Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

“Jangan Ambil Uangku, Ibu!” Refleksi Pentingnya Asuransi

KOPI - Pak Ahmad sudah 2 tahun ini menjadi peserta asuransi. Saat menjadi peserta asuransi, ia sengaja merahasiakan keanggotaannya kepada istrinya, karena ia tahu istrinya pasti menganggap itu hanya buang uang untuk beberapa lembar kertas. Untuk maksud itu, pak Ahmad tidak mau berdebat, lebih baik ia tetap menjadi anggota asuransi dengan cara sembunyi-sembunyi dengan tujuan agar bermanfaat dikemudian hari.

Kehidupan rumah tangga Pak Ahmad tergolong berkecukupan. Pak Ahmad bekerja pada salah satu perusahaan ternama di Ibu Kota, mempunyai istri yang cantik dan baik hati dengan dua buah hati yang menggemaskan si Ani dan Luqman nama mereka, yang kini duduk di kelas I dan III Sekolah Dasar. Pak Ahmad juga memiliki semua kebutuhan rumah tangga masa kini, mulai dari mobil, motor, perabotan rumah, serta tinggal di perumahan (komplek) kelas menengah.

Benar kata banyak orang, taqdir hidup itu misteri Ilahi, hanya Allah SWT saja yang berhak mengetahui tiap-tiap peristiwa secara mendetail. Dan di suatu pagi, seperti biasanya Pak Ahmad pergi bekerja dengan mengendarai mobil perusahaannya, pada saat menuju perusahaan, terjadi kecelakaan hebat, nyawa Pak Ahmad tak tertolong, ia meninggal dunia seketika. Pagi menjelang siang itu, datanglah polisi dan mengetuk pintu rumah pak Ahmad, pak polisi menyampaikan kabar duka itu, istri pak Ahmad pun jatuh tak sadarkan diri.

Beberapa minggu kemudian para tetangga melihat sebuah truk berhenti tepat di depan rumah almarhum. Truk dari toko furniture yang berada disekitaran komplek tersebut, mengambil sofa, meja besar, lemari besar, bahkan ranjang 'double-bed'. Para tetangga pun mengerti bahwa 'cicilan lunak' ternyata sudah tidak lunak lagi pembayarannya. Lalu, beberapa bulan kemudian, mereka kembali melihat lagi kejadian lain, 2 (dua) pria tegap dan berotot mendatangi rumah janda itu. Janda yang sudah jarang terlihat keluar rumah, terpaksa keluar pagar untuk menemui kedua laki-laki itu.

Kedua laki-laki tersebut memperlihatkan selembar kertas seraya melihat kearah mobil Toyota Rush. Mereka ditugaskan dari perusahaan pembiayaan untuk menarik kembali mobil tersebut, karena cicilan tiga bulan terakhir tidak mampu dibayarkan. Si janda terpaksa memberikan kunci mobil beserta surat-suratnya kepada mereka. Ia kembali masuk kedalam rumah dan mengunci pintu rumahnya.

Beberapa hari kemudian, para tetangga melihat lagi loper koran memanggil-manggil si janda. Kali ini mereka tidak dapat lagi mengenali si janda, ia terlihat semakin kurus, wajahnya pucat, dan matanya bengkak disebabkan tangis. Dia tidak lagi bergaul dengan tetangga, karena malu dengan situasi yang menimpanya kini. Bahkan kedua anaknya juga tidak lagi pergi bermain dengan teman sebaya mereka. Loper itu tetap meminta agar tagihan korannya diselesaikan hari itu juga. Si janda berusaha keras menjelaskan dengan suara rendah karena sangat malu sekali atas situasi yang dihadapinya. Namun, loper koran tetap meninggikan suaranya, janda itu takut dan meminta untuk menunggu.

Ia kembali ke dalam rumah, para tetangga dapat mendengarkan dengan jelas suara benda yang pecah, seperti terbuat dari bahan beling kemudian terdengar tangisan si Ani dan Luqman bersamaan. "Ibu, jangan ambil uangku!" Ani dan Luqman menangis pilu karena sudah lama mereka menyisihkan uang jajan yang diberikan ayah atau ibu untuk ditabung pada celengan yang bergambar Ayam Jago dan Kelinci Putih tersebut. Mereka punya keinginan untuk membeli sepeda baru, bila uang dalam celengan itu penuh. Tapi hari itu, mimpi untuk memiliki sepeda baru sudah sirna. Uang celengan milik mereka, harus digunakan ibu untuk membayar tangihan koran yang sudah lama belum dibayarkan, tepatnya sejak ayah mereka meninggal dunia.

Sampai di suatu hari, datanglah seorang pria yang sangat rapi dan bersahaja, turun dari mobilnya dan mengetuk rumah si janda. Setelah beberapa saat tidak ada tanggapan, ia melihat sekeliling dan terkejut kedatangannya diperhatikan oleh para tetangga. Mereka melambaikan tanganya sebagai isyarat bahwa tidak ada orang dirumah, karena mencium hal yang kurang beres, orang asing itu pun mendatangi tetangga tepat disebelah rumah pak Ahmad, dan ia memperkenalkan diri sebagai agen atau financial konsultannya almarhum. Si agen, mengatakan bahwa kedatangannya adalah untuk menanyakan kabar suami janda tersebut karena telah beberapa lama dana premi yang biasanya ditransfer oleh suaminya tidak diterimanya lagi.

Setelah bertemu dengan istri almarhum pak Ahmad. Si agen sedikit keheranan melihat keadaan keluarga pak Ahmad, sungguh menyedihkan. Kemudian si janda tersebut menjelaskan kejadian yang menimpa suaminya, kemudian orang asing tersebut kaget, dan dia berkata:

"Saya turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Ibu masih ingat saya? Saya pernah datang minum teh bersama almarhum suami ibu. Waktu itu saya mau menjual polis senilai Rp 500 juta? Polis ini masih berlaku, suami ibu meminta saya merahasiakannya dari ibu. Maafkan saya karena baru datang, saya tidak menerima kabar sebelumnya. Jika ibu berkenan saya dapat mencairkan dana yang telah ditinggalkan oleh suami ibu. Mulai sekarang ibu tidak perlu khawatir lagi, kami akan menjaga ibu dan anak ibu seperti yang sudah kami janjikan sebelumnya kepada almarhum suami ibu" kata agen itu, memberi semangat.

Janda itu tidak bisa berkata-kata, air mata haru mengalir deras membasahi pipinya, ia hanya mampu memeluk erat anak-anaknya. Dalam hatinya, ia memuji sikap almarhum suaminya. Bahwa suaminya memiliki keputusan tepat, memilih asuransi dan menyisihkan pendapatannya walaupun secara sembunyi-sembunyi demi kebaikan keluarganya kelak.

Refleksi Pentingnya Asuransi

Kisah pak Ahmad tersebut merupakan salah satu kisah nyata dari ribuan kenyataan pahit yang harus dialami oleh keluarga yang ditinggal pergi (meninggal dunia) suami atau istrinya atau keduanya, dan anak-anak harus menjadi nyatim/piatu. Kita tahu bahwa kematian maupun kecelakaan bisa terjadi dimana dan kapan saja. Kerusakan kendaraan seperti mobil/motor, juga bisa terjadi di segala tempat baik di jalan raya, tempat pakiran maupun diakibatkan oleh bencana alam.

Semua kejadian yang tidak pasti tersebut dapat menimbulkan kerugian ekonomis, dan menjadi resiko yang harus ditanggung/beban bila terjadi. Kata “resiko” itu sendiri, dalam istilah asuransi merupakan ketidakpastian akan terjadinya suatu peristiwa yang dapat menimbulkan kerugian ekonomis. Resiko inilah yang perlu dikelola atau dikendalikan oleh manusia. Bentuk pengendalian tersebut yang dinamakan sebagai asuransi.

Asuransi lahir sebagai upaya memberikan perlindungan terhadap kemungkinan terjadinya kerugian pada masa mendatang, dan menginvestasikan sebagian dari dana yang terkumpul dari pemegang polis (berupa premi asuransi) ke pada pihak lain/ pemegang polis lainnya (dalam bentuk premi asuransi) ke dalam berbagai sektor ekonomi. Dua fungsi utama asuransi tersebut, menurut John H. Mage membuat lembaga asuransi memiliki kontribusi yang tidak ternilai harganya terhadap perkembangan sosial-ekonomi dewasa ini. Kontribusi tersebut tidak hanya membawa pengaruh besar bagi peserta asuransi (pemegang polis) saja, tetapi juga bagi masyarakat secara luas.

Dalam rangka memberikan kemudahan dan “arti” bagi masyarakat luas, banyak asuransi yang kini mulai meningkatkan sistem pelayanan mereka. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital seperti yang telah dilakukan oleh asuransi astra dengan konsep Garda Mobile-nya. Kini, asuransi tidak hanya memberikan manfaat bagi pemegang polis tetapi asuransi juga telah bermetamorfosis menjadi asuransi yang modern, mudah, cepat dan ramah bagi semua golongan dengan dukungan teknologi digital yang mempuni. Semoga.


Artikel Lainnya:
Artikel Lainnya:

 

Pertemuan Prabowo dengan Pengurus Teras DPD Gerindra Jabar, Menentukan Cagub dan Wagub
Sabtu, 09 Desember 2017

KOPI, Bandung – Ketua DPP Partai Gerindra Sodik Mujahid menuturkan hingga saat ini Prabowo masih terus menggodok 5 nama sambil terus berkomunikasi dengan sejumlah partai yang akan menjadi mitra koalisi. "Belum ditetapkan. Hari-hari ini masih digodok di internal untuk kemudian dibicarakan dengan mitra PKS, PAN," ujar Sodik kepada kumparan.com , Jumat (8/12). Adapun nama-nama yang digodok itu antara lain mantan Gubernur BI Burhanudin Abdullah,... Baca selengkapnya...

Pengamat : Percepat Pergantian Panglima TNI “Hak” Presiden Bro
Jumat, 08 Desember 2017

KOPI, Jakarta – Ditempat kerjanya, Sugeng Triwardono menuturkan “ Percepat pergantian Panglima TNI merupakan “Hak Presiden “ sebagai Panglima Tinggi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Media Sosial (red. Facebook, Twitter, Istagram, WA/ What’s App, Youtube, dan lain-lain ) merespons cepat keputusan Presiden Joko Widodo terkait dengan pergantian Panglima TNI. Pergantian Panglima TNI (Tentara Nasional Indonesia) Jendral... Baca selengkapnya...

Wajah Mirip Banget Cuma Nasib Saja yang Beda
Minggu, 03 Desember 2017

KOPI, Jakarta - Kedua orang ini memiliki kemiripan wajah kadar 80% dengan Presiden Joko Widodo serta Prabowo Subianto. Gambar sebelah kanan serupa dengan Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto. Kedua orang ini memiliki wajah aspal asli tapi palsu atau KW. Wajah Kw Joko Widodo bernama Reza. Penemua gambar unik ini diunggah oleh Akun Facebook Raditya Padma. Saat itu kedua orang tersebut  penumpang kereta api . Dua pria terlihat duduk... Baca selengkapnya...

Demi Kesejahteraan Rakyatnya, Bupati Simelue Berharap Pemerintah Percepat Pemekaran
Rabu, 29 November 2017

KOPI, Jakarta - "Strategi Percepatan Pembangunan Pulau Terluar dan Pulau Terdepan dalam Kawasan Strategi Nasional Menuju Simelue Sejahtera” menjadi tema utama dalam sebuah talkshow terkait usulan pemekaran Kabupten Kepulauan Selaut Besar (KKSB) dari Kabupaten Simelue, Provinsi Aceh, yang diselenggarakan di Hotel Media Jakarta, Jl. Gunung Sahari Raya No.3, Jakarta Pusat, Selasa (28/11/2017). Acara Talkshow yang dipandu oleh Senator DPD RI asal... Baca selengkapnya...

Putri PPWI 2015 Faika Putri : Berikan Tips untuk Atasi Berita Hoax
Selasa, 28 November 2017

KOPI, Jakarta - Sekarang ini, berita hoax mudah sekali tersebar dimana-mana melalui media social (Medsos yaitu : Youtube, Facebook, Twitter, Istagram, WA, dan lain-lain) . Masalahnya, penyebaran berita hoax bisa menyebabkan kesalahpahaman. Hal-hal yang buruk bila tersebar tanpa konfirmasi, bisa merugikan banyak pihak. Masyarakatpun dengan mudah menayangkan langsung berita di media  Medsos   tanpa  di edit, seleksi oleh perusahaan medsos... Baca selengkapnya...

Robert Nio Ukir Rekor MURI Sebagai Peragawan Tertua di Indonesia?
Sabtu, 25 November 2017

KOPI, JAKARTA - Ada yang unik dalam peragaan busana (fashion show) bertajuk “Imagine Possibilities Fashion Trunk Show” oleh desainer Anthony Bachtiar yang digelar di Jakarta Creative Hub, di Bilangan Bundarah Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. Pada peragaan busana yang dimulai pukul 19.00 WIB, Jumat 24 November 2017 tersebut, secara berani sang desainer telah mempercayakan karya desainnya untuk dibawakan oleh Robert Nio yang saat ini telah... Baca selengkapnya...

Pengukuhan Jenderal Polisi Tito Karnavian Raih Gelar Profesor, Guru Besar di Kampus PTIK
Kamis, 16 November 2017

KOPI, Jakarta - Pengukuhan dilakukan dalam sidang Senat Terbuka dipimpin Gubernur selaku Ketua STIK-PTIK Irjen Pol Dr Remigius Sigid Tri Harjanto, SH, MSi. Pernyataan pengukuhan dilakukanIrjen Pol Prof Dr Iza Fadri, SH, MH, perwakilan guru besar pada senat akademik, yang juga dihadiri oleh Menteri Ristek Dikti Prof Dr Mohammad Nasir.   Jenderal (Pol) Drs H Muhammad Tito Karnavian, MA, Ph D yang saat ini menjabat sebagai Kapolri,... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALRatusan Umat Islam Nyatakan Sikap atas P.....
11/12/2017 | Buddy Wirawan
article thumbnail

KOPI, Bandung – Ratusan Umat Islam yang tergabung ke dalam Solidaritas Umat Islam Jawa Barat Untuk Palestina menyatakan sikap atas klaim sepihak P [ ... ]



NASIONALPress Conference Big Bang Jakarta 2017.....
13/12/2017 | Naufal Shabrito

KOPI, Jakarta - Apa itu BigBang Jakarta 2017?  Big bang Jakarta merupakan pameran terbesar terlengkap dan yang pertama di akhir tahun. Dengan konten  [ ... ]



DAERAHBappeda Kota Gunungsitoli Komitmen Beri .....
13/12/2017 | Sulaiman Zuhdi Manik

Gunungsitoli/13/12/2017. Forum Anak Kota Gunungsitoli (FAKOLI) didampingi Dinas Pengendalian Penduduk, Ppemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak D [ ... ]



PENDIDIKANWalau Terima Dana BOS, MAN 1 Pringsewu M.....
05/12/2017 | Redaksi KOPI

KOPI. Pringsewu, Lampung - Kendati sudah menerima bantuan operasioanl sekolah (BOS) miliyaran rupiah, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pringsewu Provins [ ... ]



EKONOMIJikalahari: PT. RAPP dan APRIL Group M.....
14/12/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Pelalawan - Siaran Pers tanggal 26 Oktober 2017 Jikalahari menilai PT. RAPP dan APRIL Grup melanggar UUD 1945, hukum Lingkungan Hidup dan Kehut [ ... ]



HANKAMSemarak Peringatan Hari Pahlawan 2017 di.....
17/11/2017 | Rachmad Yuliadi
article thumbnail

KOPI, Banda Aceh - Sebagai bangsa yang besar tentu saja kita harus mengingat jasa para pahlawan. Pada tanggal 10 November 2017, rakyat Aceh memperinga [ ... ]



OLAHRAGASempena Hut Kuansing : Bupati H. Mursini.....
13/10/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Kuantan Singingi – Dari pantauan Pewarta Indonesia , Kamis pagi (12/10-17) dari luar Gedung DPRD kabupaten Kuansing, puluhan karangan bunga u [ ... ]



PARIWISATATentang Bandung Ada di Pojok Sejarah Ast.....
13/12/2017 | Buddy Wirawan
article thumbnail

KOPI,  Bandung - Siapa yang tidak kenal dengan Kota Bandung? Ibu Kota Provinsi Jawa Barat yang dikenal dengan sebutan Parijs Van Java. Bandung meru [ ... ]



POLITIKDedi Mulyadi "Terkapar" Dalam Polling Ju.....
03/12/2017 | Buddy Wirawan
article thumbnail

KOPI, Bandung - Polling daring ‘Gubernur Pilihan Jabar‘ yang diinisiasi Jurnalis Online Bandung (JOB), di hari ketiga Bupati Purwakarta Dedi Mul [ ... ]



OPINIGN Lingkaran: Upaya Menyelamatkan Masa D.....
08/12/2017 | Harjoni Desky, S.Sos.I., M.Si

KOPI, Jakarta - Tepat pukul 17.20. Pak Yamin tiba di rumah, dengan wajah yang muram, ia berusaha duduk bersandar di kursi bambu miliknya. Dari gurata [ ... ]



PROFILForbes Rilis : Arini Subianto Masuk W.....
14/12/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta - Majalah Forbes merilis 50 orang memiliki kekayaan yang fantastis, seorang wanita menduduki peringkat ke 37 orang terkaya Indonesia ya [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAHeboh Kedekatan Mentri ESDM Jonan den.....
14/12/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Ditempat kerjanya, Kang mas Sutisyoso menuturkan “ Wajar dong pria suka wanita. lanjutkan ketua “ cakap  Pengamat, Penggemar wa [ ... ]



ROHANIMengenal Abuya Syaikh H. Muhammad Muda W.....
26/09/2017 | Ismayadi Yadi
article thumbnail

KOPI - Abuya Syaikh H. Muhammad Muda Waly al-Khalidy an-Naqsyabandy Abu Abuya Syaikh H. Muhammad Muda Waly al-Khalidy an-Naqsyabandy DAYAH-DARUSSALAM [ ... ]



RESENSIDrama Korsel Berjudul Man Who Dies to L.....
30/07/2017 | Didi Rinaldo

KOPI – Jakarta - Drama Korea Man Who Dies to Live berhasil masuk sepuluh besar rating drama terbaik di Korea Selatan.
drama yang tayang di MBC ini j [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto
article thumbnail

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



CURAHAN HATIGubernur Riau , Mengutamakan Menghadi.....
10/12/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Bengkalis – Ditempat kerjanya, Aji Sulung menuturkan “ Inilah contoh prilaku yang tidak terpuji oleh para pemimpin negeri Melayu Riau ini. [ ... ]



SERBA-SERBICentury Park Hotel, Senayan Jakarta Hadi.....
13/12/2017 | Yeni Muezza

KOPI, Jakarta - Sambut datangnya tahun 2018 dengan perayaan yang tak terlupakan di Century Park Hotel, Senayan Jakarta.  Dengan lokasi yang sangat st [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.