Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

PEWARTA ONLINE
None

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

NASIONAL

Kepala BPS Pusat Suhariyanto : Tingkat Kemiskinan Penduduk Indonesia Turun 0,3 %

KOPI, Jakarta - Kepala Badan Pusat Statistik Indonesia Suhariyanto, Senen (16/7-18) menuturkan “ Tingkat kemiskinan penduduk Indonesia pada bulan Ma…
 

Satgas Pamtas Yonif 320/BP Membantu Pembuatan Pengairan Dengan Sistem Pipa

KOPI-Nanga Bayan, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif 320/BP membantu pembuatan saluran utama pipa air ke lingkungan masyarakat D…
 

Pengenalan Industry 4.0

 

Pengenalan Industry 4.0 Oleh Cinovasi

Jejak PT Cinovasi Rekaprima (Cinovasi) sebagai perusahaan lokal yang mampu mengimplementasikan otomasi industri sudah terbukti dan terdapat di pelbagai sektor. Kali ini sebagai pakar operational technology (OT), teknologi Informasi (IT), dan Internet of Things (IOT), Cinovasi hendak berbicara tentang Industry 4.0.

Cinovasi merupakan perusahaan System Integrator yang cukup langka dijumpai tidak hanya di Indonesia, melainkan juga di Asia Pasifik. Karena Cinovasi memiliki kombinasi kompetensi OT, IT, dan IOT, kita patut berbangga. Apalagi disertai pengalaman tenaga ahli selama 23 tahun, hal ini menempatkan Cinovasi sebagai leader di Indonesia untuk solusi ini,” kata Ronaldi Junarto, Chief Executive Officer (CEO) Cinovasi.

Kami terus mengembangkan dan memajukan diri untuk teknologi mutakhir, dan kami telah siap untuk membantu industri dalam mengimplementasikan Industry 4.0, “ lanjut Ronaldi.

Jusan Qithri, Chief Technology Officer (CTO) Cinovasi, menjelaskan bahwa Industry 4.0 adalah disrupsi terhadap Industry 3.0, adalah era Smartization, untuk benar-benar menghidupkan smart manufacturing.

Sebelum berbicara lebih banyak mengenai Industry 4.0, Jusan menjelaskan mengenai sejarah industri sebelumnya.

Produksi barang pada awalnya dilakukan secara manual dibantu dengan tenaga binatang. Tahun 1800-an adalah awal dari Industry 1.0 ketika mesin bertenaga air dan uap dikembangkan untuk meningkatkan kapasitas produksi.

Perkembangan ke arah Industry 2.0 terjadi pada permulaan abad ke 20, ketika listrik digunakan sebagai sumber tenaga utama dalam proses produksi.

Sedangkan Industry 3.0 dimulai sejak pertengahan abad 20, ketika berbagai penemuan dan pembuatan divais elektronik, seperti transistor, dan lainnya yang memungkinkan mesin-mesin secara individu diotomasi secara penuh untuk mengganti manusia sebagai operator.

Periode Industry 3.0 ini juga ditandai dengan pengembangan sistem otomasi berbasis perangkat elektronik dan komputer (era digitalisasi).

Pada tanggal 4 April 2018, Indonesia telah mencanangkan “Making Indonesia 4.0”, yaitu inisiatif strategis Indonesia untuk menghidupkan Industry 4.0 di Indonesia.

Dalam tiga tahun terakhir, kami telah melakukan penelitian dan pengembangan tentang Industry 4.0 bersama beberapa kampus, seperti Institut Teknologi Bandung dan Universitas Prasetiya Mulia. Ketika Pemerintah Indonesia mencanangkan ‘Making Indonesia 4.0’, kami dengan sangat antusias menyambut inisiatif tersebut,” jelas Jusan.

Saat ini, kita sedang antusias untuk mengadaptasi 4.0, akan tetapi tidak sedikit juga solusi yang sepertinya menumpang tema tersebut padahal solusi tersebut masih berkiblat ke 3.0,” jelas Fajar Wantah, Chief Business & Solution Development Officer Cinovasi.

“Salah satu ciri utama 4.0 adalah digital twin antara cyber atau domain digital dan physical atau domain aktual fisikal, hal ini biasanya disebut cyber-physical system yang bisa dikatakan near real-time. Untuk membangun cyber physical system, diperlukan integrasi vertikal, integrasi horizontal, dan integrasi siklus dari perencanaan dan perancangan sampai ke konsumsi produk. Syarat untuk integrasi-integrasi ini, adalah semua elemen dari sistem harus merupakan smart things,” lanjut Fajar.

Perubahan Industry dari 1.0, dilanjutkan 2.0, dan sampai di awal 4.0 ini, disebut sebagai Industrial Revolution. Dan yang paling kini ini disebut sebagai Industrial Revolution 4.0 atau disingkat IR4.0. Walaupun demikian, revolusi tidaklah semata menghilangkan ‘things’ yang lama dan mengganti semuanya dengan ‘things’ yang baru.

Penerapan IR4.0 tidaklah semata membeli perangkat baru yang canggih dan mutakhir, melainkan memerlukan perubahan mendasar pada manusia dan prosesnya juga, selain daripada teknologinya. Teknologi memainkan peran disruptif dan memaksa perubahan. Namun orientasi utama IR4.0 adalah manusia-nya, baik dari sisi produsen sebagai manufaktur misalnya, maupun dari sisi konsumen.

Ronaldi menutup dengan mengatakan bahwa Smart Manufacturing yang didorong oleh IR4.0 adalah perubahan menuju consumer-centric dan mass customization daripada mass production sehingga disrupsi teknologi dan orientasi human-centric itu memiliki konsekuensi perubahan dalam proses bekerja.

Mengenai Cinovasi:

Cinovasi Rekaprima adalah perusahaan teknologi Indonesia yang dibangun sejak tahun 2007. Berangkat dari kegemaran untuk mengeksplorasi serta melakukan inovasi teknologi di Industrial Automation System dan Information Technology, Cinovasi Rekaprima berkembang terus dan memiliki karyawan lebih dari 120 orang serta kantor di 5 kota besar yaitu Bandung, Jakarta, Surabaya, Makasar, dan Dubai.

 

 

Bupati Fakfak Melepas Peserta Pesta Paduan Suara Gerejawi

KOPI-Fakfak, Bupati Fakfak Drs Muhammad Uswanas  MSi menghadiri acara pelepasan peserta Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) yang akan mengikuti Pe…
 

Kemendikbud Gelar Lokakarya: Eksternal Pedoman Sertifikasi Ahli Bahasa

KOPI, Jakarta – Pada hari Rabu (11/07/2018) bertempat di Hotel Kartika Chandra, Jln. Jenderal Gatot Subroto, Jakarta. Dimana Kemendikbud menggelar Lokakarya Eksternal Pedoman Sertifikasi Ahli Bahasa, acara tersebut digelar dalam rangka pemberian sertifikasi Ahli Bahasa.
Dan tujuan dari penyusunan pedoman ini adalah menyediakan acuan dalam pengelolaan dan penugasan ahli bahasa di lingkungan Badan Bahasa.
Untuk manfaatnya Pedoman sertifikasi Ahli Bahasa pedoman sertifikasi ahli bahasa diharapkan dapat memberikan manfaat untuk mempermudah pimpinan dalam mempersiapkan ahli bahasa yang kompeten dalam bidang nya dan mempermudah pimpinan dalam mendisposisikan permintaan narasumber kepada ahli bahasa yang sudah bersertifikat.
Kendati demikian pedoman ini dibutuhkan untuk mendukung program kerja yang tertera dalam renstra, diantara nya memberikan fasilitas i bidang kebahasaan dan tersedianya ahli bahasa yang sudah andal dan bersertifikat.
Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Efendy dalam sambutannya mengatakan, “masyarakat kurang tertib dalam berbahasa dan terpengaruh oleh bahasa asing,”ujarnya.
Dirinya juga menambahkan, bahwa bahasa merupakan produk budaya manusia tingkat yang sempurna seperti bahasa Arab, masih termasuk bahasa yang mudah dan akan berkembang,”imbuhnya.
Dan melalui Lokakarya Pedoman External Pedoman Sertifikasi Ahli Bahasa ini, diharapkan para nara sumber dan para peserta berpatisipasi aktif memberikan masukan guna penyempurnaan ketiga naskah yang nantinya bermanfaat, tidak hanya bagi Badan Bahasa, tetapi juga bagi masyarakat dan lembaga mitra Badan Bahasa yang memerlukan layanan ahli bahasa.(Why)
 

STIKOM Yogyakarta Helat Lomba Menulis Artikel Nasional 2018

Untuk meningkatkan budaya tulis di Indonesia, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Yogyakarta menghelat Lomba Menulis Artikel Nasional 2018. Topiknya: Impianku Berkarir di Bidang Pers, Penyiaran, dan Komunikasi”. Kompetisi ini terbuka bagi semua pelajar SMA/K/MA dan lulusannya serta mahasiswa PTN/S di Indonesia yang pendaftarannya gratis sejak 9 Juni s/d 8 September 2018.

Adapun kriteria lomba yaitu: naskah artikel diketik dengan huruf Times New Roman (TNR) ukuran 12 spasi 1,5 sebanyak 2-3 lembar kuarto (A4). Artikel merupakan karya pribadi (orisinal), bebas dari plagiatisme, dan tidak pernah diikutsertakan dalam kompetisi sejenis. Setiap kutipan yang disitir harus dicantumkan sumber referensinya (langsung pada tubuh tulisan/artikel). Artikel hasil plagiatisme otomatis gugur dengan sendirinya (tidak dinilai). Struktur penulisan artikel harus mengikuti ketentuan/kaidah sebagai berikut: judul artikel, nama terang penulis; tubuh artikel (langsung dikupas mengenai pokok bahasan sesuai topik), bagian akhir artikel ditulis: identitas lengkap penulis, nama sekolah atau PT, email, dan nomor HP/WA. Struktur artikel mirip pada rubrik opini/gagasan/pendapat/wacana pada surat kabar (media cetak).

Para dewan juri terdiri dari: akademisi, pengamat, dan praktisi media. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat. Penilaian akhir dari aspek: orisinalitas ide, relevansi gagasan dengan topik, kajian ataupun literatur terkini, diksi (pilihan kata) dan gaya bahasa, kreativitas dan jejak rekam penulis, argumentasi yang dibangun harus berpijak pada data valid dan sahih.

Total hadiah sebesar Rp 6.500.000 (kategori pelajar dan mahasiswa). Setiap pemenang mendapatkan piagam penghargaan. Artikel wajib dikirimkan melalui e-mail: This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it atau dikirimkan melalui pos surat maksimal pada 08 September 2018 (cap pos) ke: Sekretariat Panitia Lomba Menulis Artikel Nasional d/a Program Studi Sarjana Ilmu Komunikasi STIKOM Yogyakarta Jalan Laksda Adisucipto Km 6,5 No. 279 Caturtunggal Kecamatan Depok Kabupaten Sleman D.I. Yogyakarta Kodepos 55281 Telpon: 0274-4533864 Kontak Personal/WA: 08179447204 (Espede) dan 0898-5071-870 (Iffah). Info lengkap: klik situs: www.akindo.ac.id

 

 

Satgas Pamtas Yonif 320/BP Bantu Masyarakat Membuat Rakit Penyebrangan Sungai

KOPI-Kalbar, Satgas Pamtas Yonif 320/BP melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial dengan membantu warga kampung Sei Kelik membuatkan rakit sebagai al…
 

Satgas Pamtas Yonif 320/BP Bantu Masyarakat Membuat Rakit Penyebrangan Sungai

KOPI-Kalbar, Satgas Pamtas Yonif 320/BP melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial dengan membantu warga kampung Sei Kelik membuatkan rakit sebagai al…
 

Petugas Keamanan Bandara Sentani Berhasil Mengamankan Puluhan Satwa Burung Yang Dilindungi

KOPI-Jayapura, Satuan tugas pengamanan Bandara Sentani yang terdiri dari gabungan BKO TNI AU,  Polri, Avsec dan KSDA berhasil mengamankan puluhan satw…
 

Satgas Yonif 320/BP bangun jembatan kayu di Kampung Nanga Bayan

KOPI-Nanga Bayan, Satgas Yonif 320/BP membangun jembatan kayu di wilayah hutan desa Nanga Bayan,  Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Provinsi…
 

Pengamat : Azubinlah Min Zalik, Kepala Pusat Pendidikan Polri Hajar Anggota dengan Helm Baja

KOPI, Jakarta - Ditempat kerjanya, sebut saja namanya Kangmas Sutisyoso menuturkan “ Merusak nama Korps Kepolisian Indonesia bukan berasal dari ek…
 

Aksi Brutal KKSB berlanjut Tiga Orang tewas dalam Insiden Penembakan di Distrik Torere

KOPI – Puncak Jaya, Aksi brutal KKSB kembali memakan korban kali ini  tiga orang tewas dalam insiden penembakan terhadap aparat yang mengawal proses d…
 

Warga Koperapoka Miru Marah Ratusan Kertas Suara Dibakar Tidak Bisa Memilih

KOPI-Mimika, Ratusan surat suara Pemilukada Gubernur dan Wagub Papua serta Bupati dan Wabup Kab. Mimika dibakar oleh Ketua KPPS TPS 31 disaksikan oleh…
 

HMI Hukum UB Kritik Jokowi Soal PJ Gubernur Jrawa Barat

KOPI, Malang - Kamis, (21/06) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Malang Komisariat Hukum Brawijaya, memberikan tanggapan atas dilantiknya Komjen. Pol. Drs Mochamad Iriawan, S.H., M.M., M.H. menjadi PJ Gubernur Jawa Barat oleh Kementerian Dalam Negeri. Melalui Misbahul Munir Ali (Ketua Umum HMI Hukum Brawijaya), menyatakan bahwa menurutnya pelantikan ini menuai polemik di masyarakat, juga dengan dikeluarkannya Keputusan Presiden Nomor 106/P Tahun 2018 tentang pengesahan pemberhentian dengan hormat Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat masa jabatan tahun 2013 – 2018 dan pengangkatan Gubernur Jawa Barat oleh Presiden Joko Widodo.

 

Alasan pengangkatannya sebagai PJ Gubernur Jawa Barat ialah pertama, untuk mengisi kekosongan jabatan gubernur, kedua, status keanggotaannya sebagai Sekretaris Utama (Sestama) Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), ketiga, rekam jejak dari sisi integritas, kapasitas, dan komunikasi antar kementrian atau lembaga dan terakhir, untuk menjaga kondusifitas dearah rawan konflik.

 

“Pertama, dari sisi sejarah ketatanegaraan. Periodesasi sistem demokrasi di Indonesia mengalami jatuh bangun  yang kemudian hal ini tidak terlepaskan dari pertaruhan elit politik dan supremasi sipil. Di mana pada zaman orde baru aparat penegak hukum ini diberikan tugas kekaryaan (dwifungsi) yakni ABRI (TNI dan POLRI) masuk dalam ranah sipil untuk menjadi bagian dari penentuan kebijakan ekonomi, sosial, dan politik. Hal ini menjadi kemunduran apabila sistem demokrasi kembali kepada zaman orde baru dan menjadi distortif dengan semangat reformasi,” ujar Misbah, Malang, Kamis (21/06).

 

Misbah membeberkan, dari sisi etika politik, menjadi keniscayaan apabila publik bertanya – tanya mengenai kebijakan ini di mana sebentar lagi kontestasi politik Jawa Barat akan digelar. Suatu konsekuensi politis apabila publik menilai bahwa kebijakan ini berkaitan erat dengan eskalasi pergerakan salah satu pasangan calon untuk memobilisasi massa pada konstestasi tersebut. Kemudian, disamping dengan kecurigaan tersebut, publik menilai bahwa tidak tepat menempatkan aparat penegak hukum dalam ranah sipil dalam menjaga profesionalisme kepolisian dengan alasan subjektif satu arah dan tidak tepat bahwa daerah Jawa Barat sebagai daerah rawan konflik.

 

Moh. Asadullah selaku Kepala Bidang Pembinaan Anggota HMI Hukum Brawijaya juga memberikan kritik atas keputusan Jokowi terkait pelantikan PJ Gubernur Jawa Barat, “Pengaturan mengenai status kepolisian sebagai PJ Gubernur ini sudah diatur secara tegas oleh peraturan perundang – undangan, UU Polri, UU Pemda, dan UU Pilkada sudah mengatur itu, serta UU Aparatur Sipil Negara juga  mengatur mengenai siapa yang dapat mengisi kekosongan jabatan itu,” ujar Asad.

 

Pada Pasal 28 ayat (1) dan penjelasannya UU Kepolisian, ditegaskan bahwa Kepolisian Republik Indonesia harus bersifat netral pada politik praktis dimana harus bebas dari pengaruh partai politik dan menjadi kader partai politik. Pada ayat (3) dan penjelasannya, ditegaskan bahwa Kepolisian Republik Indonesia dapat menduduki jabatan diluar kepolisian setelah mengundurkan diri atau pensiun dari dinas kepolisian, yang dimaksud jabatan diluar kepolisian adalah jabatan yang tidak memiliki sangkut paut dengan tugas kepolisian dan tidak berdasarkan penugasan dari kapolri. Dalam hal ini tegas fungsi kepolisian merupakan aparat penegak hukum bukan sebagai masyarakat sipil.

 

Dari hasil pertimbangan yang cukup matang  oleh pengurus komisariat, maka HMI Cabang Malang Komisariat Hukum Brawijaya dengan tegas memberikan pernyataan sikap sebagai berikut :

 

1.Menolak dan menuntut untuk pembatalan Keputusan Presiden Nomor 106/P Tahun 2018 tentang pengesahan pemberhentian dengan hormat Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat masa jabatan tahun 2013 – 2018 dan pengangkatan Gubernur Jawa Barat dan pelantikan Komjen. Pol. Drs Mochamad Iriawan, S.H., M.M., M.H. menjadi PJ Gubernur Jawa Barat;

 

2.Menolak segala bentuk kemunduran demokrasi dalam mereduksi supremasi sipil dan bangkitnya dwifungsi penugas karyaan dan politik praktis polri yang untuk menjaga semangat demokrasi, netralitas dan profesionalisme aparat penegak hukum;

 

3.Menolak segala bentuk rasionalisasi dan argumentasi subjektif Bapak Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam mempertahankan status PJ Gubernur Jawa Barat;

 

4.Meminta pertanggungjawaban kepada Presiden Joko Widodo, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan Menteri Politik Hukum dan HAM Wiranto atas polemik yang terjadi di Jawa Barat.

 

Red : Arief (085607733873)

 

Aksi Teror oleh KKSB Kembali Terjadi di Nduga, Pesawat Dimonim ditembak di Bandara Kenyam

KOPI-Ndunga, Lagi dan lagi KKSB (Kelompok kriminal separatis bersenjata) kembali beraksi menebar teror ke masyarakat,  pesawat Demonim dengan nomor pe…
 

300 Anggota Brimob Sat Pelopor Mabes Polri Perkuat Pengamanan PIlkada Papua 2018

KOPI-Sentani, Sebanyak 300 anggota Brimob Sat Pelopor Mabes Polri pimpinan Kompol Budi Hidayat tiba dari Jakarta dengan  menggunakan pesawat Lion Air …
 

Pembukaan Festival Danau Sentani XI Tahun 2018

KOPI–Jayapura, Pemerintah Kabupaten  Jayapura yang disponsori oleh Kementerian Pariwisata menggelar Festival Danau Sentani XI Tahun 2018 di Kota Jayap…
 

Yonif 320/BP Peduli Kesusahan Masyarakat Bantu Pemakaman Warga Badau

KOPI-Kalbar, Pasiter Satgas Yonif 320/BP Kapten Inf Dedi Irianto mengatakan kesusahan yang dialami oleh masyarakat Nanga Badau  adalah menjadi  tugas …
 

Raih Penghargaan Satu Dekade, Kemenperin Terbitkan Instruksi "Rencana Aksi Pertahankan Opini WTP"

KOPI, Jakarta - Kementerian Perindustrian kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk laporan keuan…

Baca selengkapnya...

 

Industri Manufaktur Nasional Capai Level Tertinggi 51,7 PMI

KOPI, Jakarta - Pergerakan industri manufaktur nasional semakin ekspansif karena didorong permintaan baru yang mengalami pertumbuhan paling cepat seja…

Baca selengkapnya...

 

Peringati Hari Pancasila, Menperin Ajak Pelaku Industri Bersatu, Berbagi dan Berprestasi

  KOPI,  Jakarta - Saat ini, kita telah memasuki era revolusi industri 4.0 atau ekonomi digital, yang menjadi tools dalam mewujudkan demokratisasi…

Baca selengkapnya...

 

Dirjen IKTA: "Daya Saing Industri Kaca Kita Nomor Satu di Asean"

imageKOPI, Jakarta - Peningkatan nilai ekspor alas kaki menjadikan sektor industri kulit nasional sangat potensial untuk dikembangkan. Meningkatnya nilai e…

Baca selengkapnya...

 

Menperin Sebut Ekspor Produk Manufaktur Penyumbang Pajak Terbesar Negara, Senilai 103 Triliun

KOPI,  Jakarta – Industri pengolahan masih memberikan kontribusi terbesar dalam penerimaan pajak berdasarkan sektor usaha utama pada periode Januari-A…

Baca selengkapnya...

 

Barisan Relawan Deklarasikan Pojok Desa

KOPI, Jakarta - Kebijakan pemerintahan Jokowi & JK yang memilih jalan membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan yang merupakan anti tesa dari pembangunan yang selama ini berorientasi pada industri perkotaan, sebagai wujud percepatan reforma agraria baik melalui distribusi tanah negara terlantar, pemanfaatan tanah kehutanan melalui perhutanan sosial, dan perlindungan hak kepemilikan tanah masyarakat melalui sertifikasi (SHM). Reforma agraria adalah jalan terbaik dan telah terbukti di berbagai negara sebagai upaya mengatasi kemiskinan dan ketimpangan sosial ekonomi di pedesaan.

Baca selengkapnya...

 

Lotte Chemical Titan Bangun Pabrik Nafta Cracker, Dengan Nilai Investasi USD3,5 Miliar

KOPI,  Jakarta - Perusahaan industri petrokimia asal Korea Selatan, Lotte Chemical Titan akan melakukan peletakan batu pertama (ground breaking) untuk…

Baca selengkapnya...

 

Kemenperin Tingkatkan Strategi Pembangunan Industri Demi Wujudkan Target Nasional di 2030

KOPI,  Bogor - Kementerian Perindustrian terus menjalankan visi dan misinya, agar Indonesia menjadi negara industri yang tangguh ditahun 2030 mendatan…

Baca selengkapnya...

 
Artikel Lainnya...

Presiden Republik Indonesia Lantik Perwira Polri dan TNI
Sabtu, 21 Juli 2018

KOPI, Jakarta - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Kasad Jenderal TNI Mulyono, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna S.E., S.Sos., M.M., menghadiri  Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri Tahun 2018 dengan Inspektur Upacara Presiden RI Ir. Joko Widodo, bertempat di lapangan Istana Merdeka Jakarta, Kamis (19/7/2018).... Baca selengkapnya...

Dewan Pers Mengeluarkan Surat Edaran ke Pemda Sudah Melanggar Konstitusi
Selasa, 17 Juli 2018

Pejabat Menolak Wartawan Meliput, Wawancara dan Konfirmasi Informasi Publik, Senator DPD RI: Itu Melanggar Konstitusi. KOPI, Jakarta – Ditempat kerjanya, sebut saja namanya Aji Harmoko menuturkan” Heran saya oknum staf Dewan Pers datang ke Propinsi Riau mengunjungi “dapur redaksi” perusahaan Media online untuk memverifikasi media. Bagaimanapun juga “dugaan” terjadi praktek suap berkemungkinan ada . Pasti pemilik perusahaan media... Baca selengkapnya...

Presiden Jokowi : Survey Gallup Law and Order Indonesia 10 Negara Teraman untuk Iklim Investasi
Sabtu, 14 Juli 2018

KOPI, Jakarta – Memperingati hari Bhayangkara ke-72 kita dapat kabar baik, dari hasil survey lembaga Internasional  yakni Gallup Law and Order menempatkan Indonesia ke dalam 10 negara teraman  untuk iklim investasi di dunia. Pemerintah Indonesia  menjamin   keamanan  para investor menanamkan modalnya  ," kata Jokowi (Joko Widodo) di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (11/7). Jokowi pun meminta aparat keamanan untuk mempertahankan... Baca selengkapnya...

Polda Riau Memperingati HUT Bhayangkara ke-72 Beraneka Ragam Kegiatan
Jumat, 13 Juli 2018

KOPI, Pekanbaru - Memperingati Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-72, Kepolisian Daerah Riau menggelar syukuran di Aula Satbrimobda Polda Riau, bertempat Jl.K.H.Ahmad Dahlan – Pekanbaru, Rabu (11/7/2018). Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Riau , Wakapolda Riau Brigjen.Pol.Drs.HE.Permadi,SH,MH, Danrem 031 Wira Bima diwakili Kasrem 031 Wira Bima Kolonel Inf Asep Nugraha, SE, M.Si, Kabinda Provinsi Riau Marsma. TNI.Rakhman Haryadi, SA, MBA,... Baca selengkapnya...

Peringati HBA ke- 58, Kejati Riau Gelar Pasar Murah
Jumat, 13 Juli 2018

KOPI, Pekanbaru – Memperingati Hari Bakti Adyaksa (HBA) ke- 58 jatuh pada tanggal 22 Juli mendatang. Kejaksaan Tinggi Riau gelar pasar murah di gedung sementara bertempat Jalan. Arifin Ahmad, Kamis (12/07-2018). Pasar murah ini menjual Sembilan Bahan Pokok Kebutuhan (Sembako) serta beberapa counter kuliner masakan khas melayu Riau, kerajinan tangan (Home Industri) dan sebagainya. Pasar murah ini terlaksana kerjasama Koperasi Kejaksaan... Baca selengkapnya...

Bubarkan Dewan Pers, Ratusan Orang Wartawan Demo Kantornya
Senin, 09 Juli 2018

KOPI, Jakarta - Ratusan Wartawan dari berbagai media massa, baik cetak maupun online yang datang dari seluruh pelosok nusantara membanjiri halaman Hall Dewan Pers (HDP) Jakarta, Rabu (4/7/19). Kehadiran para pahlawan informasi ini yang didukung penuh oleh puluhan organisasi media maupun organisasi wartawan menuntut agar Dewan Pers melakukan perbaikan dalam mengambil kebijakan terutama terkait sengketa pemberitaan. Terkait rekomendasi Dewan Pers... Baca selengkapnya...

Pengamat: Prediksi, Peramal Pilgub Jatim 2018
Selasa, 26 Juni 2018

KOPI, Jawa Timur – Pilpres (Pemilihan Presiden) Amerika Serikat tahun kemaren. Masyarakat internasional memprediksi Hillary Clinton bakalan terpilih. Ternyata Donal Trump. Kami sudah dapat memprediksi jauh-jauh hari, yang terpilih sebagai Capres Amrik adalah Donal Trump. Ustad kondang terkenal dari Riau bernama UAS (Ustad Abdul Somad). Pengamat Genius dari Riau sebut saja namanya Aji Somek. Ditempat kerjanya, mengatakan “ Menentukan menang... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALKunjungan Kerja ke Scotlandia Trump Men.....
19/07/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Amerika Serikat – Dilansir dari koran Skotlandia The Scotsman, saat mengunjungi Skotlandia pada akhir pekan lalu. Selasa (17/7-18), Trump me [ ... ]



NASIONALKepala BPS Pusat Suhariyanto : Tingkat K.....
19/07/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta - Kepala Badan Pusat Statistik Indonesia Suhariyanto, Senen (16/7-18) menuturkan “ Tingkat kemiskinan penduduk Indonesia pada bulan  [ ... ]



DAERAHAksi Brutal “Oknum” Satpol PP Kampa.....
19/07/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Bangkinang – Aksi demonstrasi yang dilakukan oleh Tenaga Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) di Kampar sudah berlangsung sejak, Kamis (12/7/2018) lal [ ... ]



PENDIDIKANGelar Reuni Alumni SMPN 2 Pekanbaru A.....
16/07/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Pekanbaru – Selama tiga puluh tiga  tahun tamat dari Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 (SPMN 2) Pekanbaru. Selain melepas rindu dalam kegi [ ... ]



EKONOMIKemenperin Klaim Susu Kental Manis Aman .....
07/07/2018 | Yeni Muezza
article thumbnail

KOPI,  Jakarta - Kementerian Perindustrian menyatakan bahwa susu kental manis (SKM) merupakan produk yang aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat kar [ ... ]



HANKAMKunjungan Kehormatan Wakil Perdana Mente.....
21/07/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengucapkan selamat atas keberhasilan Singapura dalam mengadakan pertemuan antara Presiden A [ ... ]



OLAHRAGAViral Medsos Rekaman Video Paspampres Ha.....
25/02/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Sebenarnya kegiatan ini bukan kegiatan kenegaraan. Kegiatan tersebut seremonial menyaksikan pertandingan Final antar dua kubu grup [ ... ]



HUKUM & KRIMINALKakansatpol PP Kampar Hambali di Lapork.....
23/07/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Kampar - Kasus penganiayaan dalam aksi unjukrasa yang dilakukan oleh Kakan Satpol PP Kabupaten Kampar Hambali termasuk dalam kategori penganiay [ ... ]



POLITIKIndonesia Diprediksi Raih Masa Keemasan .....
08/07/2018 | Yeni Muezza

KOPI,  Jakarta – Pandangan Dr Luthfi Assyaukanie, dosen Universitas Paramadina yang lansir di harian Rakyat Merdeka (4 Juli 2018) Wakil Presiden  [ ... ]



OPINITiga Langkah Memperkuat Pelaksanaan Ener.....
21/07/2018 | Harjoni Desky

Pagi sekali, Pak Luqman sudah bersiap-siap untuk pergi ke kantor Camat. Dengan membawa surat undangan di tangan kanannya, Pak Luqman meninggalkan ruma [ ... ]



PROFILViral Dua Orang Turis Wanita Asal Tio.....
15/07/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Malaysia - Rekaman Video Viral di media social Malaysia, dua orang turis wanita asal China/Tiongkok melakukan handstand atau berdiri dengan k [ ... ]



ROHANIKemenag Riau Resmikan Rumah Qur’an di.....
13/07/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Siak - Berdirinya Pelayanan Terpadu Satu Atap (PTSP) di Kecamatan Bungaraya merupakan PTSP ke dua yang ada di Indonesia. Untuk di Kecamatan Siak [ ... ]



RESENSIHeboh Buku Fire and Furry Ungkap “ D.....
05/01/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Washington DC- Heboh buku Fire and Fury ungkap “Dapur Gedung Putih” Menjelang Pemilu Pilres Amerika Serikat . Dilansir dari The Guardian, R [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto
article thumbnail

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



CURAHAN HATIPengamat : Pecat Ndan Perwira Polri ya.....
14/07/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Pangkal Pinang – Beredar rekaman Video viral berdurasi 30 detik , di Media Sosial Grup WhatsApp di daerah Pangkal Pinang. Oknum Polisi P [ ... ]



SERBA-SERBIAku Mahasiswa Beda: Inspirasi Seorang Cl.....
21/07/2018 | Fatia Fatimah
article thumbnail

KOPI-Padang, Suaranya yang tenang dan dalam, membawa keheningan ruang penjurian. Semua mata menuju ke arahnya yang sedang membacakan puisi disertai ir [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.