Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE
None

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Cuplikan Berita Para Oknum Kades Tersandung Korupsi

KOPI, Propinsi Riau

Dulu ada temuan oknum Kades hanya memiliki ijazah palsu SD hingga SMP, Perguruan Tinggi itupun ijazah yang dimiliki oknum kades tersebut sekolah, Kampus swasta sudah tutup alias bubar. Tahun  pengeluaran Ijazahnya kadaluarsa  sekolah sudah bubar masih mengeluarkan ijazah.

Ada pula oknum Kades bahasa Indonesia tidak lurus. Masih terbawa-bawa bahasa daerah. Jadi kalau pidato dengan masyarakat campur aduk separoh bahasa Indonesia, separoh bahasa daerah alias gado-gado.

Pilkades serentak tahun ini bermacam profesi Cakades (Calon Kepala Desa) ada  bekerja sebagai pengusaha, Sekdes,  Kadus (ketua Dusun), Ketua RT/ RW, tokoh masyarakat, Pensiunan TNI/Polri, mantan Preman, mantan narapidana ( red. tidak mencapai 5 tahun tahanan) dan berlatar belakang profesi lainya.


Ditempat kerjanya, Ucu Rosyid menuturkan “ Para kades memiliki Pendamping desa. Para pendamping desa tersebut bisa dikibuli oleh oknum kades ingin berbuat curang. Yakni memalsukan tanda tangan bendahara atau Kongkalingkong/sekongkol ikut serta melakukan penyelewengan anggaran dana desa.

Kami meminta kepada aparat penengak hukum Kepolisian, Kejaksaan segera memeriksa oknum Pendamping desa tersebut apakah terlibat KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme) “ Cakap Ucu Rosyid Pengamat Kinerja para Kades.

Pilkades serentak telah usai, masa jabatan Kades enam tahun dari Periode tahun 2017 hingga 2023. Menurut ramalan penulis, masa enam tahun tersebut puluhan hingga ratusan orang Kades se Indonesia tersandung korupsi (red. KKN)  pemalsuan tanda tangan Bendahara, pengerjaan proyek desa tanpa sepengetahuan aparat desa yakni BPD, Kadus, masyarakat. Penggunaan dana desa untuk kepentingan kelompok/kroni-kroninya.

Tim patroli wartawan media ini kebeberapa tempat perkampungan, desa di kabupaten/kota se Riau. Oknum Kades Incumbent yang tidak ikut Pilkades mengatakan” Kini menjabat sebagai Kepala Desa (Kades) tidak nyaman alias tidak enak. Kinerja kami diawasi oleh institusi penegak hukum yakni: Kepolisian, inspektorat, Kejaksaan, BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) , BPKP (Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan)  KPK, LSM (lembaga Swadaya Masyarakat) para wartawan dan masyarakat desa .

Bahkan orang KPK (Komisi Pemberantas Korupsi ) pusat langsung turun kedesa kami . Kami layani, kami ajak ke lapangan. Kinerja para Kades cukup berat. Kami ujung tombak pemerintahan pusat, daerah berinteraksi langsung dengan masyarakat”. Bagus saya ngurusin lahan kebun sawit, saya tidak stress. “ungkap mantan Kades Incumbent yang tak ikut Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) serentak.


Kami lihat beberapa tokoh masyarakat, Kadus (Kepala Dusun) , ketua Rw/Rt mencalonkan ikut pilkades serentak. Bagaimana tanggapan bapak. “ Mereka belum merasakan beban kerja yang dipikul oleh Kades . Kades merupakan pucuk pimpinan berinterakasi dengan masyarakat, Kades dipilih langsung oleh masyarakat. Sama seperti Kepala Daerah, Anggota dewan.

Kami penguasa pengguna anggaran APBdes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa). Sudah betul kami kerjakan masyarakat protes tidak sesuai dengan keinginan warga.

Belum lagi puluhan LSM mencari-cari kesalahan kami sebagai pengguna anggaran desa. Biarkan saja para warga ikut Pilkades serentak , itu hak sebagai warga negara nanti tahu bagaimana rasanya menjabat Kades. Bahkan sang kades terpilih nanti mungkin tidak bisa tidur alias stress he..he.. sebelah kaki kami dalam Penjara” ungkap sang oknum Kades Incumbent yang tidak ikut Pilkades serentak tahun ini.

Penulis pernah bertemu dengan anggota KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) Kejaksaan, Kepolisian, LSM saat dilapangan. Sama-sama Patroli bro.

 

Inilah bukti Kades kabupaten/kota se Riau melakukan Korupsi

Satuan Reskrim Polres Kepulauan Meranti sedang menyelidiki dugaan tindak pidana korupsi  penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) Tanjung Medang Kecamatan Rangsang, Desa Lukit Kecamatan Merbau dan Desa Mekong Kecamatan Tebingtinggi Barat, pada tahun 2015. Sementara ini, masih belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka.


Untuk kasus di Tanjung Medang, pihak Satreskrim Polres Kepulauan Meranti telah memeriksa saksi sebanyak lebih-kurang 12 orang, mulai dari Kepala Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Camat, dan pihak lainnya.

Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Asep Iskandar SIK MM, melalui Kasat Reskrim AKP Aditya Warman kepada Riaugreen.com, Jumat (15/7/2016), siang menjelaskan, pihaknya belum menetapkan tersangka dalam kasus dugaan tipikor ADD Tanjung Medang, Lukit dan Mekong tersebut. Namun, pihaknya akan terus melakukan penyelidikan lebih lanjut nantinya.

"Masih dalam proses penyelidikan dan meminta keterangan sejumlah pihak. Dalam pertanggungjawaban ADD ini adalah Kepala Desa, tetapi masih menjadi saksi," ungkapnya.


Menurut keterangan Kasatreskrim Polres Kepulauan Meranti itu pula, meski pemanggilan telah dilakukan terhadap 3 (tiga) Desa yang tersandung kasus dugaan penyelewengan ADD tersebut, namun baru 1 (satu) Desa yang memenuhi undangan dan dilakukan pemeriksaan.


"Baru satu Desa yang kita lakukan pemeriksaan, dan yang dua nya lagi belum memenuhi pemanggilan kita," ungkap Aditya yang juga mengakui jika undangan pemanggilan itu telah dilakukan sebelum lebaran kemarin.


Untuk diketahui, adapun ketiga Kades yang dilakukan pemanggilan dan pemeriksaan oleh Satres Polres Kepulauan Meranti itu yakni, Edy Gunawan, Kepala Desa Lukit Kecamatan Merbau, Agus Saputra, Kepala Desa Tanjung Medang Kecamatan Rangsang Pesisir, dan A Rahman, Kepala Desa Mekong Kecamatan Tebing Tinggi Barat.



Kini ribuan jumlah media online, Pewarta Indonesia.com merupakan Media online Standar Internasional (World Class) kami menjalin kerjasama dengan berbagai negara di dunia. Silahkan ketik di Google.com “ Operasional Fee” . Berita kami bisa dibaca oleh masyarakat internasional any time, any where, translate delapan  bahasa dengan mengklik bendera di pojok kanan layar komputer Anda. Percayakan publikasi kegiatan Anda dengan kami. Media elektronik (red. TV) biaya mahal hanya sekali tayang. Orangpun tak tahu kapan tayang beritanya bray.

 

Kades di Kabupaten Bengkalis terlibat Korupsi

Kejaksaan Negeri Bengkalis menahan Kepala Desa (Kades) Tanjung Punak, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis IS (51) dan Bendahara SY  atas dugaan tindak pidana korupsi alokasi dana desa (ADD) Desa tahun 2012, Kamis (23/3/2017).


Kepala Kejaksaan Bengkalis, Rahman Dwi Saputra melalui Kasi Pidsus, Arief Setya Nugroho mengatakan, keduanya dilakukan penahanan usai dilakukan pelimpahan tahap 2 dari penyidik Tipikor Polres Bengkalis ke Pidsus.

"Kasus ADD tahun 2012, ada kerugian negara sekitar Rp.207 juta-an. Itu hasil audit BPKP Riau," ungkap Arief.

Dugaan korupsi Kades dan Bendahara itu merupakan kegiatan pengadaan fiktif. "Pengadaan makan dan minuman, pengadaan genset, pengadaan seragam baju dinas yang diduga fiktif," ujar Kasi Pidsus.

Kedua tersangka rencananya akan ditahan kejaksaan di Rutan Sialang Bungkuk, Pekanbaru."Rencananya para Kades tersebut kami tahan di Pekanbaru," tutupnya.

Oknum Kades di Kabupaten Rokan Hulu Memalsukan Tandatangan Bendahara.

Diduga, dua oknum Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), saat ini berurusan dengan aparat penegak hukum. Bahkan, keduanya terindikasi selewengkan bantuan Alokasi Dana Desa (ADD).

Dimana kedua oknum Kades yang terindikasi menyelewengkan bantuan ADD, SI oknum Kades di Kecamatan Bonai Darussalam. Diduga kades tersebut sudah menyelewengkan bantuan ADD 2015 capai Rp.500 juta. Kini perkaranya ditangani penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Rohul.

Oknum Kades lainnya yang juga tersandung dugaan kasus penyelewengkan bantuan ADD, yalni oknum Kades di Kecamatan Kepenuhan Hulu, berinisial Atn. Kini dirinya juga berurusan dengan aparat penegak hukum dengan perkara serupa, dugaan penyelewengan bantuan ADD 2015 dan ADD 2016.

Dugaan penyelewengan bantuan ADD dua tahun anggaran, mencapai Rp.566 juta, kini kasusnya tengah ditangani Unit Tipikor Satuan Reskrim Polres Rohul.

Dikatakan Kepala Kejari Rohul, Freddy Daniel Simanjuntak SH, M.Hum, melalui Kasi Pidana Khusus Kejari Rohul, Nico Fernando, SH, dirinya membenarkan Kejari Rohul tengah menangani indikasi penyelewengan bantuan ADD, di salah satu desa di Kecamatan Bonai Darussalam.

Kata Nico, oknum Kades di Kecamatan Bonai Darussalam tersebut dilaporkan Aliansi Masyarakat. Juga, SI juga dilaporkan karena diduga sudah menyelewengkan silpa ADD senilai Rp.77 juta.

Perkara yang menjerat oknum Kades di Kecamatan Kepenuhan Hulu,Atn, diduga selewengkan ADD dilaporkan dilaporkan ke Polres Rohul karena tidak bisa pertanggung-jawabkan Silpa ADD 2015 dan ADD 2016 sekitar Rp.566 juta.

Baru-baru ini, Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto melalui Kasat Reskrim AKP M.Wirawan yang dikonfirmasi, juga mengakui perkara sudah masuk dan kini sedang dilakukan pemeriksaan saksi-saksi.

Dari dugaan kasus itu, Kades diduga menyelewengkan Silpa ADD, oleh oknum Kades di Kecamatan Kepenuhan Hulu. AKP M. Wirawan menyatakan, kasus tersebut dilaporkan oleh Ketua BPD ke Mapolda Riau.

Ketua BPD ini melaporkan dugaan penyelewengan oleh oknum Kades di desanya, berawal pencairan Silpa ADD 2015 dan ADD 2016 pada Februari 2016.

Dimana sekitar Rp.566 juta, sudah dicairkan oknum Kades, Atn di Bank Riau Kepri. Dimana saat pencairan uang, oknum Kades ini diindikasi mencairkan sendiri uang tanpa melibatkan Bendahara Desa. Saat pencairan uang, terlapor Atn "diduga memalsukan tandatangan Bendahara Desa".

“Dari laporannya sudah kita terima, kini masih dalam tahap lidik," ungkapnya. Jangan lupa Kades bagi-bagilah saweran  anggaran desa tersebut. (didi, berbagai sumber)

 


Artikel Lainnya:

 

Pertemuan Prabowo dengan Pengurus Teras DPD Gerindra Jabar, Menentukan Cagub dan Wagub
Sabtu, 09 Desember 2017

KOPI, Bandung – Ketua DPP Partai Gerindra Sodik Mujahid menuturkan hingga saat ini Prabowo masih terus menggodok 5 nama sambil terus berkomunikasi dengan sejumlah partai yang akan menjadi mitra koalisi. "Belum ditetapkan. Hari-hari ini masih digodok di internal untuk kemudian dibicarakan dengan mitra PKS, PAN," ujar Sodik kepada kumparan.com , Jumat (8/12). Adapun nama-nama yang digodok itu antara lain mantan Gubernur BI Burhanudin Abdullah,... Baca selengkapnya...

Pengamat : Percepat Pergantian Panglima TNI “Hak” Presiden Bro
Jumat, 08 Desember 2017

KOPI, Jakarta – Ditempat kerjanya, Sugeng Triwardono menuturkan “ Percepat pergantian Panglima TNI merupakan “Hak Presiden “ sebagai Panglima Tinggi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Media Sosial (red. Facebook, Twitter, Istagram, WA/ What’s App, Youtube, dan lain-lain ) merespons cepat keputusan Presiden Joko Widodo terkait dengan pergantian Panglima TNI. Pergantian Panglima TNI (Tentara Nasional Indonesia) Jendral... Baca selengkapnya...

Wajah Mirip Banget Cuma Nasib Saja yang Beda
Minggu, 03 Desember 2017

KOPI, Jakarta - Kedua orang ini memiliki kemiripan wajah kadar 80% dengan Presiden Joko Widodo serta Prabowo Subianto. Gambar sebelah kanan serupa dengan Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto. Kedua orang ini memiliki wajah aspal asli tapi palsu atau KW. Wajah Kw Joko Widodo bernama Reza. Penemua gambar unik ini diunggah oleh Akun Facebook Raditya Padma. Saat itu kedua orang tersebut  penumpang kereta api . Dua pria terlihat duduk... Baca selengkapnya...

Demi Kesejahteraan Rakyatnya, Bupati Simelue Berharap Pemerintah Percepat Pemekaran
Rabu, 29 November 2017

KOPI, Jakarta - "Strategi Percepatan Pembangunan Pulau Terluar dan Pulau Terdepan dalam Kawasan Strategi Nasional Menuju Simelue Sejahtera” menjadi tema utama dalam sebuah talkshow terkait usulan pemekaran Kabupten Kepulauan Selaut Besar (KKSB) dari Kabupaten Simelue, Provinsi Aceh, yang diselenggarakan di Hotel Media Jakarta, Jl. Gunung Sahari Raya No.3, Jakarta Pusat, Selasa (28/11/2017). Acara Talkshow yang dipandu oleh Senator DPD RI asal... Baca selengkapnya...

Putri PPWI 2015 Faika Putri : Berikan Tips untuk Atasi Berita Hoax
Selasa, 28 November 2017

KOPI, Jakarta - Sekarang ini, berita hoax mudah sekali tersebar dimana-mana melalui media social (Medsos yaitu : Youtube, Facebook, Twitter, Istagram, WA, dan lain-lain) . Masalahnya, penyebaran berita hoax bisa menyebabkan kesalahpahaman. Hal-hal yang buruk bila tersebar tanpa konfirmasi, bisa merugikan banyak pihak. Masyarakatpun dengan mudah menayangkan langsung berita di media  Medsos   tanpa  di edit, seleksi oleh perusahaan medsos... Baca selengkapnya...

Robert Nio Ukir Rekor MURI Sebagai Peragawan Tertua di Indonesia?
Sabtu, 25 November 2017

KOPI, JAKARTA - Ada yang unik dalam peragaan busana (fashion show) bertajuk “Imagine Possibilities Fashion Trunk Show” oleh desainer Anthony Bachtiar yang digelar di Jakarta Creative Hub, di Bilangan Bundarah Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. Pada peragaan busana yang dimulai pukul 19.00 WIB, Jumat 24 November 2017 tersebut, secara berani sang desainer telah mempercayakan karya desainnya untuk dibawakan oleh Robert Nio yang saat ini telah... Baca selengkapnya...

Pengukuhan Jenderal Polisi Tito Karnavian Raih Gelar Profesor, Guru Besar di Kampus PTIK
Kamis, 16 November 2017

KOPI, Jakarta - Pengukuhan dilakukan dalam sidang Senat Terbuka dipimpin Gubernur selaku Ketua STIK-PTIK Irjen Pol Dr Remigius Sigid Tri Harjanto, SH, MSi. Pernyataan pengukuhan dilakukanIrjen Pol Prof Dr Iza Fadri, SH, MH, perwakilan guru besar pada senat akademik, yang juga dihadiri oleh Menteri Ristek Dikti Prof Dr Mohammad Nasir.   Jenderal (Pol) Drs H Muhammad Tito Karnavian, MA, Ph D yang saat ini menjabat sebagai Kapolri,... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALRatusan Umat Islam Nyatakan Sikap atas P.....
11/12/2017 | Buddy Wirawan
article thumbnail

KOPI, Bandung – Ratusan Umat Islam yang tergabung ke dalam Solidaritas Umat Islam Jawa Barat Untuk Palestina menyatakan sikap atas klaim sepihak P [ ... ]



NASIONALPress Conference Big Bang Jakarta 2017.....
13/12/2017 | Naufal Shabrito

KOPI, Jakarta - Apa itu BigBang Jakarta 2017?  Big bang Jakarta merupakan pameran terbesar terlengkap dan yang pertama di akhir tahun. Dengan konten  [ ... ]



DAERAHBappeda Kota Gunungsitoli Komitmen Beri .....
13/12/2017 | Sulaiman Zuhdi Manik

Gunungsitoli/13/12/2017. Forum Anak Kota Gunungsitoli (FAKOLI) didampingi Dinas Pengendalian Penduduk, Ppemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak D [ ... ]



PENDIDIKANWalau Terima Dana BOS, MAN 1 Pringsewu M.....
05/12/2017 | Redaksi KOPI

KOPI. Pringsewu, Lampung - Kendati sudah menerima bantuan operasioanl sekolah (BOS) miliyaran rupiah, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pringsewu Provins [ ... ]



EKONOMIJikalahari: PT. RAPP dan APRIL Group M.....
14/12/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Pelalawan - Siaran Pers tanggal 26 Oktober 2017 Jikalahari menilai PT. RAPP dan APRIL Grup melanggar UUD 1945, hukum Lingkungan Hidup dan Kehut [ ... ]



HANKAMSemarak Peringatan Hari Pahlawan 2017 di.....
17/11/2017 | Rachmad Yuliadi
article thumbnail

KOPI, Banda Aceh - Sebagai bangsa yang besar tentu saja kita harus mengingat jasa para pahlawan. Pada tanggal 10 November 2017, rakyat Aceh memperinga [ ... ]



OLAHRAGASempena Hut Kuansing : Bupati H. Mursini.....
13/10/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Kuantan Singingi – Dari pantauan Pewarta Indonesia , Kamis pagi (12/10-17) dari luar Gedung DPRD kabupaten Kuansing, puluhan karangan bunga u [ ... ]



PARIWISATATentang Bandung Ada di Pojok Sejarah Ast.....
13/12/2017 | Buddy Wirawan
article thumbnail

KOPI,  Bandung - Siapa yang tidak kenal dengan Kota Bandung? Ibu Kota Provinsi Jawa Barat yang dikenal dengan sebutan Parijs Van Java. Bandung meru [ ... ]



POLITIKDedi Mulyadi "Terkapar" Dalam Polling Ju.....
03/12/2017 | Buddy Wirawan
article thumbnail

KOPI, Bandung - Polling daring ‘Gubernur Pilihan Jabar‘ yang diinisiasi Jurnalis Online Bandung (JOB), di hari ketiga Bupati Purwakarta Dedi Mul [ ... ]



OPINIGN Lingkaran: Upaya Menyelamatkan Masa D.....
08/12/2017 | Harjoni Desky, S.Sos.I., M.Si

KOPI, Jakarta - Tepat pukul 17.20. Pak Yamin tiba di rumah, dengan wajah yang muram, ia berusaha duduk bersandar di kursi bambu miliknya. Dari gurata [ ... ]



PROFILForbes Rilis : Arini Subianto Masuk W.....
14/12/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta - Majalah Forbes merilis 50 orang memiliki kekayaan yang fantastis, seorang wanita menduduki peringkat ke 37 orang terkaya Indonesia ya [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAHeboh Kedekatan Mentri ESDM Jonan den.....
14/12/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Ditempat kerjanya, Kang mas Sutisyoso menuturkan “ Wajar dong pria suka wanita. lanjutkan ketua “ cakap  Pengamat, Penggemar wa [ ... ]



ROHANIMengenal Abuya Syaikh H. Muhammad Muda W.....
26/09/2017 | Ismayadi Yadi
article thumbnail

KOPI - Abuya Syaikh H. Muhammad Muda Waly al-Khalidy an-Naqsyabandy Abu Abuya Syaikh H. Muhammad Muda Waly al-Khalidy an-Naqsyabandy DAYAH-DARUSSALAM [ ... ]



RESENSIDrama Korsel Berjudul Man Who Dies to L.....
30/07/2017 | Didi Rinaldo

KOPI – Jakarta - Drama Korea Man Who Dies to Live berhasil masuk sepuluh besar rating drama terbaik di Korea Selatan.
drama yang tayang di MBC ini j [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto
article thumbnail

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



CURAHAN HATIGubernur Riau , Mengutamakan Menghadi.....
10/12/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Bengkalis – Ditempat kerjanya, Aji Sulung menuturkan “ Inilah contoh prilaku yang tidak terpuji oleh para pemimpin negeri Melayu Riau ini. [ ... ]



SERBA-SERBICentury Park Hotel, Senayan Jakarta Hadi.....
13/12/2017 | Yeni Muezza

KOPI, Jakarta - Sambut datangnya tahun 2018 dengan perayaan yang tak terlupakan di Century Park Hotel, Senayan Jakarta.  Dengan lokasi yang sangat st [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.