanakan sertijab... Baca selengkapnya...

Pemkab Blitar Mutasi 215 Eselon III, IV Dan V
Kamis, 30 Juli 2015

KOPI, Blitar - Setelah mutasi/promosi pejabat struktural terakhir dilakukan pada 28 Februari 2014 lalu, kini Pemerintah Kabupaten Blitar, kembali lakukan mutasi/promosi Pejabat Struktural sebanyak 285 PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar, yang meliputi 215 pejabat Eselon III, IV dan V, 57 Kepala Sekolah dan 13 Pengawas.   Sebanyak 285 PNS Pejabat Struktural Eselon III, IV dan V, juga Kepala Sekolah dan  Pengawas tersebut... Baca selengkapnya...

Pilkada Kabupaten Blitar Terancam Gagal
Selasa, 28 Juli 2015

KOPI, Blitar - Sampai hari terakhir pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Blitar di KPU Kabupaten Blitar, baru pasangan Rijanto – Marhainis Urip Widodo ( Rido ) yang mendaftarkan diri. Pasangan Rido dengan dihantarkan oleh partai pengusungnya yakni, PDI Perjuangan dan Partai Gerindra juga para relawan dan tim pemenangan, secara resmi mendaftarkan diri ke kantor KPU Kabupaten Blitar pada Selasa (28/7) sekitar pukul 02.05 wib. yang... Baca selengkapnya...

Surya Paloh Persilahkan Jokowi Copot Mentri dari Partai Nasdem
Selasa, 28 Juli 2015

KOPI, Jakarta - Surya Paloh pemilik Metro TV memberikan andil lebih kepada Jokowi saat kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2014, terlebih lagi Metro TV maupun jaringan medianya membantu Jokowi dalam menghadapi serangan kampanye hitam (red.Black Campaign) dari lawan politiknya dulu.   Ajisutisyoso mengatakan Surya Paloh menantang Jokowi mencopot mentri berasal dari kader Partai Nasdem (Nasional Demokrat) bila kerjanya tidak... Baca selengkapnya...

INTERNASIONAL

Oknum Perwira AL Korea Selatan Bocorkan.....
19/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Korea - Kepala Komando Keamanan Pertahanan, Cho Hyun-chun telah merilis sebuah pernyataan di Kementerian Pertahanan di Seoul pada Jumat (10/7)  [ ... ]



NASIONAL

IPW: Dirut Pelindo II Harus Tanggung Jaw.....
30/07/2015 | Hari Soeprijanto

KOPI, JAKARTA - Presiden Indonesia Port Watch (IPW) Syaiful Hasan mengatakan Direktur Pelindo II RJ Lino harus bertanggung jawab atas kerugian akibat  [ ... ]



DAERAH

Ormas, OKP Kota Tual Maluku Kecam Pernya.....
30/07/2015 | Zohiri Kadir

  Kopi. Jakarta.Ormas dan  dan OKP( Organisasi Kepemudaan)mengecam  pernyataan EDison Betaubun, SH.MH, angota DPR  RI dari Fraksi Golkar yang diu [ ... ]



PENDIDIKAN

Pentingnya Tes Psikologi Bagi Siswa Dan .....
31/07/2015 | Mardinal

KOPI,Sarolangun,- Psikotes merupakan serangkaian tes yang dilakukan oleh Psikolog (profesional) untuk memberikan gambaran utuh tentang aspek psiko [ ... ]



EKONOMI

Sikap Rini Perpanjang JICT Dipertanyakan.....
30/07/2015 | Hari Soeprijanto

KOPI, JAKARTA - Pekerja Jakarta International Container Terminal (JICT) mempertanyakan sikap Menteri BUMN Rini Soemarno yang akan melanjutkan perpanja [ ... ]



HANKAM

Berdirinya " Media Center " Kodam Jaya.....
31/07/2015 | Hartoyoindrajaya Panggabean

KOPI - Mendukung pelaksanaan tugas untuk Kodam Jaya khususnya Penerangan, maka dibangunlah Media Center yang diresmikan oleh Pangdam Jaya/Jayakarta Ma [ ... ]



OLAHRAGA

Polres Meranti Gelar Turnament Badminton.....
14/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, SELATPANJANG - Polisi Resort (Polres) Kepulauan Meranti menggelar Open Turnamen Badminton perdana, turnamen ini diselenggarakan di Gedung Ocean  [ ... ]



PARIWISATA

Disbudparpora Bengkalis Adakan Festival .....
27/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Bengkalis – Ribuan orang wisatawan dan masyarakat pulau Rupat berbaur menyaksikan Festival Pantai Rupat tahun 2015 berlangsung selama dua  [ ... ]



HUKUM & KRIMINAL

Astagafirullah Ulazim , Tahanan Polres K.....
01/08/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru- Astagafirullah ulazim, kemana rasa prikemanusian Anda selaku aparat penegak hukum, tahanan sudah terbaring lemah Rumah Sakit Bhayang [ ... ]



POLITIK

Bendera Bulan Bintang Berkibar di Aceh J.....
29/07/2015 | Syamsul Kamal

KOPI, Aceh Jaya - Rabu 29 Juli masyarakat Aceh Jaya di kejutkan dengan pengibaran bendera bulan bintang 6 titik di desa Tuwi Kareung dan desa Lhok Gu [ ... ]



OPINI

Manfaat belajar dari dan melestarikan s.....
31/07/2015 | Agus Siroj Hudi

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4  [ ... ]



PROFIL

Mengenal Lebih Dekat Tri Erri Astoety, D.....
28/07/2015 | Arifin

KOPI - Prof. Drg. Tri Erri Astoety, MKes dikenal dengan keahliannya di bidang kedokteran gigi. Memahami pentingnya meningkatkan kesadaran akan masalah [ ... ]



SOSIAL & BUDAYA

Melihat Keunikan Bali dari Angkul-Angkul.....
23/07/2015 | I Wayan Wiyana

KOPI - Dikutip dari Balibangol news. Hampir disetiap rumah di Bali memiliki Angkul-angkul, ya begitulah orang Bali menyebutnya Angkul-angkul merupaka [ ... ]



ROHANI

Bupati Rohil Bawa Rombongan Open House k.....
20/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru Rombongan Bupati Rokan Hilir   H. Suyatno membawa rombongan Muspida dan ketua DPRD Rohil Nasrudin, sejumlah Kepala Dinas saat  [ ... ]



RESENSI

Jangan Dengerin Sendiri.....
27/04/2015 | Ug Dani
article thumbnail

Resensi Buku Judul :Jangan Dengerin Sendiri
Penulis : Naomi Angelia Sea
Tebal. : 200
Penerbit : Bukune Juli 2014
Harga. : Rp 41 [ ... ]



CERPEN & CERBUNG

Mbah Sarlan dan Gerojokan Sewu.....
24/07/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Bendosari adalah satu di antara Desa yang berada di Kecamatan Pujon Malang Barat dan telah di tetapkan sebagai salah satu Desa Wisata u [ ... ]



PUISI

Bermimpi Terjaga.....
24/07/2015 | Agus Siroj Hudi
article thumbnail

  Di ranah sendiri aku bisu aku tuli... Aku sendiri  tak mengerti.... dalam kebekuan ku coba mendekati... dalam keangkuhan ku coba mengerti..... [ ... ]



CURAHAN HATI

Operasional Fee.....
28/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta Perilaku Presiden Jokowi tidak mencerminkan seorang pemimpin yang baik kenapa ingin membantu rakyat berikan “kail” jangan beri [ ... ]



HIBURAN

Rr Eka Aslyhatin Saudiyah Putri : Pili.....
30/07/2015 | Edo Jaya

    Jakarta, 30 Juli 2015- Faika Puteri salah satu penyanyi yang sedang booming lewat lagu “masih nmencintai’ memberikan pernyataan, dia lebih [ ... ]



KULINER

McDonald’s Tingkatkan Layanan Melalui .....
01/04/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Kini menikmati McDonald’s terasa lebih nyaman dan menguntungkan dengan hadirnya layanan terbaru “Online McDelivery Cashless Promo”. Pel [ ... ]



HIDUP SEHAT

Pola Hidup Sehat, Berpuasa Saat Ramadhan.....
16/06/2015 | Mardinal

KOPI, Sarolangun - Puasa merupakan suatu kewajiban bagi Umat Islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt firmanNYA: “Hai orang-orang beriman d [ ... ]



SERBA-SERBI

Sosialisasi Humas Mabes Polri terkait Ta.....
28/07/2015 | Ug Dani
article thumbnail

KOPI, JAKRTA - Berikut adalah keterangan Humas Mabes Polri terkait tarif pembuatan sim yang dilatagorikan sebagai Tarif penerimaan Negara bukan pa [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.